• Home>
  • Review>
  • Sesama Mobil Sejuta Umat, Berikut Perbedaan Antara Xenia dan Avanza 2022
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Sesama Mobil Sejuta Umat, Berikut Perbedaan Antara Xenia dan Avanza 2022

Dilihat 1345
EKO
23 Nov 2021, 19:08
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id- Sebagai mobil yang mengisi segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) tentu saja kehadiran generasi terbaru Daihatsu All New Xenia dan Toyota All New Avanza bikin konsumen Indonesia jadi bingung. Apalagi kedua mobil keluarga tersebut memiliki kemiripan.

Kalau dibilang mirip, memang mirip. Pasalnya Daihatsu All New Xenia dan Toyota All New Avanza merupakan mobil yang dibangun dalam platform yang sama. Hadir sejak 2004 silam, mobil tersebut sukses mengambil hati masyarakat Indonesia, dan berujung dengan sebutan mobil sejuta umat.

Kedua mobil yang sudah mencapai generasi ketiga tersebut, hadir bukan hanya dalam tampilan saja, namun juga dengan berbagai fitur terbaru, yang membuat mobil tersebut makin layak untuk dijadikan teman perjalanan.

Jika pada generasi terdahulu antara Xenia dan Avanza benar-benar identik, namun pada generasi terbaru ini, ada beberapa perbedaan yang kasat mata maupun tak kasat mata. Apa saja itu? Mari kita gali lebih dalam.

Fascia Depan Beda

Untuk tampilan bodinya, Daihatsu All New Xenia maupun Toyota All New Avanza punya desain yang kaku dengan lekukan tegas. Hal tersebut terlihat dari garis bodi, over fendernya, sampai pada kap mesin yang punya lekukan tajam yang terkesan agresif.

Meski terdapat kemiripan, namun pada bagian fascia depannya, antara Daihatsu All New Xenia dengan Toyota All New Avanza memiliki tampang yang berbeda.

Pada Toyota Avanza terbaru tidak terdapat grill di tengah lampu depan, dan hanya diberi aksen garis sambung saja. Letak grill berada di bawah di antara lampu kabut. Grill Avanza berbentuk trapesium tersebut, bisa dibilang punya ukuran yang besar.

Baca juga: Ketahui All New Avanza 2022 Lebih Detail, Apa Saja yang Baru?

Sementara pada Daihatsu Xenia, di antara lampu depan, terdapat grill kecil seukuran lampu depan yang ditengahnya terdapat logo pabrikan. Sementara itu, ada juga grill bawah yang berada di antara lampu kabut. Di mobil tersebut, diberi garis pemisah antar grill.

Lekukan bumper depan kedua mobil tersebut juga identik, namun di bagian rumah lampu kabut, terdapat bentuk yang berbeda antara keduanya. Pada Daihatsu Xenia, bentuk rumah lampu kabutnya cenderung vertikal, sementara Toyota Avanza berbentuk grafis boomerang.

Model Kaki-Kaki Beda

Setiap pabrikan, pastinya mempunyai ciri khas masing-masing, dan itu bisa diaplikasikan di beberapa tempat. Salah satunya adalah design kaki-kaki. Nah, pada Daihatsu All New Xenia punya desain velg yang berbeda dengan Toyota All New Avanza.

Pada Toyota Avanza varian 1.5 liter, velgnya palang 10 dengan desain yang simetris. Velg tersebut berbahan aluminium alloy dengan aksen dual tone. Sementara untuk varian 1.3 liter, desain velgnya asimetris berpalang 10 dengan laburan warna gun metal berukuran 15 inci.

Sementara pada Daihatsu Xenia punya perbedaan kasta yang jauh pada kaki-kakinya. Untuk varian terendah mobil tersebut, menggunakan velg besi berukuran 15 inci. Namun, untuk varian 1.3 liter varian menengah, sudah menggunakan velg alloy yang desainnya sama dengan Avanza 1.3 liter.

Baca juga: Spesifikasi Daihatsu Xenia 2022, Simak Daftar Harga dan 12 Variannya!

Desain velg Daihatsu All New Xenia 1.5 liter punya tampilan lebih rumit dan futuristik. Velg mobil tersebut punya lima palang dengan aksen dual tone berwarna hitam dengan polish yang berukuran 16 inci.

Aksen Interior Beda

Meski punya desain yang sama, interior Daihatsu All New Xenia dengan Toyota All New Avanza memiliki perbedaan aksen. Daihatsu Xenia pada generasi terbarunya memposisikan sebagai mobil keluarga yang sporty. Sementara Toyota Avanza mengadopsi kemewahan.

Panel dashboard Daihatsu Xenia terbaru diselimuti warna hitam, dengan sedikit aksen silver. Sementara pada varian tertingginya, diberi sentuhan berwarna merah menyala, dengan aksen serat karbon yang sarat akan balap.

Untuk Toyota Avanza, interiornya diberi sentuhan dua warna, yaitu coklat dan hitam yang terdapat di jok, panel dashboard, dan panel pintu. Aksen dashboard juga berbentuk garis-garis melintang, dan berbentuk corak kulit.

Terdapat persamaan pada konsol tengah antar kedua mobil tersebut, yaitu terdapat kompartemen untuk menaruh kartu di bawah konsol pengaturan AC pada Daihatsu Xenia dan juga Toyota Avanza. 

Pengaturan Roda Kemudi Beda

Setiap orang punya tinggi badan yang berbeda, dan saat mengemudikan mobil, posisi duduk saat menyetir juga punya titik nyamannya masing-masing. Oleh karena itu, fitur kursi pengemudi dengan system sliding, dan pengaturan setir tilting, akan menambah kenyamanan mengemudi.

Fitur-fitur tersebut terdapat di Daihatsu Xenia, dan Toyota Avanza generasi terbaru. Namun, pada Toyota Avanza dibekali kelebihan lain berupa pengaturan setir teleskopik yang menambah personalisasi dalam mengemudi.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Fitur Keselamatan Beda

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia memiliki system keselamatan aktif besutan masing-masing pabrikan. Kalau Daihatsu bernama Advance Safety Assist (ASA), sementara Toyota bernama Toyota Safety Sense (TSS) yang dipasang pada tiap varian tertinggi kedua mobil keluarga tersebut.

Sistem keselamatan tersebut diantaranya: Vehicle Stability Control; Hill Start Assist; Pre Collision System; Front Departure Alert; Lane Departure Assist; Pedal Misoperation Control; Rear Crossing Traffic Alert; dan Blind Spot Monitoring.

Semua system keselamatan di atas, sudah menjadi paket bawaan dari varian tertinggi Toyota All New Avanza, yaitu tipe 1.5G CVT TSS. Sementara untuk varian tertinggi Daihatsu All New Xenia dengan tipe 1.5 R CVT ASA SC, fitur Rear Crossing Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring tidak disematkan Daihatsu.

Harga yang Berbeda

Meski memiliki pangsa pasar yang sama sebagai mobil keluarga, nyatanya harga yang ditawarkan pada Daihatsu All New Xenia dan Toyota All New Avanza juga berbeda. Padahal banyak kesamaan yang dikandung.

Memang sih, antara kedua mobil tesebut memiliki pemetaan pasar yang juga berbeda sebagai sesama mobil Low MPV. Daihatsu Xenia mengarah pada sporty, sementara Toyota Avanza menyajikan kemewahan.

Untuk harga varian terendah, Daihatsu All New Xenia dibanderol seharga Rp190,9 juta dan Rp243,9 untuk banderol varian tertinggi. Sementara pada Toyota Avanza, varian terendahnya dibanderol seharga Rp206,2 juta, dan varian tertingginya punya harga sebesar Rp264,4 juta.

Kesimpulan

Untuk mobil yang sama-sama punya image kuat di konsumen Indonesia, antara Daihatsu All New Xenia dan Toyota All New Avanza punya beberapa pembeda yang menjadi daya tarik. Beberapa di antaranya adalah soal tampilan.

Daihatsu All New Xenia punya tampilan yang lebih mengesankan aura sporty yang dibenamkan pada eksterior dan interiornya. Sementara Toyota All New Avanza, memberikan opsi lain berupa tampilan mewah di sektor interior dan eksteriornya.

Harga yang ditawarkan juga memiliki perbedaan, di mana Toyota punya banderol yang lebih tinggi dibanding Daihatsu. Namun, harga yang tinggi juga diikuti dengan penambahan fitur keselamatan yang lebih canggih. 

Spesifikasi Daihatsu All New Xenia

1.3L M

1.3L X

1.3L R

1.5L R

1.5L R ASA

Dimensi PxLxT

4,395 mm x 1,730 mm x 1,690 mm

4,395 mm x 1,730 mm x 1,700 mm

Jarak sumbu roda

2,750 mm

Ground Clearance

195 mm

205 mm

Kemudi

Rack and Pinion Electric Power Steering

Mesin

1 NR-VE DOHC Dual VVT-I

2 NR-VE DOHC Dual VVT-I

Tenaga dan Torsi

97.9 PS/6000 rpm dan 12.4 kg.m/4200 rpm

106 PS/6000 rpm dan 14.1 kg.m/4200 rpm

Kapasitas tangki BBM

43 Liter Bensin Tanpa Timbal

Transmisi

Manual

Manual

CVT

Manual

CVT

Manual

CVT

CVT

Velg

Steel 15”

Alloy 15”

Alloy 16”

Ukuran

185/65 R15

195/60 R16

Spesifikasi Toyota All New Avanza 1.5L

Spesifikasi Toyota All New Avanza 1.5L 
Mesin

2NR-VE 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

106 hp / 6.000 rpm

Torsi 

137 Nm / 4.200 rpm
TransmisiManual 5-percepatan / CVT
Sistem penggerakFront wheel drive 
P x L x T (mm)4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / Leaf Spring
Rem Depan/BelakangVentilated Disc / Drum


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya