• Home>
  • Review>
  • Review Wuling Almaz: Mobil SUV Canggih dari China dengan Mesin Turbo
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Wuling Almaz: Mobil SUV Canggih dari China dengan Mesin Turbo

Dilihat 1491
Yogi Pratama
13 Okt 2020, 15:09
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Wuling Almaz

Otoloka.id - Dari segi teknologi otomotif memang diakui bahwa China terus bergerak maju. Mereka mencoba membuat berbagai hal dan menguasai pasar dunia dengan produk yang terbilang mempunyai harga terjangkau. Di jenis kendaraan SUV ada Wuling Almaz. Kendaraan ini mulai rilis di Indonesia sejak tahun 2019.

Mobil yang di Indonesia dipasarkan oleh PT Wuling Motors ini, tidak tanggung-tanggung. Mereka mengusung tagline “Drive Unlimited Way”, kendaraan yang siap dikemudikan di berbagai kondisi jaman.

Bahkan, belum setahun peluncurannya, produsen telah mengeluarkan tipe baru. Tipe pertama adalah mobil untuk 5 penumpang. Sedangkan kendaraan keluaran terkini, dapat maksimal diisi oleh 7 penumpang dewasa.

Dunia otomotif Jepang di Indonesia harus menganggapnya sebagai besaing. Dengan konsep Smart Multimedia, mobil yang didesain mirip Chevrolet yang tidak dipasarkan di Indonesia ini mempunyai spesifikasi mirip SUV premium Honda CRV. Harganya? Sangat terjangkau karena sekelas dengan Honda HRV.

Wow, keren yang terdengarnya? Benarkah sehebat itu? Yuk, simak spesifikasi dan reviewnya di bawah ini.

Menurut produsen Almaz, nama Almaz diambil dari bahasa Arab yang berarti berlian. Sesuai dengan arti tersebut, kendaraan dibuat dengan filosofi stylish, tough, dan precious. 

Perusahaan pemasaran wuling di Indonesia bercita-cita dapat terus mengembangkan bisnisnya di segmen SUV. Sebelumnya, perusahaan uga sudah meluncurkan Wuling Confero dan wuling Cortez. Dua kendaraan yang juga sudah berhasil menarik konsumen Indonesia dengan strateginya pada barang lain: kendaraan dengan kualitas dan teknologi terkini dengan harga yang berada di bawah pasar.

Wuling dibuat dengan dukungan mesin berkapasitas 1.500 cc turbo charger. Daya yang dihasilkan secara maksimal mencapai 140 HO dan torsi 250 Nm. Ini berarti tenaga torsi yang dihasilkan terbesar di kelas mobil SUV.Wuling Almaz

Power besar yang dihasilkan juga didukung oleh perangkat turbo yang diproduksi oleh Honeywell, dimana transmisinya menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) dengan 8-Speed Simulated. Teknologi yang berasal dari Bosch Holland.

Desain eksterior pada dasarnya mengikuti gaya SUV yang sudah ada sebelumnya dari merek lain dengan sedikit modifikasi.  Gaya Captiva diaplikasikan dinamis paralel dengan floating roof. Kemudian pencahayaan utama berasal dari Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED. Dengan demikian, kesan dari tampilan lebih sporty dan berani.

Selain itu, di bagian belakang terdapat shark fix antenna, spoiler dengan high stop lamp LED, dan rear combination yang cukup ramping agar sesuai dengan bodi secara keseluruhan.

Eksterior Wuling Almaz

Seperti umumnya mobil buatan Jepang, Wuling tidak mau ketinggalan dengan memberikan berbagai pilihan warna kepada konsumennya. 

Di bagian eksterior, ada beberapa warna yang disediakan, yaitu putih (pristine white), silver (dazzling silver), silver (aurora silver), hitam (starry black), merah (burgundy red), dan merah (carnelian red).

Wuling Almaz

Selanjutnya, yuk dilihat bagian eksterior Wuling Almaz dari mulai depan. Penampakan fisik Almaz dari Wuling, sesuai foto dan konsep yang dikemukakan ketika pertama kali rilis memang mengedepankan gaya futuristik dan kekinian.

Headlamp atau lampu depan bentuknya agak menyipit seperti dua buah mata manusia yang menatap galak dan gagah. Grille yang disematkan juga bergaya modern dengan fog lamp dan sign lamp yang simetris.

Jika mata melihat mengarah ke samping, desain bodi dibuat mendukung konsep futuristik pada bagian wajah.

Yang paling terlihat adalah velg sporty dengan ukuran 17 inchi Alloy Wheel yang berbeda pada setiap tipe. Terlihat pula garis lembut melalui handle door sehingga mobil tidak hanya nampak sporty dan gagah, tetapi juga elegan dan smooth.

Baca Juga: Review Wuling Confero: Mobil Keluarga yang Nyaman dan Keren Saat Ini

Selanjutnya, di bagian belakang juga dipasang stoplamp bergaya modern dan kekinian. New Rear Bumper Desain yang dikedepankan juga dilengkapi dengan wiper tunggal di bagian kaca belakang.

Terakhir, di bagian atas terdapat pula panoramic sunroof. Atap yang dapat dibuka dan ditutup saat melakukan perjalanan dan Anda ingin menikmati pemandangan langit.

Interior Wuling Almaz

Sudah puas dimanjakan di bagian eksterior yang memukau, Wuling juga sangat memperhatikan bagian dalamnya. Anda dapat membandingkannya dengan Honda CRV, pesaing terdekat Almaz di kelas SUV.

Yang mana pada interior CRV hadir dengan tampilan yang elegan dengan Leather Wrapped pada Shift Knob, Wood Panel interior, Trimmed Seat dan Steering Wheel.

Baca Juga: Komparasi SUV China Vs Jepang: Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Vs Honda CR-V

Sementara itu, Almaz menggunakan soft touch panel yang tersebar di beberapa area, lingkar kemudi berbalut bahan kulit, jok semi-leather yang ergonomis, serta perpaduan nuansa gelap dan ornamen berwarna cerah. Desain yang tidak hanya diterapkan di ruang kemudi tetapi juga di seluruh ruang kabin penumpang.

Kelebihan lain dari bagian interior adalah dashboard. Di bagian ini tersedia semua kebutuhan dengan teknologi terkini yang belum tentu dimiliki mobil sejenis. 

Pada bagian pusat atau tengahnya terdapat Head Unit dengan touch screen shopisticated sebesar 10.4 inchi. Head Unit ini dilengkapi dengan setting Auto AC yang akan mempermudah penumpang dalam mengatur suhu di dalam mobil, Audio Visual System, konektivitas,MP#/DVD, dan tombol pengaturan Home, On dan Off.

Fitur Wuling Almaz

Untuk keamanan dan keselamatan, bagian layar sentuh dilengkapi dengan Surrounded View kamera 360 derajat. Kamera yang melengkapi Electric Parking Brake (EPB + Automatic Vehicle Holding (AVH) dan dapat membantu pengemudi untuk parkir secara lebih aman.

Tidak lupa, layar sentuh juga dilengkapi dengan teknologi MID yang sangat informatif dengan berbagai informasi penting yang diperlukan pengemudi saat mengendarai mobil ini,

Jadi, secara keseluruhan keunggulan bagian interior adalah di bagian Head Unit  Touch Screen yang mencakup: Muti Information Home Screen, Music Player with Bluetooth and AUX Connection, Bluetooth Phone Connection, Wulink Link yang berfungsi sebagaimana smartphone, Awindow M/FM Radio, Air Conditioning, Audio Settings, Window and Light Door Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan 360 Camera Display.

Dimensi dan Fitur Keamanan dan Keselamatan

Sebagai mobil SUV, Wuling Almaz mempunyai ukuran bodi yang sangat sesuai. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi 4655 x 1835 x 1760 mm didukung dengan jarak sumbu roda 2750 mm.

Dengan ukuran bodi tersebut, jenis SUV keluaran Tiongkok ini mempunyai kapasitas tangki bahan bakar hingga 52 liter. Suspensi handal yang digunakan sangat handal berupa MacpHerson Strut Coil Spring di bagian depan dan Multi-link Trapezoidal, Independent untuk bagian belakang.

Dengan dimensi dan tangki dan suspensi di atas, dapat dipastikan bahwa dalam guncangan jalan berlubang atau bergelombang sekalipun kabin tetap tenang.

Fitur Wuling Almaz

Sebagai fitur kenyamanan dan keselamatan, SUV dari Wuling ini diaplikasikan Front Side Airbags, Full Surround with 360 Derajat Camera, Front View Camera, Rear View Camera, EBP dan AVH, Control Cluster for Outer Mirror, Rear Upper Spoiler with High Mount Stop Lamp, Electronic Stability Control (ESC), Anti-Lock Breaking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), dan Hill Hold Control.

Tertarik dengan mobil keluaran Cina jenis Wuling Almaz ini? Sebagai pertimbangan, mobil ini disebut mempunyai 2 kekurangan, yaitu brand yang belum terkenal dan performa dengan semua teknologi yang ditampilkan belum maksimal.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya