• Home>
  • Review>
  • Sebelum Beli, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Sebelum Beli, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord

EKO
8 Des 2021, 21:25
  • Dilihat 4791
  • Suka 0

Otoloka.id- Sedan merupakan jenis mobil yang unggul dalam hal kenyamanan dan kemanannya. Apalagi sedan yang masuk dalam kategori premium, sudah pasti kenyamannya berkali-kali lipat dibanding sedan entry level.

Saat ini di Indonesia pemain sedan premium memang banyak, mulai dari pabrikan Jerman, Amerika, sampai pabrikan Jepang. Salah satunya adalah Honda, melalu lini produk Accord yang sudah lama mengaspal di Indonesia.

Honda Accord hadir pada tahun 1977, yang saat itu diproduksi di Indonesia. Saat ini generasi Accord sudah mencapai ke sepuluh, yang pada generasi terbaru ini, hanya menawarkan satu pilihan varian saja.

Sebagai mobil sedan premium, Honda Accord menawarkan beberapa hal sebagai daya tarik, apa saja itu?

Spesifikasi Honda Accord

Honda Accord memang ditujukan sebagai mobil untuk kalangan eksekutif. Oleh karena itu, setidaknya ada empat hal yang menjadi daya tarik dari sedan tersebut. Di antaranya performa mesin, sistem keselamatan, kecanggihan teknologi, dan tentunya kenyamanan.

Untuk kenyamanan, bermula dari dimensi Honda Accord yang memiliki panjang 4.882mm, lebar 1.862mm, dan tinggi 1.451mm. Ukuran tersebut, sudah cukup lega untuk mobil sedan berkapasitas lima penumpang.

Baca juga: Honda Kenalkan Teknologi Keselamatan Terbaru dengan Kecerdasan Buatan

Bagian eksteriornya sudah dilengkapi dengan berbagai aksesoris penunjang, seperti penyematan lampu depan LED dengan DRL, lampu kabut LED, serta velg aluminium alloy 18 inci. Ada juga kaca film penolak panas untuk memberikan kenyamanan lebih.

Lanjut ke area interior, sedan mewah ini menawarkan kabin yang senyap dengan fitur active noise cancellation dan wheel resonator. Kedua fitur tersebut berfungsi untuk meredam suara dari luar kabin dan yang keluar dari roda.

Sementara bagian interior juga sudah dilapis dengan kulit berwarna beige, yang memberikan kesan mewah dan lapang. Kursi untuk pengemudi maupun penumpang, dapat diatur secara elektrik dengan cukup menekan tombol saja.

Pendingin udara yang ada pada Honda Accord juga mengaplikasikan dua zona, yang terletak di konsol tengah dan bagian jok pertama. Tak jauh pengaturan AC di konsol depan, terdapat tempat pengisian daya secara nirkabel.

Pada bagian kemudinya, terdapat tombol navigasi untuk menjawab telepon atau mengganti lagu kesukaan. Setir dengan pentauran tilting juga menambah kenyamanan berkendara. Di balik kemudi, terdapat panel indikator TFT berukuran 7 inci.

Selain panel indikator, layar TFT berukuran 8 inci juga disematkan di dashboard. Layar tersebut tak hanya menampilkan sistem navigasi saja, tetapi juga pemutar musik yang tersambung dengan 10 speaker premium. Kamera parkir juga tersambung dengan layar tersebut.

Kamera parkir merupakan salah satu dari fitur bantuan pengemudi. Pada Honda Accord terdapat berbagai fitur bantuan pengemudi lain, yang tergabung dalam Honda Sensing, yang sudah terdapat pada Honda Accord keluaran tahun 2019.

Fitur-fitur tersebut diantaranya; Collision Mitigation Brake System yang membantu pengemudi dari tabrakan depan, fitur Lane Keeping Assist System yang membantu pengemudi tetap di jalur, dan fitur Auto High Beam Headlights.

Baca juga: Inilah Mobil Honda Terlaris Selama Gelaran GIIAS 2021

Selain itu, pada Honda Sensing ada fitur Road Departure Mitigation System yang membantu mobil agar tidak keluar garis jalur, dan terakhir fitur Adaptive Cruise Control yang menjaga kecepatan stabil kendaraan saat kencang maupun saat pelan.

Pada generasi terbarunya, Honda Accord menggunakan mesin 1.5 liter VTEC berteknologi Earth Dreams. Mesin tersebut sudah dibenamkan turbocharger, sehingga mampu menghasilkan daya sebesar 190 PS dan torsi yang mencapai 260 Nm.

Mesin tersebut juga dibekali dengan dua mode berkendara, yaitu Sport dan Econ. Untuk Sport sesuai namanya mengedepankan soal performa di kecepatan tinggi. Sementara mode Econ mengedepankan soal efisiensi bahan bakar.

Tenaga yang disalurkan oleh mesin Honda Accord, disalurkan lagi ke sistem transmisi otomatis CVT dan ke sistem penggerak yang berada di roda depan.

All New Honda Accord

Rp 749 juta (OTR)

Dimensi PxLxT

4.882mm x 1.862mm x 1.451mm

Ground Clearance

140 mm

Radius Putar

5.700mm

Mesin

L15BG 1.500cc VTEC Turbocharger

Tenaga dan Torsi

190 PS dan 260 Nm

Ukuran Roda

235/45 R18

Suspensi Depan dan Belakang

MacPherson Strut dan Multi Link

Rem Depan dan Belakang

Ventilated Disc dan Solid Disc

Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA with Hill Start Assist

Sistem Keselamatan

Dual SRS Airbags

Sistem Bantuan Pengemudi

Honda Sensing

Kelebihan Honda Accord

1. Kabin mewah dan senyap

Honda Accord generasi terbaru memang menawarkan kenyamanan tinggi, berkat fitur peredaman suara. Hal ini jelas akan membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan, apalagi terdapat perangkat audio dengan speaker premium.

Setiap bagian interior yang dibalut kulit memang memberikan kesan mewah, apalagi dipadukan dengan warna beige yang terkesan lega membuat bagian interior Honda Accord lebih bersih tanpa banyak aksen-aksen rumit.

2. Sistem Keselamatan tinggi

Selain menyematkan sistem bantuan pengemudi melalui Honda Sensing, Honda Accord juga telah mengadopsi struktur bodi GCON+ACE dengan side impact beam yang berfungsi untuk menyebarkan tenaga akibat benturan ke seluruh bagian mobil.

Baca juga: Minat Beli? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Ini

Fitur pengereman seperti ABS, EBD, dan BA juga disematkan pada sedan ini, yang juga sudah disematkan keselamatan pasif seperti Dual SRS Airbags sebanyak enam titik yang tersebar di area kabin.

3. Update teknologi terkini

Teknologi memang selalu berkembang, dan hal itu juga diadopsi oleh Honda Accord generasi terkini. Beberapa contohnya seperti terdapat pengaturan kursi yang serba elektrik dengan memory foam, ada juga tempat pengisian daya secara nirkabel yang kompatibel dengan ponsel masa kini.

Kekurangan Honda Accord

1. Harga relatif mahal

Yap, harga memang relatif. Tapi untuk setiap daya tarik yang ditawarkan oleh Honda Accord, ternyata harus ditebus dengan harga yang lebih mahal dibanding kompetitor. Padahal, pesaing yang notabene menawarkan daya tarik serupa memberi banderol yang lebih murah.

Apalagi, beberapa pesaing yang memiliki harga lebih murah, dikeluarkan oleh brand yang namanya sudah melekat kuat di benak masyarakat Indonesia, seperti Toyota Camry. Jelas yang menjadikan Honda Accord dilirik adalah sebagai pilihan alternatif saja.

2. Sistem keamanan mobil belum mumpuni

Untuk ukuran sedan mewah, kunci immobilizer dengan sistem alarm merupakan hal yang biasa. Fitur tersebut malah sudah ada pada mobil lain yang kelasnya lebih rendah. Fitur smart key dan walk away lock juga sepertinya merupakan fitur standar pada setiap mobil terkini.

Beda halnya dengan pesaing yang sudah mampu melacak mobil ketika pengemudi lupa parkir, dicuri orang, bahkan mengetahui saat mobil sedang diderek. Fitur tersebut bisa dilakukan melalui ponsel cerdas pemilik mobil. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan