• Home>
  • Review>
  • Review Toyota Corolla Altis: Berikut Kelebihan dan Kekurangannya!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota Corolla Altis: Berikut Kelebihan dan Kekurangannya!

Dilihat 289
Yogi Pratama
1 Okt 2020, 11:31
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Corolla Altis

Otoloka.id -  Nama brand Toyota memang sudah lama dikenal dan disegani di dunia otomotif dunia. Banyak mobil-mobil legendaris yang diciptakan dan laris di pasaran. Salah satunya adalah Toyota Corolla. Mobil jenis sedan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 dan tidak hanya diproduksi di negara asalnya, Jepang, tapi juga di negara lain, seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, serta Turki. Hingga saat ini Toyota Corolla telah meluncurkan hingga 12 generasi.

Di Indonesia sendiri, Corolla mulai dipasarkan mulai generasi ke-2 pada tahun 1971, yaitu Corolla KE20 Series dengan model sedan 4 pintu, 1.200cc, transmisi 4-speed manual. Pada generasi ke-6 Corolla di Indonesia mencapai puncak kepopulerannya, yaitu Corolla AE9 atau yang lebih dikenal dengan nama Corolla Twincam. Bahkan, komunitas Corolla Twincam hingga kini masih eksis dengan nama Corolla Twincam Indonesia. Dan ditahun 2019 tepatnya pada tanggal 12 September, di bawah naungan PT Toyota Astra Motor, Corolla kembali melahirkan generasi terbarunya yang diberi nama All New Corolla Altis yang merupakan versi prestige.

Penggunaan nama Corolla Altis dimulai pada generasi ke-9 dan dipasarkan pada tahun 2001 di Indonesia. Generasi ke-2 Corolla Altis terjadi pada tahun 2008 hingga 2013. Sementara Corolla Altis yang ada di pasaran saat ini merupakan generasi ke-3 yang diluncurkan sejak tahun 2014. Secara umum, hampir 70% pengguna mobil sedan adalah masyarakat perkotaan, maka tidak heran jika pangsa pasar Toyota Corolla, terutama All New Corolla Altis adalah masyarakat kota besar, terutama Jakarta sebagai ibukota negara.

Saat ini terdapat 3 pilihan yang disediakan Toyota Corolla versi All New Corolla Altis sebagai keluaran teranyar.

  1. All New Corolla Altis G A/T

Harga 486.55 juta, automatic 7-speed CVT, 5 seat, 1.798cc.

  1. All New Corolla Altis V A/T

Harga 508.15 juta, CVT 7-speed sport Sequential shiftmatic & padd, 5 seat, 1.798cc.

  1. All New Corolla Altis Hybrid

Harga 586.25 juta, CVT 7-speed sport Sequential shiftmatic & padd, 5 seat, 1.798cc.

Selain perbedaan harga, perbedaan lain yang ditemukan dari ketiga varian tersebut adalah logo depan. Pada Corolla Altis non Hybrid, menggunakan logo Toyota berwarna krom. Sementara, pada Corolla Altis Hybrid menggunakan logo berwarna biru. Meski berbeda, namun ketiga varian tersebut hadir dengan platform yang sama, yaitu TNGA atau Toyota New Global Architecture yang digadang-gadang memiliki ketangguhan yang mumpuni.

Untuk pilihan warna, All New Corolla Altis menawarkan tujuh warna yang berbeda, yaitu super white, white pearl, silver metallic, celestite grey metallic, attitude black mica, red mica metallic dan phantom brown mica black.

Perbandingan Mesin Non Hybrid dan Hybrid

Mesin Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Indonesia versi non Hybrid yang terdiri dari tipe G A/T dan V A/T masih menggunakan mesin lama seri 2ZR-FE 16-valve DOHC with Dual VVT-I. daya maksimum yang dihasilkan mencapai 140 Ps pada putaran mesin 6.400 rpm dengan torsi maksimum 17.5 Kgm pada putaran mesin 4.000 rpm, kapasitas tangki 50 liter.

Sementara itu, untuk versi Hybrid menggunakan mesin seri 2ZR-FXE 4-cylinder sejajar, 16-valve DOHC with Dual VVT-I yang menghasilkan daya maksimum 95 Ps pada putaran 5.200 rpm dengan torsi maksimum 14.47 Kgm pada putaran 4.000 rpm, kapasitas tangki 43 liter. 

Perbedaan mesin non Hybrid dan Hybrid, selain mesin menggunakan BBM, mesin Hybrid juga terdapat motor listrik dengan tenaga 72 Ps pada torsi maksimum 12,2 Kgm.

Untuk suspensi, All New Corolla Altis menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Suspensi terbaik ini mampu menopang beban, membuat mobil terasa nyaman ketika melewati jalan berlobang, serta mengurangi getaran.

Desain Eksterior Toyota Corolla Altis

Eksterior Toyota Corolla Altis

Perubahan signifikan dapat dilihat pada grill bagian depan mobil Toyota Corolla Altis terbaru dengan sebelumnya. Desain grill bagian depan tidak menyatu lagi dengan lampu kabut. Pun, dengan desain lampu kabut yang juga mendapat penyegaran dengan desain garis tipis melengkung. Selain itu, lebar lampu depan dan lampu DRL dibuat semakin tipis. 

Sedangkan bagian samping terlihat All New Corolla Altis menggunakan desain velg dual tone dengan jumlah jari lumayan banyak. Untuk tipe G masih menggunakan velg ukuran 16 inch warna silver. Sedangkan velg terbaru ukuran 17 inci terdapat pada tipe V dan Hybrid. 

Pada bagian belakang, lampu sudah dilengkapi dengan LED sama dengan lampu depan yang menambah kesan agresif. Selain itu juga terdapat desain license garnish berlapis krom yang menyambung dengan lampu kanan dan kiri. Bagian Rear lamp dilengkapi dengan fitur Turn Signal Lamp, Stop & Tail LED dan Aero Stabilizing Fin.

Untuk bagian bumper belakang sudah dilengkapi dengan 4 buah sensor parkir dan dua reflektor berwarna merah di bagian ujung kiri dan kanan. Di bawah logo Toyota bagian belakang juga dilengkapi dengan kamera mundur.

Desain Interior Toyota Corolla Altis

Interior Toyota Corolla Altis

Warna hitam menjadi warna dominan pada interior All New Corolla Altis. Dashboard dan jok kulit dibuat warna hitam dengan menyematkan keyless smart entry. Pengaturan kursi kemudi untuk maju dan mundur sudah menggunakan sistem elektrik. Begitu juga dengan pengaturan tinggi rendah kursi dan kemiringan sandaran kursi semua sudah sistem elektrik. 

Bagian tengah kemudi di belakang tuas transmisi dilengkapi fitur brake hold dan rem parkir elektronik. Pada bagian depan tuas transmisi diberi tombol kontrol traksi dan sport mode. Khusus pada bagian Hybrid sudah dilengkapi tombol Electric Vehicle. 

Pada bagian sisi penumpang bagian belakang, leg room lumayan luas dengan posisi sandaran sedikit rebah. Pada bagian tengah jok juga dilengkapi sandaran tangan dengan cup holder yang dapat diturunkan. 

Perbedaan dirasakan pada sistem multimedia dan combimeter. Untuk varian Hybrid menggunakan Integrated Multimedia System. Sementara non hybrid menggunakan Head Display.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Toyota Corolla Altis

Berada pada jajaran sedan premium, Toyota Corolla Altis terbaru dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan baik bagi pengemudi maupun penumpang. Rangka body dibuat dari material high-tensile steel yang membuat mobil lebih ringan namun tetap kokoh. Fitur keselamatan terbagi dalam empat bagian, yaitu dynamic radar cruise control (DRCC), pre-collision system (PCS), lane departure alert (LAN) dan automatic high beam (AHB). Sistem pengereman menggunakan kontrol rem canggih, seperti ABS, EBD dan VSC untuk memberi keamanan maksimal. Rem depan menggunakan tipe cakram berventilasi dan rem belakang menggunakan cakram solid.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Altis

Sebagai generasi paling muda dari Toyota Corolla, All New Corolla Altis memiliki tampilan eksterior yang sporty dan mewah. Didukung oleh interior berkelas dan fitur-fitur mobil yang cukup lengkap, serta fitur keselamatan yang terbaik. Selain itu, kabin sedan ini juga cukup luas dengan material jok yang berkualitas. Untuk kualitas mesin, baik non Hybrid atau Hybrid dibuat powerfull.

Lalu, apa kekurangannya? Dari segi harga, beberapa kalangan beranggapan untuk jenis sedan ada All New Toyota Altis terbaru berada di level mahal. Benar-benar diperuntukan untuk kelas menengah ke atas, terutama masyarakat perkotaan. Selain itu, setir juga dianggap terlalu ringan.

Overall, debut terbaru dari Toyota jenis sedan ini layak untuk dipertimbangkan. Jika masih ragu Anda bisa melakukan test drive terlebih dahulu.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya