• Home>
  • Review>
  • Tips Memilih Oli Untuk Mobil Daihatsu Xenia, Ini Rekomendasinya!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Tips Memilih Oli Untuk Mobil Daihatsu Xenia, Ini Rekomendasinya!

Yunita Efendi
6 Des 2021, 12:01
  • Dilihat 4861
  • Suka 0

Otoloka.id - Rekomendasi dan tips memilih oli mobil merupakan hal yang wajib diketahui oleh para pemilik mobil, tidak terkecuali oleh para pemilik mobil Daihatsu Xenia. Oli memang diketahui memiliki peranan penting pada setiap komponen yang ada pada mobil.

Berbeda mobil, berbeda pula konfigurasi mesinnya. Karena itulah, setiap mesin mobil pasti membutuhkan oli dengan spesifikasi yang berbeda.

Misalnya saja, oli mobil yang dibutuhkan oleh Daihatsu Xenia akan berbeda dengan oli yang dibutuhkan oleh Daihatsu Gran Max, meskipun keduanya merupakan produk mobil Daihatsu.

Nah kali ini, kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi dan tips dalam memilih oli mobil, khususnya untuk mobil Daihatsu Xenia. Para pemilik Xenia ayo merapat!

Spesifikasi Mesin Mobil Daihatsu Xenia

Seperti yang kita semua tahu, oli merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh mesin. Jenis mesin dan teknologi yang digunakannya, serta kondisi dan usia mesin ini akan mempengaruhi jenis oli yang dibutuhkan.

Karena itulah, sebelum kita membahas tentang rekomendasi dan tips memilih oli mobil Daihatsu Xenia, mari kita cari tahu tentang mesinnya terlebih dahulu.

Soal mesinnya sendiri, Daihatsu Xenia generasi terbaru menawarkan dua jenis mesin, sama seperti Toyota Avanza. Kedua mesin ini merupakan mesin dengan kapasitas 1.3 L dan 1.5 L.

Meskipun memiliki mesin yang sama dengan Avanza, pihak Daihatsu diketahui telah melakukan tuning pada kedua mesin Xenia. Hasilnya, mesin yang digendong oleh Daihatsu Xenia ini diklaim bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Pada generasi terbaru Daihatsu Xenia, mesin dengan kapasitas 1.3L ini merupakan mesin 1NR-VE 4 silinder segaris DOHC Dual VVT-i. Smenetara itu, mesin 1.5L yang dimilikinya merupakan mesin 2NR-VE 4 silinder segaris DOHC Dual VVT-i.

Baik mesin 1.3L maupun 1.5L, keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT. Yang lebih menarik, Daihatsu Xenia generasi terbaru kini sudah menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Soal tenaganya, mesin 1.3L milik Xenia bisa menghasilkan tenaga sebesar 95 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi sekitar 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Baca juga: Perbandingan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Si Kembar Yang Tak Sama

Sementara itu, mesin 1.5L yang digendong Xenia ini diketahui mampu menghasilkan keluaran tenaga sebesar 105 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk melihat lebih jelas spesifikasi mesin Daihatsu Xenia, mari kita lihat pada tabel berikut.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

SPESIFIKASI MESIN 1.5 L

Mesin

1NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

Kapasitas

1.3 L (1.329 cc)

1.5 L (1.496 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan / CVT

Manual 5 Percepatan / CVT

Tenaga

95 HP @ 6.000 rpm

105 HP @ 6.000 rpm

Torsi

121 Nm @ 4.200 rpm

138 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Tangki BBM

45 liter

45 liter

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil Daihatsu Xenia

Nah, setelah membahas tentang spesifikasi mesin mobilnya, sekarang kita tiba di pembahasan utama kita, yaitu rekomendasi dan tips memilih oli mobil untuk Daihatsu Xenia.

Pada dasarnya, tips untuk memilih oli mobil yang paling utama adalah dengan melihat konfigurasi mesin dan kondisi mesin. Semakin tua usia mesinnya, maka oli yang dibutuhkan akan semakin kental.

Biasanya, untuk mobil dengan usia yang sudah lebih dari lima tahun, disarankan untuk menggunakan oli dengan viskositas sedikit lebih besar. Dengan kata lain, oli yang dibutuhkan adalah jenis yang lebih kental.

Sementara itu, untuk mesin berteknologi baru dan dengan usia yang cenderung masih baru, maka oli yang dibutuhkan adalah oli dengan viskositas yang lebih kecil. Hal ini karena oli yang harus masuk ke dalam mesin adalah jenis yang lebih encer.

Selain itu, kapasitas mesin juga perlu diperhatikan untuk melihat jenis oli yang diperlukan. Misalnya saja, untuk oli mesin Xenia 1.3L dibutuhkan oli 3 liter (dengan filter oli) atau 2.7 liter (tanpa filter oli).

Baca juga: Sebelum Beli, Simak Dulu Review Daihatsu Xenia Berikut Ini!

Untuk mengetahui rekomendasi oli mobil yang cocok untuk mobil Daihatsu Xenia, berikut ini informasinya.

Daihatsu Genuine Oil 5W-30

Daihatsu Genuine Oil 5W-30 merupakan oli mobil yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor yang bekerja sama dengan Pertamina. Produksi oli ini diketahui langsung diawasi oleh Daihatsu Jepang sehingga diklaim terjamin kualitasnya.

Daihatsu Genuine Oil 5W-30 ini cocok untuk Daihatsu Xenia generasi terbaru yang sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Baik mesin dengan kapasitas 1.3L maupun 1.5L, keduanya bisa menggunakan oli mobil ini.

Oli mobil untuk Daihatsu Xenia yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di dealer maupun bengkel resmi Daihatsu. Untuk satu liternya, oli ini dijual dengan harga Rp55.000.

Castrol Magnatec 10W-40

Selanjutnya dalam daftar ini ada Castrol Magnatec 10W-40. Oli yang satu ini sangat direkomendasikan untuk mobil Xenia yang sudah berusia lebih dari lima tahun.

Castrol Magnatec ini merupakan oli semi sintetis dan dilengkapi teknologi Self Healing Layer. Teknologi ini bekerja untuk membentuk lapisan perlindungan dan memperbaiki lapisan tersebut dengan sendirinya saat kita berkendara.

Selain itu, Castrol Magnatec ini juga memiliki formula molekul pintar yang bisa melekat pada setiap komponen mesin sehingga pelumasannya lebih sempurna. Untuk kemasan 4 liter, oli mobil ini dijual dengan harga Rp360.000.

Fastron Techno 10W-40

Oli lainnya yang juga cocok untuk mobil dengan usia lebih dari lima tahun adalah Fastron Techno 10W-40. Viskositas dari oli yang satu ini terbilang cukup kental.

Fastron Techno merupakan oli berjenis full sintetis yang mengandung zat aditif khusus yang diracik oleh Pertamina.

Kandungan yang terdapat pada Fastron Techno ini dapat memberikan perlindungan terhadap semua komponen di dalam mesin sejak mesin dihidupkan. Untuk harganya sendiri, kemasan 4 liternya dijual dengan harga Rp260.000.

Baca juga: Simulasi Kredit Daihatsu Xenia 2021, Konsumen Wajib Tahu Sebelum Beli!

Shell Helix HX6 10W-40

Selanjutnya, oli yang cocok untuk Daihatsu Xenia adalah Shell Helix HX6 10W-40. Karena memiliki viskositas yang besar, oli yang satu ini juga lebih cocok untuk mobil Daihatsu Xenia keluaran lama.

Oli ini berjenis semi sintetis dan dibuat menggunakan teknologi Flexi-Molecule dan Active Cleansing. Teknologi ini akan membentuk lapisan film yang dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal pada permukaan komponen mesin, serta dengan aktif membersihkan ruang mesin.

Pihak Shell sendiri mengklaim bahwa perlindungan yang diberikan oli ini bisa mencapai 40% lebih baik dibanding pelumas lain sejenisnya. Oli ini dipasarkan dengan harga Rp352.000 untuk kemasan 4 liternya.

TOP 1 HP Sport 5W-30

Jika beberapa oli sebelumnya lebih cocok untuk digunakan Daihatsu Xenia keluaran lama, kali ini kita kembali beralih ke oli untuk Daihatsu Xenia generasi terbaru. Salah satu oli yang cocok untuk mobil teranyar Xenia adalah TOP 1 HP Plus 5W-30.

Oli yang satu ini diketahui memiliki kandungan Xtra-Clean Additives. Kandungan ini akan membantu membersihkan kerak yang terdapat pada ruang mesin dan mencegah kerak tersebut kembali menempel pada ruang mesin.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Bukan itu saja, oli ini juga diklaim dapat menjaga suhu mesin tetap stabil dalam keadaan apapun. Untuk kemasan 1 liter, oli ini dipasarkan dengan harga Rp90.000.

Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Terakhir, ada satu lagi oli yang cocok untuk Daihatsu Xenia generasi terbaru, yaitu Motul H-Tech 100 Plus 5W-30. Oli ini merupakan oli full sintetis yang memiliki kandungan khusus untuk membersihkan ruang mesin dan menjaga komponen mesin agar tidak aus akibat gesekan pada saat mesin bekerja.

Selain itu, oli yang satu ini juga dapat menjaga suhu mesin mobil tetap stabil, bahkan dalam kondisi macet maupun kecepatan tinggi sekalipun. Di pasaran, kemasan 1 liter oli ini dijual dengan harga Rp180.000.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan