• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Xpander vs Rush Mana Lebih Bagus?

Dilihat 511
Arief Yuno
6 Okt 2020, 17:05
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Mitsubishi datang di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle) melalui Xpander. Pabrikan berlogo tiga berlian ini sadar betul kalau segmen yang dimasuknya adalah yang paling gemuk di Indonesia. Pemain raksasa seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun menguasai di kategori ini. Pastinya butuh strategi khusus demi mengahdapi dua kompetitor terberatnya itu.

Menariknya, selain Low MPV, Mitsubishi Xpander juga menjajah segmen Low SUV (Sport Utility Vehicle) melalui Xpander Cross. Namun lagi-lagi, segmen ini juga disesaki banyak pemain. Sebut saja lagi-lagi ada duet Toyota dan Daihatsu disini dengan Rush serta Terios. Kemudian Honda juga punya BR-V yang membuat persiangan semakin panas.

Lalu apakah layak Xpander untuk mengusik para kompetitornya yang sudah lebih dulu hadir di segmennya masing-masing? Tentu saja ada beberapa poin yang patut diperhitungkan dan tergadung dengan siapa Xpander akan disandingkan. 

Namun dalam tulisan kali ini, kami akan membahas lebih spesifik tentang komparasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush. Diantara Xpander vs Rush siapakah yang layak untuk dipinang terutama jika Anda tengah berniat mempertimbnagkan kedua mobil SUV 7 penumpang itu? Berikut ulasannya dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek.

Harga Xpander vs Rush

Ketika berkeinginan membeli mobil, tentu yang pertama kali diperhatikan adalah soal berapa harganya. Karena semenarik apapun tampilan dari mobil tersebut serta bagaimanan pun kelengkapan fitur yang diberikan oleh pihak pabrikan, jika banderolnya terlalu tinggi, tentu konsumen akan berpikir ulang jika dana yang sudah disiapkan ternyata tak memadai.

Lalu untuk Xpander vs Rush, kedua mobil dengan kapasitas hingga 7 penumpang ini layak dipertimbangkan jika Anda mencari mobil harga Rp 200 jutaan. Untuk Xpander, harga mobil ini dipatok mulai dari Rp 217,8 juta hingga Rp 292,7 juta. Berikut daftar harga Mitsubishi Xpander:

Xpander GLX M/T : Rp 217.800.000
Xpander GLS M/T : Rp 234.300.000
Xpander GLS A/T : Rp 245.300.000
Xpander Exceed M/T : Rp 242.800.000
Xpander Exceed A/T : Rp 253.200.000
Xpander Sport M/T : Rp 261.200.000
Xpander Sport A/T : Rp 271.200.000
Xpander Ultimate A/T : Rp 275.100.000
Xpander Cross M/T : Rp 272.700.000
Xpander Cross A/T : Rp 282.700.000
Xpander Cross Premium Package A/T : Rp 292.700.000

Sementara itu Toyota membanderol Rush dengan harga on the road Jabotabek mulai dari Rp 255,2 juta hingga Rp 276,6 juta. Berikut daftar harga Toyota Rush:

Rush G M/T : Rp 255.200.000
Rush G A/T : Rp 265.200.000
Rush S TRD M/T : Rp 266.600.000
Rush S TRD A/T : Rp 276.600.000

Dari rincian harga ini terlihat jika untuk Xpander Cross memang harganya lebih mahal ketimbang Toyota Rush yang sama-sama bermain di segmen low SUV 7 seater. Namun kalau ingin Xpander yang lebih terjangkau bisa incar varian Ultimate, Sport, Exceed, GLS, atau bahkan GLX, tetapi tentunya lebih cocok membandingkan kelima varian Xpander itu dengan mobil di kelas low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Honda Mobilio.

Dimensi Xpander vs Rush


Seperti yang sudah diulas sebelumnya, rasanya memang membandingan Xpander vs Rush lebih setimpal jika melihat sosok Xpander Cross yang didaulat jadi SUV 7 penumpang. Karena untuk Xpander "biasa" lebih menyasar kelas Low MPV. Walau demikian ternyata tak ada perbedaan signifikan antara Xpander Cross dengan Xpander tipe lainnya secara dimensi.

Untuk Xpander tipe GLX, GLS, Exceed, Sport atau Ultimate punya panjang 4.475 mm, lebarnya 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, serta ground clearance 205 mm. Sementara Xpander Cross punya panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, dan ground clearance 225 mm. Itu artinya Xpander Cross lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dari Xpander biasa.

Namun jika dibandingkan dengan Toyota Rush, maka Rush ternyata juga lebih pendek 65 mm, lebih ramping 105 mm, lebih rendah 45 mm, serta ground clearance mobil ini lebih pendek 5 mm dari Mitsubishi Xpander Cross. Sehingga bisa disimpulkan Xpander vs Rush secara dimensi maka Xpander sedikit lebih besar dan lebih jangkung dibanding Rush.

Ukuran bodi yang lebih besar ini seharusnya bsia membuat ruang kabin untuk penumpang maupun barang jadi lebih luas. Sementara jarak bodi ke aspal (ground clearance) yang lebih tinggi tentu jadi keunggulan sata mobil ini melintas di jalan-jalan dengan medan yang kurang bersahabat.


Fitur Xpander vs Rush


Jika soal desain maka hal itu kambali pada selera masing-masing individu, maka yang akan kami bandingkan antara Xpander vs Rush berikutnya adalah perihal fitur yang disematkan pada kedua mobil tersebut dari masing-masing pabrikan.

Untuk Xpander Cross misalnya, mobil produksi Mitsubishi ini sudah dilengkapi fitur cruise control yang memungkinkan mobil melaju dengan kecepatan stabil tanpa perlu pedal gas diinjak. Pengaturan laju kecepatan mobil diganti dengan pengoperasian pada tombol yang ada di lingkar kemudi. Fitur ini tidak ada pada Toyota Rush. 

Sementara Toyota sudah membekali Rush dengan AC Digital plus Auto Climate Control. Selain itu Rush juga sudah tersedia 6 buah airbags, sementara Xpander Cross hanya dua airbags yang diletakkan pada sisi pengemudi dan penumpang depan.

Namun untuk fitur keselamatan aktif dan pasif lainnya seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control, Traction Control, seat belt untuk semua penumpang, serta ISO-FIX untuk keselamatan penumpang anak-anak, ada pada kedua mobil tersebut.


Mesin Xpander vs Rush

Bermain disegmen yang serupa ternyata kedua mobil ini juga sama-sama menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc. Namun tenaga dan torsi yang dihasilkan diantara keduanya sedikit berbeda. Untuk Xpander Cross memakai mesin MIVEC DOHC 4 silider 16 katup berdaya 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk Toyota Rush, mobil ini dibekali mesin 2NR-VE 4 silinder 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut sanggup menghasilkan daya puncak 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 136 nm di 4.200 rpm. Serupa Xpander Cross, Rush juga tersedia dalam tipe transmisi manual atau otomatis 4 percepatan.

Walau sepintas sama, namun ternyata torsi dari mesin Xpander Cross lebih besar 5 newton meter (Nm) dibanding Rush. Ini tentu turut menyumbang sensasi berkendara yang berbeda juga dari kedua mobil tersebut.

Kesimpulan Xpander vs Rush

Dari hasil perbandingan beberapa poin antara Xpander vs Rush yang sudah dibahas tadi, maka bisa disimpulkan dengan harga lebih mahal, maka Xpander khususnya yang tipe Cross menawarkan beberapa kelebihan. 

Antara lain ukuran bodi yang lebih besar dan ground clearance lebih tinggi untuk memaksimalkan kemampuan mobil dalam menghadapi medan-medan yang sedikit berat. Selain itu serta torsi mesin dari mobil ini juga sedikit lebih baik daripada Rush.

Sementara untuk Rush walau harganya dibawah Xpander Cross, namun ternyata Toyota menawarkan fitur, terutama fitur keselamatan yang lebih lengkap dibanding apa yang diberikan Mitsubishi. Sehingga penggunanay akan emrasa lebih aman kala berkendara dnegan mobil yang diproduksi Toyota itu.

Jadi kini tinggal pilih, Mitsubishi Xpander Cross menawarkan kepraktisan penggunannya, sementara Toyota Rush menawarkan fitur keselamatan lebih lengkap dengan harga lebih terjangkau. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya