OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza: MPV Mana Yang Lebih Worth It?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza: MPV Mana Yang Lebih Worth It?

Dilihat 2893
Arief Yuno
12 Feb 2021, 21:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

suzuki ertiga otoloka

Otoloka.id - Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil pabrikan Suzuki yang pertama kali dihadirkan melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar pada tahun 2010 lalu dalam bentuk mobil konsep. Barulah pada tahun 2012, Suzuki Indonesia memperkenalkan versi produksi dari mobil ini dengan nama Suzuki Ertiga. Mobil ini mengisi segmen MPV di Indonesia.

Dalam segmen MPV di Indonesia, Suzuki Ertiga harus bersaing dengan banyak mobil, dan salah satunya adalah Toyota Avanza. Toyota Avanza sendiri sudah tidak asing di Indonesia, karena sudah berkiprah sejak tahun 2003. "Mobil Sejuta Umat" yang satu ini sangat populer dan mengalami pembaruan hampir setiap tahunnya. Lalu di antara kedua mobil ini, mana yang kira-kira lebih worth it, ya?

avanza otoloka

Segmentasi Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza

Di Indonesia, Suzuki Ertiga mengisi segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV. Mobil ini menerapkan konfigurasi 7 seater, yang memungkinkan mobil ini mengangkut hingga 7 orang penumpang. Hal ini membuat Suzuki Ertiga sangat cocok dijadikan mobil keluarga.

suzuki ertiga otoloka depan

Kemudian, Toyota Avanza, yang berada di dalam segmen yang sama dengan Suzuki Ertiga, juga memiliki konfigurasi 7 seater. Mobil ini sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga berkat daya tampung penumpangnya yang cukup banyak. Mobil ini juga banyak diminati oleh konsumen muda berkat desainnya yang atraktif.

tampilan depan avanza

Eksterior Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Suzuki Ertiga memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sendiri adalah 2.740 mm.

suzuki ertiga otoloka terbaru

Dilihat dari segi desain eksteriornya, Suzuki Ertiga generasi terbaru ini memiliki desain yang kurang lebih sama dengan generasi sebelumnya. Mobil ini memiliki bahasa desain yang tidak terlalu agresif, dengan grille depan bergerigi yang dibalut dengan aksen chrome.

Sementara itu, Toyota Avanza memiliki ukuran dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Ukuran Wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri adalah 2.655 mm.

eksterior avanza

Generasi terbaru dari Toyota Avanza memiliki tampilan eksterior yang modern, elegan, serta agresif. Model terbarunya memilki bumper dan head lamp yang baru, serta konsep desain yang terkesan futuristik, seperti yang diterapkan pada Toyota Vellfire dan Toyota Voxy.

Melihat dari dimensinya, Suzuki Ertiga memiliki dimensi yang lebih besar secara keseluruhan dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Hal ini tentu membuat Suzuki Ertiga memiliki leg room dan ruang kabin yang lebih leluasa dibandingkan dengan pesaingnya tersebut.

Interior Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Sekarang mari kita beralih pada perbandingan interior dari Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Suzuki Ertiga generasi terbaru sudah mendapatkan perubahan yang cukup baik pada bagian kabinnya. Dashboard-nya memiliki bahasa desain elegan yang senada dengan bagian eksteriornya. Kesan mewah juga ditampilkan berkat penggunaan aksen kayu serta paduan warna Dual Tone.

interior suzuki ertiga otoloka

Untuk fitur hiburannya, Suzuki Ertiga mengandalkan head unit touch screen JVC KW-M540BT yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Head unit yang disematkan pada Suzuki Ertiga ini bisa digunakan untuk memutar audio, radio AM/FM, dan dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti USB Port, Bluetoot, dan AUX-IN.

Bukan hanya Suzuki Ertiga, Toyota Avanza juga mendapatkan pembaruan pada bagian kabinnya. Dashboard mobilnya kini mengusung bahasa desain New Grey Aesthetic Ambience Dashboard Design.

interior avanza

Sedangkan untuk fitur hiburannya, Toyota Avanza ini memiliki fitur hiburan yang bisa dibilang lebih canggih dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Suzuki Ertiga. Pada Toyota Avanza, telah disematkan head unit "New Premium Touch Screen" yang memiliki berbagai fitur canggih. Sebut saja DVD Plater, Emergency Call, T-Link USB Mirroring, Bluetooth, iPad/iPhone Connectivity, serta pengaturan enam speaker yang terdapat di dalam mobil.

Mesin Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Kini kita beralih ke bagian mesin dari Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Suzuki Ertiga sendiri dibekali dengan mesin 4 silinder berkode K15B yang dilengkapi dengan teknologi DOHC dan VVT. Mesin yang digendong Suzuki Ertiga ini memiliki kapasitas mesin 1.462 cc atau setara dengan sekitar 1,5 liter.

mesin suzuki ertiga otoloka

Lalu untuk sistem transmisinya sendiri, Suzuki Ertiga ini menawarkan dua pilihan transmisi yang dikawinkan dengan mesinnya. Sistem transmisi manualnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan sistem transmisi otomatisnya menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Kemudian untuk tenaga dan torsinya sendiri, mesin Suzuki Ertiga bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup mumpuni. Di atas kertas, mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

mesin avanza

Lalu bagaimana dengan Toyota Avanza? Pesaing Suzuki Ertiga dari negara yang sama ini dibekali dengan mesin 4 silinder berkode 1NR-VE, dengan IL, 16 V, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini juga memiliki kubikasi yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Mesin yang digendong Toyota Avanza ini memiliki kapasitas  1.329 cc atau setara dengan sekitar 1,3 Liter.

Kendati demikian, Toyota Avanza juga menawarkan pilihan mesin dengan kapasitas 1,5 liter. Mesin 4 silinder berkode 2NR-VE, dengan IL, 16 V, DOHC, Dual VVT-i ini memiliki kapasitas 1.496 cc. Sayangnya, mesin dengan kapasitas yang lebih besar ini hanya menawarkan satu pilihan sistem transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan.

Untuk keluaran tenaganya sendiri, mesin Toyota Avanza bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara itu, torsinya sendiri bisa mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Kesimpulan

Suzuki Ertiga dipasarkan dengan kisaran harga Rp210,5 jutaan hingga Rp266 jutaan. Sementara itu, Toyota Avanza dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni mulai dari Rp202,7 jutaan hingga Rp231,25 jutaan.

Jika dilihat secara keseluruhan, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika kita melihat dari sisi Value for Money, Toyota Avanza bisa dibilang lebih unggul. Selain karena banderol harganya yang lebih murah, mobil ini juga memiliki fitur yang lebih canggih, serta keluaran tenaga dan torsi yang berbeda tipis dengan Suzuki Ertiga.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya