• Home>
  • Review>
  • Spesifikasi Toyota Yaris, Hatchback untuk Kalangan Dinamis
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Spesifikasi Toyota Yaris, Hatchback untuk Kalangan Dinamis

Dilihat 248
Guntur Hanggara
26 Jul 2020, 19:37
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Berbicara tentang pilihan hatchback, tentu saja kami langsung fokus pada dua model, yaitu Toyota Yaris dan Honda Jazz. Ya, keduanya magnetis, dan telah mendominasi pasar mobil kompak di Indonesia selama lebih dari 10 tahun.

Empat tahun setelah Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014, PT. Toyota Astra Motor membawa penyegaran ke hatchback jagoannya agar tetap kompetitif melawan Honda Jazz. Perubahan signifikan diperoleh, mulai dari eksterior, fitur, hingga powertrain.

Apakah perubahan ini membuat Toyota Yaris semakin asyik, dan semakin diterima oleh pasar Indonesia? Lihat ulasan lengkap Otoloka di sini.

Pada 2009, Yaris mendapat tambahan dua varian, yaitu varian paling dasar J, dan S Limited TRD Sportivo, yang hadir dengan bodykit agresif dan pengaturan suspensi khusus yang membuat mobil lebih pendek. Pada 2012, Yaris kembali menerima facelift, tetapi hanya dijual hingga Oktober 2013 karena generasi XP150 akan hadir.

Toyota Yaris generasi kedua (XP150) diperkenalkan ke pasar Indonesia pada Maret 2014 dan hadir dalam tiga varian, E, G dan TRD Sportivo. Ketiga varian masih menggunakan mesin 1NZ-FE yang hadir dalam dua varian, otomatis dan manual.

Pada 2016, Toyota Yaris XP150 mendapat pembaruan penting dengan mengganti mesin 1.500cc 1NZ-FE menjadi 2NR-FE, masih dengan kapasitas yang sama, tetapi dengan teknologi Dual VVT-i, dan transmisi otomatis diubah menjadi 7-speed CVT.


Eksterior Toyota Yaris

Perubahan pada eksterior Toyota Yaris terlihat cukup jelas, mulai dari depan dimana lampu proyektor halogen dengan aksen lingkaran merah yang memperkuat kesan sporty. Model lampu juga terlihat datar sekarang, dan menyatu dengan gril atas yang diberi aksen hitam, turun sedikit ke bawah kita melihat gril utama besar dengan pola sarang lebah, dengan LED Daytime Running Lights (DRL) di ujung atas.

Varian yang dibahas dalam ulasan ini adalah Toyota Yaris TRD Sportivo, ini dapat dilihat dari model bodykit agresif dengan aksen merah TRD khas yang menghubungkan kedua foglamps. Sisi mobil juga terlihat lebih berisi rok samping, secara umum kita tidak melihat perubahan signifikan pada facelift untuk sisi-sisinya, kecuali untuk pilar C yang diberi lapisan hitam sehingga memberikan kesan atap yang mengambang. .

Beralih ke belakang, kesan sporty segera terlihat dengan kehadiran spoiler atap belakang, dan bumper belakang dengan diffuser dan reflektor. Desain lampu belakang sejalan dengan lampu depan, yaitu dengan tata letak horizontal yang terhubung dengan hiasan finishing hitam dan garis merah.


Interior Toyota Yaris

Secara umum, desain interior Toyota Yaris TRD Sportivo menggabungkan aura sporty dengan sentuhan modern. Bagian dashboard hadir dengan aksen finishing hitam dan perak, dengan tata letak dashboard pusat yang berisi layar multimedia 7 inci yang mendukung USB, bluetooth dan konektivitas miracast, serta pengontrol AC dengan tampilan digital yang hanya ada di varian ini.

 Sebagai mobil dengan dua baris kursi, Toyota Yaris hadir dengan akomodasi yang baik untuk lima penumpang. Kursi itu sendiri menggunakan bahan kain yang lembut, dan dapat menopang tubuh dengan baik saat mobil bermanuver. Posisi duduk pengemudi dan penumpang juga dapat disesuaikan secara manual dengan tuas di sisi kursi.

Desain setir yang digunakan tidak sedingin facelift terakhir dari Toyota Yaris XP90, tetapi bahan kulit berkualitas yang digunakan untuk melapisi setir memberi kesan mewah, plus kontrol multifungsi untuk mengatur MID dan audio, dan paddle shift belakang roda. Panel cluster instrumen itu sendiri mengintegrasikan analog optitron dan teknologi TFT MID, yang menunjukkan beberapa hal, seperti kilometer, perjalanan A-B, hingga konsumsi bensin.

Dimensi mobil yang diperbesar memberikan akomodasi yang lebih baik pada Toyota Yaris, termasuk kapasitas bagasi 441 liter. salah satu yang terbaik di kelasnya. Jika itu tidak cukup, Anda dapat melipat kursi kedua dan menambah ruang kargo secara signifikan.


Fitur Keamanan Toyota Yaris

Berbicara tentang fitur keselamatan, Toyota Yaris cukup lengkap dengan berbagai teknologi keselamatan yang ditanamkan ke dalam mobil sebagai standar di semua varian. Mulai dari 7 airbag untuk pengemudi dan penumpang yang terdiri dari airbag Dual-SRS, dua airbag samping, dua airbag tirai, dan satu airbag di bawah kolom kemudi untuk melindungi pengemudi dari cedera lutut selama kecelakaan parah.

Keamanan pengemudi dan penumpang juga semakin terjamin dengan kehadiran sabuk pengaman 3 titik dengan pretensioner dan force limiter, ISOFIX, hingga rangka mobil dibuat lebih kuat untuk mengurangi dampak tabrakan.

Selain itu, ada juga fitur mengemudi penting lainnya seperti Hill Start Assist (HSA) yang mencegah mobil dari membuat cadangan, Sistem Rem Anti-lock (ABS), Distribusi Pengereman Elektronik (EBD), dan Brake Assist (BA) yang membuat mobil lebih aman saat direm, hingga Vehicle Stability Control (VSC) yang menjaga stabilitas mobil saat akselerasi dan menikung.


Mesin Toyota Yaris

Toyota Yaris menggunakan mesin 2NR-FE Dual VVT-i dengan kapasitas 1.496cc yang menghasilkan torsi 105 HP dan 140 Nm, yang menghantarkan tenaga ke roda depan melalui pilihan transmisi CVT 7-kecepatan dan manual 5-speed. .

Performa Toyota Yaris

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, mesin 2NR-FE terasa cukup adaptif untuk digunakan dalam berbagai kondisi, ini terbantu dengan kehadiran mode mengemudi.

Toyota Yaris dapat diatur untuk mempertahankan efisiensi bahan bakar dengan mode Eco, atau jika Anda ingin mempercepat, mode Sport dapat mengakomodasi itu dengan menyesuaikan roda gigi secara virtual melalui paddle shift, perlu dicatat fitur ini hanya tersedia dalam transmisi otomatis varian TRD Sportivo. .

Penanganan masalah, terasa Toyota Yaris terasa lebih menyenangkan untuk dikendarai bila dibandingkan dengan varian pre-facelift, terutama saat bermanuver. Kemudi terasa lebih langsung, ini tentu tidak terlepas dari perubahan suspensi yang dibuat sedikit lebih jatuh, tetapi ini tidak memiliki banyak efek pada radius belok yang masih merupakan kelemahan dari Yaris XP150.

Konsumsi Bensin Toyota Yaris

Seperti dijelaskan di atas, mode mengemudi yang tertanam dalam Toyota Yaris TRD Sportivo CVT membuat mesin 2NR-FE lebih adaptif untuk merespons input pengemudi, termasuk ketika menggunakan mode Eco yang dikenal lebih banyak bahan bakar.

Saat menggunakan mode Eco, konsumsi rata-rata bahan bakar untuk kota dengan kecepatan rata-rata 22 km / jam berada di kisaran 13,4 km / liter. Untuk penggunaan di luar rute kota dengan kecepatan rata-rata 87 km / jam dapat mencatat konsumsi bensin 19,6 km / liter di MID.


Kesimpulan Toyota Yaris

Toyota berhasil menyegarkan Yaris dengan beragam penyegaran dalam berbagai aspek, mulai dari eksterior, interior, hingga berbagai fitur yang memberikan perpaduan kenyamanan yang tepat, efisiensi bahan bakar, dan elemen fun-to drive, tiga hal penting dari hatchback.

Memang, masih ada beberapa kelemahan yang tidak bisa disembunyikan dari mobil ini, seperti kepraktisan mengemudi yang rendah, hingga performa mesin yang ceroboh. Namun kami merasa mobil ini masih layak dimiliki jika Anda tidak bermasalah dengan kelemahan mobil ini.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya