• Home>
  • Review>
  • Toyota Kijang MPV Andalan di Indonesia, Kini Sudah Berusia 43 Tahun
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Kijang MPV Andalan di Indonesia, Kini Sudah Berusia 43 Tahun

Dilihat 1418
Guntur Hanggara
9 Jun 2020, 02:16
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id- Hari ini, salah satu mobil ikonik di Indonesia merayakan hari jadinya. Tepatnya 43 tahun silam Toyota Kijang resmi diluncurkan dan dijual di Indonesia. Dari catatan Otoloka, Toyota Kijang resmi diperkenalkan untuk konsumen di Indonesia, pada Kamis, 9 Juni 1977, tepatnya di Hotel Hilton, Jakarta.

Selama puluhan tahun tersebut, Toyota Kijang Innova sudah hadir di Indonesia sebanyak 6 generasi.

Mulai dari Toyota Kijang Buaya pada tahun 1977-1981, diikuti Toyota Kijang Doyok (1981-1986), selanjutnya Toyota Kijang Super (1986-1996). Dilanjutkan dengan Toyota Kijang Kapsul (1986-2004), berganti jadi Toyota Kijang Innova (2004-2015) sampai saat ini dengan nama Toyota Kijang Innova Reborn (2015-sekarang).

Sejarah Toyota Kijang di Indonesia


Toyota Kijang telah menjadi mobil terkenal di seluruh Indonesia. Mobil ini dirilis pada tahun 1977 menggunakan akronim Kerjasama Indonesia Indonesia.

Toyota Kijang awalnya hadir sebagai truk pickup, kemudian berkembang menjadi MPV serbaguna. Awalnya, Toyota Kijang ini hadir untuk mobil dasar atau mobil dasar rakyat Indonesia sehingga termasuk dalam mobil murah.

Dalam perkembangannya, pamor Kijang terus meningkat. Kini Toyota Kijang Innova Reborn mulai menjadi mobil mewah karena harganya setengah miliar rupiah.

Ada begitu banyak nama Toyota Kijang di komunitas yang lebih luas. Setiap perubahan desain atau penyegaran, Anda pasti bisa menyebut diri Anda. Mulai dari Kijang Buaya pada generasi pertama Toyota Kijang, Kijang Doyok yang menjadi generasi kedua Toyota Kijang, Kijang Kotak untuk generasi ketiga Toyota Kijang, atau Kijang Capsule yang merupakan generasi keempat.

Toyota mulai serius menggarap konsep Kijang sebagai mobil keluarga sejak generasi ketiga. Kotak Toyota Kijang ini menjadi mobil sejuta orang Indonesia.

Keuntungan dari Toyota Kijang yang paling dikenal adalah ketangguhannya. Selain itu, mobil jagoan Toyota ini juga memiliki perawatan yang mudah dan tidak ribut.

Toyota Kijang Generasi I

Orang menyebutnya Toyota Kijang Buaya, karena bentuk kap depan ketika terbuka seperti moncong buaya. Kelahiran Kijang berasal dari proyek Simple Commercial Motor Vehicle (KBNS), yang bertujuan membuat kendaraan serbaguna dengan harga murah. The Crocodile Kijang hadir antara 1977-1981.

Toyota memasok Kijang Buaya dengan mesin 3K 1.200 liter (1.166 cc) dengan empat transmisi. Desainnya masih sangat sederhana. Jendela samping bahkan tidak terbuat dari kaca tetapi dengan plastik dengan kombinasi terpal. Bagian belakang berbentuk bak terbuka.

Toyota Kijang Generasi II

Generasi Kijang berlanjut dengan edisi Kijang Doyok. Julukan ini konon diambil dari komik terkenal di era itu. Generasi Toyota Kijang Doyok ini masih dalam bentuk yang benar-benar persegi tetapi lebih modern daripada Toyota Kijang Buaya. Toyota Kijang generasi kedua hadir antara 1981-1986

Kijang Doyok mengalami perubahan yang lebih besar dengan kapasitas bensin 1,3 L (1.290 cc) I4 4K dan bensin 1,5 L (1.486 cc) I4 5K. Posisi engsel pintu rapi dan tersembunyi di dalam dan jendela sudah menggunakan kaca.

Pada generasi ini, Kijang Doyok mulai dibudidayakan oleh banyak orang untuk menjadi minibus atau mobil penumpang.

Toyota Kijang Generasi III

Kali ini Toyota Kijang itu dijuluki Kijang Super (Kisup) dan Kijang Kotak. Toyota menggunakan teknologi Pressed Body saat memproduksi Kijang Super untuk mengurangi berat kendaraan hingga 5 kg. Toyota Kijang generasi ketiga ini hadir antara 1986 dan 1996.

Era Kijang Super juga menandai kemajuannya sebagai mobil penumpang. Pada versi awal masih menggunakan mesin 5K 1,5 liter. Namun pada facelift, Toyota menggantinya dengan mesin 7K 1,8 liter.

Penampilan Kijang generasi ketiga bahkan lebih berkelas selama facelift di era Grand Extra pada tahun 1992 dengan penambahan fender, Power Window dan Alloy Wheel bermerek Enkei. Pada 1995, Toyota menambahkan varian otomatis untuk melengkapi transmisi manual 5 kecepatan yang ada.

Toyota Kijang Generasi IV

Era Toyota Kijang berlanjut ke Toyota Kijang Kapsul. Julukan ini muncul karena sudutnya yang bulat. Kijang Kapsul pertama kali muncul pada tahun 1997 sambil menghadirkan pilihan mesin 2L dengan kapasitas 2,4 liter.

Kijang EFI dengan kapasitas 2.000 cc diluncurkan pada September 2000, dengan tipe mesin baru, 1RZ-E untuk varian Grand dan Krista.

Toyota juga mengubah desain dari eksterior dan interior, termasuk perubahan lampu, bumper, dan dashboard. Desain keseluruhan masih mempertahankan gaya kapsul sampai akhirnya digantikan oleh Innova.

Toyota Kijang Generation V


Setelah generasi Kijang kapsul selesai, Toyota kemudian mengubah citra Kijang sebagai mobil mewah di generasi kelima. Nama Kijang diubah menjadi Kijang Innova dan segmentasinya telah beralih ke konsumen kelas menengah ke atas.

Kijang Innova mulai menggunakan mesin dengan teknologi VVT-i 2000cc dengan tipe 1TR-FE dengan 16 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar dari Kijang generasi sebelumnya, yang berjumlah 136 hp.

Kijang Innova menggunakan mesin diesel menggunakan mesin D4D atau disebut Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Mesin 2KD-FTV menghasilkan 102 HP. Keberadaan Innova Kijang ini berakhir pada tahun 2015 yang kemudian digantikan oleh Innova yang terlahir kembali.

Selama kurang lebih 10 tahun, Kijang Innova telah mengalami setidaknya empat facelift. Perubahan meliputi desain fasia dan fitur yang semakin mewah untuk ukuran MPV.

Toyota Kijang Generasi VI


Toyota Kijang generasi terakhir ini sering disebut sebagai Innova Reborn karena slogan 'The Legend Reborn'. Toyota juga mengubah line-up Kijang Innova menjadi hanya tiga varian yaitu G, V dan Q. Sementara itu, tipe J dan E sebagai varian terendah telah dihapus.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya