• Home>
  • Review>
  • Review Peugeot 5008: Mobil SUV Gagah Incaran Keluarga Modern!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Peugeot 5008: Mobil SUV Gagah Incaran Keluarga Modern!

Dilihat 1026
Eza Fadil
17 Sep 2020, 05:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Peugeot 5008

Otoloka.id - PT Astra International International Tbk-Astra Peugeot Sales Operation sebagai Agen Tunggal Pemegang merek Peugeot di Indonesia, pertama kali memperkenalkan New Peugeot 5008 pada medio 2019 lalu. Belum sampai setahun berselang, pada Februari 2020 varian baru mobil ini yaitu Peugeot 5008 Allure Plus resmi dirilis. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab permintaan konsumen Indonesia yang haus akan SUV berkelas dengan gaya Eropa.

Peugeot 5008 sendiri awalnya merupakan MPV keluarga yang diluncurkan Peugeot pada akhir 2009. Generasi pertama mobil dengan tujuh tempat duduk ini berbagi rancangan bersama generasi awal Citroen C4 Picasso Grand. Tampilan berkelas, fitur modern dan performa mumpuni menjadi jaminan produk ini laku keras di pasar otomotif. 

Akan tetapi dengan makin menjamurnya segmen SUV membuat Peugeot 5008 mengikuti langkah ‘adiknya’ Peugeot 3008 bertransformasi menjadi SUV dengan tujuh tempat duduk. Produk ini menyasar keluarga mapan yang menginginkan kendaraan dengan tampilan classy, berkarakter, memiliki standar kenyamanan dan keamanan tinggi khas mobil Eropa dan kapasitas yang lebih besar.

Tersedia dalam empat pilihan warna yaitu emerald crystal, nimbus grey, nera black dan pearlescent white, Peugeot 5008 dibanderol seharga 820 juta untuk varian GT Line dan 725 juta untuk seri Allure Plus. Perbedaan yang begitu jauh dari kedua varian ini dikarenakan status produksinya dimana untuk varian GT Line diproduksi langsung di Prancis sedangkan versi Allure Plus dirakit di Malaysia. Hal itu menyebabkan biaya shipping dan pajak masuk pun berbeda hampir 100 juta rupiah.

Eksterior Peugeot 5008

Hadir dengan desain modern SUV yang kekinian, bagian depan Peugeot 5008 dilengkapi grille besar berlogo Peugeot di bagian tengah. Garis krom di sisi mobil menjadi highlight kaca jendela, bagian bawah pintu dan membungkus pelek berukuran 18 inchi. Lampu depan sudah menerapkan teknologi full LED auto headlight dengan fitur DRL. Demikian juga foglamp dan lampu belakang juga sudah menggunakan lampu LED.

Eksterior Peugeot 5008

Varian Allure Plus sebenarnya menggunakan pelek ukuran berbeda dengan GT Line. Akan tetapi Astra Peugeot Indonesia secara khusus meminta ukuran kaki-kaki Allure Plus dan GT Line diseragamkan untuk pasar otomotif dalam negeri yaitu alloy wheels 18 inchi dengan ukuran ban 225/55 R18.

Salah satu desain menarik dari Peugeot adalah lampu belakang berbentuk tiga strip berjajar. Hal ini juga terdapat pada Peugeot 5008 dimana pola ini difilosofikan seperti cakaran singa, logo dari Peugeot. Sementara itu pada bagian bagasi disematkan fitur smart electric tailgate dimana bagasi bisa dibuka dengan sensor gerakan. Tentu saja ini akan sangat memudahkan jika pengendara terlalu repot membawa barang dan tak bisa menjangkau kunci bagasi, maka hanya perlu mengayunkan kaki ke bawah bemper agar bagasi terbuka.

Perubahan desain dari MPV menjadi SUV 7 seater premium tidak membuat dimensi mobil terlihat dipaksakan. New Peugeot 5008 SUV memiliki dimensi 4.641 mm untuk panjangnya, lebar 1.844 mm, tinggi 1.646 mm dengan wheelbase 2.840 mm. Sedangkan untuk varian Allure plus sedikit mengalami perubahan di angka 29 x 11 x 9 mm. Meskipun secara bentuk mengalami perubahan dimensi lebih membesar, akan tetapi kedua bentuk kendaraan ini tetap proporsional.

Interior dan Fitur Peugeot 5008

Begitu masuk ke dalam kabin Peugeot 5008, kita akan terpana dengan kerennya fitur i-cockpit. Fitur ini memberi pengalaman berkendara seperti merasakan suasana kabin pesawat dengan dashboard dirancang mirip kokpit. Park Assist dan kamera 360 derajat memudahkan untuk melakukan parkir kendaraan dengan setir yang bergerak otomatis dan menyesuaikan kondisi lokasi parkir baik paralel maupun mundur. Pengemudi juga akan dipandu melalui guideline dari tampilan kamera pada layar sentuh. Sayangnya pada varian Allure Plus, fitur park assist ini ditiadakan bersama fitur lain seperti pengharum udara dan pemanas kursi.

Kemudi Peugeot 5008 didesain flat bottom dan flat top yang merupakan ciri khas mobil balap. Pada setir palang dua ini dibekali beragam tombol konektifitas dan panel pengaturan panel MID serta sudah bisa diatur tilt dan telescopic. Untuk fitur yang memanjakan pengguna seperti panoramic sunroof, AC belakang, ambient light dan charger tersedia juga pada kendaraan ini.

Sudah bukan rahasia kalau mobil pabrikan Eropa terkenal akan standar keamanannya yang tinggi. Tidak terkecuali dengan Peugeot 5008 yang sudah dibekali sederet fitur keamanan lengkap, mulai dari ABS, EBD, EBA dan Electronic Stability Program (ESP). Pada roda depan dan belakang pun disematkan fitur ventilated disc with diagonal circuit system.

Interior dan Fitur Peugeot 5008

Fitur keamanan lain yang melengkapi Peugeot 5008 adalah adanya sabuk pengaman di tiga titik, enam airbags, pedestrian impact dan reinforced safety cage. Tidak hanya itu, kendaraan ini juga dibekali Electronic Parking Brake yang bisa dioperasikan secara manual maupun otomatis. Advanced Grip Control dan Hill Assist Descent Control juga membantu kontrol kendaraan saat berjalan di bidang yang curam.

Pada Peugeot 5008 dilengkapi paket Advanced Driver Assistance Systems yang meliputi fitur driver attention warning, automatic adaptive headlamp, speed limit sign recognition & recommendation dan visiopark 360 derajat with zoom and rear and front parking AID. Selain itu New Peugeot 5008 sudah mengadopsi cruise control untuk mengatur kecepatan konstan tanpa menginjak pedal gas. Fitur ini dapat aktif pada kecepatan minimal 40 km per jam. Sedangkan fungsi speed limiter membatasi laju mobil mulai kecepatan 30 km per jam.

Satu lagi keistimewaan Peugeot 5008 adalah bagasinya yang bisa dibongkar pasang menjadi kursi cadangan. Kelebihan panjang pada SUV ini memang memungkinkan baris ketiga kursi penumpang dimana kapasitas bagasi bisa diperluas jika kursi baris ketiga dilipat. 

Mesin dan Performa Peugeot 5008

Peugeot 5008 mengandalkan mesin Petrol 4 silinder, 1600 cc turbo Twin Scroll Turbo High Pressure yang mampu menghasilkan daya hingga 167 PS dan torsi 240 Nm. Semua itu disalurkan menuju roda depan dengan transmisi 6 percepatan otomatis. Powertrain ini sudah cukup dikenal di pasar otomotif dalam negeri karena dipakai juga oleh Peugoet RCZ serta generasi terdahulu 3008 dan 5008.


Pabrikan Peugeot 5008 mengklaim konsumsi bahan bakar kendaraan ini mencapai 5,8 liter per 100 km dengan 133 g/km CO2 dan sudah lulus standar emisi Euro6. Selain itu Peugeot 5008 memiliki peringkat 5 yang berarti menjadi rating tertinggi dari European New Car Assessment Programme.

Isi silinder

1600 cc

Jumlah silinder

4

Konfigurasi transmisi

6-speed

tenaga

167 PS pada 6,000 rpm

torsi

240 Nm from 1,400 rpm

Konfigurasi mesin

Twin Scroll THP with Direct Petrol Injection, DOHC 16 Valve, VVT 

Tipe drive

FWD

Ukuran ban & velg

225/55 R18 & 18-inch Alloy wheels

Semua fitur yang ditambahkan pada Peugeot 5008 seolah menegaskan bahwa kendaraan ini tetap punya kemampuan off-road meski di medan tak terlalu berat seperti wilayah Indonesia. Untuk mempertegasnya, ada lima mode berkendara yang bisa dipilih pengemudi mulai dari Normal, ESP off, Snow, Mud, dan Sand. Bisa dibilang fitur ini akan sangat jarang dipakai bahkan hanya akan jadi pemanis jika menghadapi kontur jalanan di tanah air terutama di kota besar. Akan tetapi hal itu menciptakan dapat menciptakan rasa aman berkendara terlebih bila suatu saat menghadapi rintangan.   

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya