• Home>
  • Review>
  • Test Drive All New Honda City, Sedan Bertampang Elegan, Lincah Dikendarai

Test Drive All New Honda City, Sedan Bertampang Elegan, Lincah Dikendarai

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
9 Des 2021, 18:52
  • Suka 0

Otoloka.id- PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi memperkenalkan All New Honda City pada 18 Oktober 2021 lalu secara virtual. Kehadiran All New Honda City ini melengkapi varian hatchback yang lebih dulu hadir, yakni Honda City Hatchback RS.

Perbedaan paling kentara dari keduanya adalah soal penampilan. City Hatchback RS tampil lebih sporty dengan desain yang lebih agresif. Sedangkan City Sedan berusaha tampil elegan dan kalem.

HPM memboyong Honda City Sedan dari Thailand dengan satu pilihan varian saja. Padahal di negara asalnya Honda City memiliki tiga pilihan varian berbeda.

Belum lama ini, tim Otoloka.id berkesempatan langsung untuk merasakan impresi singkat All New Honda City. Seperti apa kenyamanan dan performa yang ditawarkan All New Honda City? Berikut ulasannya.

Eksterior All New Honda City

Honda City terbaru yang diluncurkan beberapa waktu lalu ini merupakan generasi kelima sebagai penerus kepopuleran nama City di Indonesia. Hal baru yang tampak pada eksterior yaitu bagian wajah, desain grill-nya baru.

Baca juga : Baru Dirilis, Ini Dia Ubahan Eksterior dan Fitur All New Honda City 2021

Tak hanya itu, lampu depan All New Honda City juga sudah menggunakan full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight dan Door Mirror wit LED Turning Signal. Sejumlah penerangan dan teknologi ini menambah kesan elegan All New Honda City.

Sekilas memang mirip dengan City Hatchback RS. Namun City sedan mempunyai grill yang kaya ornament krom.

Desain lampu belakang juga sedikit berbeda, di mana All New Honda City lebih memanjang ke samping serta adanya aksen LED bar yang terputus. Selain itu tentunya pada bagian atap yang melandai karena All New Honda City merupakan sedan, bukan hatchback.

Perbedaan paling mencolok juga tentunya soal bagian buntutnya. Dengan ukuran buntut lebih panjang dari pada City Hatchbac RS, otomatis kapasitas bagasi lebih luas dan memperkuat jati diri sedan.

Unsur elegan juga bisa dilihat pada sektor kaki-kaki. All New Honda City menggunakan pelek 16 inci dengan single tone. Meski kesan mewah kurang terangkat di bagian ini, desain sederhana peleknya tetap mampu memberikan desain harmonis secara keseluruhan.

Interior All New Honda City

Saat masuk ke dalam kabin, anda akan merasakan kesan lapang All New Honda City. Kesan mewah juga terlihat dari panel dasbor baru berwarna gelap. 

Baca juga: Sebelum Beli, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord

Sementara Meter Cluster semakin modern dilengkapi Multi Information LCD Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Lingkar kemudi dan Shift Knob dibalut dengan bahan kulit yang menambah kesan premium. Tombol Cruise Control dan Paddle Shift ditanamkan pada setir kemudi untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Untuk kemudahan mengoperasikan fitur hiburan, All New Honda City dilengkapi 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen yang dilengkapi dengan Bluetooth Audio, AM/FM Radio, Hands-Free Telephone dan Smartphone Connection. Pengaturan audio serta fungsi-fungsi lainnya juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Audio Steering Switch yang berada di kemudi.

Sayangnya, untuk pengaturan MID hanya bisa dilakukan melalui tombol di dasbor yang posisinya agak sedikit terhalang oleh lingkar kemudi.

Performa All New Honda City

Dari data spesifikasi, tidak ada perbedaan antara All New Honda City dengan City Hatchback. Menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, All New Honda City menghasilkan tenaga sebesar 121 PS atau setara 119,3 TK pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Dengan gaya berkendara santai dan sesekali agresif untuk mengobati rasa penasaran terhadap kemampuannya, All New Honda City terasa lincah dan cukup presisi pengendaliannya saat menaklukan jalur perkotaan dan tol.

Kami pun menjajalnya dengan rute Jakarta-Bandung-Jakarta dengan melewati rute tol Cikampek-Padalarang-Bandung yang terkenal memiliki tanjakan dan kontur jalan yang beragam.

Mesin yang proporsional dengan tenaga mumpuni di setiap pijakan gas, hingga penggunaan mode Sport yang terasa lebih galak dengan raungan mesin lebih tinggi membuat sensasi seru tersendiri.

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil yang berangkat dari kawasan Sunter, Jakarta Utara ini sudah dengan kondisi tangki penuh. Saat tiba di kota Bandung, jumlah bahan bakar di spidometer menunjukkan hanya berkurang dua bar.

Namun di indikator memperlihatkan angka 13 kilometer per liter untuk rata-rata konsumsi bahan bakar yang dihabiskannya.

Baca juga : Honda Ucapkan Selamat Tinggal kepada Jazz di Sirkuit Sentul

Fitur Canggih All New Honda City

Sebelum masuk ke dalam kabin, kunci remote All New Honda City ini ternyata sudah dilengkapi dengan Remote Engine Start. Fitur ini memungkinkan pengemudi dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Fitur ini memang sudah ada pada City Hatchback RS, namun menjadi yang pertama di kelasnya dengan fitur tersebut.

Kemudahan lain yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil ini yaitu adanya fitur Multi Angle Rearview Camera. Fitur tersebut memudahkan pengemudi melakukan manuver di lokasi parkir yang sempit karena fitur ini menampilkan gambar wide, normal dan top view.

Sejumlah fitur keselamatan juga telah disematkan pada All New Honda City. Mulai dari G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), 6 Airbags, Brake Override System, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether.

Harga All New Honda City 

Sebagai salah satu sedan entry-level, All New Honda City termasuk cukup laris di ASEAN. Untuk pasar Indonesia, HPM menawarkan tiga pilihan warna, yaitu Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl. 

Tertarik meminangnya? All New Honda City dijual dengan harga Rp 355 juta on the road Jakarta dan akan mulai tersedia tahun 2022.

Spesifikasi Mesin All New Honda City

Tipe Mesin

1.5 L SOHC 16 Katup i-VTEC + DBW

Volume Langkah/Silinder (CC)

1497

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-Fi

Diameter (Bore) X Langkah (Stroke)

73 x 89,4 mm

Rasio Kompresi

10,3:1

Daya Maksimum

120PS/6600rpm

Torsi Maksimum

145Nm/4600rpm

Transmisi

Automatic CVT

Jumlah Silinder

4 silinder segaris

 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan