• Home>
  • Review>
  • Toyota Rush dan Daihatsu Terios Memang Serupa Tapi Tak Sama
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Rush dan Daihatsu Terios Memang Serupa Tapi Tak Sama

Dilihat 4853
Arief Yuno
19 Jan 2021, 20:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

toyota rush otoloka

Otoloka.id - Toyota dan Daihatsu. Kolaborasi luar biasa yang dilakukan oleh dua produsen raksasa mobil Jepang ini, senantiasa berhasil mendominasi pangsa pasar otomotif di Indonesia.
Sebut saja, ketika ada Toyota Avanza, ada pula daihatsu Xenia. 

Ada Calya, lahir pula Sigra, Agya juga Ayla, dan ada Toyota Rush maka ada juga Daihatsu Terios. Intinya, produk-produk yang disebutkan tadi identik dan dilahirkan dari rahim yang sama. 

Walaupun mereka yang mengerti akan paham, kalau Toyota sebagai parent company, pastilah mendapat ‘potongan kue’ yang lebih besar. Artinya, pada akhirnya produk-produk yang disampaikan di atas itu, meskipun serupa tapi tak sama.

daihatsu terios

Sejarah Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Dalam bahasan kali ini, spesifik akan dibahas lebih jauh perihal Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Sedikit flashback, atas persetujuan Toyota, untuk memanfaatkan basis Toyota RAV4, merek Daihatsu dan Toyota berduet membangun generasi kedua Taruna, yang mereka juluki Daihatsu Terios. Dengan versi kembarannya, Toyota Rush generasi pertama. 

Mereka adalah mobil bersegmen Sport Utility Vehicle (SUV), diluncurkan perdana di Tanah Air pada tahun 2006. Lalu menerima facelift pertama, di tahun 2010, lanjut facelift kedua pada tahun 2015. 

Masuk ke tahun 2017, dari Daihatsu dan Toyota meluncurkan Terios generasi ketiga yang disebut All New Terios, juga Rush generasi kedua yang dipanggil All New Rush. Tentunya membopong desain yang terlihat lebih kekinian.

Kendati pada dasarnya baik Rush juga Terios adalah ‘mobil kembar’ yang pastinya mempunyai banyak persamaan, tapi keduanya juga tetaplah memiliki beberapa perbedaan.
Meski demikian, perbedaan tersebut membuat masing-masing merek tetap dapat tampil dengan karakter khas masing-masing. Adapun perbandingan dan perbedaan di antara mobil Toyota Rush dan Daihatsu Terios di antaranya adalah :

Varian Toyota Rush dan Daihatsu Terios

eksterior toyota rush

Bila dilihat dari sisi varian yang tersedia, Toyota Rush ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam 4 (empat) pilihan varian. Di dalamnya mencakup tipe S M/T TRD, S A/T TRD, G A/T, dan tipe G M/T. Secara mencolok, perbedaan utama di masing-masing varian tersebut adalah jenis fitur, aksesoris dan transmisi.

Sedangkan kembaran Toyota Rush, yaitu Daihatsu Terios ditawarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam pilihan varian yang lebih banyak dibanding Rush, yaitu mencapai 9 (sembilan) varian.
Yakni tipe X MT E4, lalu varian X MT DELUXE E4, kemudian X AT DELUXE E4. Ada pula tipe R MT E4, tipe R MT DELUXE E4, lalu varian R AT E4, varian R MT CUSTOM E4, juga varian R AT DELUXE E4 serta tipe R AT CUSTOM E4.

eksterior daihatsu terios

Eksterior Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Pada bagian awal, sudah dijelaskan seputar perbandingan dari varian yang tersedia antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bagaimana dengan perbedaan bagian eksterior masing-masing? Ketika melihat varian tertinggi dari Daihatsu All New Terios, jelas kalau varian ini telah dilengkapi lebih banyak aksen krom. Terutama di Terios tipe R. Mulai dari bagian depan dan sisi belakangnya. 

Sementara All New Toyota Rush keluaran paling anyar justru tampak minim aksen krom, agar terkesan tampil lebih sporty. Jika konsumen sebagai penggemar berat stiker TRD Sportivo, maka tak salah lagi varian tertinggi Rush pilihannya. 

Ditambah pula ornamen TRD lainnya, agar jiwa sporty yang dimiliki lebih terekspos. Di samping itu desain velg Toyota Rush pun dibuat sedikit lebih dinamis, yaitu mengedepankan gaya miring dan mempunyai konsep two tone.

Menilik dari kelir body, dalam hal pemanfaatan cat, baik Terios maupun Rush sama-sama coba menawarkan 6 (enam) pilihan warna yang dapat dipilih konsumen sesuai selera.
Untuk pilihan warna Toyota Rush, PT TAM menyediakan pilihan warna yang terdiri dari warna hitam (Black Mica), merah (Red Mica Metallic), perak (Silver Mica Metallic), perunggu (Bronze Mica Metallic), maroon (Bordeaux Mica), dan putih.

Sedangkan PT ADM menawarkan pilihan warna untuk Daihatsu Terios adalah pilihan warna merah (Scarlet Red Metallic), hitam (Midnight Black Metallic), ungu (Purple Metallic), Putih (Icy White), perunggu (Bronze Metallic), dan perak (Classic Silver Metallic).

Interior Toyota Rush dan Daihatsu Terios

interior toyota rush

Sudah membandingkan antara varian dan eksterior Terios dan Rush, kini saatnya meninjau perbandingan antara keduanya. Meski Rush dan Terios sama-sama memiliki kabin dengan desain lay out tiga baris kursi. Sehingga dengan konfigurasi tersebut, keduanya mampu menampung sebanyak 7 (tujuh) penumpang atau 7-seater. 

Tetapi walaupun begitu, Toyota Rush ternyata punya nilai tambah yang ringan, namun lumayan bermanfaat. Yaitu memiliki sandaran kepala tengah, untuk para penumpang di kursi baris kedua.

Pasalnya, kehadiran sandaran kepala tengah ini bukan hanya sekadar meningkatkan kenyamanan penumpang. Khususnya saat mereka diajak menempuh perjalanan rute panjang yang cukup lama. Tetapi juga sanggup memberikan perlindungan lebih, terutama terhadap risiko terjadinya cedera leher, apabila terjadi benturan yang datang dari arah depan.

interior daihatsu terios

Mesin Toyota Rush dan Daihatsu Terios

mesin toyota rush

Setelah melihat desain eksterior dan interior, umumnya pelanggan ingin melihat perbandingan dari mesin yang disediakan oleh Toyota Rush maupun Daihatsu Terios.

Dari sisi jantung mekanis yang ditawarkan Rush dan Terios, kedua saudara ini sama-sama menawarkan pilihan mesin 4 (empat) silinder segaris 16-katup DOHC, didukung kapasitas mesin 1.500 cc, dengan mengusung kode 2NR-VE. Lebih jauh mesin tersebut mampu memuntahkan 103 tenaga kuda, dengan torsi 136 Nm. 

Mesin Toyota Rush maupun Daihatsu Terios juga sama-sama telah dipersenjatai teknologi Dual VVT-i. Yakni teknologi yang menawarkan beberapa keunggulan. Mulai dari segi ringkas dan ringan, lalu kinerja dan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik, serta ditunjang minim getaran maupun tingkat kebisingan yang rendah.

mesin daihatsu terios

Fitur Keselamatan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Ketersediaan komponen keselamatan dalam berkendara, tentu juga menjadi bagian teramat penting. Kalau memperhatikan dari sisi keselamatan, kedua varian tertinggi baik Terios maupun Rush sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan.

Mulai dari fitur Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), dual SRS Airbag, dan Emergency Brake Signal (EBS).
Tetapi, kembali All New Toyota Rush masih memiliki poin lebih. Dimana produk ini mampu menghadirkan lebih banyak perlindungan tambahan. Yakni adanya tambahan airbag pada sisi kabin. Sehingga total airbag pada Rush mencapai 6 (enam) buah. 

Ditambah lagi, Toyota Rush juga menyediakan indikator penggunaan sabuk pengaman, yang tak hanya buat pengemudi, melainkan juga untuk seluruh penumpang di dalamnya.

Hanya saja, Daihatsu Terios mencoba memberi kompensasi, berupa fitur Around View Monitor, pada varian tertingginya, R Deluxe. Di sini terdapat rear camera di pintu belakang, grille, dan spion samping plus lensa lebar cakupan hingga 180 derajat. 

Sehingga atas dukungan teknologi ini, dapat terbentuk sudut pandang seluas 360 derajat, pada sekeliling mobil kita. Tentunya hal ini sangatlah berguna, ketika terpaksa harus parkir di area yang sangat terbatas.

setir daihatsu terios

Harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios

fitur keselamatan toyota rush

Bagaimana dengan harga? Karena faktor harga juga umumnya menjadi satu faktor penentu bagi konsumen, dalam memilih kendaraan impian mereka.

Tak dapat dipungkiri, sejak awal kehadiran ‘mobil kembar’, antara Toyota dan Daihatsu dipasarkan di Indonesia, -sebut saja antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia-, maka sampai saat ini posisi harga produk Toyota tetap lebih tinggi dibanding merek Daihatsu. Untuk mengimbanginya, Toyota pun mensiasatinya, dengan juga menawarkan beberapa keunggulan, lewat sejumlah fitur eksklusif.

Kembali bicara Toyota Rush dan Daihatsu Terios, sebagai perbandingan, untuk varian dasar Toyota Rush, yakni tipe G M/T, dihargai sekitar Rp244 juta. Adapun varian tertingginya, yaitu tipe S A/T TRD, mampu mencapai angka sekitar Rp265 juta. Sementara varian dasar Daihatsu Terios, untuk tipe X MT E4 hanya dibanderol harga sekitar Rp202 juta. Sedangkan varian tertingginya, yakni tipe R AT CUSTOM E4, dipantek harga sekitar Rp256 juta.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya