• Home>
  • Review>
  • Toyota Agya Menggoda dengan 7 Pilihan Warna, Apa Warna Favoritmu?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Agya Menggoda dengan 7 Pilihan Warna, Apa Warna Favoritmu?

Dilihat 5015
Ismet
3 Okt 2021, 12:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota Agya merah

Otoloka.id- Low cost green car (LCGC) merupakan program dari pemerintah yang mengatur tentang kendaraan harga terjangkau dan juga ramah lingkungan. 

Tujuan program ini adalah mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan.

Biasanya, mobil yang mengisi segmen LCGC ditawarkan dengan harga yang relatif murah, dengan rentang harga tak melebihi Rp 170 jutaan. Dengan spesifikasi dasar yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Kelebihan Mobil Toyota Agya

Meskipun sekilas terdengar “basic”, LCGC ini memiliki keunggulan tersendiri. Lalu kira-kira apa saja kelebihan LCGC? Simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Gaya Rally Untuk Mobil LCGC

1. Ramah Pengemudi Pemula

pilihan warna toyota Agya

Keunggulan pertama dari mobil LCGC ini adalah ramah pengemudi pemula. Dari segi harga, harga LCGC yang ada di kisaran Rp100 jutaan tepat bagi Anda yang ingin membeli mobil untuk pertama kali.

Dari segi pilihan, variasinya tak kalah beragam. Misalnya, Toyota Agya yang masuk kategori LCGC. Agya tipe 1.0 G M/T dengan transmisi manual ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp143 jutaan.

Harga ini relatif terjangkau sebagai kendaraan pertama Anda. Selain tipe tersebut, Anda juga diberikan pilihan lain, yaitu Agya tipe 1.0 G AT dengan transmisi otomatis, 1.2 G M/T dan 1.2 G A/T jenis STD, serta 1.2 G M/T dan 1.2 G A/T jenis TRD.

2. Dimensi Kendaraan Lebih Kompak

Keunggulan selanjutnya dari mobil LCGC adalah dimensi bodi yang compact. Dengan dimensi tersebut, mobil LCGC cukup lincah untuk dipakai sehari-hari, apalagi di kondisi jalanan kota yang umumnya padat dan macet.

toyota Agya kuning

3. Eksterior Toyota Agya

Toyota Agya merupakan salah satu mobil yang laris di pasaran. Bersaing dengan saudara kembarnya, yaitu Daihatsu Ayla yang sama-sama mengisi pasar di segmen mobil LCGC.

Mengadopsi model hatchback dalam bentuknya, tak heran kalau Toyota Agya terlihat mungil. Mobil ini punya dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Bobot kosong mobil ini hanya sekitar 800 kilogram yang membuat Agya lincah untuk digunakan di jalanan perkotaan.

Selain lincah, mobil tersebut juga punya desain eksterior yang menawan. Saat ini, Toyota Agya sudah rilis dengan versi terbarunya, yang mendapat beberapa penyegaran dibanding model terdahulu. Contohnya seperti penggunaan lampu depan LED, dan lampu belakang berdesain baru yang lebih atraktif.

toyota agya putih

4. Interior Mewah dan Fitur Terkini

Bicara soal interior, meski termasuk dalam mobil kelas menengah ke bawah, tak membuat Toyota Agya lantas membenamkan fitur terkini.

Contohnya seperti pada bagian dashboard, Agya menyematkan head unit yang dilengkapi dengan layar sebagai fitur hiburannya. Kemudi dengan tombol yang disebut Audio Steering Switch juga terbenam di setiap tipe Agya.

Seperangkat fitur keamanan untuk pengemudi dan penumpang juga terdapat pada Toyota Agya, seperti adanya fitur Dual SRS Airbags, dan Side Impact Beam.

Fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) juga tersedia pada Toyota Agya, yang berfungsi untuk mengurangi mobil tergelincir akibat pengereman mendadak.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Bahan Bakar Toyota Agya Irit?

5. Varian Banyak

Saat ini, ada lima tipe yang terdapat pada Toyota Agya, yaitu tipe G 1.0 liter M/T, G 1.2 liter M/T, G 1.2 liter A/T sebagai tipe standar. 

Jika menginginkan Toyota Agya beraura balap, hadir Toyota Agya varian GR (Gazoo Racing) 1.2 liter dengan pilihan transmisi manual dan matic.

Untuk tipe G 1.0 liter merupakan varian dari Toyota Agya yang paling dasar, karena kubikasi mesinnya hanya 1.000cc saja. Tetapi fitur keselamatan, teknologi hiburan, dan kenyamanan sudah cukup mumpuni pada tipe ini.

Pada tipe G 1.2 liter, ditawarkan dua opsi transmisi, yaitu manual dan matic. 

Terdapat peningkatan fitur pada tipe ini, seperti pengaturan Air Conditioner (AC) dengan sistem digital, dan spion yang diatur secara elektrik. Tentunya tipe G 1.2 liter dipilih sebagai opsi performa dari Toyota Agya yang lebih bertenaga.

Sementara penyematan tampilan yang lebih baik lagi ada pada tipe GR 1.2 liter A/T dan M/T. Terbukti dari penyematan spoiler pada bumper depan, spoiler bumper belakang, side skirt, dan dipasangnya spoiler belakang.

Bagian interior pada tipe GR 1.2 liter juga mengalami perubahan. Seperti head unit layar sentuh, tombol engine start/stop, dan AC yang diatur secara digital.

6. Hemat Bahan Bakar

LCGC merupakan Low Cost Green Car yang salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan.

Nah, tentunya salah satu syarat utama sebuah produk kendaraan masuk ke segmen ini adalah ramah lingkungan (green car).Maksudnya adalah, konsumsi bahan bakar harus seefisien mungkin agar tidak terlalu banyak menimbulkan polusi.

Oleh sebab itu, LCGC dirancang dengan menghabiskan 1 liter bahan bakar saja untuk menempuh jarak minimal 20 km menurut klaim Toyota.

7. Durabilitas Mesin

Meskipun penawaran harga mobil LCGC dibuka pada kisaran Rp 100 jutaan, bukan berarti kendaraan di segmen ini mudah rusak atau bermasalah.

Sebaliknya, LCGC telah dirancang sedemikian rupa agar bisa awet dan teruji kualitasnya. Contohnya Agya dengan mesin 1.200 cc 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i untuk tipe 1.2 G A/T TRD. Mesinnya memiliki daya maksimum hingga 88 PS dengan torsi 107,87 Nm.

Durabilitas kendaraan LCGC pun akan semakin panjang sebab didukung perawatan mudah serta ketersediaan suku cadang yang berlimpah yang disajikan oleh pabrikan.

toyota agya silver

Untuk varian 1.0 liter, mesin yang dibenamkan adalah mesin tiga silinder DOHC VVT-i 12-katup. Tenaga yang dihasilkan sebesar bertenaga 67 PS per 6.000 rpm dan torsi 9,1 Kgm di 4.400 rpm. Khusus untuk varian mesin 1.0 liter, tidak ada pilihan transmisi lain selain manual lima percepatan.

Sesuai hasil uji atau tes bahan bakar yang pernah dilakukan, Toyota Agya 1.0 liter memiliki tingkat konsumsi BBM memuaskan, yaitu mencapai 22 km/liter dengan kecepatan konstan.

Angka tersebut didapat karena Toyota Agya sudah mengadopsi sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Apabila fitur ECO dihidupkan, konsumsi bahan bakar mobil ini akan lebih efisien.

Biaya Servis Toyota Agya

Jika Anda membeli mobil Toyota baru, maka Anda tidak dikenakan biaya servis mobil apabila belum mencapai 50.000 km. Setelah mobil mencapai 50.000 km, konsumen dikenakan biaya perawatan yang berbeda-beda.

Perlu diingat, biaya servis mobil untuk komponennya tidak termasuk dengan jasa servis mobil yang dilakukan oleh mekanik Toyota.

Servis komponen mobil, seperti filter udara, filter oli, sistem bahan bakar, sistem kemudi, power steering, penggantian oli, dan lain-lain dikenakan biaya sendiri.

Berikut daftar biaya servis Toyota Agya di atas 50.000 km di bengkel resmi Auto2000:

– 60.000 km dan 140.000 km: Rp 399.000 untuk jasa dan Rp 447.000 untuk komponen.
– 70.000 km dan 90.000 km: Rp 367.000 untuk jasa dan Rp 366.000 untuk komponen.
– 80.000 km dan 240.000 km: Rp 559.000 untuk jasa dan Rp 974.000 untuk komponen
– 100.000 km dan 300.000 km: Rp 399.000 untuk jasa dan Rp 447.000 untuk komponen.

Baca Juga: Biaya Servis Toyota Agya, Terjangkau di Kelas LCGC

toyota agya hitam

Pilihan Warna Toyota Agya

Toyota Agya menawarkan bodi yang kompak, dengan harga yang terjangkau. Konsumsi bahan memang menjadi yang utama dalam pengembangan mobil ini. 

Dengan pilihan dua mesin dengan teknologi terkini, membuat konsumsi bahan bakar pada Toyota Agya menjadi irit. 

Pilihan warna Toyota Agya pun menyasar generasi muda atau orang yang berjiwa muda. Total ada 7 pilihan warna yakni Red, Orange Metallic, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic dan Black.

Harga Toyota Agya

• Harga mobil Agya 1.0 G M/T Rp 144.900.000
• Harga mobil Agya 1.2 G M/T STD Rp 149.200.000
• Harga mobil Agya 1.2 GR SPORT M/T Rp 154.545.000
• Harga mobil Agya 1.2 G A/T Rp 162.740.000
• Harga mobil Agya 1.2 GR SPORT A/T Rp 170.390.000
Baca juga:
  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya