• Home>
  • Review>
  • Uji Ketangguhan Vespa GTV Sei Giorni II, Tampang Klasik Bermesin Galak
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Uji Ketangguhan Vespa GTV Sei Giorni II, Tampang Klasik Bermesin Galak

Dilihat 5771
Ismet
30 Mar 2021, 16:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Otoloka.id - Vespa GTV Sei Giorni menjadi salah satu varian yang mewarisi budaya kuat Vespa di masa lampau. Perlu diketahui, skuter ini memang lahir kembali untuk mengenang masa kejayaan balap ketahanan Sei Giorni Internazionale di Varese, Italia, selama enam hari pada tahun 1951.

Terlahir kembali dalam kategori Large Body di keluarga Vespa, GTV Sei Giorni sebelumnya pernah dilahirkan pertama kali beberapa tahun silam. Kali ini, PT Piaggio Indonesia turut memboyong versi ke-2 dari Vespa bongsor tersebut yang diberi nama GTV Sei Giorni II.

Ini adalah Vespa terbaru yang dirilis PT Piaggio Indonesia pada 10 November 2020. Skuter ini dijual dengan harga Rp 155 juta (on the road DKI Jakarta). Harga ini hanya selisih Rp 3 juta dibanding dengan Vespa GTS Super Tech 300 yang lebih dahulu dipasarkan.

Baca juga : Menilik Konsep Modifikasi Vespa Sean Wotherspoon Milik Awkarin

Otoloka pun beruntung diberikan kesempatan untuk merasakan kemampuan Vespa GTV Sei Giorni II selama 7 hari. Hasil eksplorasi yang dirasakan nyaris sama dengan GTS 300 Super Tech.

Desain Vespa GTV Sei Giorni II

Dari wujud eksteriornya, jelas yang sangat membedakan antara GTS 300 Super Tech dan GTV ini terlihat pada desain lampu, setang dan jok. Posisi lampu GTV berada di spakbor depan berbentuk bulat, desain setang telanjang yang dibalut windscreen hingga jok ala café racer.

Meski dikhususkan sebagai jok single seater, Vespa GTV Sei Giorni II ini masih bisa dipakai untuk berboncengan meski harus mengorbankan kenyamanan penumpang belakang.

Lampu utamanya yang nempel di spakbor pun terlihat konvensional dengan menggunakan lampu bohlam halogen. Berlanjut ke area spidometer juga masih terlihat sederhana dengan model analog.

Fitur ASR (Anti Slip Regulation) yang digunakan pada GTS 300 Super Tech tak terlihat di Vespa GTV Sei Giorni II. Hanya lampu belakang yang sama dengan menggunakan teknologi LED.

Mesin Berperforma

Mesin yang digunakan GTV Sei Giorni II sama persis dengan GTS 300 Super Tech dengan julukan HPE (High Performance Engine). Tepatnya, volume silinder 278 cc SOHC 4 katup. Namun ada sedikit diferensiasi perolehan output. Di GTS 300, total menghasilkan 23,4 Hp di 8.250 rpm dan torsi 26 Nm pada 5.250 rpm. Sementara Sei Giorni, pabrik mengatakan daya maksimal 22,7 Hp di 8.500 rpm serta torsi 25,5 Nm pada 5.500 rpm.

Namun entah kenapa justru kami rasakan GTV Sei Giorni II lebih beringas tenaganya dibandingkan GTS 300 Super Tech. Dikatakan pihak Piaggio adanya perbedaan settingan ECU antara keduanya.

Baca juga : Satu-Satunya di Dunia, Vespa Primavera Edisi Kobe Bryant Ada di Jakarta

Ditambah lagi, GTV Sei Giorni hadir tanpa ASR (Anti Slip Regulation), atau dalam bahasa umumnya kontrol traksi.

Itulah yang membuat Sei Giorni II terasa lebih bertenaga tanpa perangkat elektronik control traksi ASR. Seolah tenaga dari mesin melesat tanpa hambatan. Lalu, desain spidometer analog yang minimalis semi digital yang lebih ringkas.

Sedangkan GTS 300 Super Tech dilengkapi spidometer full digital yang lengkap dengan instrumen canggih lainnya. Tentu berdampak juga pada bobot yang dimiliki GTV yang lebih ringan dibanding GTS 300 Super Tech.

Handling Nyaman

Kemampuan akselerasi ini didukung dengan kenyamanan kaki-kaki yang mumpuni, roda berukuran 12 inci, sistem pengereman cakram depan-belakang, juga sensor ABS dual channel.

Posisi riding cukup rileks dengan jok yang sangat tebal dan empuk. Ergonominya pun sangat menyesuaikan badan yang proporsional. Tim Otoloka dengan berat badan 70 kg dan tinggi 173cm terasa masih ideal saja mengendarainya.

Kesimpulan

Bermanuver dengan skuter berbodi bongsor dari Vespa ini terasa sangat menyenangkan. Apalagi Vespa GTV Sei Giorni II mempunyai pengendalian yang terasa lebih rigid saat diajak menaklukan tikungan atau trek lurus.

Dari hasil pengujian kami di lalu perkotaan Jakarta, skuter ini mampu menenggak Pertamax sekitar 20 km per liter.

Bagi penggemar Vespa yang suka dengan kecepatan, rasanya GTV Sei Giorni II akan cukup memberikan jawaban atas rasa penasaran hasrat balapnya. Dengan tampilan unik bergaya skuter retro, soal mesin ternyata nggak bisa dipandang sebelah mata.  

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Vespa GTV
    Vespa GTV
    Vespa GTV
    Angsuran mulai dari:Rp 3,89 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya