• Home>
  • Review>
  • Rush dan Xpander Cross, Mana Lebih Oke?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Rush dan Xpander Cross, Mana Lebih Oke?

Dilihat 1195
Arief Yuno
10 Okt 2020, 19:51
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross merupakan dua model di kelas LSUV (Low Sport Utility Vehicle) yang banyak menjadi incaran konsumen Tanah Air akhir-akhir ini. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kiranya sama-sama percaya diri, masuk ke dalam persaingan di pasar yang gemuk itu. Mengusung tampilan segar dan harga kompetitif, dari masing-masing model yang dikedepankan dua pabrikan tersebut.

Sebenarnya Toyota Rush tergolong pemain lama di kelas LSUV. Selama hampir 14 tahun Toyota Rush, bersama kembarannya Daihatsu Terios, dikenal sebagai pemain dominan di pasar LSUV.
Alhasil, tidaklah mengherankan, jika saat generasi keduanya diperkenalkan pada 2017, sudah terbentuk segmentasi pasar dari Toyota Rush. Artinya sudah banyak konsumen di Indonesia yang terlanjur mencintainya.

Ditambah lagi adanya topangan dari kebesaran nama Toyota yang menaungi, bisa dibilang tak ada kesulitan bagi Rush yang belakangan kian diperkuat sosok modern dan berkarakter kuat sebagai sebuah SUV. 

Belum lagi soal layanan purna jual yang luas, resale value yang tinggi, serta komunitas loyal, membuat Toyota Rush menjadi ‘pilihan mudah’ untuk dimiliki. Fitur, kenyamanan, performa dan daya tahan minim keluhan menjadi nilai tambahnya.

Kemudian timbul pertanyaan, siapakah yang terbaik di antara keduanya? Apakah dapat dipastikan Toyota Rush? Itu semua tergantung konsumen. Tapi tak ada salahnya bila konsumen menilik sedikit lebih jauh seputar Toyota Rush maupun Mitsubishi Xpander Cross, sehingga sedikit banyak bisa menjadi bahan pertimbangan.

Ada anggapan, parameter pertama dalam komparasi LSUV terbaik adalah harga jualnya. Perlu diketahui, harga Toyota Rush paling murah dibanderol Rp244,5 juta. Sementara Mitsubishi Xpander Cross tipe termurahnya dipasarkan Rp267,7 juta.


Tipe Mobil Harga (OTR) Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross

Harga All New Toyota Rush G 2020 M/T Rp244.250.000
Harga All New Toyota Rush G 2020 A/T Rp254.250.000
Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 M/T Rp255.650.000
Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 A/T Rp265.650.000

Tipe mobil Harga (OTR)

Mitsubishi Xpander Cross M/T Rp267.700.000
Mitsubishi Xpander Cross A/T Rp277.700.000
Mitsubishi Xpander Cross Premium Package A/T Rp286.700.000

Eksterior Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross

Untuk pilihan varian, keduanya memiliki porsi berimbang. Dimana Toyota mempunyai 2 tipe, yakni G dan TRD Sportivo. Begitupula Xpander Cross yang punya 2 tipe, Premium Package dan 'biasa'.

Bicara desain, tampilan depan Toyota Rush dimeriahkan lekukan tajam. Membuatnya memiliki kesan agresif. Khusus di tipe Toyota Rush TRD Sportivo, desain bumper depannya mendapat lebih banyak aksen mengkurva.

Terlihat pula underguard dengan embos TRD, sehingga menimbulkan kesan gagah. Headlamp Toyota Rush sudah menganut LED, begitu juga dengan DRL-nya. Untuk foglamp, masih menggunakan bohlam halogen. 

Bagaimana dengan Xpander Cross. Desain dynamic shield yang out of the box khas mobil Mitsubishi tampaknya tetap dipertahankan Mitsubishi Motors pada Xpander Cross.
Underguard di bumper depan bagian bawah membuatnya terlihat tangguh. Belum lagi desain grill yang lebih maskulin, dibanding saudaranya, Xpander. Headlamp dan foglamp di Xpander Cross telah menggunakan LED, sehingga pancaran cahayanya terang dan juga hemat daya.

Bergeser ke tampilan samping kedua brand Jepang ini, Toyota Rush TRD Sportivo memiliki lekuk-lekuk bodi tajam karakter LSUV. Velg machining two tone polished-nya berukuran 17 inch. Desain overfender serta roof rail di LSUV andalan Toyota ini tampak lebih menyatu dengan bodi. Side bodyguard juga diaplikasikan untuk melindungi bodi samping dari benturan.

Aura SUV juga terpancar dari penerapan wheel arch molding di Mitsubishi Xpander Cross. Jagoan MMKSI ini dilengkapi overfender dan velg alloy 17 inch seperti Toyota Rush. Tapi desain side bodyguard-nya lebih mencerminkan kesan kokoh. Satu detail menarik juga tersaji di bagian samping Xpander Cross, yaitu gagang pintu berlapis krom dan roof rail warna perak. 

Komentari bagian depan dan samping, maka ada juga komentar untuk bagian belakang. Lampu belakang Toyota Rush tampak harmonis, memanjang menyatu dengan lekukan agresif di bodinya.
Buritan Rush terlihat lumayan galak dan macho, didukung beberapa lekukan dan tonjolan. Meski begitu, nuansa sporty tetap hadir pada sisi belakang. Melalui penyematan Rear Spoiler. 

Komponen ini dikemas dengan lampu stop, berguna menotifikasi pengendara di belakang saat pengereman. Xpander Cross memiliki tampilan belakang yang terlihat gagah dan keren berkat penggunaan cladding khas SUV. Bumper-nya memiliki desain kekar khas crossover sejati. Sama seperti bumper bagian depan, juga dilengkapi ornamen warna perak yang mempertegas aura maskulin dari mobil ini.

Interior dan Mesin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross

Tata letak dashboard dari Toyota Rush, terutama yang TRD Sportivo tampak modern, lapang dan informatif, ketika pengguna masuk ke dalam kabinnya. Warna two tone dipadu aksen dark chrome tipis memberi aura mewah. Seolah dashboard ini ekslusif hanya dibuat untuk Rush. Mood penumpang di dalamnya jadi meningkat. 

Head unit 7 inch layar sentuh dibekali sistem koneksi bluetooth dan USB. Pengaturan AC sudah digital auto climate control. Pengguna dipermudah dengan adanya fitur ini. Tinggal tekan tombol Auto, untuk aktivasi. 

Selanjutnya, AC mulai bekerja mendinginkan kabin sesuai setingan suhu.
Posisi duduk Rush yang tinggi khas SUV sejati membuat penumpang terasa menyenangkan. Walaupun posisi tinggi, namun joknya tetap empuk. Sayangnya posisi setir hanya dapat diatur naik turun (tilt) saja, tanpa pengaturan telescopic (maju-mundur).

Untuk Mitsubishi Xpander Cross, meski tergolong menarik, namun masih serupa Xpander 'biasa' dengan kelir gelap. Selain tidak membuat cepat terlihat kotor, warna gelap tidak memantulkan sinar matahari. 

Oya, perlu diketahui hanya Mitsubishi Xpander Cross LSUV yang dilengkapi fitur cruise control. Adanya fitur tadi menjadikannya unggul dibanding pesaingnya. Cruise control membuat Xpander lebih nyaman, saat melaju di jalan bebas hambatan. 

Saat cruise control aktif, ECU (Electronic Control Unit) akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) menahan bukaan pada derajat tertentu, guna menahan laju mobil pada kecepatan tertentu yang sudah ditentukan.

Mengenai posisi duduk, meski jok tak seempuk dan setinggi Rush, Xpander menawarkan pengaturan kursi pengemudi dan setir lebih lengkap. Height adjuster-nya bikin pengaturan kursi lebih mudah untuk berbagai postur tubuh. Sementara fitur telescopic pada kemudi membuat pengaturan posisi duduk kian fleksibel.

Mesin Toyota berkode 2NR-VE dibalik bonnet Toyota Rush sudah mengadopsi Dual VVT-i. Mampu mengatur bukaan katup buang dan masuk lebih presisi, sesuai kebutuhan mesin. Menghasilkan tenaga sebesar 104 PS (102,5 HP), di putaran 6.000 rpm dan torsi 136,5 Nm pada 4.200 rpm. 

Pada Xpander Cross, mesin 4A91 miliknya punya kemampuan sama dengan Rush, yakni 104 PS (102,5 HP) di putaran 6.000 rpm. Tetapi torsi yang digelontorkan Xpander lebih besar, yaitu 141 Nm pada 4.000 rpm. Dan mesin berkode 4A91 Xpander Cross diperkuat pula teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Jadi, mana yang menurut Anda lebih oke?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya