OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Tesla Model S, Sedan Listrik Dengan Desain Menawan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tesla Model S, Sedan Listrik Dengan Desain Menawan

Dilihat 136
Guntur Hanggara
20 Ags 2020, 14:12
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Tesla model S merupakan sedan listrik liftback lima pintu yang diproduksi Tesla. Model S ini dirancang Franz von Holzhausen dan secara resmi diumumkan dalam siaran pers pada 30 Juni 2008. Bentuk prototipe dari Tesla Model X sendiri ditampilkan pada konferensi pers pada 26 Maret 2009 dan secara resmi ditampilkan perdana eksklusif mobil listrik Model S diadakan di Menlo Park milik Tesla pada 8 April 2009. 

Berdasarkan riset dari Otoloka, pada 23 April 2019, Model S Long Range memiliki jangkauan EPA 373 mil (600 km), yang lebih jauh dari mobil listrik baterai lainnya. Tesla model S sendiri diproduksi di Tesla Factory di Freemont, California. Untuk pasar Eropa, Tesla mengumpulkan dan mendistribusikan dari Pusat Distribusi Eropa di Tilburg, Belanda. Mobil diproduksi dan diuji di Tesla factory, Fremont, California. Sedangkan paket baterai, motor listrik dan komponen dibongkar dan dikirim secara terpisah ke Tilburg, tempat mobil dirangkai kembali.

Tesla Model S menjadi salah satu sedan listrik pertama yang memiliki desain menawan dan juga futuristik. Dengan rumah lampu utama yang berdesain menyipit dan menggunakan LED untuk lampunya. Sedangkan bagian belakang, bumper besarnya dilengkapi dengan LED dan aksen krom pada spoilernya.

Mesin Dan Performa Tesla Model S

Tesla Model S menjadi sedan pertama di dunia yang menggunakan sumber tenaga elektrik sepenuhnya. Bahkan Tesla model X merupakan model kedua penerus dari Tesla Roadster yang berbasis Lotus Elise. Setelah debut pertamanya di 2012, Tesla Model S mendapat penyegaran di 2017. Revisi meliputi rancangan luar sampai ke dalam mobil agar semakin pintar, kencang, dan sanggup menempuh jarak jauh. Kini Model 2020 ditawarkan dalam dua varian : Performance dan Long Range Plus.

Untuk menyesuaikan kehebatan tenaga listrik, Tesla Model S dibekali kemampuan penggerak empat roda (AWD). Dua motor listrik bekerja di dua poros depan dan belakang. Karakteristik dual motor memungkinkan kontrol traksi independen di segala kondisi cuaca. Sistem AWD ini disokong adaptive air suspension yang membuat Mobil Tesla Model S nyaman di jalan tol sekaligus tajam kala harus menikung. 

Tesla juga terkenal akan kehebatan fitur kendali swatantra alias autonomous driving. Kemudian autopilot memungkinkan pengemudi tidak perlu menyentuh kontrol sama sekali selama komutasi. Navigasi canggih dapat mengarahkan mobil keluar masuk tol. Fitur lain disebut summon untuk mengeluarkan mobil dari tempat peristirahatan. Lalu, Autopark berfungsi untuk memudahkan manuver parkir. Selain itu, Auto Lane Change secara otomatis memindahkan mobil dari jalur.

Tesla Model S digerakkan oleh tenaga listrik ini sangat responsif. Baterai lithium-ion 100 kWh menjadi sumber tenaga dari Tesla Model S. Dimana ketika baterai terisi penuh, Tesla Model S mampu menempuh jarak 506 km. Lebih jauh 24 km dibandingkan dengan Model S 90D dan P90D.

Memiliki dua varian untuk model tahun 2020, Tesla Model S berusaha menampilkan keunggulannya. Baik Tesla Model S seri Performance maupun Tesla Model S seri Long Range Plus mempunyai potensi hebat sesuai namanya. Kapabilitas akselerasi model Performance bisa disetarakan supercar. Percepatan ke 100 kpj hanya butuh waktu 2,4 detik. Meski kencang, daya tempuh cukup jauh, bahkan sampai 560 km untuk sekali pengisian. Jika tipe Performance unggul soal potensi melaju sprint, Long Range Plus hebat untuk laju marathon. Jarak tempuhnya cukup fantastis, hingga mencapai 627 km sampai baterai habis. Walaupun begitu, bukan berarti kemampuan melajunya buruk. Akselerasi ke 100 kp tetap bisa dilakukan di bawah rentang waktu empat detik, tepatnya 3,7 detik. 

Dengan motor penggerak di depan dan belakang dan menganut sistem AWD, Tesla Model S mampu menghasilkan tenaga untuk motor depan depan sebesar 259 hp, sedangkan motor belakang mampu menghasilkan tenaga 503 hp. Kombinasi tenaga sebesar 680 hp dihasilkan dari perpaduan kedua motor tersebut. Sedangkan torsi depan 376 Nm dan torsi belakang 712 Nm, dengan kombinasi depan-belakang menjadi 1073 Nm yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 1-kecepatan.

Tipe Mesin 100 D
Kapasitas Mesin 100 kwh
Transmisi Otomatis
Tipe Transmisi CVT
Tenaga Maksimal 506 km
Torsi Maksimal 1073 Nm
Bahan Bakar Listrik

Interior Tesla Model S

Bagian interiornya menggunakan material kulit warna hitam yang mewah dan lembut. Tak banyak tombol kontrol, Tesla Model S cenderung menggunakan layar super besar berukuran 17 inci di tengah. Layar sentuh berbentuk vertikal layaknya notebook di bagian tengah dashboard. Bahkan melalui layar sentuh Tesla Model S ini mampu untuk mengatur ketinggian suspensi, bobot setir, mode berkendara dan mematikan mobil.

Termasuk semua kontrol kendali fitur berikut sarana hiburan ditampilkan melalui monitor ini. Layar lain juga tersemat di balik setir sebagai instrument cluster. KBL minim suara didukung dengan kekedapan kabin berikut penggunaan material mewah. 

Posisi duduk lima penumpang juga sangat leluasa. Di baris belakang, terdapat tiga deret bangku berukuran penuh yang bisa digunakan bersandar dengan nyaman. Udara kabin difilter dengan filtrasi HEPA yang menolak bakteri maupun virus untuk menyusupi interior. Sarana hiburan, di samping konektivitas dan sistem langsung terkoneksi ke internet. Termasuk navigasi yang dapat menampilkan kondisi lalu lintas. Kontrol mobil pun dapat diraih melalui sistem mulai dari sesederhana mengatur AC sampai dinamika handling. 

Konsumsi dan efisiensi energi juga dapat dipantau melalui layar sentuh dari Tesla Model S tersebut. sistem audio juga mendukung fitur hiburan. Total terdapat sebelas speaker dengan magnet neodymium ekstra kuat bertugas. Soundsystem ini juga dilengkapi subwoofer 8 inci. 

Begitu juga dengan keselamatan penumpang. Terdapat delapan airbag yang siap melindungi penumpang kabin dari benturan. Begitu juga dengan Electronic Stability dan Traction Control untuk meredam getaran mobil. Rem yang digunakan mengandalkan empat antilock disc brake yang dilengkapi electronic parking brake. 

Eksterior Tesla Model S

Eksterior dari Tesla Model S didesain untuk mengutamakan aerodinamika. Yang artinya Tesla Model S sanggup menembus hambatan udara dengan mulus. Ini termasuk dalam tujuan utama Tesla model S yang mengutamakan efisiensi dalam berkendara agar tempuh terjauh dapat dicapai. Koefisien drag aerodinamika yang mencapai 0.23 Cd, digadang-gadang sebagai sedan paling aerodinamis dengan koefisien terendah di kelasnya. 

Desain aerodinamis diuntungkan oleh karakteristik mendasar mobil listrik yang perlu untuk membuat aliran udara sebagai pendingin mesin akibat pembakaran bahan bakar. Maka dari itu, tidak ada grill ekstra besar, yang ada hanya bentuk lekuk dengan rongga tipis. Hal ini membuat penyaluran udara di luar mobil Tesla Model S dapat mengalir lebih optimal. Secara kategori, Tesla Model S bukanlah sedan sepenuhnya. Kap bagasinya mampu terbuka sampai ke kaca belakang atau biasanya disebut dengan tipe liftback. 

Untuk fitur yang ditawarkan, Tesla membekali barang-barang premium di bagian eksterior. Lampu LED sebagai teknologi hemat energi menjadi lampu utama. Sedangkan pada bagian atap, terdapat panoramic sunroof yang mendominasi panel. Meski beratapkan kaca, pemilik tetap dapat memasang roof rack. Selain itu, handle pintu inkonvensional menciptakan detail mewah berteknologi tinggi. Tuas pembuka duduk yang berada di bagian dalam kulit pintu yang begitu kunci mendekat tuas tersebut dengan sendirinya muncul. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya