• Home>
  • Review>
  • Toyota Avanza Veloz 1.5 AT vs Mitsubishi Xpander Ultimate AT, Ada Harga Ada Rupa
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Avanza Veloz 1.5 AT vs Mitsubishi Xpander Ultimate AT, Ada Harga Ada Rupa

Dilihat 2572
Arief Yuno
26 Feb 2021, 15:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

avanza veloz

Otoloka.id - Mana yang lebih bagus, Toyota (Avanza) Veloz atau Mitsubishi Xpander ? Pertanyaan ini masih mengundang perdebatan para penggemarnya.

Penggemar Mitsubishi Xpander menyanjung desainnya yang lebih agresif, kenyamanan, kemewahan, dan stabilitasnya yang lebih baik dari Veloz. Sementara fanatikan Toyota Veloz membanggakan durabilitas, akselerasinya yang lebih enteng, dan harga jual kembali yang lebih baik.

mitsubishi xpander

Bagi Anda yang masih awam dengan perbedaan karakter di antara kedua MPV ini, mari kita cermati keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Eksterior

Mitsubishi Xpander menawarkan dimensi yang lebih besar dibandingkan Toyota Veloz. Panjangnya mencapai 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, wheelbase 2.775 mm.

rear mitsubishi xpander

Selisihnya cukup signifikan dibandingkan Toyota Veloz dengan panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm. Xpander memiliki ground clearance 205 mm atau lebih tinggi 5 mm dari Veloz.

Desain Mitsubishi Xpander tidak perlu diperdebatkan lagi terlihat lebih modern dan lebih mahal. Toyota Veloz masih berbasis Toyota Avanza generasi kedua yang pertama kali diluncurkan tahun 2011. Hanya bagian muka yang mendapatkan perubahan total dengan desain lampu dan grille terinspirasi Toyota Vellfire dan Voxy.

avanza veloz 1

Lampu utama LED, retractable mirror dan kelyless entry ada di kedua MPV ini. Sayangnya pada Veloz masih menyisakan lubang kunci yang mengurangi kemewahannya. Mungkin hal ini sengaja dipertahankan agar pengemudi masih memiliki opsi membuka pintu secara manual jika baterai remote lemah.

Xpander menggunakan ban standar yang lebih lebar dengan ukuran 255/65 R16 sementara Veloz menggunakan ban lebih kurus dengan ukuran 185/65 R15. Ban yang lebih lebar selain memberikan tampilan lebih proporsional juga memberikan traksi yang lebih baik karena area kontak yang lebih luas.

 Sementara ban Veloz yang lebih sempit walaupun traksinya tidak seoptimal ban Xpander juga memiliki kelebihan. Rolling resistance-nya secara teoritis lebih rendah sehingga roda dapat berputar lebih ringan.

Interior

Luas kabin Veloz masih sama dengan generasi sebelumnya. Posisi duduk pengemudinya relatif tinggi dan tidak dapat diatur ketinggiannya. Setirnya juga hanya bisa diatur naik-turun.

interior mitsubishi xpander

Sebaliknya posisi duduk pengemudi pada Mitsubishi Xpander lebih fleksibel dengan setir tilt dan telescopic steering dan ketinggian jok dapat diatur. Sayangnya sabuk pengaman keduanya masih tidak dapat diatur ketinggiannya.

Veloz terlihat lebih modern dengan panel AC digital sementara Xpander masih menggunakan tombol putar. Sayangnya arah sebaran AC Veloz tidak dapat diatur ke arah kaki seperti pada Xpander.

Meski terlihat kuno, pengemudi Xpander dapat lebih mudah mengubah setelan AC saat berkendara tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan dengan meraba tombol putar berukuran besar ini. Maklum AC Xpander cenderung lebih lama dingin jadi perlu diputar maksimal lebih dulu.

Dengan dimensi lebih panjang, Xpander mampu memberikan ruang kaki yang lebih lega termasuk untuk penumpang di baris ketiga. Jok baris ketiga Veloz terasa sempit dan kurang nyaman untuk penumpang dewasa dalam perjalanan jarak jauh.

interior avanza veloz

Bagasi Toyota Veloz saat jok baris ketiga masih cukup luas dengan atap kabin yang tinggi. Sayangnya jok ini tidak dapat dilipat. Lagi-lagi, Xpander lebih ungguk dengan jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata.

Kualitas peredaman suara kabin Veloz telah ditingkatkan sehingga sedikit lebih senyap dari pendahulunya tapi masih kalah dengan kesenyapan kabin Xpander.

Fitur

Toyota Veloz menawarkan fitur hiburan yang lebih royal. Tidak cukup dengan layar sentuh 6 inci di dshboard, penumpang belakang dimanjakan dengan layar monitor 7 inci yang dipasang di atap. Sementara Xpander hanya dilengkapi layar sentuh 7 inci di bagian depan.

airbag avanza veloz

Tombol start/stop mesin juga telah menjadi fitur standar di kedua MPV ini. Namun Xpander masih menawarkan beberapa kelebihan seperti power window yang masih dapat dioperasikan selama 30 detik setelah mesin dimatikan, headlight auto off, dan auto door relock system.

Kehadiran fitur cruise control pada Xpander juga sangat membantu saat berkendara di jalan tol. Tidak hanya mengurangi kelelahan pengemudi tetapi juga menghemat bahan bakar dengan kecepatan kendaraan yang konstan.

speedometer mitsubishi xpander

Fitur keselamatan keduanya nyaris berimbang. Sama-sama dilengkapi sepasang kantung udara depan dan sistem rem ABS + EBD. Namun Mitsubishi Xpander masih lebih unggul dengan tambahan fitur Brake Assist, Hill Start Assist, dan Active Stability Control.

Performa

Toyota Veloz ditenagai mesin 2NR-VE yang juga menenagai Toyota Yaris dan Rush.Mesin 4 silinder 1,5 liter ini memiliki tenaga maksimal 103 hp dan torsi pucak 136 Nm. Sepintas keluaran mesin Veloz tak terpaut jauh dengan Mitsubishi Xpander yang mengusung dapur pacu dengan jumlah silinder dan kapasitas mesin yang sekelas. Tenaga mesin 4A91 ini sama-sama 103 hp sementara torsi 141 Nm.

mesin mitsubishi xpander

Namun perlu dicatat, Veloz memiliki berat bersih kurang dari 1,1 ton sementara Xpander mencapai 1,7 ton. Hal ini memberikan keuntungan pada Veloz dengan akselerasi lebih enteng dan tentu saja konsumsi bensin juga bisa lebih hemat karena menanggung beban yang lebih ringan.

Kedua MPV ini sama-sama menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Karakter perpindahan gear keduanya masih tergolong halus untuk ukuran transmisi otomatis konvensional.

Akselerasi Veloz terasa lebih enteng karena bobotnya yang jauh lebih ringan. Xpander memang bukan yang tercepat tapi juga tidak bisa dikatakan underpower. Kehadiran tombol Overdrive Off di samping tuas transmisinya sangat membantu ketika ingin mengembangkan kecepatan di jalan tol.

Saat tombol Overdrive Off ditekan, transmisinya akan ditahan di gear ketiga untuk mendapatkan performa mesin optimal. Trik ini juga terasa lebih halus daripada melakukan kick-down berulang kali. Saat pedal gas diinjak penuh memang terasa akselerasi awal lebih kuat tapi transmisi akan otomatis berpindah ke gear yang lebih tinggi sebelum mesin menghasilkan tenaga maksimal.

mesin avanza veloz

Sayangnya akselerasi Toyota Veloz yang lebih energik tidak diimbangi dengan stabilitas yang baik. Setingan suspensinya yang empuk membuat bodi kendaraan terasa lebih mengayun-ayun. Ditambah lagi dengan struktur yang masih menggunakan ladder frame memberikan bodyroll yang lumayan terasa walaupun sudah mendingan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Setirnya pun juga terasa kosong pada kecepatan tinggi.

Xpander dengan chassis monokok, setingan suspensi sedikt lebih keras, bobot yang lebih berat, dan ban lebih lebar memberikan stabilitas yang lebih baik. Karakter setirnya juga terasa lebih komunikatif dibandingkan Veloz. Hal ini memberikan perasaan lebih aman jika harus dipacu pada kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Dalam hal kenyamanan, kelegaan kabin, fleksibilitas bagasi,stabilitas, hingga fitur keselamatan, jelas Mitsubishi Xpander Ultimate menang telak. Toyota Veloz pada dasarnya masih tetap Avanza generasi kedua yang dibenahi di sana-sini dalam waktu singkat untuk bertahan dari serangan Xpander.

Avanza Veloz diuntungkan dengan reputasi Toyota Avanza sejak diluncurkan tahun 2003, bukan yang ternyaman dan terbaik tapi sudah teruji durabilitasnya. Toyota Avanza dengan teknologi dan rancang bangun lebih konvensional selama ini memiliki nilai jual kembali yang masih lumayan karena biaya operasional dan perawatan yang lebih bersahabat dan ketersediaan suku cadang yang melimpah.

Saat ini Toyota Veloz 1.5 AT dipasarkan dengan harga Rp251.050.000 sementara harga Mitsubishi Xpander Ultimate AT kini sudah mencapai Rp278.900.000. Harga tersebut akan terpangkas jika kebijakan PPnBM nol persen sudah diterapkan.

Dengan harga Mitsubishi Xpander Ultimate yang sudah mendekati Rp300 juta, Toyota Veloz 1.5 AT menawarkan harga yang lebih bersahabat bagi sebagian besar konsumen low MPV di Indonesia.

Namun jika Anda masih menginginkan Xpander dengan anggaran tidak jauh dari Veloz, Mitsubishi Xpander Exceed AT dengan harga Rp257.000.000 patut dipertimbangkan. Fitur yang ditawarkan hampir sekelas Veloz tertinggi hanya belum dilengkapi layar monitor, keyless entry, dan tombol start-stop mesin.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya