OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Simak Beberapa Kelebihan Mobil Listrik yang Patut Dipertimbangkan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Simak Beberapa Kelebihan Mobil Listrik yang Patut Dipertimbangkan

Dilihat 919
EKO
12 Okt 2021, 08:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

kelebihan mobil listrik mobil tesla

Otoloka.id- Kendaraan dengan tenaga listrik memang menjadi bagian dari rencana hampir semua produsen otomotif. Lima atau sepuluh tahun ke depan, pabrikan tidak lagi menjual kendaraan dengan bahan bakar internal sebagai bagian dari lini produk mereka.

Beberapa negara pun, mendukung keputusan tersebut dengan mengeluarkan peraturan terkait penjualan kendaraan yang nantinya harus beralih ke tenaga listrik.

Termasuk Indonesia, yang mendukung upaya untuk menghadirkan banyak mobil listrik untuk masyarakat. Regulasi terkait penghapusan pajak kendaraan listrik juga diteken pemerintah, yang membuat harga mobil listrik di negara kita tak kena pajak barang mewah.

Selain menghapus pajak, pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) lagi gencar membangun banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang pada Agustus 2021 sudah berjumlah sebanyak 148 unit di seluruh Indonesia.

Belum lagi, pihak ketiga seperti perusahaan bahan bakar minyak, juga menyediakan stasiun pengisian listrik tersebut yang menyatu dengan pom bensin.

Beberapa perusahaan otomotif juga memproduksi kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya adalah Hyundai. Tak hanya produksi kendaraan saja, tapi juga membangun pabrik baterai untuk kendaraan listrik yang pada Mei 2022 akan mulai beroperasi di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Ada alasan mengapa pemerintah dan pabrikan sangat gencar untuk beralih dari kendaraan bahan bakar internal, menuju kendaraan bertenaga listrik.

Pasalnya, kendaraan listrik khususnya berjenis mobil yang memiliki beberapa kelebihan dibanding kendaraan bermesin bahan bakar, di antaranya seperti:

Ramah lingkungan

Kendaraan dengan bahan bakar internal, dalam proses menghasilkan tenaga harus melakukan pembakaran. Hasil dari pembakaran tersebut berupa emisi dan gas buang yang sangat beracun. Tak hanya beracun, namun juga sangat merusak bumi karena menghasilkan gas rumah kaca.

Kehadiran kendaraan listrik, atau mobil listrik, sangat membantu sekali untuk mengurangi polusi. Pasalnya, sumber tenaga yang dihasilkan mobil listrik berasal dari motor listrik yang disuplai oleh baterai, layaknya sebuah mobil mainan.

Baca juga: Inilah Daftar Harga Mobil Elektrifikasi di Indonesia

Mobil listrik tidak menghasilkan polusi udara maupun polusi suara, jadi sangat ramah terhadap lingkungan. Namun, ada beberapa mobil listrik yang tetap mengeluarkan suara sebagai tanda supaya orang-orang sekitar dapat mengenali bahwa mobil tersebut melintas.

tesla model s plaid

Lebih bertenaga

Bagi mobil dengan bahan bakar internal, untuk mencapai akselerasi responsif harus dibenamkan mesin dengan kubikasi besar dengan beberapa teknologi terkait, seperti turbo dan supercharger.

Namun, bagi mobil listrik memang sudah bawaan lahir punya akselerasi responsif, itu semua berkat motor listrik sebagai penggerak yang langsung terhubung dengan roda. Ukuran kilo Watt yang ada pada motor listrik, menjadi penentu dari tenaga yang dihasilkan.

Banyak sekali mobil listrik yang punya akselerasi sekelas dengan mobil dengan kubikasi mesin besar, contohnya seperti Tesla Model S Plaid yang punya tenaga setara Koenigsegg Agera R, yaitu 1.000 dk. Kedua mobil tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik saja.

SUV ikonik, Land Rover Defender P400e pun menjadikan daya yang berasal dari motor listrik sebagai tenaga utama untuk melalui medan offroad, dibanding mesin bahan bakar internal bawaannya.

Minim perawatan

Meski mobil listrik dibanderol lebih mahal dibanding mobil berbahan bakar internal, namun hal itu sepadan dengan apa yang didapatkan karena pada mobil listrik sangat minim perawatan rutin.

Penggantian oli dan pelumas pada mesin berbahan bakar internal, merupakan salah satu perawatan rutin yang tidak terdapat pada mobil listrik. Belum lagi, jika mobil sudah melewati lima tahun pemakaian, ada beberapa suku cadang yang harus diganti.

Hal tersebut tidak berlaku bagi mobil listrik, selain bebas perawatan rutin, suku cadang yang diganti pada mobil listrik pun punya masa pakai yang terbilang awet.

Baca juga : Daftar Kekurangan Nissan Leaf, Kenali Sebelum Membeli

Beberapa bagian utama pada mobil listrik yang diganti adalah baterai dan motor listrik. pada baterai, masa pakainya terbilang awet, karena masa pakainya mencapai sepuluh tahun.

Perusahaan teknologi Samsung sedang mengembangkan baterai mobil listrik yang masa pakainya lebih dari sepuluh tahun, dan kompatibel dengan pengisi daya cepat.

Penggantian komponen dengan durasi yang sama dengan mobil berbahan bakar adalah ban, minyak rem, dan kampas rem. Penggantian suku cadang tersebut dilakukan sesuai dengan masa pakai kendaraan.

hyundai kona electric

Bebas biaya Isi bensin

Meski lebih mahal, namun mobil listrik sangat murah dalam pemakaian sehari-hari.

Sebagai contoh, Toyota Agya punya konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter bensin, mobil tersebut memakai bahan bakar Pertamax seharga sekitar Rp 9.000/liter, lalu Toyota Agya tersebut menjelajah sejauh 305 kilometer.

Perhitungannya, jarak dibagi konsumsi bahan bakar, lalu dikalikan dengan harga bensin per liter.

305 kilometer dibagi 20 kilometer per liter kemudian dikali Rp 9000. Maka, uang bensin yang dihabiskan Toyota Agya dalam menempuh jarak 305 kilometer adalah Rp 137.250.

Sementara Hyundai Kona Electric mampu menjelajah sejauh 305 kilometer dengan daya baterai terisi penuh. Kapasitas baterai mobil tersebut 39.2 kWh, dengan daya maksimal pengisian 12 ampere yang akan terisi penuh sekitar 19 jam. Listrik rumah punya tegangan 220 volt, dengan tarif dasar per kWh berkisar Rp 1.444.

Cara perhitungannya, tegangan listrik rumah dikalikan input daya maksimal, hasilnya lalu dikalikan durasi pengecasan, dan dikalikan dengan tarif listrik per kWh.

220 volt x 12 ampere x 19 jam pengisian x tarif per kWh Rp 1.444 = Rp 72.431. Ini total biaya yang dibutuhkan oleh Hyundai Kona Electric untuk menjelajah sejauh 305 kilometer.

Baca juga: Di 2025 Volkswagen Yakin akan Gusur Tesla

Beberapa mobil listrik juga dibekali dengan fitur pengisian daya regeneratif, yang berasal ketika mobil listrik sedang menurunkan gas maupun sedang mengerem. Daya yang dihasilkan akan disalurkan ke dalam baterai. Tentunya, hal ini akan menambah efisien dalam penggunaan daya listrik.

baterai mobil listrik

Mudah untuk diupgrade

Dalam perkembangannya, teknologi pasti akan menghadirkan sesuatu yang lebih. Kasusnya pada mobil listrik, baterai dan motor listrik menjadi komponen yang dapat diganti atau diupgrade sesuai dengan kebutuhan atau teknologi yang makin maju.

Contohnya seperti mobil listrik keluaran Zero Labs, yang dapat mengganti baterai dengan kapasitas lebih besar supaya dapat menjelajah lebih jauh, atau membuat akselerasi mobil mereka supaya lebih responsif dengan mengganti motor listrik dengan daya yang lebih besar.

Dilengkapi dengan fitur canggih

Hadir sebagai mobil ramah lingkungan di jaman yang serba canggih, membuat mobil listrik biasanya dibekali dengan fitur bantuan pengemudi.

Sebenarnya, fitur ini juga terdapat pada mobil-mobil dengan bahan bakar internal yang dijual baru-baru ini.

Sistem bantuan pengemudi merupakan fitur keselamatan aktif yang membantu untuk mengurangi resiko dalam kecelakaan. Biasanya pada fitur tersebut dibenamkan beberapa sensor dan kamera sebagai alat pendeteksi.

Beberapa contoh fitur keselamatan aktif tersebut seperti; kontrol jelajah, sistem bantuan parkir, sistem pengereman darurat otomatis, indikator jarak, dan masih banyak lagi.

Bahkan, saat ini sedang dikembangkan teknologi mobil listrik yang dapat berkendara otomasi secara penuh. Contohnya seperti pengembangan pada Tesla CyberTruck.

Jadi sudah siap beralih ke mobil listrik atau masih lihat nanti dulu? 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya