• Home>
  • Review>
  • Toyota Calya dan Honda Mobilio Saling Rebut Hati Konsumen
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Calya dan Honda Mobilio Saling Rebut Hati Konsumen

Dilihat 3777
Arief Yuno
27 Jan 2021, 20:17
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Calya

Otoloka.id – Membandingkan antara Toyota Calya dan Honda Mobilio bisa bikin para calon konsumen menderita sakit kepala ringan, untuk menentukan pilihan. Terlebih bila calon konsumen tidak memiliki bekal informasi yang cukup, perihal kedua model yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) tersebut.

Tentu banyak pertimbangan untuk memilih antara Calya atau Mobilio. Bisa mulai dengan perbandingan fitur, varian, harga, penghematan bahan bakar, jaminan, hingga ruang penumpang. Berikut ini bisa kita lihat komparasi mobil Toyota Calya dan Honda Mobilio secara lebih detail, antara lain berdasarkan harga, spesifikasi, fitur dan lainnya.

Varian Toyota Calya dan Honda Mobilio

eksterior calya

Secara muda-mudaan umur, memang Toyota Calya hadir pada tahun yang relatif lebih muda dibanding Mobilio, yaitu tahun 2016. Sedangkan PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menghadirkan Mobilio sejak tahun 2014.

Kendati demikian, tidak lantas berarti Toyota Calya dapat dengan gampang mengungguli Honda Mobilio. Karena banyak hal yang bisa diperbandingkan, sehingga bisa memperoleh ragam informasi yang mungkin sebelumnya tidak pernah diketahui.

Awal perkenalan, Honda Mobilio memang sudah menarik perhatian. Tak ayal, angka penjualan pun menjulang. Desain stylish-nya dipadu kapasitas penumpang dengan jumlah banyak menjadi salah satu nilai jual. Perlu diketahui, Honda Mobilio tampil sebagai model yang lumayan diperhitungkan para pesaingnya pada segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) kompak di Indonesia.

Mobilio pada tahun 2017 dan 21 Februari 2019 sempat mendapatkan facelift. Peremajaan dari mobil berbasis satu dengan Honda BR-V dan Brio ini kebanyakan dipusatkan pada sisi interior dan eksteriornya saja. Selain di tanah air, Mobilio sebagai MPV level C juga dirakit Honda di pabrik India dan Thailand.

eksterior mobilio

Sebenarnya Honda Mobilio mempunyai dua pilihan mesin, yakni mesin diesel dan bensin. Tetapi yang diboyong ke Indonesia cuma Mobilio bermesin bensin L15Z1 1.5L, dengan 4-silinder mengusung teknologi i-VTEC. Honda Mobilio sendiri memiliki varian S 1,5 Manual, E 1,5 Manual, E 1,5 CVT, Prestige 1,5 CVT, RS 1,5 Manual dan Mobilio RS 1,5 CVT.

Sementara Toyota Calya telah dikembangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) bareng Daihatsu Sigra, sebagai mobil yang masuk ke dalam segmen LCGC di Indonesia. Hal itu yang menyebabkan harga Calya sangatlah terjangkau, namun tetap saja menawarkan ruang kabin yang luas.

Toyota Calya dan saudaranya, Daihatsu Sigra, telah lahir berkat inisiasi PT TAM dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dimana keduanya mencoba untuk menghadirkan pilihan kendaraan dengan harga lebih terjangkau, mengadopsi kepopuleran dari sebuah MPV 7-seater seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mirip seperti saudara kembarnya, debut MPV kompak Toyota Calya diawali pada tahun 2016. Lalu Calya mendapat sedikit penyegaran pada 16 September 2019. Meski facelift, tapi ubahan yang diperoleh Calya lumayan banyak. Khususnya bagian eksterior, ditambah dukungan aneka fitur yang kini terlihat semakin lengkap.

Ssstt, asal tahu saja, walaupun produk Toyota, tetapi mobil MPV kelompok A ini dibuat di pabrik Daihatsu Cikarang, Jawa Barat. Beda dengan Honda Mobilio, Calya hanya punya satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 3NR-VE 1.2L, teknologi DOHC 4-silinder dan Dual VVT-i.

Dimensi Toyota Calya dan Honda Mobilio

Apabila ditinjau dari keseluruhan dimensi, akan didapati bodi lebih bongsor dari Honda Mobilio dibanding Toyota Calya. Dimensi Calya sendiri secara angka adalah (P x L x T) 4.070mm x 1.655mm x tinggi 1.600mm. Sedangkan dimensi Honda Mobilio (P x L x T) mencapai 4.386mm × 1.683mm × 1.603mm. Ground Clearance 189 mm, dan untuk rem depan Ventilated Disc, dan rem belakang Drum. Berarti dipandang dari sisi dimensinya, Mobilio lebih unggul dibanding Calya.

Kiranya Honda Mobilio juga tidak hanya unggul dalam hal dimensi. Kapasitas bahan bakar dan jarak sumbu roda juga lebih di atas Calya. Karena kapasitas tangki bahan bakar Honda Mobilio sebesar 42 liter, beda dengan Calya yang hanya 36 liter. Jarak sumbu roda Mobilio mencapai 2.650mm, sementara Calya punya jarak sumbu roda mencapai 2.525mm.

Walaupun begitu, Toyota Calya cukup diminati dengan dimensi kompaknya, namun mampu mengangkut 7 penumpang. Memang pada dasarnya, baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra merupakan LCGC versi 7-Seater, alternatif dari Toyota Avanza ataupun Daihatsu Xenia.

Eksterior Toyota Calya dan Honda Mobilio

Calya diperkuat perpaduan grille ukuran besar yang mirip Toyota Veloz, juga rumahan foglight yang tampak mirip dengan Toyota Agya. Toyota Calya masih menyematkan logo atau emblem khas LCGC yang sama dengan Agya, berupa lambang burung garuda. Untuk Toyota Calya sama sekali tak memberi aksen chrome pada tipe-tipenya.

Desain velg, khusus strata tertinggi memiliki motif yang sama serta two-one colour Polished Alloy. Bagusnya, Calya sudah dipasangi ban Bridgestone kualitas paling wahid, yakni Ecopia EP150 175/65 R14. Pada Cayla, reflektor T tersedia pada semua tipenya. Bagian buntut mobil ini menyajikan desain yang sekilas dilihat-lihat, menyerupai desain Datsun Go. Bila diperhatikan detail, terlihat ujung knalpot sengaja dibuat telanjang, tanpa adanya muffler.

Melirik eksteriornya terlihat Honda Mobilio tampil lebih modern. Penampakan lampu depan yang lebar, membuatnya mampu menghadirkan kesan tersendiri. Pada desain lampu belakang, Mobilio membawa aura dinamis, melalui dual solid motion serta paduan garis bodi. Kesan sporty juga mendompleng pada tambahan glassy cabin nya.

Sepertinya Honda mau mengenalkan mobil ini sebagai mobil keluarga dengan desain sporty. Mobil ini menyuguhkan headlamp berteknologi LED Light Guide, untuk sistem pencahayaannya. Menjadikan pengemudi Mobilio lebih nyaman dan aman, terlebih saat berkendara di malam hari.

Perwajahan pada kap mesin yang dibuat lebih panjang, menciptakan kesan elegan dan sporty. Di bagian belakang, tersedia Rear License Garnish, pada dudukan plat nomor di antara kedua stoplamp. Aksen sporty menguat lewat lampu belakang Dual Solid Motion, berpadu garis bodi dinamis diimbuhi glassy cabin. Velg Mobilio Alloy Wheel 15 inci, berbalut Dunlop Enasave 185/65 R15.

Interior Toyota Calya dan Honda Mobilio

Perbedaan paling kentara pada bagian interior Toyota Calya dan Honda Mobilio adalah beda warna pembalut jok kursinya. Jok pada Calya dibungkus bahan warna cokelat, seperti kursi Toyota Sienta. Pada jok baris kedua, Calya memiliki 3 (tiga) headrest, sehingga bisa lebih banyak menampung penumpang.

Selain itu, untuk melindungi penumpang ketika ada hentakan ke arah depan ketika terjadi insiden atau rem mendadak, bagian tengah jok baris kedua Calya diperkuat sabuk pengaman. Yang posisinya tersedia di langit-langit, dan dapat ditarik.

Kalau interior Honda Mobilio terkesan lebih elegan dan mewah, dimana ruang kabin dilengkapi sejumlah fitur yang canggih. Selain itu ditawarkan pula kabin nan lapang, dan pengendaraan nyaman sebagai MPV kompak untuk penggunaan di jalanan perkotaan.

Bagian dashboard tersemat fitur audio visual interaktif berlayar sentuh. New Advanced 6.8 inch A/V System dengan 6 (enam) speaker premium, desain New Meter Cluster, dan Auto AIC baru. Kabin didominasi kelir hitam, berbalut kombinasi jahitan jingga yang sporty.

Tersedia pula pengecasan cepat kapasitas 1.5A dan koneksi USB untuk kemudahan para penggunanya dalam melakukan pengisian ulang baterai ponsel. Mobilio dilengkapi kursi bagian depan Semi-bucket Ergonomis, berguna menjaga posisi tubuh pengemudi ketika berkendara.

Jok baris pertama juga mengusung konsep desain kursi menyatu dengan headrest, sebagai ciri khas LCGC ini. Ukuran jok lebar dengan bagasi kapasitas besar layaknya mobil sport.

Fitur Toyota Calya dan Honda Mobilio

Beragam fitur menarik dan kekinian, serta menopang keamanan sekaligus kenyamanan dihadirkan oleh keduanya. Honda Mobilio menghadirkan sejumlah fitur seperti Pedestrian Protection, Dual Front Air SRS Bags, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Sabuk Keselamatan Depan, Sabuk keselamatan belakang, dan Immobilizer.

Teknologi yang dianut pada sistem pengereman Mobilio yakni Anti-Lock Braking System (ABS) plus Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Teknologi sasis keamanan G-CON + ACE dengan Side Impact Beam, dan struktur sasis Monokok segmen A.

Adapun fitur-fitur yang tersedia pada mobil Toyota Calya antara lain fitur Immobilizer, AC Double Blower, Dual Airbags, dan tak ketinggalan fitur Bluetooth yang terkoneksi bareng perangkat pendukung, untuk mensuplai hiburan bagi para penumpangnya di tengah perjalanan. Rem depan Toyota Calya menggunakan Ventilated Disc Brake, dan rem belakang Drum, serta Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang.

Mesin Toyota Calya dan Honda Mobilio

Lebih jauh melihat ke bagian dapur pacu, untuk mengetahui perbedaan antara Toyota Calya dan Honda Mobilio demi saling merebut hati para konsumennya. Dalam urusan mesin, lagi-lagi terlihat keunggulan pada Honda Mobilio.

Pasalnya, dengan topangan mesin PGM-FI kapasitas 1496cc bertipe L15 SOHC 4-silinder segaris, serta 16 katup i-VTEC Drive By Wire (DBW). Mobilio bisa mengguyur tenaga maksimum 116,5 hp (118 Ps) @ 6.600 rpm, dan torsi hingga 145 Nm (14,8 kg.m) @ 5.500 rpm.

Mesin Toyota Calya memiliki tipe 3NR-VE 16 Valve, DOHC, 1.2L membawa teknologi Dual VVT-i dengan kapasitas 1.197cc. Mesin tersebut hanya sanggup menggelontorkan tenaga maksimum 88 Hp @ 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @ 4.200 rpm.

Harga Toyota Calya dan Honda Mobilio

Bicara perbandingan mobil, tak lengkap sepertinya bila tidak membandingkan harga masing-masing. Karena dengan mengetahui harga, calon konsumen bisa menakar kemampuan kocek masing-masing untuk menentukan pilihan.

Mengenai harga, Honda Mobilio tipe S 1,5 M/T dibanderol harga Rp 203.400.000. Tipe E 1,5 M/T memiliki harga Rp 224.400.000, Mobilio tipe E 1,5 CVT dipatok harga Rp 235.800.000. Lalu Honda Mobilio RS 1,5 M/T dibanderol harga Rp 248.200.000, serta Honda Mobilio tipe RS 1,5 CVT dipasarkan dengan harga Rp 259.000.000.

Kemudian harga Toyota Calya tipe E M/T dipatok harga Rp 132.450.000, Calya tipe E A/T dipasarkan Rp 145.450.000, tipe G M/T dibanderol Rp 138.000.000, serta Toyota Calya tipe G A/T dijual dengan harga Rp 150.000.000. Jadi, bila menilik dari harganya, Honda Mobilio masih memiliki harga yang jauh di atas harga Toyota Calya.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya