• Home>
  • Review>
  • Spesifikasi Yamaha Lexi Didukung Fitur yang Mumpuni
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Spesifikasi Yamaha Lexi Didukung Fitur yang Mumpuni

Dilihat 295
Arief Yuno
7 Okt 2020, 11:48
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id – Yamaha kini mengandalkan sederet skutik premium dari klan Maxi Family untuk bertarung di segmen roda dua. Di kelas entry level, pabrikan berlogo garpu ini menawarkan Lexi. Dari segi spesifikasi, Yamaha Lexi memiliki teknologi yang tidak kalah dengan NMax atau Aerox namun dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Perbedaan dengan sang kakak adalah pada kapasitas mesin dan durasi camshaft. Artinya, Yamaha Lexi punya spesifikasi mumpuni untuk bertarung di segmen skutik bermesin 125 cc. Dari segi desain, Lexi hadir sebagai skutik untuk segala aktivitas sehari-hari dengan karakteristik dek datar, namun juga mumpuni saat digunakan untuk perjalanan antar kota.

Yamaha Lexi yang termasuk dalam keluarga Yamaha Maxi dilengkapi dengan beberapa fitur modern yaitu speedometer full digital yang dilengkapi tachometer. Yamaha juga membekali Lexi dengan fitur kekinian seperti Immobilizer dan Answer Back System. Tak kalah pentingnya, fitur Soket Daya Listrik juga tersedia bagi pengendara yang ingin mengisi daya gadgetnya.

Gaya atau penampilan Lexi juga mengikuti gaya keluarga Maxi Yamaha lainnya. Edisi khusus MAXI Signature untuk varian Lexi S tampil dalam warna Matte Black yang merupakan warna ikonik MAXI dengan sentuhan aksen emas. Warna baru Lexi S mengusung konsep modern, elegan dan mewah yang menjadi karakter segmen MAXI Yamaha.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai pabrikan juga menyediakan berbagai aksesoris asli yang membuat Lexi semakin gagah. Selain itu, aksesoris resmi tentu saja fungsional dan tidak sekedar menambah gaya. Cover garpu depan misalnya, aksesoris ini bisa melindungi garpu depan dari serpihan dan membuat tampilan lebih kekar.

Itu baru sebagian dari spesifikasi Yamaha Lexi, karena masih banyak lagi keunikan dari skutik ini yang tidak dimiliki keluarga Maxi. Bahkan menurut Valentino Rossi, Lexi itu Seksi!

Fitur Yamaha Lexi Flatdeck Kaya


Poin utama yang menjadi fokus Yamaha dalam menggarap Lexi adalah menjadikannya skutik yang praktis. Pertama kita bahas dulu desainnya yaitu flatdeck yang selalu menjadi andalan masyarakat Indonesia. Desain dek datar dengan sandaran kaki memanjang merupakan nilai tambah jika dibandingkan dengan NMax.

Pasalnya, di geladak tengah kita bisa membawa barang-barang yang berat atau besar seperti tas punggung, karung beras, tabung gas elpiji 3 kg, atau bahkan dua galon di sisi kiri dan kanan geladak. Pijakan kaki yang memanjang dapat mengurangi nyeri kaki saat melakukan perjalanan jauh.

Lexi juga dilengkapi Electric Power Socket yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel saat beraktivitas. Padahal, fitur ini hanya tersedia di All New NMax dan belum tersedia di NMax generasi pertama. Fitur Keyless pada Lexi S juga membuat skutik ini selangkah lebih canggih dan tentunya lebih aman dari resiko dibobol.

Selain itu, fitur yang diusung Yamaha Lexi sama dengan NMax versi lama seperti ban tubeless, lampu hazard, hingga suspensi belakang sub-tangki untuk tipe Lexi S.

Spesifikasi Mesin Yamaha Lexi Adopsi Milik Aerox 125 di Vietnam


Sebagai bagian dari keluarga Maxi Yamaha, Yamaha Lexi memiliki kapasitas mesin paling kecil, yakni 125 cc. Yamaha Indonesia mengakui esai Lexi ini sama dengan yang ada di Aerox 125 yang dipasarkan di Vietnam. Sedangkan Aerox yang dijual untuk pasar Indonesia memiliki mesin VVA 155 cc.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 8,75 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Berbekal teknologi VVA, kekuatan Lexi didistribusikan secara merata dari bawah ke atas. Produksi tenaga telah mengisi sejak putaran bawah tetapi tidak eksplosif.

Sistem VVA bekerja pada 6.000 rpm dengan mengatur bukaan katup yang membuat putaran Yamaha Lexi-S lebih bertenaga. Kita juga tidak perlu memutar gas dalam-dalam untuk mendapatkan tenaga dan torsi yang pas. Bahkan kemampuan mesin 125 cc Lexi menghasilkan akselerasi yang setara dengan Yamaha NMax generasi pertama.

Volume Bagasi Yamaha Lexi Kalah Besar


Yamaha Lexi hadir dengan banyak keunggulan dari segi fitur dan performa mesin. Namun skutik ini juga memiliki kelemahan di sektor volume bagasi. Ya, bagasi Lexi masih kalah besar dari Yamaha NMax atau Freego sekalipun.

Yamaha membuat kompartemen bagasi Lexi di bawah joknya bisa menampung barang hingga 12,8 liter karena harus bersisian dengan tangki bensin. Jika dibandingkan dengan NMax (25 liter), ternyata koper adik Nmax lebih kecil. Bagasi Lexi hanya bisa menyimpan helm setengah muka atau jas hujan.

Kami tidak menyimpan helm half face di bagasi Lexi, jadi salah satunya harus digantung di dek. Lebih repot lagi kalau mau isi bensin, karena harus buka jok dan turun dari motor. Lain ceritanya jika kita mengendarai NMax, kita bisa langsung mengisi bensin karena tangki dan lubang pengisian berada di dek tengah.

Rem ABS pada Yamaha Lexi 

Meski mengisi kasta bawah pada keluarga Maxi Yamaha, namun Yamaha tetap membekali Lexi dengan fitur rem ABS pada varian Lexi S. Tentunya fitur ini hanya tersedia untuk rem depan, karena rem belakang pada Lexi masih menggunakan tromol. Kehadiran fitur ini berguna untuk mencegah roda terkunci jika terjadi pengereman mendadak.

Hingga saat ini baru Yamaha yang menyediakan fitur ABS pada skutik bermesin 125 cc. Selain Lexi, masih ada Yamaha Freego yang juga mengusung fitur serupa. Untuk skutik dari merk lain dengan mesin 125 cc masih menggunakan rem cakram biasa dan belum menggunakan fitur ABS.

Berbagai Kelemahan Yamaha Lexi

Setiap produk memiliki kelebihan dan disisi lain pasti memiliki kelemahan, begitu juga dengan Yamaha Lexi. Hadir untuk mengisi segmen entry level pada Maxi Yamaha, spesifikasi Lexi sebenarnya lebih mirip paket skutik 125 cc lengkap.

Sebut saja ukuran tangki bensin yang kecil, karena Lexi hanya berkapasitas 4.2 liter. Sebagai motor touring khas Lexi, kapasitas sebesar itu jelas terbilang kecil karena mirip seperti Mio, Fino, X-Ride dan lainnya. Meski konsumsi bahan bakarnya irit, kami terpaksa harus lebih rutin ke SPBU.

Jika Lexi memiliki kapasitas tangki bensin hingga 5,5 liter seperti Honda Vario 125/150, tentunya akan membuat kita tidak terlalu khawatir kehabisan bensin di jalan raya. Saat digunakan untuk jarak jauh, kami tidak terlalu sering mampir ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Selain tangki, konsol depan alias glovebox berukuran kecil, bahkan hanya satu. Umumnya skuter memiliki dua ruang di kiri dan kanan untuk meletakkan barang. Tapi ruang di sisi kanan telah digunakan untuk konsol tanpa kunci. Selain ukurannya yang sempit, konsol depan pada Yamaha Lexi juga tidak tertutup.

Bahkan, di sebelahnya ada Soket Daya Listrik untuk mengisi daya smartphone. Dengan kantung terbuka seperti ini jelas berbahaya saat kita mengisi daya smartphone karena bisa terlempar saat mengalami guncangan.

Selain itu, dengan konsol terbuka ini, ponsel yang kami pasang juga rentan untuk dirampok. Namun bagi kalian yang sering men-charge hp tentunya harus ekstra hati-hati untuk tidak meletakkannya di konsol depan. Sebaiknya bawa juga tas punggung dan handphone yang sedang diisi saat kita masukkan ke dalam tas agar lebih aman.

Kesimpulan Yamaha Lexi


Yamaha Lexi dijual dalam tiga tipe, yaitu Lexi, Lexi S, dan Lexi S ABS. Berikut harga masing-masing type:

Lexi Rp 21.205.000

Lexi S Rp 24.195.000

Lexi S ABS Rp. 26.960.000

Dengan kisaran harga antara Rp. 21 juta sampai hampir Rp. 27 jutaan, Yamaha Lexi menawarkan beragam fitur menarik yang tidak dimiliki skutik 125 cc lainnya. Karena mengedepankan sisi fungsional, Lexi juga tetap mengusung karakter skutik mainstream seperti tangki bensin dan bagasi di bawah jok. 

Yamaha Lexi merupakan alternatif yang bagus untuk Honda Vario 150, tapi tentunya Lexi juga lebih mahal karena segmentasinya yang berbeda.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Angsuran mulai dari:Rp 0,57 Jt/Bln
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Angsuran mulai dari:Rp 0,57 Jt/Bln
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
    Angsuran mulai dari:Rp 0,57 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya