• Home>
  • Review>
  • Suzuki XL7 Dibuat dari Ertiga, tapi Desain Berbeda
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Suzuki XL7 Dibuat dari Ertiga, tapi Desain Berbeda

Dilihat 301
Guntur Hanggara
30 Jul 2020, 14:45
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Saat ini, persaingan di kelas LSUV semakin ketat dan intens. Meskipun pada tahun 2000 hingga 2010, hanya Daihatsu Taruna / Terios yang bermain di kelas ini dengan konfigurasi 7 kursi. Kesadaran masyarakat akan perlunya mobil mampu melibas genangan air dan jalan yang tidak menentu yang memiliki kenyamanan, akomodasi, dan harga yang menyerupai LMPV membuat segmen ini lebih populer dan diminati.

Ini juga digunakan oleh Suzuki, salah satu pabrikan Jepang yang baru-baru ini berkompetisi di kelas ini dengan meluncurkan Suzuki XL7, crossover LSUV dari Ertiga. Segmen ini tentu lebih menarik mengingat bahwa LSUV akan bersaing ketat dengan Avanza di tahun 2012-an.

Dengan lahirnya Suzuki XL7, persaingan di kelas ini semakin sengit. Persaingan ketat ini tentu saja mengguncang pasar para pesaingnya seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander, Honda BR-V, atau bahkan DFSK Glory 560. 

Jelas, Suzuki XL7 tidak ada hubungannya dengan Suzuki Escudo XL7 yang memiliki a V6 ya.Cek penjelasan Otoloka berikut ini. 

Eksterior Suzuki XL7


Meski dibuat dari Ertiga, Suzuki XL7 memiliki wajah depan yang sangat berbeda. Desainnya tidak terlihat seperti MPV, tetapi terlihat lebih gagah dan modern. Mulai dari desain gril berbentuk segi enam memanjang dalam warna hitam, dengan bar garis krom di antara lambang Suzuki yang menghubungkan LED DRL kiri dan kanan. DRL tampaknya menyatu dengan garis-garis dan terlihat pas, tidak terlalu ramai, tidak terlalu sederhana. Headlamp juga memiliki desain modern dengan LED penuh yang futuristik.

Beralih ke samping, siluet bodi Suzuki XL7 masih sama dengan Ertiga, tetapi dengan penambahan body molding dan overfender yang menunjukkan karakteristik SUV. Roda yang digunakan berdiameter 16 inci dengan ukuran ban 195/60 R16. Ground clearance juga 20 mm lebih tinggi, membuat LSUV mampu mengenai genangan air lebih tinggi dari versi MPV.

Bagian belakang juga tidak banyak berubah dari Ertiga. Desain lampu belakang LED masih serupa. Bagian bodi di atas garis krom dan di bawah kaca belakang sekarang hitam, apa pun warna mobilnya. Atapnya dilengkapi spoiler sporty, namun agak berlebihan dan terkesan bagi sebagian orang. Di bagian bawah, terlihat hiasan di bawah pelindung yang terbuat dari plastik dengan warna perak yang sama dengan bagian depan.

Interior Suzuki XL7


Tidak seperti Ertiga, Suzuki XL7 membawa warna hitam penuh ke kabin. Memang desainnya masih persis sama, tetapi ini bukan hal yang buruk. Aksen panel kayu pada dashboard Ertiga diganti dengan aksen karbon yang lebih cocok untuk aura hitamnya. Bentuk kemudi yang sama juga menunjukkan hal yang positif. Desain flat bawah dengan pengatur audio pada setir adalah pilihan yang cocok.

Berbicara tentang fitur, semua fitur Ertiga tertanam di XL7. Mulai dari unit head model semi-foating, AC digital, Engine Start / Stop Button, kantung udara ganda, ABS, EBD, hingga kontrol stabilitas (ESP). Fitur tambahan yang unik pada kaca spion disebut e-Mirror. Fitur ini dapat digunakan sebagai cermin tengah biasa, kamera belakang dan kamera depan. Jadi ada 3 total kamera yang dimiliki oleh Suzuki XL7 yaitu, kamera depan e-mirror, kamera belakang, dan kamera parkir. Selain itu, e-mirror ini juga bisa digunakan sebagai Dashcam / DVR.

Soal akomodasi, ruang kabin yang disediakan oleh Suzuki XL7 masih sama dengan Ertiga. Ruang kaki dan ruang kepala cukup di semua baris. Pengaturan geser di baris kedua juga memungkinkan untuk membagi ruang kaki dari baris kedua dan ketiga sesuai kebutuhan. Selain itu, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata di lantai untuk tidur atau membawa barang-barang. Posisi duduk cukup nyaman dan lembut dengan balutan kulit yang dipadukan dengan kain. Posisi mengemudi juga cukup ergonomis dan fleksibel meski hanya ada tilt tanpa pengaturan kemudi teleskopik.

Performa Suzuki XL7


Suzuki XL7 juga dilengkapi dengan mesin yang sama dengan kode K15B VVT DOHC dengan kapasitas 1500 cc yang menghasilkan tenaga 104,7 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak 138 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Output daya dan torsi disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan.

Dengan mesin yang sama, karakter mesin yang terasa pada Suzuki XL7 tentu sama dengan Ertiga. Memang, ground clearance dan permukaan depan yang berbeda akan memberikan nilai aerodinamik yang berbeda. Namun, perbedaan ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kinerja dan efisiensi. Bahkan tidak terasa untuk penggunaan sehari-hari.

Kenyamanan Suzuki XL7


Untuk urusan penanganan, Suzuki XL7 cukup bagus dan lincah bermanuver di kota. Bodyroll memang terasa saat menikung, tetapi masih dalam batas aman dan masih cukup stabil. Karakter membanting suspensi juga relatif lembut. Kesan mengemudi masih hampir sama dengan Ertiga meskipun ground clearance lebih tinggi. Ini tentu masih masuk akal, mengingat ground clearance Suzuki XL7 masih lebih rendah dari LSUV lainnya seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, dan Daihatsu Terios / Rush.

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif murah, Suzuki XL7 memberikan nilai terbaik untuk uang. Dibandingkan dengan Terios / Rush, SUV ini tentu lebih nyaman dan lebih luas. Fiturnya juga lebih lengkap. Performa handling dan mesin masih kalah dengan Honda BR-V tetapi unggul dalam hal kenyamanan. Bagaimana jika dibandingkan dengan Xpander Cross? Ini masalah selera, dan masing-masing memiliki kelebihan. Paling tidak, Suzuki XL7 memiliki tag OTR yang lebih murah.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
    Suzuki XL7
    Angsuran mulai dari:Rp 4,37 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya