• Home>
  • Review>
  • Varian Daihatsu Sigra, Banyak Leluasa untuk Dipilih
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Varian Daihatsu Sigra, Banyak Leluasa untuk Dipilih

Dilihat 5252
Amanda
15 Okt 2021, 11:07
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Di Indonesia, varian Daihatsu Sigra memang banyak macamnya. Seperti yang kita tahu, mobil ini merupakan produk hasil kerja sama Toyota dan Daihatsu.

varian daihatsu sigra

Daihatsu Sigra ini mengisi segmen Low Cost Green Car di pasar otomotif Tanah Air. Kembaran Toyota Calya ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu dan mendapat sambutan hangat dari para pecinta otomotif.

Sebagai mobil MPV entry level, Daihatsu Sigra ini memang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, mobil ini menawarkan banyak fitur yang canggih serta desain yang menawan.

Kali ini, kita akan membahas tentang varian Daihatsu Sigra yang ada di Indonesia. Sebelum beli, ada baiknya jika kita cari tahu dulu varian Daihatsu Sigra mana yang paling cocok untuk kita.

Tentang Daihatsu Sigra

1. Dimensi Daihatsu Sigra

Sebelum kita melihat daftar varian Daihatsu Sigra, mari kita bahas dulu sedikit tentang MPV ini. Menengok dimensinya, mobil ini memiliki panjang bodi 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Sementara itu, wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri berukuran 2.525. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 180 mm.

Sebagai mobil yang dimaksudkan untuk digunakan di perkotaan, radius putar mobil ini pun relatif kecil untuk dimensinya. Radius putar Sigra hanya sebesar 4.500 mm.

Meskipun bodinya cukup besar, ukuran ban yang digunakan pada Sigra ini ternyata agak kecil, tetapi masih seimbang dengan bodinya. Mobil yang satu ini diketahui menggunakan ban ukuran 155/80 dengan pelek alloy 13 inci.

2. Desain Eksterior dan Interior Daihatsu Sigra

Beralih ke bagian desainnya, bagian eksterior Daihatsu Sigra mendapatkan pembaruan pada September 2019. Mobil ini mendapatkan desain baru yang lebih bergaya dan modern.

Baca juga: Pilihan Warna Toyota Calya 2021, Lihat Juga Spesifikasinya!

daihatsu sigra facelift

Ubahan yang ada pada desain baru Sigra ini terlihat pada bagian gril, bumper, rear garnish, serta adanya lampu depan baru yang kini sudah menggunakan lampu LED.

Pihak Daihatsu mengklaim bahwa penggunaan lampu LED pada mobil LCGC ini bisa menambah kesan mewah dan sporty. Selain itu, kesan sporty pun ditunjukkan berkat adanya tarikan garis halus pada bodi bagian sampingnya.

Dengan tema ubahan "New, Fun, and Agile" pada versi facelift-nya, Sigra mengusung bahasa desain "Horizontal Themes Emphasis Wide Image" dengan gril "Strong Connection". Sekilas, desain fascia Sigra ini mirip dengan Great New Xenia yang diluncurkan tahun 2015 lalu.

Masih senada dengan desain eksteriornya, bagian interior Sigra juga menampilkan kesan modern dan sporty.

Baik Sigra maupun Calya memiliki 7 kursi penumpang yang dibagi ke dalam tiga baris. Kelebihan dari kabinnya ini adalah leg room dan head room yang cukup luas.

interior daihatsu sigra

Tetapi sayangnya, pada baris ketiga, seperti mobil MPV kebanyakan, leg room-nya cukup terbatas. Kapasitas bagasinya pun standar, tetapi bisa ditambah kapasitasnya dengan melipat kursi baris ketiga.

Pada model facelift-nya ini Daihatsu Sigra menghadirkan interior dengan nuansa warna two tone dark and light grey. Penggunaan desain dengan dua warna ini membuat kabin terlihat lebih mewah.

3. Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra

Bicara soal mesinnya, Daihatsu Sigra ini ternyata menawarkan dua jenis mesin. Ada mesin dengan kapasitas 1.0 L untuk Sigra D dan M, serta 1.2 L untuk Sigra X dan R.

Mesin 1.0 liternya merupakan mesin berkode 1KR-VE 3 silinder 12 katup. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi DOHC dan VVT-i.

Baca juga : 10 Mobil MPV Favorit untuk Keluarga, Mana Pilihanmu? 

Sementara itu, mesin 1.2 liternya merupakan mesin berkode 3NR-VE 4 silinder 16 katup. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi DOHC, serta Dual VVT-i.

mesin daihatsu sigra

Mesin 1.0 liter milik Sigra hanya ditawarkan dalam satu jenis transmisi, yakni manual 5 percepatan. Sedangkan mesin 1.2 liternya dipadukan dengan dua jenis transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Soal tenaganya, tentu mesin dengan kapasitas yang lebih besar akan menghasilkan tenaga yang lebih besar pula. Tetapi jika kita lihat raihan tenaga dari kedua mesin yang digendong Sigra ini, sebenarnya perbedaannya tidak terlalu besar.

Sigra dengan mesin 1.0 L diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 66 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya sendiri bisa mencapai 89 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Untuk mesin 1.2 L, keluaran tenaganya sedikit lebih besar, yaitu 86 HP pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya berada di angka 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian spesifikasi mesin Daihatsu Sigra pada tabel berikut ini.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN 1.0 L

SPESIFIKASI MESIN 1.2 L

Mesin

1KR-VE 3 silinder 12 katup dengan DOHC dan VVT-i

3NR-VE 4 silinder 16 katup dengan DOHC dan Dual VVT-i

Kapasitas

1.0 L (998 cc)

1.2 L (1.197 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan

Tenaga

66 HP @ 6.000 rpm

86 HP @ 6.000 rpm

Torsi

89 Nm @ 4.400 rpm

108 Nm @ 4.200 rpm

Konsumsi BBM Dalam Kota

13 km/liter

14 km/liter

Konsumsi BBM Luar Kota

16 km/liter

17 km/liter

4. Fitur Daihatsu Sigra

Bicara soal fitur, mengingat harga jualnya yang cukup terjangkau, kita memang tidak bisa berharap fitur yang terlalu mewah dari varian Daihatsu Sigra yang dijual di Indonesia. Kendati demikian, fitur yang disematkan pada mobil ini sudah cukup baik.

Sebagai fitur keselamatan standarnya, semua varian Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman serta Airbags. Selain itu, ada pula fitur Side Impact Beam dan Crash Sensor.

Baca juga : New Astra Daihatsu Sigra, Tampilan Lebih Segar dan Lebih Mewah

daihatsu sigra

Fitur pengereman Anti-lock Braking System dan Brake Assist juga sudah tersedia. Tetapi sayangnya kedua fitur ini baru ada di varian tertingginya saja.

Bukan itu saja, Sigra juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur sensor yang dapat mempermudah pengemudi ketika berkendara. Sebut saja Front Corner Sensor dan Parking Sensor dengan kamera.

Kemudian untuk fitur hiburannya, Sigra mengandalkan head unit 2DIN touchscreen audio. Head unitnya ini bisa digunakan untuk memutar CD dan MP3, serta lengap dengan fitur USB, AUX-IN, Bluetooth, dan Radio. 

Daftar Varian Daihatsu Sigra

Sekarang kita tiba di pembahasan yang paling penting, yaitu varian Daihatsu Sigra yang dipasarkan di Indonesia.

Saat ini, di Indonesia ada 10 varian Daihatsu Sigra yang dipasarkan. Semua varian Daihatsu Sigra ini terdiri atas beberapa tipe dasar, yakni tipe D, tipe M, tipe X, dan tipe R.

Menariknya, seluruh varian Daihatsu Sigra ini juga dibanderol dengan harga di bawah Rp200 jutaan. Hal ini bukan hal yang mengherankan, mengingat mobil ini memang diciptakan untuk mengisi segmen LCGC di Indonesia.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah rincian varian Daihatsu Sigra beserta harganya.

VARIAN

HARGA

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Rp 120.650.000

Daihatsu Sigra 1.0 M MT

Rp 131.050.000

Daihatsu Sigra 1.2 X MT

Rp 140.400.000

Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX

Rp 145.900.000

Daihatsu Sigra 1.2 R MT

Rp 146.800.000

Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX

Rp 150.600.000

Daihatsu Sigra 1.2 X AT

Rp 153.200.000

Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX

Rp 158.700.000

Daihatsu Sigra 1.2 R AT

Rp 159.600.000

Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX

Rp 163.400.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya