OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Sebelum Beli Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX 5 Ini
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Sebelum Beli Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX 5 Ini

Dilihat 42192
Arief Yuno
17 Des 2020, 15:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 44

Otoloka.id – Banyak kelebihan dari Mazda CX 5 ini yang membuat SUV ini laris di pasaran. Di balik kelebihan, terdapat juga kekurangan dari CX 5 ini. Semua itu akan diulas Otoloka dalam artikel berikut ini.

Di Indonesia, pangsa pasar crossover atau yang lebih dikenal dengan Sport Utility Vehicle (SUV) masih sangat baik. Begitu juga dengan hasil Mazda CX 5 yang grafik penjualannya menanjak seiring dengan minat konsumen terhadap mobil buatan perusahaan Jepang yang sudah ada sejak 1920.

Kehadiran Mazda CX 5 yang dinilai menjadi pesaing Honda HR-V tentunya berusaha memberikan berbagai kemewahan hingga teknologi canggih untuk memanjakan konsumen di Indonesia. Pasar di Indonesia masih menyukai SUV buatan Jepang sehingga persaingan antar pabrikan sangat terasa untuk merebut hati konsumen.

Dengan mesin memakai teknologi inovasi dari Mazda yaitu SKYACTIV, Mazda CX 5 ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp500 jutaan. Tenaga mesin tersebut tentunya menjadi andalan Mazda CX 5 dalam melewati berbagai medan sesuai dengan tipe crossover yang memiliki ground clearance lebih tinggi.

Mobil Mazda CX 5 tersedia dalam 3 varian. Harga mobil Mazda CX 5 berkisar antara Rp510 juta hingga Rp590 juta. Begini Harga Mazda CX 5 Indonesia Tahun 2020. Harga Mazda CX 5 Bekas terbilang variatif mulai dari Rp 200 jutaan. Namun harga Mazda CX 5 ini belum bisa dipastikan karena harganya tergantung kondisi mobil.

Performa teknologi SKYACTIV

eksterior Mazda CX 5

Mengusung mesin berteknologi SKYACTIV sebagai andalan mobil Mazda. Kini Mazda CX 5 hanya tersedia dalam satu mesin, SKYACTIV-G 2.5L. Dengan berkapasitas tenaga 2.488cc. Beda sekali dengan Mazda CX yang sebelumnya yang juga menyediakan mesin berjenis SKYACTIV-G 2.0L untuk varian Sport dan Urban dengan kapasitas mesin 1.998 cc.

Memang ada dua tipe mesin yang berbeda pada Mazda CX 5, namun pada dasarnya masih sama yaitu in-line 4 silinder DOHC 16 valve yang dipadukan dengan sistem Dual Squential Valve Timing (S-VT) dan juga Electronic Throttle Control. (ETC).

Semua mesin yang digunakan Mazda CX 5 ini sudah mengadopsi Electronically Controlled Direct Injection sebagai pengatur bahan bakar. Tentunya tetap menghasilkan tenaga yang berbeda. 2.0L SKYACTIV-G dapat menghasilkan tenaga maksimum, 155 PS pada 6.000 rpm, sedangkan 2.5L SKYACTIV-G dapat menembus 187 Ps pada 5.700 rpm.

Fitur Teknologi Mazda CX 5

interior Mazda CX 5

Cukup banyak fitur canggih yang ditawarkan pada Mazda CX 5 seperti AC Auto, Auto Hold, Power Liftgate with Spindle Damper, Lane-Keep Assist System to Blind Spot Monitoring, Smart City Brake Support, I-Stop.

Kelebihan Mazda CX 5

depan Mazda CX 5

Seperti diungkapkan pada awal tulisan, bahwa Mazda CX 5 paling laris di seluruh model mobil Mazda di Indonesia. Berikut ini catatan kelebihan Mazda CX 5.

1. KODO Design sebagai Andalan

depan Mazda CX 5

Dengan bodi berdimensi panjang 4.540 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2.700 mm membuat Mazda CX 5 tampil bongsor, terutama ground clearance 215 mm. Jarak bebas ke tanah ini menguntungkan untuk melewati jalan terjal menuju makadam.

Sebagai kendaraan berjenis SUV, Mazda CX 5 tampil elegan tentunya berkat desain KODO Mazda. Mobil Mazda CX 5 2020 dengan tampilan facelift membuatnya tampil beda, meski tarikan garis pada bodi sebagai ciri khasnya tetap dipertahankan.

2. Simbol Kemewahan

Gril besar dengan aksen krom berpenampang melintang yang terhubung ke lampu depan masih dipertahankan pada versi mobil Mazda CX 5 ini. Grilnya memang terlihat minimalis, tapi Mazda berusaha menjadi ikonik. Setidaknya dengan melihat model atau bentuk grilnya, Anda pasti tahu milik Mazda. Mirip dengan apa yang berhasil dilakukan BMW.

3. Lampu Depan Berteknologi Tinggi

Headlamp Mazda CX 5 telah menggunakan LED dengan fitur yang dapat menyesuaikan kebutuhan atau menyesuaikan intensitas cahaya secara otomatis berkat teknologi Adaptive LED Headlights sehingga berkendara di malam hari terasa lebih nyaman. Di bagian pencahayaan lainnya, All New Mazda CX 5 sudah dibekali fog lamp LED.

Untuk bagian buritan atau belakang dari Mazda CX 5 terbaru tidak mengalami perubahan yang berarti, begitu juga dengan lampu penanda belakang. Sistem kelistrikan di pintu belakang atau bagasi sudah diadopsi.

4. Sunroof Meningkatkan Kemewahan

Yang paling menarik adalah tersedianya fitur sunroof pada Mazda CX 5. Dengan tersedianya sunroof yang bisa dibuka atau ditutup, tentunya memberikan kesan mewah pada sebuah SUV atau crossover. Namun fitur sunroof belum tersedia pada tipe Touring.

5. Suspensi SKYACTIV-Chasis Independen

Dari segi kaki-kaki, Mazda CX 5 terbaru menggunakan suspensi SKYACTIV-Chassis Independent MacPherson Strut dan stabilizer bar di bagian depan. Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan Multi-Link dengan stabilxer bar. Semua tipe Mazda CX 5 2020 menggunakan velg berukuran 19 inci dengan ban 224/55.

6. Kabin Mewah dan Modern

Berada di dalam kabin Mazda CX 5 yang mampu menampung lima penumpang, kesan mewah sangat terasa. Beragam panel terlihat pada dashboard dengan kombinasi warna hitam dan chrome yang menambah kesan modern. Begitu juga dengan panel LCD berukuran 7 inci.

7. Audio Jadi Andalan

Sistem audio yang ditawarkan Mazda CX 5 terbilang cukup mewah dengan menggunakan Bose sebagai sound systemnya. Hasilnya tentu tidak perlu dipertanyakan lagi dalam urusan entertainment.

8. Fitur Tampilan Mengemudi

Begitu juga dengan Windshield Active Driving Display pada Mazda CX 5 sangat membantu dalam mengetahui kecepatan hingga ke arah jalan raya. Teknologi windshield active driving display ada di kaca depan pengemudi sehingga fokus pandangan tidak perlu dikhawatirkan.

9. Kenyamanan Penumpang

Setiap tempat duduk, Mazda CX 5 terbaru telah dilengkapi dengan desain Karakuri Seating system yang bertujuan agar penumpang dapat merasakan kenyamanan yang sempurna. Dan ditambahkan fitur Cloth Seat Trim, Passenger Seat plus Height Adjustment. Terlebih balutan bahan kulit berkualitas tinggi di seluruh bagian bangku menambah kesan mewah dan elegan.

Kekurangan Mazda CX 5

samping Mazda CX 5

1. Harga Jual Kembali Tidak Stabil

Perlu diperhatikan saat membeli mobil, karena mobil seperti Mazda tidak terlalu stabil dalam urusan untuk dijual kembali. Permasalahan pengenalan merek mobil Mazda tidak seperti merek Toyota atau Daihatsu. Pada dari sisi kualitas mesin tidak kalah.

2. Pakai Bahan Bakar Lebih Mahal

Bagi anda yang menginginkan Mazda CX-5 harus membawa uang yang banyak, karena penggunaan bahan bakar mobil ini minimal Ron 92 yang notabene lebih mahal dari bahan bakar Ron 90.

3. Sparepart Cukup Mahal

Mengingat mobil ini merupakan mobil yang cukup langka untuk dimiliki banyak orang, maka sparepart mobil ini pun tergolong lebih mahal dibandingkan SUV kompetitornya yang lebih murah.

4. Penumpang Terbatas

Dengan harga mencapai lebih dari setengah miliar, kapasitas penumpang Mazda CX 5 hanya untuk lima orang. Ini harus diperhitungkan bagi mereka yang bukan keluarga kecil. Memaksakan jumlah orang di dalam mobil tentu bisa menghadirkan risikonya sendiri.

5. Lampu Terlalu Minimalis

Ukuran lampu belakangnya yang terbilang kecil dibanding bodi bongsornya, seolah ada sesuatu yang terlalu minimalis dalam sebuah desain. Namun tentunya semua itu telah melalui berbagai pertimbangan untuk SUV mewah besutan Mazda ini.

Kesimpulan Mazda CX 5

Mazda CX 5

Untuk Mazda CX 5 terbaru yang memiliki banderol harga lebih dari setengah miliar, mobil ini memiliki banyak fitur canggih yang ditawarkan. Kenyamanan dan keamanan mobil Mazda CX 5 dalam berkendara menjadi sensasi tersendiri saat melibas berbagai lalu lintas. Minimnya kekurangan tersebut merupakan bukti keberhasilan pabrikan yang sudah tujuh kali mengganti logonya.

  • Suka 44
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
    Mazda CX 5
    Angsuran mulai dari:Rp 10,27 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya