• Home>
  • Review>
  • Toyota All New Fortuner vs Mitsubishi All New Pajero Sport, Pilihan SUV 7 Seater Kelas Menengah
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota All New Fortuner vs Mitsubishi All New Pajero Sport, Pilihan SUV 7 Seater Kelas Menengah

Dilihat 537
Arief Yuno
6 Okt 2020, 16:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Pilihan kendaraan berpostur jangkung seperti jenis SUV (Sport Utility Vehicle) kini kian diminati. Alasannya pun beragam, mulai dari sekedar kepraktisan untuk melewati kontur jalan yang kurang bersahabat, sampai hanya sekedar tampilan yang terlihat lebih sporty dibanding mobil jenis lain.

Uniknya, Indonesia selalu identik dengan mobil berkapasitas tujuh penumpang. Sehingga ketika memilih SUV, maka yang jadi favorit juga SUV 7 seater. Sosoknya yang kekar, dan kemampuannya untuk melibat beberapa trek yang tak bisa dilalui mobil 7 penumpang lain seperti MPV (Multi Purpose Vehicle) membuat SUV 7 seater dirasa jadi pilihan tepat.

Tentunya hampir semua produsen mobil yang bermain di industri otomotif Tanah Air juga ikut bermain di kelas ini. Namun ada dua nama besar di segmen SUV 7 seater dengan penjualan yang paling masif, yakni Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New Fortuner. Keduanya pun kerap dibandingkan antara Fortuner vs Pajero siapakah yang paling layak dimiliki.

Keduanya pasti mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi mana yang terbaik untuk Anda, pastilah butuh beberapa pertimbangan dari sejumlah aspek. Karena itulah kali ini akan kami kupas lebih dalam mengenai komparasi Fortuner vs Pajero sebagai bahan pertimbangan Anda jika sedang mempertimbangan untuk membeli satu dari dua model SUV tujuh penumpang merk Jepang tersebut.

Harga Fortuner vs Pajero

Antara Fortuner vs Pajero selain memiliki segmentasi pasar yang sama, kedua mobil ini juga merupakan pilihan tepat manakala Anda menjadi mobil keluarga tangguh berharga Rp 500 jutaan hingga Rp 700 jutaan.

Untuk Toyota All New Fortuner misalnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) mematok harga SUV ini mulai dari Rp492 jutaan sampai Rp685 jutaan. Sementara untuk harga Mitsubishi All New Pajero Sport dipatok mulai dari Rp491 jutaan hingga Rp702 jutaan.

Berikut daftar harga Toyota All New Fortuner terbaru 2020 :

4x2 2.4 G M/T Diesel : Rp 492.950.000
4x2 2.4 G A/T Diesel : Rp 510.950.000
4x2 2.4 VRZ A/T Diesel : Rp 541.550.000
4x2 2.4 VRZ A/T Diesel TRD : Rp 554.850.000
4x2 2.7 SRZ A/T Bensin : Rp 566.950.000
4x2 2.7 SRZ A/T Bensin TRD : Rp 580.250.000
4x4 2.4 G A/T Diesel : Rp 613.450.000
4x4 2.4 VRZ A/T Diesel : Rp 685.050.000

Berikut daftar harga Mitsubishi All New Pajero Sport terbaru 2020 :

Exceed (4X2) M/T : Rp 491.500.000
Exceed (4x2) A/T : Rp 506.500.000
GLX (4x4) M/T : Rp 548.500.000
Dakar (4x2) A/T : Rp 549.500.000
Dakar Ultimate (4x2) A/T : Rp 593.500.000
Dakar (4x4) A/T : Rp 702.000.000

Dari rincian perbandingan harga Fortuner vs Pajero ini terlihat jelas jika banderol yang dipasang Mitsubishi untuk Pajero Sport lebih tinggi dari Toyota All New Fortuner. Walau demikian, pada tipe All New Pajero terendah harganya lebih murah dari All New Fortuner varian paling basic.

Dimensi Fortuner vs Pajero


Diposisikan sebagai SUV dengan kapasitas tujuh penumpang, tentu antara Fortuner vs Pajero bukan dua mobil berukuran kompak. Untuk Toyota All New Fortuner contohnya, mobil ini punya panjang 4.795 mm (milimeter), lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, jarak sumbu roda 2.745 mm. Sementara Mitsubishi All New Pajero Sport punya panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.805 mm, dan jarak sumbo roda 2.800 mm.

Dari data ini terlihat jika dimensi Fortuner ternyata lebih besar ketimbang Pajero Sport. Fortuner lebih panjang 10 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih tinggi 30 mm. Tapi ternyata jarak sumbu roda Fortuner lebih pendek 55 mm daripada All New Pajero Sport. Sehingga ini memberikan keuntungan pada ruang kabin Pajero Sport yang lebih lapang dibandingkan Fortuner.

Fitur Fortuner vs Pajero

Sebagai mobil yang sudah berharga di atas Rp 400 juta, tentu fitur yang tersemat pada Fortuner vs Pajero sudah cukup lengkap. Baik fitur untuk sarana hiburan diperjalanan, sampai fitur keselamatan aktif serta pasif.

Dimulai dari Toyota All New Fortuner terlebih dulu. SUV ini sudha menggunakan lampu LED dibagian depan maupun belakang. Lalu untuk membuka bagasi belakang juga sudah menggunakan Power Backdoor dan Kick Sensor, fitur ini memungkinkan pintu bagasi belakang dibuka hanya dengan sensor gerakan kaki, dan ditutup kembali secara otomatis cukup dengan menyentuh tombol.

Fitur selanjutnya yang juga sudha tersedia pada All New Fortuner adalah audio steering switch, cruise control, start stop engine button, smart entry, dual SRS airbags dan knee airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Emergency Brake Signal (EBS), serta ISO-FIX.

Sementara untuk Mitsubishi All New Pajero Sport sudah memiliki LED untuk lampu depan dan lampu belakang, Daytime Running Light (DRL), 7 SRS airbags, ISO-FIX, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), Active Stability Traction Control, Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System, Forward Collission Mitigation, Blind Spot Waring, serta Hill Decent Control, dan electric sunroof.

Jika melihat rincian fitur-fitur ini, maka terlihat Mitsubishi All New Pajero Sport memiliki kelengkapan fitur lebih kumplit daripada Toyota Fortuner.

Mesin Fortuner vs Pajero


Pembahaasan berikutnya tentang Fortuner vs Pajero adalah soal mesin yang dipakai kedua mobil ini. Karena baik Toyota maupun Mitsubishi, ternyata menyediakan dua pilihan mesin pada masing-masing jagoan mereka.

Untuk Toyota Fortuner bermesin bensin menggunakan mesin berkode 2TR-FE kapasitas 2.7-liter 4 silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 163 PS pada 3.400 rpm dengan torsi puncak 242 Nm di 4.000 rpm. 

Sedangkan untuk mesin dieselnya berkapasitas 2.4-liter dengan kode 2GD-FTV yang menggunakan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) with Intercooler. Mesin diesel ini mampu meletupkan daya puncak 149 PS pada 3.400 rpm denan torsi maksimum 400 Nm di 1.600-2.000 rpm.

Bagaimana dengan All New Pajero Sport? Mitsubishi juga sebenarnya sempat menawarkan Pajero Sport bermesin bensin V6, sayangnya model itu tidak dilanjutkan kembali penjualannya. Praktis, kini Mitsubishi Pajero Sport cuma tersedia dalam mesin 2.5-liter berkode 4D56 DOHC dengan teknologi Turbocharged Commonrail Intercooled. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 136 PS pada 4.000 rpm dan torsi 323 Nm di 2.000 rpm.

Tapi Mitsubishi tak cuma menawarkan satu tipe mesin diesle saja, karena untuk Pajero Sport tipe Dakar dipasangkan mesin diesel 2.4-liter MIVEC berkode 4N15 juga dengan teknologi Turbocherged dan Intercooled. Mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih ebsar yaitu 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 429 Nm sejak putaran meisn 2.500 rpm.

Di atas kertas tentunya Mitsubishi Pajero Sport memiliki tenaga lebih besar daripada Toyota Fortuner. Namun Toyota diuntungkan dengan varian meisn bensin jika ada konsumen yang menginginkan Fortuner non diesel.


Kesimpulan Fortuner vs Pajero

Dengan harga mulai dari Rp492 jutaan, Toyota tentunya menawarkan Fortuner dengan varian cukup lengkap. Mulai dari yang bermesin bensin atau diesel, mobil SUV dengan sistem penggerak roda 4x2 atau 4x4, sampai yang varian dengan aksesoris lebih sporty dari TRD pun ada. Tinggal cocokkan selera dan dana dari konsumen tersebut.

Sedangkan Mitsubishi menawarkan sosok Pajero Sport yang tangguh dengan kabin lebih lapang dari Fortuner serta pilihan penggerak roda 4x2 serta 4x4. Harganya memang menyentuh Rp 700 jutaan, tapi fitur yang ditawarkan amatlah lengkap, sekelas SUV premium. Apalagi mesin dieselnya terbukti lebih bertenaga dari Fortuner, lantaran Mitsubishi mengambil DNA Pajero yang sudah sukses di ajang reli paling ganas di dunia, Dakar.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya