• Home>
  • Review>
  • Review Toyota Fortuner Legender, Varian Tertinggi yang Tak Kunjung Masuk Tanah Air
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota Fortuner Legender, Varian Tertinggi yang Tak Kunjung Masuk Tanah Air

Dilihat 3461
Amanda
8 Nov 2021, 10:09
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan review tentang Toyota Fortuner Legender. Mobil yang satu ini memang menjadi salah satu model mobil SUV yang cukup banyak diperbincangkan.

Toyota Fortuner Legender merupakan tipe tertinggi dari line-up Toyota Fortuner dan sudah dipasarkan di Thailand sejak tahun 2020 lalu. Sayangnya, mobil yang satu ini tidak dipasarkan Indonesia.toyota fortuner legender

Ada beberapa alasan yang menyebabkan Fortuner Legender ini tidak dipasarkan di Indonesia. Desain mobil ini cukup berbeda dengan Fortuner standar, sehingga jika dipasarkan di Indonesia, maka akan sulit untuk mendapatkan suku cadang untuk bodinya tersebut.

Bukan itu saja, Fortuner Legender ini juga dinilai sangat boros BBM sehingga tidak cocok untuk dipasarkan di Tanah Air. Selain itu, fitur keselamatan yang ditawarkannya juga kurang lengkap, tidak sebanding dengan harganya yang tinggi.

Kendati demikian, masih banyak pecinta mobil yang penasaran dengan SUV pabrikan Toyota ini. Bahkan tidak sedikit pula yang mengharapkan kehadirannya di Indonesia.

Pada review Toyota Fortuner Legender kali ini, kita akan membahas spesifikasi lengkap tentang mobil SUV kenamaan tersebut. Daripada semakin penasaran, langsung saja kita simak review-nya berikut ini.

Tentang Toyota Fortuner Legender

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Toyota Fortuner diperkenalkan di Thailand pada tahun 2020 lalu. Mobil yang juga sudah diluncurkan di India ini merupakan versi yang jauh lebih mewah dibandingkan dengan model Fortuner yang ada di Indonesia saat ini.

Pihak Toyota Astra Motor sendiri mengaku bahwa harga yang tinggi menjadi salah satu pertimbangan utama mengapa SUV yang satu ini tidak kunjung diluncurkan di Indonesia. Mengacu pada review spesifikasi yang ada di Thailand, Toyota Fortuner Legender ini menggendong mesin berkapasitas lebih dari 2,5 liter.

Hal ini tentu membuat Fortuner Legender akan masuk ke segmen mobil mewah jika diluncurkan di Indonesia. Nah, untuk tahu lebih banyak tentang spesifikasinya, mari kita lihat tentang eksterior, interior, mesin, fitur dan harga mobil ini lewat review Toyota Fortuner Legender berikut ini.

Eksterior Toyota Fortuner Legender

Review Toyota Fortuner Legender ini kita mulai dengan membahas bagian eksteriornya. Mobil SUV ini tampil gagah dan agresif dengan wajah barunya.

Pada bagian depan, mobil ini menampilkan garis bumper yang dibuat lebih tinggi dan lampu kabut yang terkesan sporty. Mobil yang nyaris bergaya off-road ini juga mendapatkan kesan maskulin berkat penyematan lampu depan LED baru yang tampak lebih tajam.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Perbedaan lainnya yang bisa kita lihat pada Toyota Fortuner Legender dibandingkan dengan model Fortuner standar adalah pada bagian atapnya yang menggunakan kombinasi dua warna. Garis pilar yang menggunakan warna hitam membuat tampilan mobil ini semakin elegan.

Untuk peleknya sendiri, mobil ini menggunakan pelek baru berukuran 20 inci. Selain itu, apa pula ornamen reflektor yang menyerupai huruf L yang bisa kita lihat pada bumper belakangnya.

Di pasar otomotif Thailand, Fortuner Legender ditawarkan dalam 8 pilihan warna berbeda. Bukan hanya itu, mobil ini juga menawarkan dua opsi warna interior.

Interior Toyota Fortuner Legender

Selanjutnya pada review Toyota Fortuner Legender ini kita akan membahas tentang bagian interior dari mobil ini. Ketika memasuki kabin mobil ini, konsumen akan langsung disambut dengan desain interior yang kental dengan kesan mewah.

Bagian interiornya didominasi dengan warna hitam dan menghadirkan tampilan dasbor yang masih sama dengan Fortuner standar. Kendati demikian, tentu tampilannya ini lebih mewah dibandingkan desain interior para pesaingnya di segmen yang sama.

Ada sedikit perubahan pada bagian panel instrumen. Kini panel instrumen Fortuner Legender hadir dengan layar layout baru dan iluminasi cahaya berwarna biru yang akan terlihat di malam hari.

Sementara itu, sebagai fitur infotainment utamanya, bisa kita lihat adanya head unit layar sentuh berukuran 9 inci pada bagian tengah dasbor. Fitur-fitur yang ada pada head unit ini juga sudah terintegrasi dengan tombol-tombol multifungsi yang ada pada bagian setir yang juga sudah dilengkapi dengan pengaturan posisi Tilt and Telescopic yang canggih.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Kenyamanan penumpang dan pengemudi didukung dengan adanya kursi yang empuk dan ergonomis. Pengaturan kursi depan juga bisa dilakukan secara elektrik ke delapan arah berbeda.

Tidak hanya itu, semua kursi yang disematkan pada Fortuner Legender ini juga dibalut dengan material kulit. Ruang kabinnya yang leluasa juga membuat head room dan leg room pada mobil ini menjadi lebih luas.

Mesin Toyota Fortuner Legender

Rasanya review Toyota Fortuner Legender ini tidak akan lengkap jika kita tidak membahas soal mesinnya. Mobil ini diketahui menggendong mesin diesel berkode 1GD-FTV yang memiliki kubikasi sebesar 2.755 cc.

Mesin 4 silinder yang digendongnya ini diklaim mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dibanding model sebelumnya. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 202 HP pada putaran 3.400 rpm, dan torsinya bisa mencapai 500 Nm pada putaran 1.600 hingga 2.800 rpm.

Dengan sistem penggerak empat roda, tenaga yang dialirkan oleh mesin ini menjadi seimbang. Hal ini pun membuat mobil ini andal digunakan untuk menjelajah medan off-road sekalipun.

Pihak Toyota juga diketahui telah menyematkan tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Ketiga mode berkendara tersebut antara lain mode ECO, Normal, dan Sport.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN

Mesin

1GD-FTV 4-silinder VN Turbo Intercooler

Kapasitas

2.8 L (2.755 cc)

Transmisi

Otomatis 6 Percepatan

Tenaga

202 HP @ 3.400 rpm

Torsi

500 Nm @ 1.600-2.800 rpm

Sistem Penggerak

4 Wheel Drive

Konsumsi BBM Dalam Kota

8,75 km/liter

Konsumsi BBM Luar Kota

12,92 km/liter

Fitur Toyota Fortuner Legender

Jika mengetahui harganya, konsumen manapun akan mengharapkan berbagai fitur canggih dari mobil ini. Pada review Toyota Fortuner Legender ini, kita juga akan membahas tentang beragam fitur yang ditawarkannya.

Sebelumnya sempat disinggung sedikit bahwa mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 9 inci sebagai fitur infotainment-nya. Perlu diketahui bahwa head unit ini sudah dilengkapi dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta terintegrasi dengan sistem audio 9 speaker dari JBL.

Pada Fortuner Legender ini juga terdapat port pengisian USB di barisan belakang, sistem pengisian daya wireless smartphone, serta sistem ambient lighting yang indah.

Panoramic View Monitor dengan tampilan 360 derajat juga turut disematkan pada mobil ini. Fitur ini dapat memudahkan pengemudi dalam melakukan manuver maupun parkir.

Sistem cruise control yang disematkan pada mobil ini juga meningkatkan keamanan bagi pengemudi dengan penumpangnya. Fitur ini berfungsi untuk menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan.

Menariknya lagi, Toyota Fortuner Legender ini sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense yang canggih. Rangkaian fitur ini terdiri atas Dynamic Radar Cruise Control, Pre-Collision System, hingga Lane Departure Alert.

Selain itu, masih ada pula berbagai fitur keselamatan aktif yang disematkan pada mobil ini. Sebut saja Anti-lock Braking System dan Brake Assist, Vehicle Stability Control, Traction Control System, Hills-start Assist Control, hingga Trailer Sway Control.

Harga Toyota Fortuner Legender

Pada bagian terakhir dari review Toyota Fortuner Legender ini kita akan membahas tentang harga dari mobil tersebut. Jika merujuk pada pasar Thailand, ada empat varian Fortuner Legender yang dipasarkan saat ini.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Model terendahnya dibanderol dengan harga 1.577.000 baht (setara sekitar Rp738 jutaan). Sementara itu, varian tertingginya dibanderol dengan harga 1.832.000 baht (setara sekitar Rp858 jutaan).

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya