• Home>
  • Review>
  • Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Escudo
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Escudo

Dilihat 3110
Ismet
14 Okt 2021, 09:43
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

suzuki escudo

Otoloka.id- Mobil SUV dari Suzuki sudah cukup lama hadir di Indonesia. Jika secara global nama Jimny lebih popular, SUV Suzuki lainnya yang tak kalah terkenal yakni Suzuki Escudo.

Sejak diproduksi pada 1988 untuk pertama kalinya, Suzuki Escudo masih eksis hingga sekarang. Simak sejarah, kelebihan dan kekurangan Suzuki Escudo berikut ini.

Sejarah Suzuki Escudo

Suzuki Escudo pertama kali diproduksi pada 1988 silam untuk memenuhi permintaan pasar domestik di Jepang. Nama Escudo, yang diambil dari mata uang Portugal, ternyata punya nama lain di pasar Amerika Utara. Di sana, Escudo lebih dikenal sebagai Sidekick yang eksis sejak 1988 hingga 1998.

Sedangkan sejarah di Indonesia, lini SUV Suzuki Vitara, Escudo, dan Sidekick memiliki umur produksi cukup pendek, dimulai dari tahun 1992 dan berakhir pada tahun 1997. 

Meski begitu, namanya cukup populer di dunia otomotif Tanah Air. Suzuki Vitara pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1992 dan berpenggerak 4WD.

Pada saat itu fitur yang dimiliki cukup mumpuni di jamannya, serta kemampuan segala medan yang membuatnya cukup diminati. 

Namun, penggerak 4WD ini memiliki pajak yang cukup tinggi sehingga harga jualnya menjadi lebih mahal dan tak terjangkau bagi sebagian masyarakat.

suzuki vitara

Dengan alasan itu, pada tahun 1994, Suzuki meluncurkan varian berpenggerak 2WD yang dinamakan Suzuki Escudo. 

Suzuki Escudo secara umum memiliki fitur dan tampilan yang sama dengan Vitara, hanya saja berpenggerak 2WD yang dibanderol dengan harga yang lebih murah dan pajak yang lebih rendah.

Baca juga : Suzuki Escudo 1.6 Dimodifikasi Jadi Makin Gagah dan Awet Muda

Tak sampai disitu, masih banyak juga yang menilai Suzuki Escudo masih terlalu mahal, sehingga pada tahun 1995 diluncurkanlah Suzuki Sidekick sebagai varian ekonomis yang mendapat pemangkasan fitur.

Kelebihan Suzuki Escudo

1. Built Quality Suzuki Escudo Sangat Baik

Generasi pertama Suzuki Escudo masuk ke Indonesia dengan status CBU alias impor utuh. Itu artinya, Suzuki Escudo yang dijual di Tanah Air punya standar yang sama dengan di negara asalnya Jepang.

Itulah yang membuat built quality Suzuki Escudo generasi pertama sangat baik pada zaman itu. 

Standar ini juga kemudian tetap digunakan pihak Suzuki di Indonesia untuk melahirkan Vitara, Escudo 4x2, dan Sidekick yang dibuat lokal. 

Meski ada perubahan konfigurasi penggeraknya, namun built quality yang melibatkan material terutama pada interior masih sangat terjaga dengan baik.

2. Desain Suzuki Escudo Gagah

Suzuki Escudo banyak dinilai memiliki desain yang unik di kelas SUV entry level. Bentuknya yang mengotak sangat reliable untuk offroad atau melintas di jalanan non-aspal dengan kecepatan tinggi.

Desain yang mengotak tersebut membuat Escudo sangat berkarakter kuat di mata pecinta SUV Tanah Air. Desain ini pun akhirnya bisa dianggap lumayan time less, alias selalu cocok untuk segala zaman dan sangat ikonik.

3. Interior Suzuki Escudo

Pada bagian interior Suzuki Escudo memiliki tampilan interior yang khas dengan mobil tahun 90 an. Dengan desain dashboard kotak yang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur standar seperti Ac sebagai penyejuk kabin, Audio sebagai fitur hiburan, speedometer dan fitur – fitur lainnya.

Pada bagian kursi Suzuki Escudo sudah dilengkapi dengan 2 baris kursi yang dapat menampung penumpang maksimal 5 orang. Untuk material jok nya sendiri kami rasa sudah begitu bagus dan nyaman untuk diduduki. Pada bagian bagasi mobil ini kami rasa memiliki kapasitas bagasi yang sempit.

4. Mesin Suzuki Escudo

Suzuki Escudo sudah dilengkapi dengan mesin bertipe G16A 1.6 liter SOHC 16 katup dengan 4 silinder segaris. Dengan mesin seperti itu mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 85 Hp atau setara dengan putaran mesin 6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 14,7 kgm atau setara dengan 4.500 rpm.

sejarah suzuki escudo

5. Suzuki Escudo Cocok Dijadikan Mobil Bahan Modifikasi

Kelebihan lain dari Suzuki Escudo adalah mobil ini cocok jadi bahan modifikasi. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti di antaranya desain, mesin, dan kaki-kaki.

Khusus soal kaki-kaki, biasanya modifikasi pada Suzuki Escudo ini untuk kepentingan offroad.

Kelemahan Suzuki Escudo

1. Kabin Suzuki Escudo Kurang Kedap

Meski dibekali Built Quality yang baik ternyata komponen interiornya kurang mampu meredam suara dengan baik. Kekedapan suara yang terdengar di dalam kabin masih terasa kurang baik. 

Suara mesin dan lalu lintas di luar masih terasa bising di dalam kabin. Tentu saja ini akan cukup mengganggu kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Baca juga : Piaggio Indonesia Resmikan Diler Barunya di Semarang

Selain itu, keluhan terjadi pada dasbornya yang sering ditemukan suara gesekan karet. Entah ini kekurangan yang terjadi karena sebuah mobil bekas, atau memang cacat produksi dari pabrikan.

2. Suzuki Escudo Boros Konsumsi BBM

Banyak yang menilai soal konsumsi bahan bakarnya yang dinilai cukup boros. Konsumsi BBM Suzuki Escudo bisa mencapai 7 km/ liter untuk perjalanan dalam kota, dan 10 km/ liter untuk perjalanan ke luar kota.

Catatan rata-rata angka tersebut tentu saja terbilang boros jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya di Tanah Air.

3. Mesin Suzuki Escudo Cepat Panas

Dengan berbekal mesin G16A 1.6 liter SOHC 16 katup dengan 4 silinder segaris, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 85 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 14,7 kgm pada 4.500 rpm.

Sayangnya, keluhan pun terjadi di sini. Mesin Suzuki Escudo dianggap gampang overheat alias cepat panas.

Kesimpulan Tentang Suzuki Escudo

Secara keseluruhan Suzuki Escudo cukup layak untuk dimiliki terutama bagi mereka yang mencari SUV entry level dan mampu dibawa ke medan offroad ringan. 

Mesinnya yang mudah overheat rata-rata terjadi saat mobil memang dipakai untuk perjalanan jauh yang punya kontur jalan beragam, mulai dari aspal – non aspal hingga tanjakan atau turunan ekstrem.

Banyaknya peminatan atas mobil ini tak heran harga bekas Suzuki Escudo melonjak. Jadi boleh juga kalau mobil ini untuk investasi selama kondisinya benar-benar terawat dengan baik.

Spesifikasi Umum Suzuki Vitara, Escudo, dan Sidekick

Dimensi
Panjang: 4031 mm
Lebar: 1636 mm
Tinggi: 1669 mm
Wheelbase: 2479 mm

Mesin:
- G16A SOHC 1600cc 4 cylinder 12 valve (s.d. 1995 kecuali Vitara EPI)
- G16A SOHC 1600cc 4 cylinder 16 valve (Vitara EPI)
- G16B SOHC 1600cc 4 cylinder 16 valve (mulai 1996)
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm

Sistem Bahan Bakar:
- Karburator
- Injeksi / Electronic Petrol Injection (Vitara EPI)
Transmisi: Manual 5 Speed

Drive System:
- 4WD (Penggerak 4 Roda / 4x4)
- RWD (Penggerak Roda Belakang)

Fitur (Escudo dan Vitara):
- Power windows
- electric mirrors
- Rear wiper
- Heater

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya