Otoloka.id - Daihatsu Rocky 1.2L sudah meramaikan pasar otomotif Indonesia sejak tiga bulan yang lalu. 

Selasa (5/10/2021) lalu, awak media baru mendapat kesempatan test drive Rocky 1.2L di proving ground Research & Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Center, Karawang, Jawa Barat.

Test Drive Rocky 1.2L di Markas Daihatsu, Hasilnya Cukup Bikin Takjub

Bagi yang belum tahu, Daihatsu Rocky 1.2 L ini pertama kali dipasarkan pada bulan Juni 2021 lalu, tepatnya dua bulan setelah peluncuran perdana tipe 1.0 L Turbo di bulan April.

R&D Testing Department Head PT ADM Audi Tarantini menyatakan bahwa pengembangan Rocky telah mulai dilakukan tahun 2017 oleh tim gabungan dari Indonesia, Malaysia, dan Jepang. 

Berbeda dengan proses pengembangan Avanza-Xenia yang dilakukan bersama Toyota, pengembangan SUV kompak Raize-Rocky diklaim sepenuhnya hasil pengembangan Daihatsu.

Baca juga: Review Daihatsu Rocky: SUV Lawas yang Hidup Kembali Menjadi Modern

Sesuai namanya, Rocky 1.2 L ini dibekali dengan mesin terbaru tipe WA-VE 3 silinder berkapasitas 1,2 liter dari Daihatsu. 

PT ADM mengklaim bahwa mesin ini cukup istimewa karena hanya tersedia untuk pasar dalam negeri dan menjadi buah karya tim R&D Daihatsu Indonesia.

Audi juga menyampaikan bahwa teknologi mesin ini sepenuhnya terbaru dan sudah terbukti berbeda dari mesin Ayla-Sigra yang mana kedua pendahulunya tersebut menggunakan mesin 3NR-VE 4 silinder.

Hal lain yang diklaim perusahaan, sebagai salah satu kelebihan dari Daihatsu Rocky 1.2 L adalah tingkat efisiensi bahan bakarnya yang irit. 

Baca juga: Review Toyota Raize: SUV Compact Pilihan Tepat Saat Ini!

Mobil ini terbukti lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin 1.0 L Turbo.

Dari hasil pengetesan tim R&D Astra Daihatsu Motor menggunakan mesin Dyno Test, berikut perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2 L dan 1.0 L Turbo.

KECEPATAN

KONSUMSI BBM MESIN 1.2 L

KONSUMSI BBM MESIN 1.0 L

60 km/jam

30 km/liter

29,6 km/liter

80 km/jam

28,2 km/liter

26,9 km/liter

100 km/jam

20,6 km/liter

19,8 km/liter

  • 0
  • Share
AmandaTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!