• Home>
  • Review>
  • Yamaha FreeGo S 2020 Motor Baru Dengan Nama Baru dan Fitur Baru
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Yamaha FreeGo S 2020 Motor Baru Dengan Nama Baru dan Fitur Baru

Dilihat 232
Guntur Hanggara
4 Sep 2020, 19:57
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Motor Yamaha freeGo 2020 mendapatkan julukan “The Amazing Matic” dari Yamaha. Fitur-fitur yang disematkan pada motor ini memang membuat semua orang terkagum-kagum sehingga layak dijuluki sebagai motor matic terbaik di kelas 125cc. 

Bursa pasar otomotif disuguhi dengan 3 varian berbeda dari motor ini yang terdiri dari versi standar, S-Version, dan S-Version ABS. Jika kalian mencari yang termurah, maka pilihannya ada pada harga 18 Jutaan, sehingga bisa menjadi tandingan Honda Vario 125 di kelas motor yang mengusung mesin 125cc.

Simak ulasan dari Otoloka berikut ini.

Sejarah Yamaha FreeGo


Yamaha FreeGo menjadi pelengkap sepeda motor matic besutan Yamaha yang di jual di tanah air Indonesia. Sepeda motor yang diluncurkan secara resmi pada ajang Indonesian Motorcycle Show (IMOS) 2018 lalu ini memang belum seheboh skuter matik (skutik) lainnya. Bermesin 125 cc, motor Yamaha matic yang satu ini ternyata memiliki segudang kelebihan. Salah satunya adalah bagasi besar yang menyerupai dengan Yamaha NMax. 

Kebanyakan motor Yamaha memang dibekali mesin 125cc. Contohnya saja, Yamaha Mio S, Fino, Soul GT, Mio M3, Mio Z, dan Lexi. Meskipun dengan spesifikasi mesinnya sama, namun Yamaha FreeGo mempunyai pangsa pasar berbeda. 

Motor ini dikhususkan bagi konsumen yang mencari motor matic nyaman dan berbalut fitur premium. Desainnya juga gaul, meski belum mengadopsi desain Maxi Skuter seperti halnya Yamaha Lexi maupun Yamaha Nmax.

Bagi orang Indonesia yang senang dengan sesuatu yang praktis menjadi penyebab penjualan motor matic di Indonesia laris manis dan tumbuh subur. Sehingga setiap pabrik motor dari Yamaha, Honda, Suzuki berlomba-lomba menciptakan inovasi baru dalam menghadirkan produk terbaiknya yang mampu menarik hati konsumen secara luas. 

Begitu juga dengan Yamaha yang sangat berambisi mengungguli ketenaran Honda dalam persaingan motor matic di tanah air. Oleh sebab itulah mereka selalu berlomba-lomba untuk menciptakan motor matic terbaik, dan salah satunya adalah Yamaha FreeGo.

Mesin Yamaha FreeGo


Tipe Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Kapasitas 125 cc
Diameter Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Power Max 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Max 9,5 Nm/ 5500 rpm
Tipe Kopling Single dry clutch
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Starter Electric & Kick Starter
Transmsi Full Automatic
Bodi
P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Berat Isi 100 kg
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Kapasitas Bagasi 25 Liter
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Kapasitas tangki 4.2 Liter
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Underbone
Suspensi depan Telescopic Fork
Suspensi belakang Unit Swing + Monoshock
Ukuran Velg Ring 12 Inch
Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Tromol

Performa Mesin Yamaha FreeGo


Motor matic Yamaha terbaru ini dilengkapi dengan mesin single silinder dengan dapur pacu 125cc, dimana mesin ini juga digunakan oleh motor matic Yamaha lainnya yang termasuk dalam jajaran motor 125cc, oleh karena itu performa mesin yang dihasilkan akan pasti maksimal dan garang. 

Apalagi untuk menyempurnakannya, Yamaha memanfaatkan teknologi Blue Core yang di dalamnya sudah ada sistem suplai bahan bakar bertipe fuel injeksi, sehingga bukan cuma hemat dan irit pemakaian bahan bakar, namun juga menjadikan motor matic yang satu ini lebih bertenaga.

Setelah mengalami pengujian, dari teknologi dan fitur yang ada di motor ini, akselerasi freego S terbilang cukup sempurna, lebih-lebih digunakannya transmisi full automatic, tidak hanya memudahkan pengendara menaiki motor ini. 

Namun sangat mungkin kalian untuk memperoleh kecepatan maksimal dengan waktu singkat saja, adapun untuk power maksimum yang dihasilkan sebesar 7.0 kW terhadap putaran mesin 8000 rpm, sedang torsi sebesar 9.5 Nm terhadap 5500rpm.

Desain dan Dimensi Yamaha FreeGo


Yamaha FreeGo membawa desain modern dengan senantiasa menjaga kenyamanan berkendara. Motor ini punya body berdimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. 

Adapun untuk jarak pada sumbu roda depan hingga belakang mencapai 1.275 mm dan punya tinggi daerah duduk berukuran 778 mm. Bodinya sedikit lebih bongsor dibandingkan Honda Beat, begitu juga dengan bobotnya yang menginjak 100 kg.

Bisa jadi penyebab body motor ini tampak bongor adalah karena bagasi motor yang sangat lega. Daya tampungnya raih 25 Liter agaknya lebih besar daripada milik Yamaha NMAX. Untuk beroleh kapasitas sebesar itu, Yamaha terpaksa mengalihkan tangki bensin ke bagian depan atau di bawah setir. Ide cemerlang ini menjadikan pengisian bensin lebih simpel tanpa harus terhubung jok.

Motor matic 125cc ini mempunyai area pijakan kaki luas yang menjadikan berkendara lebih nyaman. Selanjutnya pada bagian depan telah dibekali lampu LED yang memberikan pencahayaan lebih cemerlang dan awet. 

Lampu ini juga ditambahkan fitur Hazard, sehingga dapat dipakai sebagai tanda bahaya jika terjadi sesuatu pada motor yang kita kendarai. Selain itu, tak ketinggalan lampu sein yang terpasang pada cover samping yang menyerupai milik Soul GT.

Suspensi & Kaki – Kaki Yamaha FreeGo

Tidak sama dengan matic garapan Yamaha sebelumnya, terhadap Freego S, Yamaha pasangkan tipe kaki – kaki baru, meski memanfaatkan ukuran velg lebih kecil dari matic sekelasnya, atau lebih pasnya 12 inch, Namun ban yang dipakai adalah type tapak lebar dengan ukuran 100/90 – 12M/C 59J (depan), adapun untuk bagian belakang 110/90-12 M/C 64L, dan hebatnya lagi, lebih memaksimalkan keamanan berkendara ban yang terpasang tersebut sudah ban tubeless.

Dengan adanya ban tipe seperti mimin utarakan di atas, sahabat tidak perlu ragu saat ban tertancap paku, karena angin yang akan keluar dari ban itu relatif lama sehingga kalian bisa memperoleh tempat tambal ban secepat mungkin. 

Tidak cukup disitu saja, dengan ukuran tapak yang lebar terhitung membuat grip di jalanan aspal tambah baik, serta digunakannya suspensi tipe teleskopik terhadap lini depan dan belakang unit swing (single shock), membuat motor ini nyaman dipakai meskipun di tikungan tajam, maupun di jalanan yang bergelombang.

Fitur Lain Yamaha FreeGo

Di balik performanya yang jreng, motor matic ini mengadopsi beragam fitur-fitur unggulan yang bisa dijadikan andalan saat kalian berkendara, di antaranya adalah bagasi yang bisa untuk membawa seekor kucing anggora besar, hehe karena luasnya lebih maksimal dibandingkan dengan Yamaha maxi series. 

Nah batas maksimal pembawaan barang-barang adalah sekitar 25 Liter, itu juga sudah termasuk helm full face lho. Pada sektor pengisian bahan bakar maka Yamaha membekali motor ini dengan fitur kemudahan pengisian bahan bakar yang disebut Smart Front Refuel atau pengisian ada pada dek cepan.

Selanjutnya pihak Yamaha juga menyempurnakan keamanan motor ini dengan Smart Key System, sebuah sistem kunci canggih tidak seperti kunci pada motor jadul dengan fitur immobilizer dan answer back system. Tanpa harus khawatir kehabisan baterai handphone sahabat otomotif karena tersedia tempat charge hp di bagian atas panel keyless. 

Sementara itu instrument panel dari Freego S ini masuk jajaran modern dan informatif dengan dibekali Multi Information Display, selanjutnya untuk tipe termahal dari varian S ini, didukung sistem pengereman ABS. Luar biasa sekali kan sahabatku? Lantas berapa sih harganya?

Harga Yamaha FreeGo

Kemunculan matic paling baru ini sebenarnya jadi satu kabar gembira bagi para penggemar Yamaha, lebih-lebih nama baru yang dibawanya juga sudah dilengkapi beraneka fitur menarik dan modern, yang semakin memudahkan pengemudi ketika berada di jalanan.

Selain itu, harga Yamaha Freego S sangat terjangkau, untuk jenis S sendiri ditawarkan pada kisaran harga 19,7 jutaan, namun varian termahalnya atau Yamaha Freego S ABS kalian harus merogoh kantong untuk membayar sebesar Rp.22.500.000,-.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya