OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Toyota Sienta vs Honda BR-V, MPV Praktis atau SUV Bertenaga?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Toyota Sienta vs Honda BR-V, MPV Praktis atau SUV Bertenaga?

Dilihat 2565
Arief Yuno
5 Feb 2021, 16:59
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

toyota sienta

Otoloka.id – Melenggang mulus di pasar otomotif tanah air, eksistensi dan posisi Toyota Sienta terbilang unik. Mobil minim pesaing, kesan itu yang melekat pada Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota Sienta. Lihat saja, selain Honda Freed, tampaknya tak ada lagi rival yang benar-benar sepadan dengannya. Terhitung mulai dari spek mesin, desain, hingga rentang harga.

Perlu diketahui, pertama kali Sienta diperkenalkan ke ranah otomotif Indonesia lewat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta. Tepatnya tanggal 7 April 2016.

Mobil Toyota ini diklaim secara fisik punya banyak keunggulan, serta dianggap semakin melengkapi line up segmen MPV Toyota. Secara brand positioning, Toyota Sienta diposisikan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) berada di antara Grand New Avanza dan Kijang Innova.

Selain minim kompetitor, seperti dikatakan di atas, Toyota Sienta juga ditopang oleh faktor lain disamping spek mesin, rentang harga juga desain. Yakni faktor layanan purna jual.

Meskipun kalau bicara segmen, Honda Mobilio lebih mendekati pas untuk diadu dengan Toyota Sienta. Sayangnya, dilihat dari harga, Honda Mobilio masih berada di bawah Sienta.

honda brv

Tapi perlu dipahami pula, Honda BR-V meski dikategorikan sebagai model di kelas segmen Sport Utility Vehicle (SUV), tapi tetap saja menggunakan arsitektur bangun dari MPV, dalam hal ini Mobilio. Sehingga, bila ditinjau dari desain, serta kepraktisannya, menyerupai dengan MPV.

Dimensi Toyota Sienta vs Honda BR-V

Menyikapi soal dimensi, baik Toyota Sienta maupun Honda BR-V masing-masing memiliki pertimbangan tersendiri, demi memanjakan para penggunanya. Toyota Sienta memiliki dimensi (P x L x T) 4.235 mm x 1.695 mm x 1.675 mm, dengan jarak sumbu roda Toyota Sienta 2.750 mm dan ground clearance 133 mm.

toyota sienta eksterior

Sementara Honda BR-V memiliki panjang dan lebar body melebihi Sienta. Walaupun tingginya masih kalah ketimbang Sienta. Karena Honda BR-V mempunyai dimensi (P x L x T) 4.453 - 4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm, dengan jarak sumbu roda 2.662 mm. Adapun ground clearance Honda BR-V mencapai tinggi 201 mm.

kapasitas honda brv

Memang kalau dilihat dari ground clearance nya, Toyota Sienta punya wujud lebih gaul. Karena bagian bawah mobil terlihat lebih ceper. Tetapi sebagian orang menganggap, kondisi tersebut justru berisiko, ketika Sienta harus melintasi genangan air atau jalan berlubang.

Eksterior Toyota Sienta vs Honda BR-V

Awal ketertarikan konsumen dalam menyukai dan memilih sebuah mobil salah satunya adalah desain luar atau eksterior. Toyota Sienta dikatakan menjadi salah satu model MPV, yang dengan bangga memproklamirkan diri memiliki desain, yang begitu menjunjung tinggi nilai kepraktisan. Lewat sisi bahasa desain, BR-V condong lebih ‘gemuk’, plus sejumlah bodi kit, mencirikan diri sebagai SUV.

pintu toyota sienta

Pintu samping Sienta dengan setingan sliding door atau pintu geser, tidaklah dipunyai oleh mobil lain sesuai segmen harganya. Desain eksterior Toyota Sienta secara tegas diperkuat guratan garis tajam pada body, memperkuat kesan bagian depan terlihat lebih elegan.

Bagian eksterior Sienta memperoleh pembaruan di grip depan dengan grille desain honeycomb beraksen chrome. Membuat perwajahan mobil terlihat lebih stylish dan sporty. Sisi bawah bumper Toyota Sienta menyematkan aksen hitam, terpisah dengan foglamp, memanjang dari posisi headlamp hingga menyentuh bagian bawah bumper. 

fitur toyota sienta

Mobil ini juga menggunakan headlamp lampu proyektor LED, dan LED clearance. Namun lampu tersebut hanya tersedia pada Sienta varian Q. Pintu Sienta pada bagian penumpang dibekali keyless entry, bisa bergeser otomatis.

Mempermudah penumpang masuk mobil, tanpa perlu khawatir pintu terbentur tembok atau kendaraan lain saat dibuka. Spion dibekali pengaturan auto retractable mirror, yang dapat melipat ke dalam secara otomatis, ketika pintu mobil terkunci. Terdapat highmount stoplamp dan roof spoiler, sebagai penanda mobil berhenti atau mengerem.

Tampang belakang Sienta dianggap sebagian orang lumayan sedap dipandang. Lampu belakang sudah menggunakan LED, dibuat memanjang, dan sudut melancip sampai ke pintu bagasi. Serta aksen chrome pada rear garnish, memanjang di atas dudukan plat nomor. Dari sini terlihat Toyota keluar dari zona umum yang berkesan sederhana.

Tak ketinggalan, terdapat dua buah titik sensor, serta kamera parkir belakang. Membuat pengguna Sienta lebih mudah untuk melakukan parkir mundur. Tersemat pula defogger dan wiper belakang, membantu pandangan pengemudi ke bagian belakang mobil, terlebih saat turun hujan atau berkabut.

varian honda brv

Bagian eksterior mobil Honda BR-V didesain cukup agresif. Namun bila dilihat, desain Honda BR-V mirip dengan Honda Mobilio. Hanya saja desain Honda BR-V terasa lebih atraktif dan macho. Yang mana pada Honda BR-V, perlu diketahui membopong konsep desain bertema Active Solid Motion. Artinya, Honda BR-V tampak gagah dan mewah, berciri khas SUV.

Tampilan mewah dari BR-V sudah terlihat pada sisi depan, melalui penggunaan aksen chrome pada beberapa sudut. Salah satu sudut yang beraksen chrome adalah bagian grille depan. Walaupun juga mendapat pilihan penekanan aksen hitam.

depan honda brv

Honda BR-V menyematkan lampu depan LED. Foglamp berhiaskan garnish, desain bumper dan spoiler bawah. Dimana bagian tersebut menariknya dibuat seakan menyatu dengan desain lampu depan. Bikin perwajahan dari mobil Honda BR-V tampak berwibawa dan macho.

Bagian atas diperkuat roof rail dan antena sirip hiu. Sedangkan bagian buritan diimbuhi penerangan lampu belakang dengan desain baru. Bumper belakang dan spoiler bawah juga mengusung desain baru. Ujung saluran gas buang juga berlapis aksen chrome. Bagian samping dilindungi oleh pelindung samping aksen chrome. Dan secara keseluruhan, dari bagian depan sampai belakang Honda BR-V menyematkan garis-garis tegas, yang menguatkan kesan sporty.

Interior Toyota Sienta vs Honda BR-V

Selain desain interior, desain bagian dalam Honda BR-V juga punya kesamaan dengan Honda mobilio. Saat masuk ke kabin BR-V, akan terasa dashboard menyerupai milik Honda Mobilio. Tetapi, untuk Honda BR-V, ada beberapa tambahan aksen, membuat dashboard nya kian elegan dan mewah. Yakni berupa aksen karbon dan logam.

kursi honda brv

Ketika mengulas kabin mobil, maka identik dengan mengulas kenyamanan dan keamanan penggunanya. Terkait hal itu, kabin Honda BR-V masuk kategori cukup baik. Bukan hanya itu, kabin BR-V juga terasa lapang, untuk ruang kaki maupun kepala.

Tetapi untuk tingkat kenyamanan pengemudi sepertinya dirasa masih kurang memuaskan. Terlebih bagi pengemudi dengan postur badan tidak terlalu tinggi. Dikarenakan tidak tersedianya pengatur ketinggian kemudi.

Honda BR-V juga telah dilengkapi Headunit layar sentuh, terkoneksi dengan smartphone. Dengan catatan, smartphonenya memiliki aplikasi SmartAppCar. Ruang Honda BR-V mengandalkan kapasitas 7-penumpang. Baris kursi kedua dan kursi ketiga mudah diakses.

Meski demikian, jikalau bicara ruang, Sienta terasa lebih lapang di dalamnya. Pasalnya, jarak sumbu roda Sienta lebih panjang, mampu menciptakan ruang kabin lebih luas. Disamping itu, konfigurasi pelipatan kursi Sienta terkenal amat praktis, sanggup mengoptimalkan ruang yang tersedia.

kursi toyota sienta

Dashboard Sienta out of the box, ciptakan kesan dinamis nan modern. Duduk di kursi baris kedua Toyota Sienta, terasa datar saja. Tetapi justru kesan yang datar - datar saja itu malah bisa mewadahi tiga penumpang. Untuk masuk ke baris ketiga Sienta, aksesnya sama dengan pada Toyota Avanza. Cukup melipat bangku baris kedua, hingga bangku terangkat penuh. Dengan hanya menarik satu tuas, mudah juga menyenangkan.

Mengenai cara pelipatan kursi Sienta pada baris ketiga, yaitu menempatkan sepenuhnya bangku baris ketiga, di bawah bangku baris kedua. Ketika pengguna butuh bagasi luas, ruang baris ketiga benar - benar terbuka wujudkan permukaan lantai rata.

Sienta juga dibekali kepraktisan dengan Cup Holder di sisi kiri dan kanan dashboard, di setiap doortrim, kabin baris ke tiga, plus satu cup holder ekstra di konsol tengah. Ruang penyimpanan Toyota Sienta juga berupa dua Globe Box dan satu ruang terbuka pada dashboard di antara keduanya. Globe box atas terkoneksi exhaust dari AC, untuk simpan minuman sehingga tetap dingin.

Satu ruang dekat tuas transmisi lumayan buat menaruh barang kecil lainnya, seperti gadget. Toyota Sienta juga punya laci penyimpanan, di sebelah bawah kursi penumpang depan.

Mesin Toyota Sienta vs Honda BR-V

Geserkan pandangan ke ranah jantung mekanis, Toyota Sienta membenamkan mesin 2NR-FE Series Dual VVT-i, transmisi CVT kapasitas 1.500 cc. Sanggup memuntahkan tenaga sebesar 109 Hp @ 6.000 Rpm, serta torsi maksimal 143 Nm @ 4.200 Rpm.

mesin toyota sienta

Bagaimana dengan mesin Honda BR-V? Honda BR-V kiranya juga memanfaatkan mesin 4-silinder 1.5 liter i-VTEC. Daya maksimal BR-V mencapai 120 Hp dan torsi maksimal 145 Nm. Bila dilihat catatan tersebut, tampak output honda BR-V lebih di atas Toyota Sienta. Oiya, keduanya ditawarkan dalam pilihan transmisi CVT atau manual 6 - percepatan.

Fitur Toyota Sienta vs Honda BR-V

Kedua kontestan ini, baik Sienta maupun Honda BR-V coba menawarkan fitur yang sesuai, ditinjau dari sisi harganya. Mulai mengecek dari luar, keduanya telah memakai lampu projector menggunakan teknologi LED light guide. Namun punya Toyota Sienta terlihat telah menganut Auto Leveling.

interior honda brv

Kalau bicara velg, keduanya sama-sama menyelipkan velg alloy ukuran 16 inci. Di ruang dalam, sisi hiburan Sienta ditopang layar sentuh ukuran 7 inci dengan dukungan beragam fungsi.

Sedangkan pada Honda BR-V diperkuat layar sentuh ukuran 6,1 inci, juga dengan koneksi dan aneka fungsi.

fitur tambahan toyota sienta

Menyoroti fitur keamanan, bila melihat Toyota Sienta varian Q maupun BR-V varian E Prestige diperkokoh oleh fitur yang sepadan. Keduanya sama-sama memiliki dual SRS airbag di barisan depan, kemudian Hill Start Assist (HSA), lini pengereman ABS dan EBD, juga kendali stabilitas semacam VSC/VSA.

Kesimpulan

Seperti diketahui, sejauh ini Toyota yang dikenal merupakan raksasa otomotif Jepang di Indonesia, memiliki jaringan pemasaran dan bengkel resmi lebih banyak. Melebihi para pesaingnya, bahkan hingga ke pelosok - pelosok Nusantara.

Alhasil, itu menjadi salah satu indikator penentu yang membuat line up produk Toyota lebih gampang dipasarkan. Seolah-olah, mobil model apapun yang dijual Toyota bisa laris manis, mengungguli lawan-lawannya.

Namun sebenarnya, pilihan lain untuk membandingkan Toyota Sienta dengan model mobil lain bisa pula dari sisi harga. Karena rata-rata pembeli, ketika membandingkan dua atau beberapa model mobil, selain dari faktor desain, dan performa, juga dari sisi harganya. Kalau membandingkan dari segi harga, ada satu yang bisa dikatakan mendekati sepadan, yakni Honda BR-V.

Masalah harga on the road (OTR) DKI Jakarta, Toyota Sienta 1.5 G M/T (black trim) dipantek harga Rp259.750.000, dan G CVT (black trim) seharga Rp277.750.000. Sienta tipe 1.5 V M/T (black trim) seharga Rp274.750.000, dan 1.5 V M/T (fromage trim) Rp274.750.000.

Selanjutnya harga Sienta tipe 1.5 V CVT (black trim) dibanderol Rp292.750.000, varian 1.5 V CVT (fromage trim) Rp292.750.000, tipe 1.5 Q CVT (black trim) Rp313.550.000, dan tipe 1.5 Q CVT (fromage trim) dipatok harga Rp313.550.000.

Untuk varian Honda BR-V S 6 M/T harga OTR DKI Jakarta dibanderol Rp255.000.000, BR-V E M/T dipatok harga Rp271.000.000, kemudian varian Honda BR-V E CVT dijual dengan harga Rp281.000.000, lalu Honda BR-V Prestige CVT dipasarkan dengan harga Rp298.000.000.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
    Toyota Sienta
    Angsuran mulai dari:Rp 5,05 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya