• Home>
  • Review>
  • Review Toyota Agya: Mobil Mungil Nan Murah Pilihan Perempuan Masa Kini
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota Agya: Mobil Mungil Nan Murah Pilihan Perempuan Masa Kini

Dilihat 275
Eza Fadil
1 Sep 2020, 18:11
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - zaman modern sekarang ini bukan sesuatu hal yang istimewa dan wow jika melihat seorang perempuan bisa mengendarai mobil. Alasan mobilitas yang tinggi, keinginan untuk tampil secara mandiri, lebih efektif dan efisien, serta tuntutan keadaan membuat banyak perempuan masa kini memilih untuk mengendarai mobil sendiri. Mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, business women, hingga ibu rumah tangga sekalipun sudah banyak yang lincah dan piawai dalam mengendarai kendaraan roda empat di jalan raya. Peluang inilah yang akhirnya membuat produsen mobil berlomba-lomba untuk mendesain mobil ‘ramah perempuan’. Ini tidak terlepas karena sifat perempuan yang simpel dan tidak ingin repot dalam berkendara termasuk di jalan-jalan sempit, juga urusan parkir.

Review Toyota Agya

Salah satu mobil incaran kaum hawa adalah Toyota Agya. Mobil yang sejatinya diluncurkan pada bulan September 2012 ini, sempat mengalami penundaan selama satu tahun lamanya. Musababnya karena terkendala peraturan pemerintah. Namun akhirnya pada bulan September 2013 Agya secara resmi meramaikan pasar otomotif tanah air setelah lulus tes LCGC atau Low Cost and Green Car.

Setelah diluncurkan, Agya langsung mendapat sambutan positif pasar. Terhitung hingga tahun 2020, Agya telah memberikan kontribusi penjualan sebesar 33% bagi pertumbuhan pasar di segmennya. Angka yang cukup fantastis, bukan! Dimensinya yang relatif kecil yaitu, panjang x lebar x tinggi sebesar 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm membuat Agya menjadi primadona. Yup, mobil mungil nan murah tapi tidak murahan menjadi branding tersendiri bagi Agya. Apalagi Agya berada di bawah naungan Toyota yang memang sudah memiliki nama besar di pangsa pasar otomotif nasional.

Baca Juga: Review Toyota Voxy: MPV Harga Terjangkau Dengan FItur Mewah

Mobil hatchback compact ini terdiri atas 2 tipe, yaitu Agya tipe G dan Agya tipe TRD  dengan pilihan transmisi manual dan automatic. Lalu, bagaimana dengan harganya? Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dan nilai plus dari Agya. Dengan budget tidak lebih dari 170 juta rupiah, kamu bisa membawa pulang Agya. Bahkan, hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar 140 juta rupiah, sebuah Agya anyar seri terendah bisa terparkir di rumah. Alasan low price inilah yang membuat permintaan Agya meningkat setiap tahunnya.

Yang perlu diketahui, meskipun dengan range harga yang bisa menyentuh masyarakat kalangan menengah ke bawah, kualitas Agya tidak perlu diragukan. Mobil dengan dua pilihan kapasitas, yaitu 998 cc dan 1.197 cc ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan sistem power steering dan Dual SRS Airbags pada bagian depan. Sedangkan pada bagian samping dilengkapi dengan side impact beam yang berguna untuk meredam benturan. Pada jok depan juga dilengkapi fitur Isofix untuk pengaman baby car seat. Menariknya lagi, Agya juga dilengkapi dengan fitur pengingat penggunaan sabuk pengaman.

Spesifikasi Toyota Agya

Untuk mesin yang digunakan ada dua varian. Pertama, berkapasitas 1.0 liter DOHC 3 silinder 12 katup dengan teknologi VVT-i, transmisi manual 5 percepatan, dengan tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 67 Ps pada 6.600 rpm, serta torsi 9.1 Kgm per  4.400 rpm. Kedua, mesin dengan kapasitas 1.2 liter DOHC 4 silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i, pilihan transmisi manual 5 percepatan dan auto 4 percepatan, dengan tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 88 Ps pada 6.000 rpm, serta torsi 11.0 Kgm per  4.200 rpm. Suspensi depan dan belakang menggunakan MacPherson Strut dan Torsion Beam.

Agya dilengkapi velg tipe Alloy 14 inci dibalut ban radial berukuran 175/65 dan dibekali rem jenis Ventilated Disc berukuran 13 inci di bagian depan dan rem Drum Leading-trailing di bagian belakang. Kedua rem ini mempunyai kualitas handal sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan saat pengemudi terpaksa melakukan rem mendadak.

Eksterior Toyota Agya

Tahun 2020 ini Agya meluncurkan versi terbaru, yaitu Toyota Agya facelift. Secara keseluruhan hampir sama dengan Agya lawas. Hanya saja ada beberapa hal baru yang membuat Agya terlihat semakin elegan. Di bagian depan disematkan Smoked Projector Headlamp dengan LED Light Guide dengan desain bergaya modern dan berbentuk trapesium 6 sisi. Pada bagian grill depan dibuat dengan ukuran lebih lebar dan dibentuk dengan gaya yang lebih elegan. Selain itu juga ada penambahan fog lamp yang akan memancarkan cahaya yang akan membantu pengemudi berkendara ketika dalam kondisi cuaca hujan lebat dan kabut tebal. 

Baca Juga: Toyota Hiace, Van Komersial yang Cocok untuk Segala Suasana

Pada bagian samping tidak berbeda jauh, hanya ada penambahan garis lurus yang membujur dari  depan sampai belakang di atas side kirt. Pada bagian belakang dibekali kombinasi lampu yang dibuat simpel tapi modern. Lagi, pada bagian belakang juga terdapat spoiler kecil dengan High Mount Stop Lamp. Overall, desain eksterior Toyota Agya besutan terbaru semakin memanjakan mata.

Interior Toyota Agya

Apakah desain interior Toyota Agya terbaru juga mengalami penyegaran dari versi sebelumnya? Tentu saja. Hal  ini dilakukan semata-mata untuk menjawab persaingan mobil murah yang semakin menjadi incaran kaum perempuan untuk memudahkan melakukan berbagai aktivitas. Mobil dengan kapasitas maksimal lima orang penumpang termasuk pengemudi ini pada bagian jok sudah dilengkapi dengan Semi Bucket Seat yang dibuat dari bahan material berupa kain yang lembut.

Pada bagian dashboard dilengkapi dengan fitur canggih, seperti paket New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/FM, pemutar CD, pengontrol suara, Bluetooth dan soket USB, dan audio 2DIN yang mampu menghasilkan suara musik yang cetar membahana.

Pilihan warna apa saja yang disediakan Toyota Agya?

1837407262.jpeg

Agya menyediakan tujuh pilihan warna, yaitu hitam, putih, merah, kuning, silver metalik, abu-abu metalik dan orange metalik. Warna kuning dan silver metalik mengalami pembaharuan, serta orange metalik hadir sebagai pilihan warna baru di tahun 2020. Jika ditanya mana warna paling laku, maka dipegang oleh warna Putih.

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Toyota Agya?

Setelah mengulas Toyota Agya, sekarang kita coba untuk menyimpulkan kelebihan dan kekurangan sebagai bahan pertimbangan. Dari sisi kelebihan, kualitas mesin yang mumpuni, desain eksterior dan interior yang mewah dan elegan dengan sentuhan sporty, fitur modern, irit bahan bakar dan jaminan sistem keamanan dan keselamatan yang disajikan. Satu lagi, seperti mobil-mobil lain Agya juga menyediakan pilihan transmisi automatic yang menambah nilai jual sebagai pilihan kaum hawa.

Lalu, apa yang menjadi nilai minus dari Agya? Kekurangannya adalah tidak terdapat fitur tilt steering yang berfungsi untuk mengatur ketinggian lingkar tubuh. Alasan Agya tidak menyertakan fitur ini adalah pertimbangan tubuh rata-rata orang Indonesia. Kekurangan lain yang ditemukan pada Agya adalah absennya penggunaan tuas pintu bagasi. Meski terkesan sepele, namun ini cukup dikeluhkan. Pasalnya, untuk membuka pintu bagasi belakang harus menggunakan anak kunci atau melalui tuas kecil di dekat kursi pengemudi. 

Nah, tertarik ingin meminang Toyota Agya? Kenapa tidak. Dengan asumsi mobil mungil, irit bahan bakar, minim service dan friendly digunakan perempuan untuk keperluan sehari-hari, Agya pantas Anda pertimbangkan untuk dimiliki.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Angsuran mulai dari:Rp 2,63 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya