• Home>
  • Review>
  • Review Toyota All New Avanza dan All New Veloz, Bukan Avanza yang Dulu Kita Kenal!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota All New Avanza dan All New Veloz, Bukan Avanza yang Dulu Kita Kenal!

Dilihat 2687
Danang
15 Nov 2021, 13:23
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id Toyota merilis generasi terbaru Avanza setelah bertahun-tahun lamanya bertahan dengan generasi kedua, kini di generasi ketiga Avanza yang kita kenal dahulu selama 18 tahun ternyata sudah berubah. Ya, Avanza dan Veloz terbaru ini bukanlah Avanza yang dulu pernah kita kenal, dari posisi duduk, pengalaman berkendaranya hingga fiturnya menyuguhkan sesuatu yang sangat berbeda!

review all new veloz

Semuanya berubah, Toyota Avanza akhirnya mengalah pada kondisi dan selera pasar. Toyota yang dulu dikenal pelit fitur, apalagi untuk mobil sejuta umat yang memang selalu laris manis, kini mulai beradaptasi dengan kompetitor dan menyuguhkan fitur yang cukup lengkap untuk Avanza dan Veloz.

Otoloka berkesempatan menjajal performa dan impresi berkendara dari All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz di kawasan BSD, di sela-sela perhelatan GIIAS 2021 kali ini.

Tampangnya sudah pasti berbeda, kali ini Avanza dan Veloz punya gaya desain yang lebih modern dengan banyak guratan-guratan tajam di sekeliling bodi. Lampu juga sudah mengadopsi teknologi LED di depan dan belakang, peleknya juga sekarang berukuran 16 inci untuk Avanza dan 17 inci untuk Veloz dengan desain two tone.

Baca juga: Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Mobil yang kami coba adalah Avanza tipe G 1.5 CVT TSS dan Veloz Q CVT TSS, jadi keduanya sama-sama bermesin 1.5 liter 2NR-FE dengan transmisi CVT. Keduanya memiliki tenaga yang sama yaitu 106 PS dan torsi 137 Nm dan sudah menggunakan penggerak roda depan, tidak lagi mengusung penggerak roda belakang seperti generasi sebelumnya.

Inilah yang menjadikan impresi berkendara All New Avanza dan Veloz menjadi berbeda, bukan lagi Avanza dan Veloz yang kita kenal dulu. Masuk ke dalam kabin, posisi duduk menjadi hal pertama yang terasa berbeda, sekarang lebih rendah dengan desain dasbor yang lebih panjang ke arah pengemudi dan penumpang depan.

Tampilan tata letak dasbor juga berbeda, terasa lebih modern terutama pada Veloz yang sudah mengaplikasi panel instrumen digital seperti pada Toyota Raize. Posisi setir juga bisa diatur sesuai keinginan karena sekarang sudah tilt and telescopic.

Penggerak Depan Mengubah Gaya Berkendara Avanza dan Veloz

Bagaimana sensasi mengemudi dari All New Avanza dan Veloz ini? Pastinya jauh berbeda karena penggerak depan sekarang membuat akselerasi lebih spontan karena tidak ada jeda dari mesin ke as roda belakang. Injak sedikit saja pedal gas, low MPV andalan Toyota ini langsung melesat.

Transmisi CVT membuat pengendaraan terasa lebih halus tanpa ada hentakan saat perpindahan gigi. Sayangnya ketika mesin dibejek habis suara raungan masih terdengar ke dalam kabin, tapi tingkat kekedapan di dalam kabin Avanza dan Veloz generasi ketiga ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Apalagi di Veloz sekarang punya driving mode, Eco dan Power, lebih menyenangkan jika Anda suka dengan gaya berkendara yang agresif. Usaha membejek habis pedal gas terasa lebih nikmat di Power mode, mobil langsung melesat. Berbeda jika di Eco mode, di mana pedal gas diinjak dalam pun mobil akan merespon lebih lambat karena tujuan utamanya adalah menghemat bahan bakar.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Menggunakan platform baru, pengendaraan Avanza dan Veloz terbaru ini juga terasa jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Sekarang jauh lebih nyaman berada di dalam kabin mobil sejuta umat ini. 

Jika mau dibandingkan dengan kompetitornya seperti Xpander dan Ertiga, setidaknya kenyamanan Avanza dan Veloz sudah bisa bersaing dengan keduanya.

Fitur Veloz Berkelas

Jika dulu Toyota dikenal pelit fitur untuk mobil sejuta umatnya, kini cukup banyak fitur canggih yang dibenamkan ke dalam Avanza dan Veloz terutama untuk varian CVT TSS. Paket Toyota Safety Sense membuat pengendaraan jadi lebih aman dan nyaman, meski pada Avanza lebih sedikit fiturnya.

Untuk Veloz terbaru sekarang ini sudah ada Blind Spot Warning termasuk dengan Lane Departure Warning yang akan mengubah posisi setir jika Anda keluar dari marka jalan. Sayangnya Toyota belum menyematkan cruise control baik di Avanza maupun Veloz.

Fitur kamera 360 juga hadir di Veloz yang memudahkan pengemudi saat harus parkir atau bermanuver di jalan sempit. Kemudian ada juga fitur wireless charging yang memudahkan tanpa harus colok kabel lagi. Untuk Avanza fiturnya lebih minim, hanya ada layar sentuh tanpa ada kamera belakang, dan charging outlet tersedia model USB dan soket lighter.

Ada yang unik pada AC double blower di bagian belakang, karena sekarang memiliki bentuk seperti sirip-sirip yang bertujuan untuk mengatur arah hembusan angin. Bentuknya mirip seperti yang ada di Toyota Calya. Sayangnya letak tombol AC belakang ini sekarang jadi lebih jauh, jika Anda di posisi pengemudi dan ingin menyalakan atau mematikan AC harus lebih berusaha untuk meraih tombolnya ke bagian belakang.

Baca juga: Deretan Mobil Keluarga Paling Irit, Value Utama yang Paling Dicari

Oh iya, untuk Veloz juga sekarang ada layar monitor untuk penumpang belakang lho, lumayan untuk hiburan saat perjalanan jauh. Pengaturan kursi baris kedua dan ketiga juga sekarang jauh lebih baik, kursi baris kedua bisa diatur sudut kemiringannya hingga rata dengan jok baris ketiga. Sementara untuk jok baris ketiga ini jika dilipat akan menyediakan ruang bagasi yang rata lantai.

Harganya sendiri, baik Toyota Avanza dan Veloz masih mendapat diskon PPnBM 100 persen hingga akhir tahun. All New Avanza dibanderol mulai dari Rp206 juta sampai Rp264,4 juta, sementara All New Veloz dihargai paling murah Rp251 jutaan hingga Rp291 jutaan.

Kalau tertarik dengan mobil sejuta umat terbaru ini silahkan datang langsung ke GIIAS 2021 sampai tanggal 21 November 2021!

Spesifikasi Toyota All New Avanza 1.5L 
Mesin

2NR-VE 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

106 hp / 6.000 rpm

Torsi 

137 Nm / 4.200 rpm
TransmisiManual 5-percepatan / CVT
Sistem penggerakFront wheel drive 
P x L x T (mm)4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / Torsion-Beam
Rem Depan/BelakangVentilated Disc / Drum


Spesifikasi Toyota All New Veloz 1.5L 
Mesin

2NR-VE 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

106 hp / 6.000 rpm

Torsi 

137 Nm / 4.200 rpm
TransmisiManual 5-percepatan / CVT Sequential Mode
Sistem penggerakFront wheel drive 
P x L x T (mm)4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / Torsion-Beam
Rem Depan/BelakangVentilated Disc / Disc

 


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya