• Home>
  • Review>
  • Review Suzuki Swift 2020: Desain Baru Lebih Atraktif
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Suzuki Swift 2020: Desain Baru Lebih Atraktif

Dilihat 231
Eza Fadil
30 Sep 2020, 12:31
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Suzuki Swift 2020

Otoloka.id - Dari sekian banyak mobil pabrikan Suzuki, nama Suzuki Swift pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pada tahun 2020 ini, kabarnya generasi terbaru dari Suzuki Swift akan segera meramaikan industri otomotif Tanah Air. 

Generasi terbarunya yang disebut sebagai Suzuki All New Swift atau Suzuki Swift 2020 ini disebut mendapatkan beberapa ubahan yang cukup signifikan. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri dari mobil ini.

Selain karena desain barunya yang lebih atraktif, Suzuki Swift 2020 juga diprediksi akan populer di kalangan anak muda berkat harganya yang bersaing. Performanya yang baik, serta berbagai fitur dengan teknologi termutakhir juga tak luput disematkan pada hatchback andalan Suzuki yang satu ini. Tetapi tentu, semua kelebihan ini dibarengi dengan adanya efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tidak heran jika kemudian mobil ini menjadi sangat dinantikan. 

Nah, sekarang kita akan mengenal lebih dekat, seperti apa sih sebenarnya model mobil Suzuki Swift 2020 ini? Langsung saja kita cek lewat reviewnya berikut ini.

Spesifikasi Suzuki Swift 2020

Meskipun belum diketahui kapan Suzuki Swift 2020 akan meluncur di Indonesia, tetapi antusiasme yang diperlihatkan para pecinta Suzuki sudah sangat tinggi. Mobil ini memang diketahui sudah mengaspal di beberapa negara Asia lainnya, dan salah satunya adalah India. 

Suzuki Swift 2020 sendiri diketahui memiliki dimensi panjang 3.850 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Wheelbasenya sendiri memiliki ukuran 2.430 mm.

Dengan banderol harganya yang tidak bisa dibilang murah, Suzuki Swift 2020 diharapkan untuk dapat memberikan ketangguhan yang lebih. Dan untungnya, Suzuki sepertinya berhasil dalam hal ini. 

Pihak Suzuki menggunakan sasis yang kokoh dan dibuat dari material berkualitas tinggi. Sasisnya ini terbilang dapat menahan benturan dengan lebih baik, sehingga penumpang yang berada di dalam mobil bisa meminimalisir cedera meskipun ada benturan. 

Suzuki Swift 2020

Untuk mengimbangi hal tersebut, pada mobil ini juga disematkan sistem kemudi Electric Power Steering. Bagi yang belum tahu, sistem kemudi yang satu ini bisa memudahkan pengemudi untuk melakukan handling yang lebih baik dan ringan. 

Suspensi dan rem yang digunakan pada Suzuki Swift 2020 terbilang sudah cukup baik. untuk suspensi depannya, mobil ini menggunakan MacPherson strut dengan coil spring, sedangkan untuk suspensi belakangnya digunakan Torsion beam dengan coil spring. Sementara itu, rem depannya menggunakan Ventilated Disc dan rem belakangnya menggunakan Disc biasa. Kendati demikian, kombinasi rem dan suspensi ini dinilai efektif untuk melakukan pengereman yang lebih maksimal sehingga bisa meminimalisir kecelakaan.

Suzuki Swift 2020 menggunakan ban dengan ukuran yang cukup besar, yakni 185/55 R16. Dan untuk material velgnya, mobil ini menggunakan material Alloy Wheels.

Dimensi Suzuki Swift 2020

Panjang

3.850 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.510 mm

Wheelbase

2.430 mm

Kaki-kaki Suzuki Swift 2020

Ukuran Ban

185/55 R16

Material Velg

Alloy Wheels

Suspensi dan Rem Suzuki Swift 2020

Suspensi Depan

MacPherson strut dengan coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam dengan coil spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Mesin Suzuki Swift 2020

Pihak Suzuki dikabarkan akan membekali Suzuki Swift 2020 dengan mesin tipe K-Series, tepatnya K148. Mesin ini dinilai lebih bertenaga dan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. 

Hal ini juga didukung dengan disematkannya fitur Multipoint Injection sebagai sistem bahan bakarnya. Dengan adanya sistem ini, mesin bisa menghasilkan performa yang lebih baik, serta efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Kapasitas mesinnya sendiri adalah 1.198 cc atau sekitar 1,2 liter. Konfigurasi mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. 

Dengan mesinnya ini, tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Meskipun tenaganya termasuk standar, tetapi torsi yang dihasilkannya cukup besar, yaitu 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Mesin Suzuki Swift 2020

Tipe Mesin

4 silinder K148 DOHC VVT 16 Valve

Kapasitas

1,2 liter (1.198 cc)

Power Output

95 PS @ 6.000 rpm

Torsi

130 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

Manual 6 Percepatan/ Otomatis 4 Percepatan

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Eksterior Suzuki Swift 2020

Suzuki Swift 2020 hadir dengan konsep city car. Kendati begitu, desain eksterior mobil ini terlihat sangat mewah dan sporty berkat penambahan body kit pada bagian sampingnya. Headlamp yang digunakannya juga berukuran besar dan dilengkapi dengan HID Projector. Selain bisa memberikan pencahayaan maksimal, lampu ini juga tidak membahayakan pengendara lain yang datang dari arah berlawanan. Bukan hanya di bagian sampingnya, body kit juga disematkan pada bagian depan, tepatnya pada bagian dua buah foglamp alias lampu kabut. 

Suzuki Swift 2020

Beralih ke bagian belakang, Suzuki Swift 2020 menggunakan lampu rem yang berbentuk meruncing ke depan. Kemudian di bagian atas kaca belakangnya, terlihat adanya spoiler dengan lampu LED berwarna merah yang semakin menegaskan kesan sporty dari mobil ini. 

Suzuki Swift 2020 juga dibekali dengan spion berteknologi New Retractable Outer Mirror dan lampu LED tambahan yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan tanda ketika akan berbelok, tetapi juga membuat mobil semakin terlihat modern.

Interior Suzuki Swift 2020

Setelah sebelumnya kita membahan eksterior dari Suzuki Swift 2020, kini satanya kita membahas sisi interiornya. Dari luar, mobil ini mungkin terlihat mungil dan orang mungkin akan berpikir bahwa mobil ini tidak memiliki kabin yang leluasa.

 Tetapi ternyata setelah masuk ke dalam mobilnya, kabinnya bisa dibilang cukup leluasa, bisa menampung hingga 5 orang. Legroomnya juga tidak sempit, cukup nyaman untuk dibawa berkendara dengan jarak yang jauh.

Konsep "Redefining Driving Comfort" yang diterapkan oleh Suzuki pada mobil ini terlihat pada bagian joknya. Joknya didesain dan dibentuk sedemikian rupa agar terasa lebih nyaman dan sesuai dengan bentuk tubuh pengemudi maupun penumpangnya. 

Selain itu, untuk menambah kenyamanan penumpang, tersedia pula fitur hiburan yang berupa pemutar musik yang dapat dikoneksikan dengan smartphone kita, maupun dengan perangkat lain. Penumpang juga bisa dengan mudah mengatur suhu secara otomatis berkat disematkannya fitur Auto Climate pada mobil ini.

Fitur Suzuki Swift 2020

Bicara soal fitur, Suzuki Swift 2020 ini ternyata memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang cukup mumpuni. Fitur keselamatan aktifnya dipersenjatai dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution (EBD).

Suzuki Swift 2020

Sementara itu, sebagai fitur keselamatan pasif, mobil ini dilengkapi dengan 3 point seat belt di barisan depan, serta bagian belakang di sisi kanan dan kiri. Khusus untuk penumpang tengah di barisan belakang, sabuk pengaman yang digunakan adalah 2 point seat belt. Di barisan depannya juga sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags.

Selain itu, untuk menjaga keamanan mobil, Suzuki telah menyematkan beberapa fitur canggih pada mobil ini. Sebut saja fitur Keyless Entry, Parking Sensor, Alarm System, dan Auto Lock System.

Harga Suzuki Swift 2020

  • Suzuki Swift 2020 1.2L AT Rp214.500.000

  • Suzuki Swift 2020 1.2L MT Rp222.500.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya