• Home>
  • Review>
  • Review Toyota Hiace: Van Komersial yang Cocok untuk Segala Suasana
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota Hiace: Van Komersial yang Cocok untuk Segala Suasana

Dilihat 377
Dian
30 Ags 2020, 18:34
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0



Otoloka.id - Toyota HiAce generasi keenam diluncurkan pertama kali di Indonesia pada ajang gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2019. Kendaraan ini hadir untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kendaraan besar, mampu menampung banyak penumpang, dengan penampilan eksklusif dan mewah. Baik dari segi desain maupun fitur-fitur yang disematkan pada kendaraan. 

HiAce, kompetitor tangguh dari Hyundai Starex dan Isuzu Elf ini hadir dengan 3 tipe pilihan, yaitu; Standard, Commuter, dan Luxury, agar konsumen dapat memiliki sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Harganya dipasang mulai dari yang termurah RP 436.250 sampai pada harga tertingginya RP 677.650. Anda bisa memilih Van Komersial ini dalam 3 pilihan warna; Beige Metallic, putih, dan perak metalic.

Kelebihan dari Toyota HiAce adalah ruang yang lebar, sehingga sangat fleksibel untuk dimodif, terutama bagian interiornya. Jika tertarik melakukan modifikasi, Anda bisa memasang sofa, televisi, membuat mini bar, bahkan sampai membuat polos bagian dalam untuk memperbesar dimensi agar mobil menjadi multi guna. 

Interior dan Fitur Toyota HiAce

Untuk memanjakan penumpang, interior Toyota HiAce dilengkapi berbagai fitur. Meskipun daya tampung yang dimiliki setiap tipe berbeda-beda, namun, tetap mengedepankan kenyamanan. Toyota HiAce tipe Commuter dan standar memiliki daya tampung 16 penumpang. Sedangkan untuk Luxury memiliki daya tampung hanya 11 orang, dengan dilengkapi captain seat. Dengan daya angkut berkapasitas besar ini, Toyota HiAce sangat cocok digunakan untuk kendaraan angkutan turis, karyawan perusahaan, travelling, dan sebagainya.

Sebagai kendaraan yang multi fungsi, tentu, Toyota HiAce dilengkapi dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang menunjang bidang transportasi atau bidang travelling, dengan memberikan segudang kenyamanan pastinya. Anda akan dibuat semakin nyaman dengan adanya cup holder disamping. Kemudian, perpaduan warna jok hitam dan coklat memberikan kesan santai dan nyaman membuat Anda tidak akan cepat lelah untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Review Toyota Voxy: MPV Harga Terjangkau Dengan FItur Mewah

Penyematan tuas transmisi yang menempel di dashboard membuat bagian depan lebih luas. Fitur lain yang dianggap lebih Istimewa karena tidak didapatkan pada mobil komersial yang lain adalah jendela pada bagian depan yang dilengkapi dengan tombol power.

Anda sebagai pengemudi ataupun sebagai penumpang, tidak akan merasa bosan ketika mengendarai Toyota HiAce. Karena Toyota HiAce dilengkapi dengan sektor hiburan yang cukup menarik untuk van komersial. Pada dashboard tipe Luxury disematkan fitur layar sentuh berukuran 6 inci, juga dilengkapi dengan fitur bluetooth AUX, USB  AM/FM, iPod ready, dan DVD/CD.

Eksterior Toyota HiAce 

Toyota Hiace yang mampu menampung sebanyak 11 sampai dengan 16 penumpang, memiliki dimensi yang cukup besar. Dengan panjang kendaraan mencapai 5,380 mm dan lebar 1,880 mm. Tinggi keseluruhan mencapai 3,110 mm,karenanya membuat van komersial ini memiliki jarak kepala dengan atap yang cukup lebar. Meski dimensinya terbilang cukup besar namun Toyota HiAce Memiliki radius putar yang cukup memadai yaitu 6,2 m. 

Desain Toyota Hiace tipe Luxury cukup elegan, dengan performa depannya yang mempunyai detail mewah. Dengan adanya grill berbalut Chrome yang berpadu lampu dengan desain baru. Juga, penambahan aksen chrome pada handle pintu dan rumah spion samping. Kedua komponen ini tidak terdapat pada Toyota HiAce tipe Commuter dan Standar.

Baca Juga: Mengulik Toyota Supra yang Masih Bertahta di Deretan Mobil Mewah

Untuk penggunaan velg pada Toyota Hiace tipe Commuter dan standar dibuat sederhana Sedangkan untuk tipe Luxury dibuat lebih gagah dengan Dominasi warna hitam Ketiga tipe ini menggunakan velg Alloy Wheel berukuran 15 inci, yang dibalut dengan ban type Machining & Ground Tire berukuran 195 R15 C, yang disesuaikan dengan besar body Toyota HiAce.

Untuk menunjang tubuh bongsornya, Toyota HiAce dibekali dengan struktur kaki-kaki yang kokoh dan kompatibel. Pada bagian ini, Toyota HiAce mengadopsi dua suspensi yang handal dan mumpuni pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan, digunakan suspensi Double Wishbone With Stabilizer. sedangkan bagian belakang, menggunakan type Leaf Spring Rigid Axle. Berkat kerja sama kedua suspensi tersebut, keseimbangan Toyota HiAce dijamin stabil. Sehingga, ketika mobil melewati jalan berlubang sekalipun, tidak akan terasa terguncang.

Spesifikasi Toyota HiAce Mesin dan konsumsi BBM Toyota HiAce 

Toyota Hiace menggunakan bahan bakar diesel dan memiliki tangki besar dengan kapasitas bahan bakar mencapai 70 liter dengan fuel system common rail type. Keluaran tenaga maksimum yang dicapai oleh Toyota Hiace mencapai 102 PS di putaran 3600 RPM, dan torsi Puncak 260 NM pada 1600 hingga 2400 RPM. Dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan. Spesifikasi ini terlihat minimalis, namun memiliki performa yang handal. Toyota HiAce memiliki nilai ekonomis lain, yaitu sangat irit bahan bakar.

Walaupun berpredikat sebagai van komersial, bagian permesinan Toyota HiAce tidak bisa diremehkan. Mobil keluaran asal Jepang ini dibekali dengan mesin yang paling handal di kelasnya. Mesin andalan untuk Toyota HiAce ini memiliki 4 cylinder dengan type DHC berteknologi D-4D yang memiliki kapasitas kubikasi sebesar 2,5 liter atau 2.494 cc. Dengan menggunakan mesin ini, Toyota HiAce menjadi bertenaga gahar serta handal di kelasnya. 

Fitur Keselamatan Toyota HiAce

Selain memberikan performa dan daya tampung yang luas pada Toyota HiAce, keamanan dan keselamatan yang optimal juga sangat diutamakan. Pada bagian depan, terdapat 2 SRS airbag yang memberikan perlindungan ekstra. 

Ditambah dengan pemasangan sabuk pengaman 3 titik yang dilengkapi dengan pretensioner dan force limiter yang dipasang pada semua kursi. Adapun fungsi dari pretensioner adalah mengencangkan sabuk pengaman secara otomatis saat kendaraan mengalami benturan, agar melindungi penumpang dan pengemudi  tidak terperosok ke depan saat terjadi benturan. Adapun fungsi dari force limiter adalah untuk membatasi kekuatan sabuk dalam mengendalikan beban tubuh, sehingga mengurangi risiko cedera pada area dada.

Fitur keselamatan lainnya yang membuat Toyota HiAce terpercaya adalah sistem pengeremannya. Toyota HiAce menggunakan rem cakram untuk roda depan dengan teknologi anti lock system dan brake assist. Dengan kedua komponen tersebut, pengeraman dapat dilakukan lebih optimal, anti slip, sehingga dapat membantu Anda dalam mengendalikan mobil saat menghadapi insiden.

Kesimpulan

Toyota Hiace akan memberikan pengalaman berbeda dalam berkendara menggunakan van komersial. Selain desainnya yang mewah, Toyota HiAce juga mengadopsi aneka fitur yang mampu membuat Anda merasa nyaman selama berkendara. 

Nah, tunggu apalagi? Toyota HiAce menunggu Anda bawa pulang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya