OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Toyota Rush: Mobil SUV dengan Fitur Keamanan Terbaik
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Toyota Rush: Mobil SUV dengan Fitur Keamanan Terbaik

Dilihat 540
Yogi Pratama
25 Sep 2020, 19:48
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Rush

Otoloka.id - Anda kenal dengan kendaraan yang di bagian pintu belakangnya terdapat ban serep yang menggantung? Yes, itulah Toyota Rush generasi pertama yang beredar di Indonesia. Desain yang bertahan puluhan tahun tersebut membuat mobil mempunyai ciri khas. Beberapa orang menyebutnya sebagai konde.

Ternyata kendaraan khas di atas dikembangkan oleh engineer dan desainer asal Indonesia dan Jepang lho! Meski komandonya tetap Chief Engineer perusahaan, Eiji Fujibayashi. 

Sejak tahun 2019, Toyota mengeluarkan jenis SUV generasi kedua. Ban yang terletak di bagian pintu belakang dipindahkan ke kolong. Dengan demikian, tim egineer berarti lebih leluasa membuat kabin menjadi lebih lega.

Mobil Toyota Rush memasuki pasar SUV dengan harga yang lebih terjangkau dan sangat jauh dari SUV premium. Anda berminat dengan jenis mobil berkonsep keluarga yang sporty dan gagah ini? Yuk, lihat fitur-fiturnya lengkap di review kali ini!

Eskterior Toyota Rush

Desain eksterior bagian depan Rush keluaran terbaru ini mengadopsi gaya saudaranya Toyota Fortuner yang merupakan SUV premium. Lampu depannya menyipit dengan ciri khas lubang yang cukup besar pada bagian grill. Lubang empat tingkatan beraksen hitam tanpa chrome yang berfungsi memberikan aliran udara lebih baik ke arah dalam untuk mendinginkan mesin.

Eskterior Toyota Rush

Mesin sendiri di tutup oleh kap yang bentuknya agak melekuk di bagian tengan sehingga kesan kekar lebih terlihat. Bagian lampu diberi sentuhan teknologi LED dengan aksen Daytime Running Lights (DRL). Lampu yang pas dipadukan dengan garis-garis tajam segitiga di kedua sudut sebagai rumah foglamp.

Mobil berkesan lebih ramping dan tinggi. Ini dikarenakan adanya ground clearance tinggi sebesar 220 mm dan side skirt plastik hitam doff. Di sisi pintu juga ada list berbahan plastik dengan warna hitam doff. Panjang mobil yang disebut sebagai All New Rush G ini bertambah hingga 230 mm dibandingkan generasi pertama. Sosoknya makin tegas dengan penggunaan velg alloy 16 inchi model baling-baling two tone yang diselimuti ban 215/65 R16.

Sejak dipindahkannya ban belakang ke bagian bawah penampilan Toyota Rush semakin kelihatan modern. Lampu belakang dibuat horisontal dan lebar sehingga memberikan visibilitas baik bagi pengemudi kendaraan lain yang berada di belakangnya. 

Namun, beberapa orang merasakan bahwa menghilangnya ban serep yang biasanya ada di belakang membuat Rush kehilangan ciri khas. Desainnya sepintas dianggap mirip kendaraan Honda, baik itu Mobilio atau Calya versi besar.

Interior Toyota Rush 

Dibandingkan bagian eksterior, perubahan Rush generasi kedua lebih signifikan di bagian interior.
Penampakan yang paling terlihat ketika Anda memasuki bagian dalam Toyota Rush adalah suasananya yang lega. Posisi tempat duduk menjadi lebih tinggi dengan ukuran jok yang lebih kecil. Dengan demikian, ruang kaki baris kedua lebih lega, bertambah sekitar 45 mm dari jenis Rush sebelumnya. Cara ini juga membuat ruang tambahan baris ketiga. Jok baris kedua cukup digeser ke tengak jika penumpang baris ketiga ingin lewat.

Interior Toyota Rush

Jarak antara kursi baris kedua dan ketiga juga menjadi 700 mm. Pengaturan ini membuat penumpang di baris terakhir menjadi lebih nyaman. Ruang kaki orang dewasa lebih leluasa untuk perjalanan jarak jauh.

Tidak hanya itu, ruang bagasi di bagian paling belakang juga lebih luas. Anda dapat menempatkan beberapa koper didalamnya.

Bagian dashboard terkesan lebih modern dan luas dengan kombinasi warna hitam dan putih. Paduan warna tersebut dipadu dengan aksen chrome membuat penampilan memberi kesan mewah.
Di bagian ini terdapat head unit dengan layar sentuh sebesar 7 inci dan mempunyai sistem koneksi bluetooth, kabel AUX, dan USB. Selain itu, head unit juga memiliki koneksi HDMI agar dapat berhubungan dengan multimedia device. Multimedia yang disediakan dengan enam buah speaker tersebar di seluruh kabin.

Hebatnya, sistem audio modern yang disajikan dapat dikendalikan dari tombol multifungsi di lingkar kemudi. Pengemudi dapat mengubah audio tanpa harus kehilangan fokus berkendara.
Apalagi desain terbaru kemudi dengan tiga palang dari Toyota mempunyai lingkar genggam yang pas. Pengemudi merasa nyaman dan ringan menggunakan kemudi dengan sistem electronic power steering yang juga menghemat bahan bakar.

Tombol pengaturan AC digital ikut menambah kesan mewah pada bagian interior depan.
Meski tidak digital, multi information (MID) tersedia pada panel instrumen juga kelihatan modern. Panel ini memberi informasi odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar aktual, serta indikator ECO sehingga berkendara menjadi lebih efisien.

Spesifikasi Mesin Toyota Rush

Mesin yang digunakan Toyota Rush berkode 2NR-VE. Mesin yang berteknologi variabel Dual VVT-I dan mampu mengatur katup buang dan masuk berdasarkan kebutuhan mesin. Mesin ini mempunyai 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc. Tenaga puncak yang dihasilkan 100 ps pada 6.000 rpm, dan torsi 136,5 Nm. Meski disebut irit bahan bakar, kapasitas dan tenaga mesin lebih kecil dari generasi pertama.
Mesin dipadukan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4speed yang menyalurkan kemampuan mesin ke arah roda belakang. Karakter yang dijanjikan akan cocok untuk semua jenis medan dan lalu lintas Indonesia.

Toyota berharap, mesin yang disematkan pada Rush membuatnya lebih responsif. Namun beberapa konsumen menyebutkan bahwa tenaganya kurang pas untuk jenis SUV. Kekurangan ini terasa apabila mobil dipacu dengan kapasitas muatan maksimal.

Kekurangan yang terkadang membuat konsumen berpikir dua kali untuk membelinya. Apalagi ditambah keluhan beberapa dari mereka yang merasakan bahwa mobil terasa oleng ketika melaju cepat di jalan sepi. Para ahli otomotif menyebutkan ini dikarenakan bahan mobil yang tipis dan kurang berkualitas.

Demikian review Toyota Rush terbaru dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kendaraan yang dijual dengan kisaran harga 230 hingga 270 juta OTR tergantung wilayah pemasaran. Anda dapat mempertimbangkannya sesuai kebutuhan dan budget.

Toyota Rush Mobil dengan Fitur Keamanan Terbaik

Dalam berbagai promo dan rilis mobil terbarunya, Toyota selalu memberi tagline Ever Better Cars. Tagline yang mempunyai arti sebagai mobil terbaik di kelasnya. Toyota berusaha mewujudkan hal tersebut deengan memberikan keamanam maksimal. Paling tidak, ini yang Anda peroleh dari Rush terbarunya. 

All New Rush berhasil memperoleh predikat bintang 5 dari seluruh hasil uji keselamatan. Uji yang dilakukan ASEAN NCAP pada tahun 2018 pada seluruh tipenya. Uji tabrak menunjukkan kemampuan yang diakui dunia.

Predikat bintang 5 diraih karena fitur keselamatan dan keamanan yang diberikan Rush 2019 sangat lengkap.  Di bagian kabin, tersedia enam airbag dan sabuk pengaman di 3 titik dan dapat digunakan oleh seluruh penumpang di tempat duduknya. Sistem pengereman Anti-lock Breaking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang merupakan teknologi terkini ada di dalamnya. 

Sementara itu, Hill Start Assist (HSA) juga disematkan agar mobil tidak mundur secara tidak sengaja di tanjakan curam atau saat macet di bagian menanjak. Ada pula Vehicle Stability Control (VSC) yang memberikan pengendalian kepada seluruh bagian All New Rush.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya