• Home>
  • Review>
  • VW Tiguan, SUV Berkelas Eropa Dengan Harga Ramah Kantong
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

VW Tiguan, SUV Berkelas Eropa Dengan Harga Ramah Kantong

Dilihat 140
Guntur Hanggara
22 Ags 2020, 11:11
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang saat ini sedang naik pamor di Indonesia. Hal ini terbukti dari kesuksesan merek-merek terkenal memasarkan produk tersebut di tanah air. Tidak hanya merk Jepang, merk Eropa pun mulai melirik segmen ini dengan mengenalkan mobil dengan konfigurasi tujuh penumpang. 

Sama halnya dengan Volkswagen, raksasa otomotif asal Jerman ini memulai portofolio SUV keluarga tujuh seater yang kental rasa Eropa setelah mencium besarnya potensi pasar. Pada ajang otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, VW Indonesia memperkenalkan VW Tiguan All Space dengan perubahan lima seater menjadi tujuh seater.

Perubahan ini tak hanya dari sisi desain tapi juga dari segi produksi. Tidak seperti versi sebelumnya, Tiguan All Space dirakit di Indonesia bukan diimpor dari negara produsennya. Hal ini jelas menguntungkan karena harga yang ditawarkan menjadi lebih murah, bahkan dari versi lima seater. Membidik masyarakat perkotaan yang membutuhkan SUV modern dan berkelas sebagai penunjang gaya hidup, 

VW Tiguan All Space dibanderol dengan harga 625 juta. Tentu saja hal ini menjadikan Tiguan All Space pesaing baru dikelasnya karena harga kompetitif dikawinkan dengan desain dan fitur canggih sungguh susah untuk ditolak.

Akan tetapi selain kapasitas lebih besar dan harga lebih murah, apa saja sih keunggulan VW Tiguan All Space? Nah, kali ini Otoloka coba merangkumnya untuk Anda.

Eksterior VW Tiguan All Space

VW Tiguan dibangun berbasis platform Volkswagen MQB yang fleksibel. Hal ini menjadikan dimensi Tiguan bertambah secara keseluruhan. Mobil yang tersedia dalam pilihan warna silver, blue and pure white itu kini memiliki panjang 4426 mm, lebar 1809 mm, tinggi 1703 mm dan wheelbase 2787 mm. 

Generasi baru Tiguan juga mengalami penyegaran desain. Lihat saja lekukan kap-nya yang sekarang lebih kalem dengan mengurangi aksen patahan pada bemper. Sudut kap yang lebih menonjol meninggalkan kesan agresif tapi tidak dengan kekarnya penampilan body. Grille khas Tiguan berbentuk tiga palang tipis, mewah dengan balutan krom, terlihat sangat berkelas. 

Menonjolkan kesan sporty dan karakteristik dari daya tarik Volkswagen. Lampu Bi-Xenon menyatu dengan lampu DRL menunjang visibilitas dan makin memperindah elegannya siluet mobil. 

Perbedaan mencolok dengan versi sebelumnya terletak di pintu belakang yang sekarang terlihat besar dengan penambahan bangku di deret ketiga. Meski begitu, desain lampu belakang yang kaku masih sama dengan versi pendahulunya. 

Sentuhan modern terlihat di lampu belakang yang menggunakan teknologi LED agar seragam dengan lampu depan. Mobil ini ditunjang juga dengan velg berukuran 17 inci yang dikawinkan dengan ban berspesifikasi 235/55 R17.

Interior VW Tiguan

Mendapat embel-embel All space menandakan ukuran mobil yang bongsor. Tentu saja hal ini berakibat pada berubahnya desain interior dan kapasitas mobil yang muat menampung tujuh seater. Sayang kursi di baris ketiga hanya seperti tambahan yang kurang nyaman saat difungsikan.

Akan tetapi rancangan halus jok berlapis kulit dan finishing yang detil dari panel interior membuat mobil makin terkesan estetis melebihi kelas atas. Cita rasa sporty terlihat dari kulit yang membungkus setir dan knop persneling sehingga meningkatkan sifat off-road kendaraan saat mengemudi.

Sistem suara Dynaudio Contour hadir bersama 8 pengaturan speaker sedangkan sistem perangkat lunak Tiguan diaplikasikan pada beberapa faktor infotainment yang bagus. Lihat saja layar 12,3 inchi di speedometer yang bisa di custom beberapa pilihan. Fitur pendukung lain, adanya head unit touchscreen 8 inchi yang terdapat tombol kapasitif di bagian kanan dan kirinya. 

Fitur lawas yang masih dipertahankan All Space Tiguan adalah adanya meja lipat di kiri dan kanan hingga memudahkan saat kita hendak makan atau untuk keperluan lain. Sementara itu, mobil ini sepertinya dirancang untuk memanjakan pengemudinya. Lihat saja desain jok driver elektif 8 arah plus tiga memori dan headrest yang bisa diatur maju mundur dan naik turun. Belum lagi setir yang bisa disetel tilt dan teleskopik agar tangan tidak pegal, menjadikan berkendara jauh lebih menyenangkan. 

Untuk bagasi, Anda tak perlu khawatir. Kapasitas 470 liter pada bagasi bisa ditingkatkan sewajarnya hingga 1510 liter, yang menjamin ruang cukup untuk banyak barang.

Mesin Volkswagen Tiguan

Fisik Tiguan memang dirombak akan tetapi tidak dengan mesinnya. Produk Volkswagen ini masih didukung mesin 1,4 liter TSI berimbuhan turbocharger dengan kubikasi 1.395 cc atau setara mesin 2,3 liter tanpa turbo. Performa Tiguan Allspace disokong transmisi otomatis Dual Clutch 6-percepatan. 

Transmisi gear box otomatis DSG yang dipasangkan dengan mesin memungkinkan Tiguan menempuh100 km hanya dalam 7,1 detik dan di saat bersamaan propulsi hanya berakhir pada 195 km/jam. Teknologi TSI tradisional yang digendong Tiguan sendiri memberi kisaran jarak tempuh 7,65 km perliter di perkotaan dan 10,2 km perliter saat mengemudi di jalan tol.

Memang performa mesin lawas Tiguan tidak berubah. Akselerasi 0-100 km/jam-nya bisa ditempuh dalam waktu 9,5 detik saja. Akan tetapi bagian spesial mobil ini adalah tingkat kekerasan suspensinya yang bisa diubah atau adaptive chassis control. Hal ini bertujuan agar mobil tidak limbung saat melaju di jalan tol.

Kapasitas mesin 1395 cc
Gearbox 6-speed
Jenis transmisi Dual Clutch
Jumlah silinder 4
Mesin 1.4 L TSI, 4 silinder 16 Valve DOHC
Ukuran velg alloy 17 inch
Suspensi depan MacPherson Strut
System suplai bahan bakar Direct Injection

Fitur VW Tiguan

Tampilan classy Tiguan tentu sejalan dengan performa apik dan fitur canggih. Tenaga mencapai 150 PS biasanya hanya dimiliki mobil-mobil berkapasitas diatas 1,8 liter. Hal ini membuat Tiguan All Space menjadi pesaing baru saudaranya sendiri Audi Q3. Sistem keamanannya sendiri dilengkapi anti theft device dan anti theft alarm. 

Jangan ragukan sistem keselamatan Tiguan karena Volkswagen merancang mobil ini dengan sistem keselamatan terbaik di dunia. Hal ini terbukti dari dianugrahkannya bintang lima untuk VW Tiguan dari Euro NCAP dalam tes tabrakan karena menyertakan banyak fitur keamanan. Lihat saja enam airbag yang tersemat, electronic stability control, anti lock braking system, child safety locks, sensor parkir, crash sensor dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Sistem rem sirkuit diagonal ganda mobil dikolaborasikan dengan cakram berventilasi di depan dan cakram solid di belakang. Tentu saja hal ini menjamin kinerja pengereman yang sempurna. Mobil juga dilengkapi kontrol stabilitas elektronik dan sistem ABS yang terhubung dengan rem bantuan untuk mencegah roda terkunci dan terhindar dari selip. 

Kesimpulan

Penyegaran desain pada eksterior dan interior VW Tiguan memang sangat dinantikan. Fitur canggih dan kenyamanan pun makin dikedepankan. Apalagi dengan penawaran harga yang lumayan terjangkau untuk segmennya, tentu menjadi kabar gembira tersendiri.
Akan tetapi meski ada upgrade dari sisi mesin, VW Tiguan masih menawarkan jarak tempuh dan performa yang kurang begitu menarik.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya