Suzuki Hentikan Produksi Karimun Wagon R, Demi Elektrifikasi

Otoloka.id- Suzuki Karimun menjadi salah satu model ikonik dari Suzuki yang dipasarkan di Indonesia sejak 22 tahun lalu, tepatnya 1999. Sedangkan model Karimun Wagon R yang dijual saat ini merupakan generasi ketiga.

Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun mengumumkan bahwa model Karimun Wagon R terpaksa harus dihentikan produksinya.

Sebagai informasi, mobil yang termasuk kategori LCGC ini memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yakni 20 km/liter. Dengan kapasitas mesin 998cc tiga silinder, mobil ini menjadi kendaraan yang sangat fungsional dengan tenaga 68 PS dan torsi puncak 90 Nm.

Berkaitan dengan dihentikannya produksi Karimun Wagon R, Shodiq Wicaksono sebagai Managing Director Suzuki Indonesia menjelaskan, “Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri.”

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya Gak Sampai Rp 50 juta!

Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan perusahaan mengalihkan prioritasnya. Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki, yaitu Karimun Wagon R. 

Meski begitu, penghentian produksi Karimun Wagon R ini hanya berlaku untuk pasar domestik.

Suzuki Fokus dengan Mobil Listrik

Lebih lanjut Shodiw juga mengungkapkan bahwa Suzuki akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi.

Baca juga : Ertiga Suzuki Sport FF Tampil di GIIAS 2021, Cuma 125 Unit

Untuk memulai bisnis elektrifikasinya, mobil hybrid pun diyakini menjadi pilihan tepat oleh Suzuki. Pengembangan teknologi hybrid yang Suzuki lakukan adalah langkah awal perusahaan dalam mengenalkan teknologi elektrifikasi yang sejalan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. 

Ke depannya, Suzuki akan terus berinovasi mengembangkan kendaraan elektrifikasi lainnya secara bertahap.

"Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” katanya.



  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!