• Home>
  • Review>
  • Review Toyota Avanza, Apa Yang Baru Dari MPV Sejuta Umat Ini?

Review Toyota Avanza, Apa Yang Baru Dari MPV Sejuta Umat Ini?

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
29 Nov 2021, 12:08
  • Suka 0

Otoloka.id - Sejak diluncurkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, review Toyota All New Avanza teranyar menjadi informasi yang cukup banyak dicari. Dengan menyandang nama All New Toyota Avanza, mobil ini diketahui mendapatkan banyak perubahan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seperti yang kita tahu, Toyota Avanza ini merupakan model mobil MPV yang sudah lama berkiprah di Indonesia. Mobil ini pertama kali diluncurkan untuk pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2003 dan menjadi populer sejak saat itu.

Disebut sebagai MPV sejuta umat, kepopuleran Toyota memang bukan tanpa alasan. Nah, kali ini kita akan melihat review Toyota Avanza terbaru dan melihat pembaruan apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini.

Review Toyota All New Avanza

1. Review Eksterior Toyota All New Avanza

Review Toyota Avanza terbaru ini akan kita mulai dengan membahas bagian eksteriornya. Generasi terbaru Avanza diketahui memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan versi sebelumnya.

All New Toyota Avanza ini memiliki panjang dimensi 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Ukuran wheelbase atau jarak sumbu rodanya pun berubah menjadi 2.750 mm, sedangkan ground clearance-nya menjadi 205 mm.

Toyota Avanza terlihat menggunakan bahasa desain yang lebih segar dibanding versi sebelumnya. Tidak heran, tampilan eksteriornya ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari mobil ini.

MPV pabrikan Toyota ini memiliki New Bold Front Bumper Design dengan New Sharp LED headlamp. Khusus untuk varian tertingginya, terdapat pula pembaruan untuk fog lamp alias lampu kabutnya.

Baca juga: Kehadiran Avanza dan Veloz Baru Belum Bisa Goyahkan Mitsubishi Xpander

Melirik ke bagian belakang, perbedaan desain pun bisa terlihat dari adanya New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp. Selain itu, pada bagian sampingnya, bisa kita lihat disematkannya New Auto Retractable Mirror.

Peleknya sendiri terdiri dua jenis. Ada pelek New Dashing Two Tone Alloy Wheel berukuran 16 inci untuk tipe 1.5 G, dan New Dashing Alloy Wheel Design berukuran 15 inci untuk varian lainnya.

Pihak Toyota juga sudah menyediakan beragam pilihan warna untuk Avanza generasi baru ini. Ada Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic dan White.

2. Review Interior Toyota All New Avanza

Dari review eksterior Toyota All New Avanza, kita beralih ke bagian interiornya. Sama seperti bagian luarnya, sisi interior MPV yang satu ini pun tidak luput dari pembaruan.

Salah satu pembaharuan yang paling signifikan adalah ruang kabinnya yang lebih besar. Seperti yang kita tahu, ukuran wheelbase mobil ini memang menjadi lebih panjang dan hal ini berpengaruh juga terhadap ukuran ruang kabinnya.

Avanza terbaru dilengkapi dengan New Comfortable 7 Seater yang bukan hanya modern, tetapi juga nyaman. Kenyamanan semakin terjamin dengan kabin yang lebih kedap suara, sehingga suara bising dari luar tidak akan terdengar hingga ke dalam.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Bukan hanya dari segi desain, Toyota Avanza terbaru ini juga sudah mendapatkan pembaruan dari segi fitur interiornya. Beberapa fitur terbarunya sebut saja New 4’2 TFT MID dan New Illuminating Start/Stop Button.

Demi kenyamanan dan kemudahan pengemudi, Toyota juga sudah menyematkan fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & Mit Switch. Selain itu, pengaturan AC pun sudah digital sehingga lebih praktis.

Fitur hiburan tidak boleh ketinggalan untuk dibahas. Toyota Avanza generasi terbaru mengandalkan fitur multimedia berupa New Dynamic Head Unit Display berukuran 9 inci yang dilengkapi dengan New USB Port dan Power Slot.

3. Review Spesifikasi Mesin Toyota All New Avanza

Soal mesinnya, Toyota Avanza generasi terbaru ini memang tidak mendapatkan perubahan yang signifikan. Kendati demikian, performa yang diberikannya tidak bisa dianggap enteng.

Toyota Avanza teranyar ini hadir dalam dua pilihan mesin berkapasitas 1.3 L dan 1.5 L. Khusus mesin 1.3 L hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual, sementara mesin 1.5 L memiliki pilihan transmisi manual, CVT, dan CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Seluruh varian All New Toyota Avanza sendiri menggunakan mesin yang sama. Mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.

Dengan mesin yang digendongnya tersebut, Toyota Avanza bisa menghasilkan tenaga sebesar 96 HP (varian 1.3 L) dan 104 HP (varian 1.5 L) pada putaran 6.000 rpm. Torsi puncaknya sendiri bisa mencapai 121 Nm (varian 1.3 L) dan 137 Nm (varian 1.5 L) pada putaran mesin 4.200 rpm.

Baca juga: Xpander Terbaru Gunakan Transmisi CVT, Mampukah Bersaing Lawan Avanza?

Performanya dimaksimalkan dengan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection. Mobil ini juga diketahui bisa menampung bahan bakar sebanyak 43 liter.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

Mesin

1NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

Kapasitas

1.3 L (1.329 cc)

1.5 L (1.496 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Manual 5 Percepatan / CVT / CVT with TSS

Tenaga

96 HP @ 6.000 rpm

104 HP @ 6.000 rpm

Torsi

121 Nm @ 4.200 rpm

137 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Tangki BBM

43 liter

43 liter

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem Pembakaran

Electronic Fuel Injection

Electronic Fuel Injection

 4. Review Fitur Toyota All New Avanza

All New Toyota Avanza diketahui sudah dipersenjatai dengan fitur keamanan dan keselamatan tercanggih dari Toyota. Bahkan pada varian tertingginya sudah disematkan Toyota Safety Sense (TSS) yang merupakan fitur keselamatan berkendara paling mutakhir yang dimiliki Toyota.

Sebagai informasi, Toyota Safety Sense ini merupakan rangkaian fitur keselamatan dan keamanan berteknologi tinggi. Rangkaian fitur ini terdiri atas Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan T-Intouch.

Semua varian Toyota Avanza terbaru sudah dibekali dengan beberapa fitur standar seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist dan Seatbelt Warning. Khusus untuk tipe 1.5 G, terdapat pula fitur Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Alarm System dan Rear Parking Sensor.

Airbags juga tidak absen disematkan pada seluruh varian All New Toyota Avanza. Untuk menjaga keselamatan penumpang anak-anak, seluruh variannya juga sudah hadir standar dengan pengaturan kursi ISOFIX.

5. Review Varian dan Harga Toyota All New Avanza

Pada bagian terakhir dari review ini, kita akan membahas tentang varian dan harga dari Toyota All New Avanza. Di Indonesia sendiri, ada empat varian dari Toyota Avanza generasi terbaru.

Untuk melihat rincian harga dari masing-masing varian Toyota All New Avanza ini, mari kita perhatikan tabel berikut ini.

VARIAN

HARGA

All New Toyota Avanza 1.3 E MT

Rp 206.200.000

All New Toyota Avanza 1.5 G MT

Rp 288.500.000

All New Toyota Avanza 1.5 G CVT

Rp 241.400.000

All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Rp 264.400.000

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan