• Home>
  • Review>
  • Sebelum Beli, Mari Kita Gali Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia 2022

Sebelum Beli, Mari Kita Gali Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia 2022

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
30 Nov 2021, 15:13
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Daihatsu All New Xenia 2022 merupakan informasi yang wajib diketahui oleh para calon pembelinya. Pasalnya, informasi ini tentu akan berguna sebagai bahan pertimbangan bagi para konsumen.

Daihatsu Xenia sendiri baru saja meluncurkan generasi terbarunya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Mobil yang satu ini merupakan salah satu mobil yang cukup diminati keluarga di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, Daihatsu Xenia ini merupakan mobil hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu, dan merupakan kembaran Toyota Avanza. Tetapi meskipun disebut kembar, ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang dimiliki oleh Daihatsu Xenia.

Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu All New Xenia 2022. Bagi konsumen yang berminat untuk memboyong mobil MPV yang satu ini, sebaiknya simak dulu informasi berikut!

Kelebihan Daihatsu All New Xenia 2022

1. Desain Menawan

Kelebihan pertama yang bisa kita temukan dari Daihatsu All New Xenia 2022 adalah pada bagian desainnya. Secara keseluruhan, mobil MPV yang satu ini menghadirkan desain yang modern, elegan, tetapi masih menampilkan kesan sporty.

Kesan sporty ini bisa dilihat dari bagian bumper dan lampu utama dengan desain baru. Selain itu mobil ini pun sudah dibekali dengan Daytime Running Lights.

Desain yang senada juga bisa kita lihat pada bagian interiornya. Bukan hanya memiliki desain yang menawan, bagian interiornya ini juga dijamin membuat penumpang bisa merasa nyaman berada di dalam kabin.

Baca juga: Sebelum Beli, Simak Dulu Review Daihatsu Xenia Berikut Ini!

2. Harga Terjangkau Dibanding Pesaingnya

Soal harga bisa dibilang merupakan keunggulan utama dari Daihatsu All New Xenia 2022 dibandingkan para pesaingnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan model kembarannya, Toyota Avanza, mobil ini masih dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

Daihatsu All New Xenia dibanderol dengan harga Rp190,9 juta hingga Rp243,9 juta. Sedangkan Toyota All New Avanza dibanderol dengan harga Rp206,2 juta hingga Rp264,4 juta.

3. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan lain dari Daihatsu All New Xenia terletak pada segi fiturnya. MPV satu ini bisa dibilang memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap.

Sebagai fitur keselamatan standarnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Driver's Airbag, Passenger Airbags, dan Seat Belts. Untuk fitur keselamatan aktif, mobil ini dilengkapi Parking Sensor, Crash Sensor, Engine Check Warning, Seat Belt Warning, dan Door Ajar Warning.

Bukan itu saja, mobil ini juga dilengkapi dengan Side Impact Beams dan Front Impact Beams. Kedua fitur ini bisa meminimalisir dampak benturan ketika terjadi tabrakan.

Baca juga: Sesama Mobil Sejuta Umat, Berikut Perbedaan Antara Xenia dan Avanza 2022

4. Dilengkapi Teknologi Pembakaran Yang Baik

Daihatsu Xenia diketahui menggunakan teknologi pembakaran Electronic Fuel Injection (EFI). Teknologi ini diklaim efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga konsumen tidak perlu takut harus menghabiskan uang banyak untuk membeli bensin ketika melakukan perjalanan yang jauh.

Kekurangan Daihatsu All New Xenia 2022

1. Fitur Masih Standar

Kendati memiliki fitur yang cukup lengkap, nyatanya Daihatsu All New Xenia ini memiliki fitur yang standar. Untuk fitur keselamatan aktifnya saja, mobil ini hanya dilengkapi Parking Sensor, Crash Sensor, Engine Check Warning, Seat Belt Warning, dan Door Ajar Warning.

Jika kita bandingkan dengan fitur yang dimiliki oleh Toyota All New Avanza, Daihatsu Xenia jelas kalah canggih. Toyota All New Avanza diketahui memiliki beragam fitur baru pada generasi teranyarnya.

Di antara beragam fitur baru tersebut ada fitur Toyota Safety Sense. Rangkaian fitur tersebut terdiri atas Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan T-Intouch.

Hal ini masih bisa dimaklumi, mengingat harga Daihatsu Xenia memang berada di bawah Toyota Avanza.

Baca juga: Spesifikasi Daihatsu Xenia 2022, Simak Daftar Harga dan 12 Variannya!

2. Kurang Stabil Di Kecepatan Tinggi

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa dari segi desain, Daihatsu All New Xenia ini hadir dengan desain yang menawan. Baik dari segi eksterior maupun interiornya, mobil MPV yang satu ini menggunakan bahasa desain yang modern, elegan, dan sporty.

Tetapi sayangnya, bodi yang dimiliki Daihatsu Xenia ini tidak terlalu tebal. Apalagi jika kita bandingkan dengan mobil-mobil lain di kelas yang sama.

Ketebalan bodi ini tidak akan terlalu terasa jika konsumen menggunakan mobil ini berkendara di perkotaan dengan kecepatan yang rendah. 

Tetapi bodi yang tipis akan membuat pengendaraannya kurang stabil ketika dipacu dalam kecepatan yang tinggi, sehingga akan kurang nyaman dikendarai.

3. Harga Jual Kembali Kurang Stabil

Tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun merupakan kembaran dari Toyota All New Avanza, kepopuleran yang dimiliki Daihatsu All New Xenia ini masih kalah dengan mobil saingannya tersebut. 

Merek Toyota yang disandang Avanza memang cukup sulit untuk dikalahkan, karena merek tersebut memang lebih populer.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Hal ini ternyata berpengaruh terhadap harga jual kembali dari Daihatsu All New Xenia. Mengingat peminatnya tidak sebanyak Toyota Avanza, harga jual kembali Daihatsu All New Xenia ini menjadi kurang stabil.

Kesimpulan Kekurangan dan Kelebihan Daihatsu All New Xenia 2022

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu All New Xenia 2022. Mobil yang satu ini bukan hanya memiliki desain yang menawan, tetapi juga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan para pesaingnya.

Selain itu, fitur yang ditawarkan Daihatsu All New Xenia ini juga cukup lengkap. Mobil ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi sistem pembakaran yang baik sehingga lebih efisien bahan bakar.

Tetapi sangat disayangkan bahwa Daihatsu Xenia 2021 ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Meskipun cukup lengkap, fitur yang dimilikinya masih standar dan kalah modern dibandingkan para pesaingnya.

Bukan itu saja, bodinya yang tipis juga membuat mobil ini kurang stabil dikendarai dengan kecepatan tinggi. Akibat kalah populer dengan Toyota Avanza, mobil ini juga memiliki harga jual kembali yang kurang stabil.

Baca juga : Biaya Perawatan Daihatsu Xenia, Teliti Sebelum Beli!

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Daihatsu All New Xenia 2022 ini, konsumen harus tetap jeli sebelum membeli mobil apapun. Dalam membeli mobil, kita memang harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

Mesin

1NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

Kapasitas

1.3 L (1.329 cc)

1.5 L (1.496 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan / CVT

Manual 5 Percepatan / CVT

Tenaga

95 HP @ 6.000 rpm

105 HP @ 6.000 rpm

Torsi

121 Nm @ 4.200 rpm

138 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Tangki BBM

45 liter

45 liter

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan