• Home>
  • Review>
  • Yamaha Mio M3 Desain 2020, Lebih Elegan Dan Futuristik
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Yamaha Mio M3 Desain 2020, Lebih Elegan Dan Futuristik

Dilihat 1080
Eza Fadil
15 Sep 2020, 16:21
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Yamaha adalah pabrik motor besar dari negara Sakura yang berlambangkan garpu tala, dengan kesuksesannya di dunia industri motor Yamaha selalu mendengar masukan dan saran dari para penggemarnya, dan dengan itulah Yamaha kembali menjawab keinginan dan kepuasan para konsumennya terhadap deretan motor-motor yang diproduksinya, salah satunya adalah Yamaha Mio M3 yang mana motor ini dirilis lebih dahulu daripada Mio Z ataupun Mio S.

Sudah menjadi kebiasaan dari Pabrikan motor yang satu ini untuk memperbaiki dan meregenerasi motor-motornya sehingga menghasilkan produk yang terbaik dan dicintai oleh semua orang, memang semboyan Yamaha Semakin Di Depan dari Valentino Rossi telah melekat dipendengaran kita dan terbukti dengan dirilisnya Yamaha Mio M3 ini.

Dengan mengusung beragam fitur dan teknologi andalan Yamaha Mio M3 akan tampil lebih elegan, tangguh dan juga hemat bahan bakar dengan teknologi terbarunya. Simak ulasan mimin di bawah ini ya sobat semuanya, semoga hari kalian menyenangkan.

Desain & Dimensi

Dimensi

1870mm X 685mm X 1035mm

Berat

94 kg

Kapasitas Tangki

4.2 L liter

Jarak Sumbu Roda

1260 mm

Tinggi Tempat Duduk

750 mm

Jarak Terendah ke Tanah

135 mm

Kapasitas Tangki

4.2 Liter

Kapasitas Bagasi

10.1 Liter

Desain dan Dimensi

Untuk masalah desain Yamaha memang jagonya, hal ini terbukti dengan dibekali nya Yamaha Mio M3 2020 dengan striping yang mewah serta diperindah dengan hadirnya speedometer terbaru yang futuristik. Pada tampilan luar motor ini didesain dengan sangat elok, terlihat sudut-sudut body yang tajam dan terkesan modern. Sedangkan untuk dimensinya mempunyai ukuran panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.035 mm. Selanjutnya untuk jarak antara roda depan hingga ke belakang mencapai 1.260 mm dan mempunyai ground clearance berukuran 135 mm. Nah yang menambah kenyamanan motor ini adalah bobotnya, karena sangat ringan dengan bobot keseluruhan hanya 94 kg.

Namun sayangnya untuk kapasitas tangki bahan bakar masih sama seperti motor-motor matic pada umumnya hanya sebesar 4.2 litter, hal ini tentunya sepadan dengan body yang ramping milik Yamaha Mio M3. Namun demikian kapasitas tangki masih lebih besar daripada Honda Beat. Selanjutnya untuk tinggi tempat duduknya diangka 750 mm. Yamaha Mio 2020 ini juga mempunyai area pijakan kaki cukup luas dan dapat kita gunakan untuk meletakkan barang bawaan. Jika dirasa kurang, maka kalian bisa menggunakan ruang bagasi berkapasitas 10.1 Liter yang bisa membawa belanjaan emak-emak rempong dari pasar.

Motor Yamaha Mio M3 ini diproduksi dengan dua varian motor yang berbeda, perbedaan itu terletak pada teknologi yang dibenamkan didalamnya. Seperti teknologi Advance Key System (AKS)  yang memungkinkan kita menemukan motor di parkiran dengan sangat mudah hanya dengan menekan tombol beberapa detik maka kunci secara otomatis akan terbuka dan motor juga berbunyi, selain itu juga dibekali fitur Stop & Start System (SSS) SSS merupakan fitur yang otomatis mematikan mesin dan Quick Start (mesin menyala lebih cepat). Sayangnya motor ini belum dilengkapi lampu LED, sehingga masih dikalahkan spesifikasinya dari All New Honda Beat yang telah mengusung lampu LED sebagai sistem pencahayaannya.

Spesifikasi Mesin

Tipe

Air cooled 4-stroke, SOHC, Single Cylinder

Kapasitas

125 cc

Tenaga Maksimum

7.0 kW / 8000 rpm

Torsi Maksimum

9.6 Nm / 5500 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection (PGM-Fi)

Tipe Starter

Electric & kick starter

Tipe Transmisi

V-belt automatic

Bore X Stroke

52,4 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi

9,5 : 1

Performa Mesin

Tak tanggung-tanggung Yamaha membekali kuda besi yang satu ini dengan mesin berkapasitas 125 cc, 4 Stroke, single cylinder, SOHC dengan sistem pendingin berupa air cooled dengan sistem setting CVT terbaru. Teknologi Blue Core juga dibenamkan pada kuda besi ini yang bisa mengurangi gesekan pada mesin sehingga suhu mesin menjadi stabil dan memperoleh akselerasi yang maksimal, tentu saja tenaga yang akan dihasilkan jauh lebih baik daripada motor yang belum menggunakan teknologi blue core.

Layaknya motor balap Mio M3 ini diberikan mesin yang berteknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston sehingga tenaganya bisa mencapai 7,0 kW dari putaran mesin 8.000 rpm dan untuk torsinya bisa mencapai 9,6 Nm dari perputaran mesin mencapai 5.500 rpm. Dan kedua teknologi mesin balap tersebut sudah lolos uji coba kualitasnya.

Selain dua teknologi itu masih ada satu lagi teknologi Blue Core sebagai penghemat bahan bakar sehingga performa mesin makin maksimal, bertenaga dan handal. Mengapa bisa begitu? Sebab sistem pembakaran yang menggunakan blue core maka sistem aliran udara disalurkan dengan throttle body yang berukuran 24 mm dan Injector 4 lubang. Dengan adanya teknologi yang telah mimin jabarkan di atas, sudah pasti Yamaha mio M3 akan dipasarkan di Indonesia dengan harga yang cukup lumayan.

Rangka dan Kaki-Kaki

Rangka

Underbone

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal

Ukuran Ban Depan

80/80-14 (Belum Tubeless)

Ukuran Ban  Belakang

90/80-14 (Belum Tubeless)

Rem Depan

Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal

Rem Belakang

Tromol

Rangka dan kaki-kaki

Yamaha memang menaruh keseriusan dalam mendesain Kuda Besinya yang satu ini, hal ini terbukti dengan memasangkan rangka Yamaha Mio M3 dengan kerangka yang kokoh berbahan pipa besi (Underbone) dengan ditopang oleh suspensi depan Teleskopik dan Unit Swing di bagian belakangnya. Dengan kedua suspensi tersebut diharapkan pengendara akan mendapatkan pengalaman baru di dalam mengendarai motor yang tangguh dan lincah. Walaupun melintasi jalanan yang bergelombang suspensi motor ini mampu meredam getaran yang terjadi secara maksimal. Karena itulah jika harga Yamaha Mio M3 125 ini jauh lebih mahal dibanding motor-motor matic jenis lainnya yang masih dibekali sistem suspensi biasa.

Saat melintas dengan kecepatan tinggi dan di depan ada hal yang mengharuskan kalian berhenti atau sekedar mengurangi kecepatan motor maka Yamaha membekali motor ini dengan sistem pengereman yang keren pada kedua rodanya, di bagian depan memakai Single Disc Brake dan di bagian belakang menggunakan Drum Brake. Sedangkan ukuran ban didesain dengan ukuran lumayan yaitu 70/90 – 14 M/C 34P dan untuk ukuran ban belakang matic ini ialah 80/90 – 14 M/C 40P.

Velg Yamaha Mio M3 juga tampil lebih sporty. Selain itu, Yamaha memberi fitur canggih motor ini dengan fitur Smart Stand Side Switch yang menjaga mesin dalam kondisi mati saat standar samping belum dinaikan. Tidak seperti motor-motor lain seperti Yamaha Nouvo dan lain-lain yang bisa tetap dihidupkan meskipun standar samping belum dinaikkan, hal ini tentu bahaya sekali jika kita lupa menaikkan standar samping, untuk itu Yamaha membekali fitur ini supaya hal-hal buruk tidak terjadi.

Kelistrikan

Untuk fitur kelistrikan dari motor metik ini memanfaatkan baterai dengan jenis GTZ4V atau YTZ4V. Sedangkan untuk sistem pengapiannya Yamaha Mio M3 ini dilengkapi sistem TCI ( Transistorized Controlled Ignition ) yang ditopang dengan busi yang bertipe NGK/CR6HSA. 

Daftar Harga Mio M3 2020

Harga Mio M3

Rp. 15.640.000

Harga Mio M3 AKS SSS

Rp. 17.135.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya