OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Spesifikasi Baru Yamaha Jupiter Z1 Tahun 2020, Motor bebek Kualitas Juara
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Spesifikasi Baru Yamaha Jupiter Z1 Tahun 2020, Motor bebek Kualitas Juara

Dilihat 263
Arief Yuno
6 Okt 2020, 21:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Pasca kesuksesan Yamaha menggelontorkan motor Seri Jupiter Z kini Yamaha merilis kembali generasi baru dari seri Z ini yaitu Z1 ada penambahan angka satu di belakangnya alfabet Z, bisa jadi nantinya ada seri Z2, Z3 dan seterusnya. 

Dengan perawakannya yang lebih modern dan elegan namun tidak didesain sebagai motor matic, dimana sedang gencar-gencarnya pabrikan motor memamerkan seri matic ke masyarakat ramai. Yamaha dengan percaya diri merilis motor bebek seri Jupiter Z1 ini.

Motor yang secara resmi dipamerkan di Indonesia pada tanggal 21 Januari 2015 ini merupakan motor sang juara dari ajang balap nasional Indoprix 2013, sejumlah inovasi baru tampak terlihat dari seri sebelumnya.

Mesin yang diusung motor ini sebesar 113 cc dan dilengkapi dengan sistem FI (Fuel Injection Sistem) serta Forged Piston, dimana akan membawa motor ini menjadi lebih gahar dibandingkan seri sebelumnya atau motor-motor di kelasnya, penampilannya jauh lebih menarik karena ditambahkan striping. Yang paling penting Yamaha Jupiter Z1 ini sudah lulus uji Euro 3 sehingga dipastikan akan ramah lingkungan dan desainnya juga sepadan dengan motor sport modern.

Setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan motor bebek Yamaha ini, bahkan Yamaha Jupiter pernah menjadi pesaing tangguh dengan motor Suzuki Shogun dan Honda Supra di masanya. Namun legenda dari motor bebek mulai tersingkirkan dengan datangnya varian motor matic yang notabennya tak usah susah-susah mengoper gigi tarik saat berkendara. 

Meskipun begitu, Yamaha masih memproduksi Jupiter Z1 dengan mengadopsi desain aerodinamis yang dijiplak dari MotoGP. Mesin memang berkapasitas kecil, namun tenaga dan torsinya bisa dikatakan besar. 

Sehingga kemampuan akselerasi Jupiter Z1 dapat menjamin untuk melesat kencang di jalan raya. Motor ini juga sering digunakan dalam ajang road race, karena terbukti mempunyai performa kualitas jempolan. Nah untuk membuktikan keunggulannya, kita perhatikan spesifikasi terbaru berikut ini!

Spesifikasi Mesin Yamaha Jupiter Z1

Tipe Air cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas 113 cc
Daya Maksimum 7,4 kW / 7750 rpm
Torsi Maksimum 9,8 Nm / 6750 rpm
Bore × Stroke 50,0 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,3 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Starter Electric & Kick Starter
Tipe Kopling Basah, Multiplat, Sentrifugal automatic
Tipe Transmisi Constant mesh, 4-kecepatan

Dapur Pacu Yamaha Jupiter Z1


Performa mesin 113cc yang usung oleh Yamaha Jupiter Z1 berani diadu dengan mesin 125cc kepunyaan Honda Supra X 125 dan Honda Blade 125. Karena motor ini berhasil mengeluarkan tenaga terbesarnya pada 10.1 PS atau setara 7.4 kW yang dapat diperoleh pada putaran mesin 7.750 rpm. 

Adapun untuk torsinya mencapai 9.8 Nm pada putaran 6.750 rpm. Sudah selayaknya kemampuan akselerasinya sangat bagus dengan tenaga dan torsi sedemikian rupa. Apalagi motor yang satu ini telah dibekali sistem Fuel Injection yang pastinya akan lebih responsif dan irit. Sebagai gambaran konsumsi bahan bakar bensin 1 liter Yamaha Jupiter Z1 mampu menaklukkan jarak sejauh 69 km angka yang fantastis untuk motor bebek Sport.

Berbekal pengalaman memenangkan kejuaraan lomba balapan di Indoprix 2013 meskipun mesin berkapasitas di bawah motor-motor bebek pada umumnya yang sudah mengusung kapasitas mesin rata-rata 125 cc, namun mesin motor ini diyakini tangguh dan berkelas. Dengan dilengkapi mesin tipe 4 langkah diliputi dengan pendingin udara yang bisa diandalkan saat balapan nantinya.

Desain & Dimensi Yamaha Jupiter Z1

Dimensi 1935mm X 680mm X 1065mm
Berat 102 kg
Ground Clearance 150 mm
Kapasitas Bagasi 4.1 Liter
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Jarak Sumbu Roda 1240 mm

Desain dan Dimensi Yamaha Jupiter Z1


Desain Yamaha Jupiter Z1 tampil dengan aura sporty dibentuk dengan lekukan air flow system pada fairing yang dijiplak dari MotoGP. Double Headlamp tertancap sempurna di bagian depan, lampu ini mempunyai desain futuristik dan memanfaatkan bohlam ganda yang otomatis.

Selanjutnya pada bagian belakang didesain runcing dengan desain aerodinamis dan futuristik. Yamaha memberikan pilihan 3 warna striping yang terdiri dari Blue Racing Hero, Red Champion, dan Black Winner. Semua warnanya tampak cool dan ditopang dengan desain striping yang sporty. Namun pilihan tergantung hati nurani pecinta motor bebek sendiri. 

Apabila kita beralih di bagian dada maka akan tampil lampu sein yang nyaris menyerupai desain Yamaha Jupiter Mx serta keaerodinamisannya yang menjadikan motor ini tambah kencang saat melesat di medan pacu, untuk lampu primer Yamaha Jupiter Z1 mengusung dua lampu yang menunjukkan sisi agresif motor ini.

Jika disaksikan dari belakang tampak lampu sein dan stop lamp yang menyatu meningkatkan kesan gahar, fitur dan desain motor ini tampak paling jelas mengarah pada motor balap, sejaranya memang motor ini sebagai motor balapan, ke bagian fitur dan body pun didesain begitu aerodinamis, lalu velg yang kental dengan bagian sporty terlihat jelas sperti terinspirasi dari motoGP, Yamaha Jupiter Z1 ini sudah mempunyai sistem pembuangan yang baik sehingga memungkinkan kalian untuk mengendarainya dalam perjalanan jauh.

Rangka & Kaki-Kaki Yamaha Jupiter Z1

Rangka 150mm
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan Ayun dengan Shockbreaker Ganda
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C (38P)
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C (44P)
Rem Depan Single disc brake
Rem Belakang Drum brake

Rangka Dan Kaki-kaki Yamaha Jupiter Z1

Suspensi yang diusung menggunakan jenis teleskopik di bagian depan kendaraan ini dan jenis shocbeker ganda serta steel tube underbone di bagian belakang yang akan mengoptimalkan saat Handling motor Yamaha Jupiter Z1

Kenyamanan lain adalah terletak pad ban depan yang berukuran 70/90 dan belakangnya 80/90 ditopang dengan velg 17 inch. Sistem pengereman motor ini sudah dibekali dengan rem cakram dan rem tromol. Meskipun rem belakang hanya tromol namun mimin rasa sudah selaras dengan motor jenis bebek ini. Rangka backbone yang kokoh dijadikan andalan untuk menopang beban kendaraan.

Secara garis besar pada masalah rangka dan suspensi motor ini merupkan bentuk nyata dari Motor bebek sport benar-benar sesuai bagi sahabat otomotif yang mengagumi motor sperti ini, biarpun gesit motor ini mempunyai fitur keamanan yang baik, baik dari rangka maupun suspensi seluruhnya telah dibentuk secara baik, 

Motor ini masuk dalam katagori nyaman untuk keperluan sehari-hari, biarpun motor ini berdesain bebek sport kalian dipastikan tidak capek membungkuk dikarenakan jarak stang dengan area duduk masih tergolong tinggi.

Daftar Harga Yamaha Jupiter Z1 

Harga Yamaha Jupiter Z1 Baru Rp. 17.960.000
Harga Yamaha Jupiter Z1 Bekas Rp. 8 Jutaan – Rp 10 Jutaan

Dana yang perlu kalian keluarkan untuk memiliki motor bebek ini adalah Rp. 17.9 Jutaan. Harga Yamaha Jupiter Z1 lebih mahal daripada harga Honda Blade 125 varian standar yang ditawarkan hanya Rp16.6 Jutaan. 

Performa mesin yang lebih mantap membuat harga Yamaha Jupiter Z1 adalah alasannya. Padahal kapasitasnya cc lebih kecil, karena cuma dibekali mesin SOHC 113cc berpendingin udara (air cooled). Menurut mimin desain Jupiter Z1 juga tampak lebih sporty, jadi sangat masuk akal jika Yamaha berani membanderolnya hampir mencapai 17 Juta Rupiah.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya