• Home>
  • Review>
  • Simak Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Simak Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Dilihat 6340
Ismet
16 Okt 2021, 08:10
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

kelebihan dan kekurangan daihatsu luxio

Otoloka.id- Daihatsu Luxio terlahir sebagai pengembangan dari varian sebelumnya yaitu Daihatsu Grand Max. Mobil MPV ini tampil lebih modern dan mewah dibanding Gran Max dengan desain eksterior nya yang lebih menawan.

Pada tampilan eksteriornya saja langsung terlihat terutama bagian wajah depan. Tampilan mobil ini dibalut dengan konsep yang mewah dan futuristik, bisa dilihat dari tampang bagian depannya dengan penggunaan headlamp multireflektor dengan kolaborasi grill 3 baris.

Daihatsu Luxio mulai diperkenalkan oleh Daihatsu sejak tahun 2009 yang lalu. Kemudian pada tahun 2014, Daihatsu Luxio ini mendapatkan facelift atau penyegaran, sehingga tampil sebagai Gran Max versi mewah.

Tren penggunaan Luxio di Indonesia sendiri saat ini mobil tersebut memang banyak digunakan untuk mengangkut barang-barang atau penumpang banyak. 

Rasanya tak salah jika Anda tertarik dengan mobil ini dan menjadikan Luxio sebagai mobil harian yang andal.

Kelebihan Daihatsu Luxio

Kelebihan Daihatsu Luxio yg pertama kami bahas adalah bagian mesinnya. Mesin Daihatsu Luxio ini tergolong cukup bisa diandalkan. 

Mesin berkapasitas 1.500 cc yang digendongnya mampu menghasilkan daya maksimal hingga 95 dk dan mampu memberikan torsi maksimal mencapai 134 Nm, membuat mobil minibus daihatsu ini akan siap membawa para penggunanya berkeliling dengan jumlah muatan maksimal.

Baca juga : Masih Ragu? Simak Spesifikasi Daihatsu Ayla

spesifikasi daihatsu luxio

Ditambah lagi dengan kelebihan Daihatsu Luxio lainnya ialah konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit. Di mana hal tersebut dikarenakan oleh penggunakan sistem bahan bakar EFI yang telah disematkan.

Kelebihan Daihatsu Luxio lainnya terdapat pada sisi eksterior atau desain bodinya, untuk keluaran terbaru Luxio ini telah mendapatkan banyak perubahan desain eksterior bila dibandingkan dengan awal kemunculannya. 

Meski begitu, bodi kotaknya ini juga sejak pertama kali kemunculannya sudah dibekali dengan sliding door atau pintu geser yang menambah kesan mewah Daihatsu Luxio.

Ubahan luar yang terlihat adalah grille depan yang dirancang dengan model baru menggunakan nuansa chrome, menjadikan penampilannya akan tampak sporty. 

Selain itu, desain lampu utama dari mobil Daihatsu Luxio ini juga menjadi salah satu kelebihannya, karena desain lampu utamanya juga telah dirancang dengan model terbaru.

Lalu bagian belakang yang menarik adalah spoiler baru yang dilengkapi high mount stoplamp. 

Tak hanya spoiler baru saja yang ada di bagian belakang, namun terdapat lampu belakang kombinasi baru juga yang telah disematkan. 

Ditambah dengan desain spion yang sudah mendukung kaca elektrik dan terpasang turning lamp, menjadikan pengguna dapat mengatur posisi kaca dari dalam kemudi saja.

Penampilan Daihatsu Luxio semakin terlihat sporty berkat desain pelek baru menggunakan desain 3D yang dirancang lebih lebar.

interior daihatsu luxio

Kelebihan berikutnya yang menarik dibahas pada mobil ini bagian interior, dimana interior Daihatsu Luxio ini dirancang dengan tiga baris kursi. Sehingga kabin mobil ini mampu digunakan untuk memuat 6 orang kurang lebih. 

Bagian interior mobil Daihatsu Luxio ini telah terpasang beberapa fitur, meskipun fitur – fitur tersebut dirasa masih fitur standar. 

Seperti misalnya adalah fitur audio 2DIN yang dapat memutar berbagai macam tipe multimedia yang Anda miliki, kemudian terdapat pula fitur AC yg akan memberikan kenyamanan kepada para penggunanya ketika berkendara.

Fitur keselamatan Daihatsu Luxio terbilang cukup meski dirasa masih sangat minim. Beberapa fitur keselamatan yang telah disematkan kedalam mobil daihatsu luxio ini diantaranya adalah fitur sabuk pengaman yg telah terpasang pada setiap bagian kursi penumpang, kemudian kerangka bodi mobil yang sudah dirancang dengan desain monokok.

Baca juga : Biaya Perawatan Daihatsu Xenia, Teliti Sebelum Beli!

Selain itu, fitur keselamatan lainnya yang telah disematkan adalah fitur airbag sistem, lalu ada sistem rem tambahan ABS. Terdapat pula sensor parkir yang akan memudahkan pengguna dalam memarkir mobil.

Kelemahan Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio yang memiliki harga tergolong murah ini juga memiliki kekurangan, seperti desain interior yang tampak biasa saja. J

ika dibandingkan dengan mobil MPV lain, mungkin para penggunanya akan merasa kurang puas ketika melihat bagian interior Daihatsu Luxio.

daihatsu luxio

Selain itu, kekurangan Daihatsu Luxio berikutnya adalah penyematan sejumlah fitur di dalam mobil yang dirasa terlalu minim atau standar. Hal tersebut mungkin disesuaikan dengan harga mobil Daihatsu Luxio itu sendiri yg memang cukup terjangkau.

Posisi mesin yang terletak pada bagian bawah kursi depan juga jadi kekurangan Luxio. Dapat membuat para pengguna merasa kurang nyaman ketika telah berkendara dalam waktu yang cukup lama, karena lama-lama pastinya akan terasa panas.

Kekurangan Daihatsu Luxio lainnya ialah terdapat pada bagian handling mobil itu sendiri. Handling mobil daihatsu luxio ini tergolong kurang baik. 

Memang satu sisi bagus viewnya bisa luas karena kabinnya memang besar dengan kaca di sekelilingnya yang juga besar. 

Namun saat dibawa pada kecepatan maksimalnya Daihatsu Luxio ini terasa limbung. Tentu ini disebabkan karena material mobil yang tipis jadi ringan dan ringkih serta membuatnya mudah limbung. 

Kekurangan selanjutnya dari Luxio ini yakni saat di jalan tanjakan terasa lemah alias tidak bertenaga. 

Kapasitas mesinnya yang hanya 1.500 cc dianggap penyebab kelemahan ini ditambah dengan AC yang double blower membuatnya harus ambil ancang-ancang ketika ingin mendaki tanjakan curam. 

Khusus pada tipe D juga tidak memiliki fitur lengkap. Perlu diketahui, Daihatsu Luxio Tipe X adalah tipe tertingginya, sehingga memiliki fitur yang lebih lengkap. 

Pada Daihatsu Luxio Tipe D yakni tipe terendah Daihatsu Luxio ini cuma ada pemutar audio 2-DIN serta tidak punya AC double blower.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Luxio Lengkap

Dimensi

Panjang

4.165 mm

Lebar

1.665 mm

Tinggi

1.915 mm

Kapasitas Jok

8 Orang


Sasis

Suspensi Belakang

5 link, rigid-axle

Suspensi Depan

McPherson struts

Sistem Rem Belakang

Drum

Sistem Rem Depan

Cakram

Ukuran Ban Belakang

215 / 55 R17

Velg

Alloy Wheel

Mesin

Jenis Mesin

3SZ-VE DOHC VVT-I Berpendingin air

Isi Silinder

1.495 cc

Bahan Bakar

Bensin

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Perbandingan Kompresi

10.5:1

Konsumsi BBM

10-­12 km/ (luar kota),8-10 km/L (dalam kota)

Transmisi

Manual 5 percepatan dan 4 Otomatis

Torsi Maksimum

134 Nm @4.400 RPM

Daya Maksimum

95 HP @6.000 RPM

 

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya