• Home>
  • Review>
  • Review Suzuki Bandit 400 : Tidak Kalah Gahar Dengan Motor Millenial
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Suzuki Bandit 400 : Tidak Kalah Gahar Dengan Motor Millenial

Dilihat 1276
Arief Yuno
4 Nov 2020, 15:12
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1


Otoloka.id - Nama Suzuki Bandit tentunya sudah melegenda di dunia otomotif khususnya roda 2. Suzuki Bandit diluncurkan medio 1989 dengan dua varian mesin 400cc dan 250cc. Kemunculan Suzuki Bandit tentunya bukan tanpa alasan, melainkan jadi alternatif pengguna roda dua yang suka dengan motor berkapasitas besar dan bisa digunakan harian.

Maklum saja sih saat itu GSX-R series sudah tampil lebih dulu dengan performa yang lebih pas untuk balap, begitu juga dari bodi yang sudah menggunakan fairing . Harga dari GSX Seris cukup mahal terlebih performa yang brutal, akhirnya pabrikan Suzuki memberikan alternatif buat mereka yang menginginkan GSX versi jalan raya dan harga yang terjangkau.

Sejarah Suzuki Bandit 400


Berawal dari sinilah Suzuki Bandit series mulai diperkenalkan untuk pasar Jepang dan meluas untuk pasar ekspor termasuk Indonesia. Dari kapasitas mesin 250cc, 400cc, 600cc, 750cc hingga 1200cc yang tetap mengandalkan mesin 4 silinder.

Kesan klasik tentunya masih tampak dari tampilannya, mulai dari lampu depan yang bulat dengan menggunakan reflektor krome dengan mika berbahan kaca untuk menahan panasnya bohlam head lamp, begitu juga pada lampu sein dengan mika plastik berwarna kuning. Sesuai tahun peluncuran era 80’an, spedometer analog berbentuk bulat tengah digandrungi pabrikan Jepang saat itu.

Stang kemudi motor tipe cruiser seperti Suzuki Thunder 250 dan Suzuki Thunder 125 bisa kalian temukan di motor ini. Bentuk tangki berukuran 16 liter tentunya bisa membantu rider dalam bermanuver. Terlebih posisi footstep yang kini lebih dikenal dengan footstep underbone dengan sisitem pengoperasian gigi congkel. 

 Kerangka roll bar dengan dua dimensi yang berbeda membuat tampilan sangar dari motor ini semakin terlihat. Sementara untuk footstep belakang menggunakan sistem gantung, penempatan footstep seperti ini justru semakin membuat posisi riding pengendara dan pembonceng seakan di atas motor sport fairing. 

Desain Suzuki Bandit 400


Tampilan belakang Suzuki Bandit 400 cukup sederhana dengan lampu stop lamp plastik berwarna merah dan sein kuning, keduanya msih menggunakan bohlam. Sementara behel besi yang tertanam dibawah jok tidak merusak tampilan, namun tetap berfungsi ketika pengendara akan memarkirkan Suzuki Bandit 400 yang beratnya 184 kg.

Sementara pada bagian kaki - kaki Suzuki Bandit 400 masih mengandalkan suspensi depan teleskopik ukuran 41mm dan untuk kenyamanan pembonceng suspensi belakang sudah monoshock. Inilah salah satu penyebab tampilan dari motor Suzuki Bandit 400 terlihat lebih racing. 

Karet bundar dengan ukuran depan 110/70 dan belakang 150/70 melindungi velg berukuran 17 inch. Untuk memperlambat laju motor Suzuki Bandit 400 sudah dibekali rem cakram 2 piston dengan ukuran piringan 310mm untuk depan dan 260mm untuk belakang.

Penggunaan nama Bandit yang sering digunakan sebagai nama tokoh penjahat dalam cerita drama di Indonesia membuat motor ini terkesan paling sangar dibanding kompetitornya, padahal jika melihat dari spesifikasi Suzuki Bandit 400 memiliki kapasitas mesin 398cc in line 4 silinder, DOHC. 

Maksud dari in line 4 silinder adalah mesin 4 silinder yang semuanya berbasis sejajar satu arah, kondisi ini membuat mesin Suzuki Bandit 400 melebar kesamping namun masih dalam ukuran mesin yang cocok untuk dimensi motor dengan ukuran 2055mm X 705mm X 1060mm.
Masih soal dapur pacu Suzuki Bandit 400 yang menggunakan pendingin cair, 6 speed bisa menyemburkan tenaga hingga [email protected] dan torsi [email protected]

Jika kita bandingkan dengan kompetitor yang cukup sepadan seperti Honda CB 400 Superfour dengan kapasitas mesin 399cc, DOHC, 4 silinder in line, berpendingin cair dengan tenaga maksimal [email protected] dan torsi [email protected] Suzuki Bandit 400 memiliki tenaga yang lebih besar, namun balik lagi ke soal penampilan dan beberapa komponen lainnya yang tentunya menjadi penentu kalian.

Untuk kalian ketahui hadirnya Suzuki Bandit 400 di Indonesia bukanlah melalui pabrikan resmi yang ada di Indonesia yang kini dikenal dengan PT Suzuki Indomobil Sales. Saat itu moge Suzuki ini masuk melalui importir umum, oleh karena itu populasi dari motor ini terbilang langka terlebih jika kalian ingin mendapatkan dalam kondisi baik, mulai dari part dan kondisi yang orisinil dan surat surat lengkap.

Kekurangan Suzuki Bandit 400


- Harga gelap, buat kalian yang ingin mendapatkan motor ini tentunya harus menyiapkan dompet yang tebal pasalnya motor klasik seperti Suzuki Bandit 400 menjadi motor buruan para kolektor. Terlebih jika masih dalam kondisi baik.

- Menurut beberapa pengguna Suzuki Bandit, spare part bandit sulit di dapat di Indonesia dan mereka harus mencari ke Malaysia dan Singapura. Oleh sebab itu tidak jarang harga part dari Suzuki Bandit 400 terbilang mahal.

- Permasalahan karburator dan pengapian menjadi salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh pengguna Suzuki Bandit 400.

Kelebihan Suzuki Bandit 400


- Tampilan dan performa dari motor tidak kalah gahar dengan motor saat ini, terlebih raungan mesin 4 silinder Suzuki Bandit 400 terbilang gahar. Ditambah dengan penggunaan knalpot racing yang recomend.

- Kalaupun bosan dengan tampilan standar, basis mesin Suzuki Bandit 400 bisa diaplikasikan ke dalam salah satu konsep motor kustom bergaya cafe racer ataupun tipe lainnya.

- Di Indonesia sudah ada komunitas dari pengguna Suzuki Bandit, dari situ kalian bisa mengetahui bengkel yang rekomen, penggunaan part dan bisa sharing seputar motor Suzuki Bandit series. 

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya