• Home>
  • Review>
  • Toyota Corolla Cross, Melenggang Segar Dalam Format SUV
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Corolla Cross, Melenggang Segar Dalam Format SUV

Dilihat 8644
Adit
28 Des 2020, 21:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Toyota Corolla Cross

Otoloka.id – Toyota Corolla Cross pada waktunya resmi meluncur, dan tampil sebagai model paling segar dalam line up Toyota di Indonesia. Pasalnya, sejauh ini Toyota Corolla identik dengan varian mobil sedan, tapi untuk kali pertama nama Corolla melenggang dalam format Sport Utility Vehicle (SUV).

Peluncuran di Indonesia tergolong memiliki waktu relatif cepat, sejak pertama kali mendebut secara global. Indonesia kebagian giliran, usai Toyota Corolla Cross mejeng lebih dulu di negara Gajah Putih, Thailand dan Vietnam. Memasuki pasar Indonesia, Corolla Cross tersedia dalam dua pilihan, yakni varian 1.8 L (gasoline) dan 1.8 L HV (hybrid).

Overview Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Sejauh ini Corolla Cross merupakan satu produk Toyota paling segar, dan benar-benar anyar kendati kehadirannya membawa nameplate lama. Karena selama ini identitas Corolla adalah dalam format mobil sedan, tetapi kini Toyota mendatangkan Corolla bertubuh SUV. 

Jelas saja melenceng jauh dari bayangan. Tetapi apa yang dilakukan pabrikan Toyota dipandang wajar, mengingat jenis bodi SUV lagi lucu-lucunya alias ngetren di pasaran. Alhasil, untuk membedakan antara Corolla sedan dan SUV, Toyota memberi embel-embel Cross di belakang Corolla format SUV.

Toyota Corolla Cross

Apa yang diusung Toyota selama ini dengan platform modularnya, kiranya memungkinkan produsen Jepang ini melakukan beragam improvisasi berbekal satu basis, sehingga menciptakan berbagai model. 

Namun pada hakikatnya sama dengan Corolla Altis, karena model ini dibangun dari denah TNGA-C. Bahkan juga bisa dibilang masih sedarah dengan Prius, C-HR, malah Lexus UX. Platform penopang berbasis TNGA-C menyerupai Corolla Altis, membuatnya Corolla Cross cocok bila menginginkan gaya tangguh SUV, dalam balutan karakteristik berkendara menggunakan sasis monokok.

Toyota Corolla Cross

Tetapi tentu saja ada penyesuaian dari standar Corolla, guna menyeimbangkan perubahan dimensi yang berlaku. Sebut saja diantaranya penyesuaian pada suspensi torsion-beam anyar, kemudian optimalisasi geometri, serta mengadopsi bos suspensi nan lembut, demi pengendalian yang stabil sekaligus pencipta kenyamanan.

Fitur Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Sebagai model yang lahir di era modern, tentunya mobil Toyota Corolla Cross dibekali daftar panjang fitur yang menopangnya. Corolla Cross antara lain mencakup fitur Power Door Locks, Anti Theft Device, Anti-Theft Alarm, Engine Immobilizer, Central Locking, dan Power Door Locks, ditinjau dari sisi keamanan.

Sementara kehadiran fitur pendukung kenyamanan dan kemudahan pada mobil ini, termasuk di dalamnya adalah Power Windows Front, Power Windows Rear, Power Steering, Air Conditioner, Rear A/C Vents, Dual Zone Automatic Climate Control, dan Heater.

Lalu mobil ini dilengkapi pula Height Adjustable Driver Seat, Engine Start/Stop Button, Adjustable Seats, On Board Computer, Multi-function Steering Wheel, Electric Folding Rear View Mirror, dan Follow Me Home Headlamps.

Toyota Corolla Cross

Tak ketinggalan fitur Keyless Entry, Cruise Control, Accessory Power Outlet, Low Fuel Warning Light, Foldable Rear Seat, Rear Seat Headrest, Rear Seat Center Arm Rest, Cup Holders-Rear, Cup Holders-Front, Vanity Mirror, Bottle Holder, dan Central Console Armrest.

Selain itu, bicara juga fitur keamanan yang mencakup Driver Airbag, Passenger Airbag, Anti-Lock Braking System, Side Airbag-Front, Vehicle Stability Control System, Brake Assist, Child Safety Locks, Ebd.

Serta Height Adjustable Front Seat Belts, Seat Belt Warning, Rear Seat Belts, Parking Sensors, Crash Sensor, Rear Camera, Front Impact Beams, Side Impact Beams, Traction Control, Engine Check Warning, dan Door Ajar Warning.

Toyota Corolla Cross

Kendaraan modern sekarang ini tentunya tak pernah luput dari fitur hiburan, yang masing-masing memiliki keunggulannya. Adapun fitur Hiburan dan komunikasi milik Toyota Corolla Cross termasuk di dalamnya layar sentuh 9 inci. 

Begitupula tersedia USB dan Auxiliary Input, NFC (cek saldo e-toll), radio FM/AM stereo, Miracast, Voice Command, koneksi Bluetooth, Integrated 2DIN Audio dan Voice Control speaker depan, serta speaker belakang. Kontrol audio bisa dilakukan melalui palang setir. Pengaturan bangku enam arah, tersedia spesifik pada tipe Corolla Cross HV.

Interior dan Eksterior Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Kalau melirik interior dari mobil SUV terbaru Toyota ini, termasuk Tacho Meter, Digital Odometer, Digital Clock, Leather Seat, Electronic Multi Tripmeter, Leather Steering Wheel, Driving Experience Control Eco, dan Electric Adjustable Seats.

Mengenai eksterior Toyota Corolla Cross, fitur yang melengkapinya termasuk Power Adjustable Exterior Rear View Mirror, Alloy Wheels, Adjustable Headlights, Fog Lights Front, Centrally Mounted Fuel Tank, Integrated Antenna, Rear Window Wiper dan Moon Roof.

Toyota Corolla Cross

Rancangan luar Corolla Cross terasa kental oleh pengaruh DNA RAV4. Sepertinya tak salah bila mencoba berimajinasi, perkawinan silang antara Corolla dan RAV4, yang kemudian melahirkan bayi baru. 

Melalui polesan lebih lembut, seolah-olah menempatkan Toyota Corolla Cross sebagai bayi dari sang SUV besar tersebut. Tidaklah salah juga, ketika Corolla Cross dianggap memiliki dimensi yang kompak. Persis mengisi ruang yang kosong, antara Toyota C-HR dan RAV4. Dimensi Corolla Cross tercatat 4.460 x 1.825 x 1.620 mm (PxLxT), dengan jarak antar sumbu seukuran C-HR yaitu 2.640 mm.

Toyota Corolla Cross

Memang ada sedikit yang membedakan antara Corolla Cross dan RAV4. Yakni jika lekuk permukaan tubuh RAV4 serba tajam dan tegas. Sementara eksekusi para insinyur yang menggarap Corolla Cross mendesainnya cenderung minim sudut. Garis kedua model tersebut memang mirip, hanya membelok lebih halus.

Pada ranah depan Corolla Cross, rumah lampu berisi pendar LED tampak lebar lalu menyipit pada bagian ujung, langsung terhubung ke arah grille. Lalu ketika coba buang pandangan ke bagian bawah, apron hitam memberi nuansa tangguh bak elemen bull bar. Area dagu dari tunggangan ini disudahi fog lamp LED, dan elemen skid plate metalik.

Beranjak ke bagian samping bodi, ciri khas Toyota Corolla Cross lebih terasa. Terutama pada area rumah kaca, lantaran ornamen trim kromium membelah pillar D. Dapat dilihat juga sepatbor mengotak, walaupun sudutnya tak setajam RAV4. Di samping itu, definisi otot pada fendernya memainkan lonjakan kontur mulus, bukan melekuk.

Toyota Corolla Cross

Lanjut ke buritan, tumpukan dari bidang kaca menuju ke bumper boleh dibilang mirip dan mendapat penghalusan dari RAV4. Mirip dengan bagian lainnya, malah komposisi jeroan lampu juga mengikuti. 

Sebenarnya ada hal menarik lain, yang juga dimiliki Corolla Cross, yakni diferensiasi eksterior antara model HV (hybrid) dan konvensional tidaklah jauh berbeda. Pada set lampu, tipe termahal seperti memakai eyeshadow kebiruan. Juga pada pengoperasian bagasi, tipe hybrid dibekali power back door dan kick sensor. Sementara pada tipe gasoline tidak tersedia. 

Toyota Corolla Cross

Selain itu, semuanya sama sekaligus tampak premium. Dari bagian bawah terlihat sepatu 18 inci seakan mengisi penuh ruang sepatbor. Penerangan depan proyektor tersemat foglamp LED. Di bagian atap, diimbuhi fasilitas moonroof, sebagai komponen mobil yang menciptakan kesan mewah.

Mesin Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Mobil Corolla Cross hybrid dan gasoline menganut jantung pacu konvensional ZR kapasitas 1.798 cc 4-silinder. Untuk yang model hybrid menghasilkan 98 PS, dibarengi torsi puncak 142,2 Nm. Disokong dorongan motor listrik sekuat 72 PS pada 162,8 Nm.

Sementara itu, untuk unit Corolla Cross konvensional menggunakan gasoline, sanggup menggelontorkan output tenaga 138 PS diikuti torsi 171,6 Nm. Dilengkapi pilihan transmisi Variable Speed CVT, sebagai alat dalam menyalurkan tenaga ke roda depan.

Figur Corolla Cross menjanjikan ruang 5 (lima) penumpang dewasa. Padahal sosok mobil ini lebih panjang dari CR-V, dan CR-V muat dimasuki 5+2 penumpang. Kelebihan ruang yang tak digunakan untuk mengangkut orang tersebut pada Corolla Cross justru dioptimalkan pada kapasitas bagasi. Klaimnya, 487 liter bisa dioptimalkan dalam mengangkut kargo.

Toyota Corolla Cross

Mengenai lini pengereman Toyota Corolla Cross, patut disayangkan peranti keselamatan Corolla Cross di Indonesia tidak sekomprehensif unit yang beredar di luaran sana. Yang dimaksud di sini adalah absennya seperangkat fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense. 

Kendati demikian, tanpa fitur keselamatan tadi, standarnya sudah bisa dikatakan lengkap. Misalnya di sisi penjaga handling, tersedia ABS + EBD, Hill Start Assist (HAS), dan Vehicle Stability Control (VSC). 

Toyota Corolla Cross

Sistem pelindung penumpang termasuk 3 (tiga) titik seatbelt dengan Pretensioner, Force Limiter dan Airbag 7 (tujuh) titik. Pos pemberi kode peringatan diisi Emergency Brake Signal, sensor parkir depan belakang, kamera parkir, serta alarm plus immobilizer.

Harga dan Pesaing Corolla Cross

Toyota Corolla CrossDalam pewarnaan, tersedia tujuh pilihan warna yang bisa dibawa pulang pelanggan. Sebut saja warna Platinum White Pearl, Graphite Metallic, Attitude Black Metallic, Celestite Gray Metallic, dan Metal Stream Metallic. Selain itu tersedia pula dua kelir cerah Nebula Blue Metallic dan Red Mica Metallic.

Soal harga, Toyota Corolla Cross dibanderol harga On The Road (OTR) mulai dari Rp 457,8 juta untuk tipe konvensional, dan Rp 497,8 juta untuk varian hybrid. 

Beberapa pemain SUV bertarung di rentang harga ini, seperti Honda CR-V, Mazda CX-30, Mitsubishi Eclipse Cross, dan lainnya. Terkait rival terdekat Corolla Cross adalah Toyota CHR, CHR hybrid, Mitusbishi Eclipse Cross, Honda HR-V, dan CR-V.

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya