• Home>
  • Review>
  • Review Tesla Model 3, Mobil Listrik Semua Kalangan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Tesla Model 3, Mobil Listrik Semua Kalangan

Dilihat 416
Guntur Hanggara
23 Sep 2020, 19:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Tesla merupakan perusahaan otomotif dan penyimpanan energi yang didirikan Elon Musk, Martin Ebenhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright. Memiliki basis di Palo Alto California, Tesla menjadi perusahaan otomotif yang masih muda, namun gencar menelurkan lini mobil elektrik yang berperforma tinggi di tahun 2008. 

Selain memproduksi mobil listrik, Tesla juga memiliki spesialisasi pada produksi komponen mesin, dan juga memproduksi perangkat pengisi ulang baterai. Hingga saat ini, tesla sudah memproduksi Tesla Roadster, Tesla Model S, Tesla Model X, dan juga Tesla Model 3

Berbeda dengan pendahulunya, Tesla model 3 yang debut perdananya diselenggarakan pada Maret 2016 lalu di Amerika Serikat, menyasar segmen kelas menengah. Tesla Model 3 seakan perwujudan dari keinginan Elon Musk,sebagai pendiri Tesla, untuk meluncurkan produk mobil bertenaga listrik agar bisa menyentuh segmen yang lebih luas. 

Disebut sebagai mobil Zero Emission, Tesla model 3 tak lagi identik sebagai mobil premium yang dibanderol dengan harga tinggi. Tak heran jika nantinya, Tesla Model 3 sebagai seri terendah dari mobil listrik buatan Tesla ini akan diburu oleh para konsumen menengah yang secara tak langsung justru akan mendongkrak penjualan mobil buatan pabrik Tesla Motors.

Terbukti, setelah diperkenalkan 2016 silam, penjualan Tesla Model 3 langsung laris manis. Bahkan pada Oktober 2018, penjualan Tesla Model 3 menembus angka 100 ribu unit. Setahun kemudian, di oktober 2019, sudah menembus 200 ribu unit, lebih tepatnya sebesar 371 ribu unit. Membuat Tesla selalu masuk dalam 3 besar penjualan mobil listrik dunia, dan nomor pertama di negara asalnya, Amerika Serikat. 

Hal ini juga yang membuat produksi Tesla Model 3 tidak hanya terpusat di Fremont, California sajam, tapi juga dirakit di Tesla Gigafactory 3 yang terletak di Shanghai, Cina  Pada akhirnya di tahun 2019 Prestige Image Motorcars, yang menjadi importir umum dari Tesla di Indonesia, menghadirkan Tesla Model 3 dengan spesifikasi yang tak hanya lengkap, tapi juga tersedia dalam tiga versi tenaga motor listrik yang bisa dipesan oleh konsumen Tanah Air.

Interior dan Fitur Tesla Model 3

Interior yang minimalis dan juga minim tombol memang selalu menjadi ciri dari Tesla model 3. Terlihat dari dashboard Tesla Model 3 mengusung kesan rapi dan minimalis. Hanya ada sentuhan aksen kayu dan detil panel berkelir silver yang dibuat horizontal mengikuti alur dashboard.

Menariknya semua informasi seputar mobil, termasuk kontrol AC, sistem audio, dan fitur penunjang lainnya disajikan di sistem infotainment yang tersaji di layar sentuh LCD berukuran 15 inci yang diletakkan di bagian tengah dashboard. 

Semua fungsi dari mobil ini – kecuali mengatur kaca spion samping, posisi mengemudi dan jok elektrik – difokuskan melalui layar monitor kapasitif besar di tengah. Layar sentuh sangat responsif dan memiliki kualitas high definition. Bahkan spidometer juga termasuk dalam layar. 

Memiliki posisi di bagian kanan, membuat mata pengemudi hanya perlu melirik sedikit untuk memantau kecepatan. Sistem infotainment ditawarkan pada dasarnya serupa model Tesla lain, tapi posisi layarnya dibuat landscape bukannya portrait. 

Pada Tesla Model 3, tidak akan ditemukan kisi-kisi ac terpisah, karena pada dashboard ini semua tersaji pada satu garis lubang horizontal yang memanjang dari ujung dashboard pengemudi dan penumpang. 

Setirnya sendiri mengadopsi setir berbahan kulit dengan dua tombol multifungsi yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai program di sistem infotainment. Pengaturan posisi setir, seperti maju – mundur atau naik – turun, menggunakan sistem elektrik dan bisa disimpen di data base profil pengemudi.

Jok yang digunakan mobil listrik ini bakal dibuat dari bahan material yang berkualitas tinggi dan begitu lembut. Dengan kapasitas 5 penumpang, Jok pada Tesla Model 3 menggunakan material kulit, dengan pengaturan elektrik yang dapat disimpan dalam database profil pengemudi, seperti pada setir. Belum lagi terdapat fitur penghangat jok. Jok belakang memiliki kontur yang mirip dengan jok depan, tapi pada area tengah tersedia armrest terlipat.

Sementara itu bagasinya memiliki kapasitas sebesar 424 liter dan mampu diperluas lagi dengan melipat kursi baris kedua yang memiliki konfigurasi 60:40. Bagasinya cukup luas untuk ukuran mobil sedan, dan diposisikan pada area bonnet depan dan area bagasi belakang. 

Fitur penunjang berkendara pada Tesla Model 3 fokus pada sistem Enhanced Autopilot yang membuat mobil listrik ini mampu berkendara dengan secara otonom. Bahkan, Prestige Image Motorcars selaku Importir Tesla di Indonesia sudah memastikan bahwa fitur ini layak digunakan di jalanan Indonesia. Sistem ini merupakan penggabungan beberapa fitur seperti Autosteer, Lane Change, Side Collision Warning, Automatic Parking, dan Emergency Braking. Sehingga memungkinkan pemilik Tesla Model 3 mampu memarkir dan berkendara di jalanan secara otonom. 

Eksterior dan Dimensi Tesla Model 3

Menggunakan desain karya Franz von Holzhausen, Tesla Model 3 mengedepankan fungsional dan aerodinamika. Dengan tampilan polos dan hanya menyediakan detil air intake di bagian bawah yang ukurannya juga kecil bertujuan agar tidak mengganggu aerodinamika secara keseluruhan . Ukurannya mirip BMW 3-Series G20 dengan panjang 4.690 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.440 mm dan wheelbase 2.880 mm. Dimensi itu membuat Tesla Model 3 mudah bermanuver di area sempit sekalipun. 

Kompak, namun cenderung sempit di kursi baris kedua. Desain atap ala coupe yang menukik ke belakang, sedikit berpengaruh pada ruang kepala penumpang. Headlight mobil Tesla model 3 sudah mengadopsi LED. 

Bukan cuma itu, headlightnya juga dibekali Auto-Dimming High Beams yang akan menyala secara otomatis ketika suasana di depan terlihat begitu gelap. Selain itu, bisa dilihat bumper depan yang terkesan sporty serta grille berdesain elegan khas Tesla yang memperkuat kesan mewah.

Dibalut dengan aksen chrome pada area lis kaca samping mobil dan kaca di bagian atap menggunakan tinted glass roof Tesla Model 3 tampil menawan. Terdapat juga sensor yang berfungsi untuk tap "kartu" akses Tesla Model 3, serta ada kamera kecil yang digunakan untuk fitur keamanan mobil karena memiliki kemampuan merekam. Velgnya menggunakan ring 18 inci Aero Wheels, serta pada area dekat lampu belakang terdapat port charger yang bisa dibuka lewat aplikasi atau fitur di dalam mobil, serta melalui sentuhan pada panel penutup port charger tersebut.

Pada bagian belakang, terdapat rear combination stop lamp berdesain futuristik yang mengusung teknologi LED. Hiasan berupa reflektor pada bagian bemper belakang yang akhirnya membuat kesan sporty. Begitu juga lekuk pintu bagasi khas ducktail yang mampu meningkatkan aerodinamika dan stabilitas pada mobil ini.

Mesin dan Performa Tesla Model 3

Dengan baterai berkapasitas 400 kWh, yang mampu bertahan selama setahun setiap menempuh perjalanan kurang lebih dari 1600 Km, membuat Tesla Model 3 ini mampu menempuh perjalanan sejauh 346 kilometer dalam sekali pengisian baterai . 

Suplai daya dari baterai tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem Rear Wheel Drive. Bukan itu saja, Tesla model 3 mampu berakselerasi hanya dalam waktu di bawah 6 detik untuk mencapai titik dari 0 – 90 kilometer.

Terdapat beberapa versi performa dari Tesla Model 3, yang berhubungan dengan kapasitas baterai dan motor elektrik yang digunakan. Versi Standard Range Plus, menggunakan motor elektrik tunggal di as roda belakang dengan kemampuan jelajah 409 km, dan mampu memberi output 283 HP yang memungkinkan mobil ini berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.3 detik dan top speed 225 km/jam. Kemampuan ini setara dengan mesin bensin 6 silinder. 

Sedangkan versi Long Range, memakai motor elektrik ganda di as roda depan dan belakang. Pada akhirnya memberikan kemampuan output tenaga 412 HP dan daya jelajah sejauh 560 km, serta bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 4.6 detik dan top speed 233 km/jam. 

Dan untuk versi paling cepat, terdapat versi performance yang formatnya serupa dengan versi Long Range dengan tambahan performa menjadi 472 HP dengan kemampuan berjalan sejauh 531 km, serta bisa dipakai berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 3.4 detik beserta top speed 261 km/jam. Empat roda berputar bersamaan (AWD) dan mampu berakselerasi lagi. Seakan-akan mampu mengalahkan kecepatan Porsche 911 Carrera S.

Baterai 400 kWh
Motor Elektrik Rear Wheel Drive atau Dual Motor All Drive
Panjang 4.694 mm
Lebar 1.885 mm
Tinggi 1.435 mm
Jarak Sumbu Roda 2.870 mm
Jarak Pijak Depan/Belakang 1.579 mm
Ground Clearance 140 mm
Berat Kosong 1.847 kg
Suspensi Depan Double wishbone, virtual steer axis with coil over twin-tube shock absorbers and stabilizer bar
Suspensi Belakang Independent multi-link with twin-tube shock absorbers and stabilizer bar.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya