• Home>
  • Review>
  • Yamaha WR 155R Motor Trail Dengan Mesin Sangat Bertenaga
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Yamaha WR 155R Motor Trail Dengan Mesin Sangat Bertenaga

Dilihat 610
Guntur Hanggara
1 Sep 2020, 11:03
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Kehadiran motor trail baru dari pabrikan asal Negeri Sakura ini mememang menjadi ancaman berat bagi Honda CRF150L sebab motor yang satu ini dibekali dengan beberapa fitur yang canggih, motor apakah itu? Yamaha WR155R adalah jawabannya. Sektor dapur pacu juga jauh lebih unggul secara kapasitas mesin yang secara langsung akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Menurut penilaian Otoloka, ada beberapa fitur yang patut disayangkan karena tidak sempat disematkan pada motor trail yang satu ini, fitur itu adalah di sektor suspensi yang belum memakai Upside Down dan pada sektor lampu yang belum dilengkapi Lampu LED. 

Akan tetapi jangan khawatir sebab kekurangan itu bakal terlupakan dengan adanya performa mesin yang tangguh dan tenaga yang sempurna. So kita gak salah dong sahabat otomotif jika mengambil motor Yamaha WR155R ini sebagai ganti dari motor trail di kelasnya seperti Honda dan Kawasaki.

Yamaha WR155R tampil dengan mesin yang sama seperti digunakan pada Yamaha MT-15, Yamaha R15 atau XRS 155. Dimana mesin yang digunakan berkapasitas 155cc dengan dilengkapi teknologi VVA. Dengan demikian torsi dan tenaganya diharapkan lebih optimal saat melewati jalanan halus atau yang terjal sekalipun. Oleh karena itu motor Yamaha WR 155R ini dapat dikatagorikan sebagai motor trail terbaik di kelasnya. 

Rilisnya motor Yamaha WR 155R ini menjadi sebuah pembuktian bahwa Yamaha tak kehabisan ide untuk menciptakan motor-motor handal untuk menyaingi Honda dan Kawasaki, apalagi di Indonesia yang paling bertenaga adalah motor Yamaha WR 155R untuk kelas motor trail 150cc. Bisa jadi nih sobat otomotif, Suzuki bakal terpancing untuk ikut merilis motor trail seri 150cc ke depannya.

Jika kalian pekerja kantoran yang sering melewati jalan raya, motor trail jenis ini juga macco dan gagah untuk diajak berkolaborasi saat kalian berangkat kerja, sebab motor ini nyaman sekali dipakai on road ataupun off road. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan spesifikasi lengkapnya pada keterangan di bawah ini!

Spesifikasi Yamaha WR 155


Dimensi Body
Panjang 2.145 mm
Lebar 840 mm
Tinggi 1.200 mm
Wheelbase 1.430 mm
Ground Clearance 245 mm
Tinggi Tempat Duduk 888 mm
Berat 134 kg
Kapasitas BBM 8.1 Liter
Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, VVA
Kapasitas Mesin 155 cc
Tenaga 12.3 kW @ 10.000 rpm
Torsi 14,3 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Pembakaran Fuel Injection
Sistem Transmisi Manual 6 Percepatan
Tipe Starter Electric
Diameter Bore X Stroke 58,0 mm x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11.6:1
Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Rangka & Kaki-Kaki
Rangka Semi Double Crandle
Tipe Ban Dual Purpose
Ban Depan 2.75-21 45P
Ban Belakang 4.10-18 59P
Suspensi Depan Telescopic 41mm
Suspensi Belakang Monocross
Sistem Pengereman
ABS –
Rem Depan Wave Disc 240
Rem Belakang Wave Disc 220

Desain Yamaha WR 155R  

Untuk masalah desain Yamaha WR 155R ini tampil lebih keren dibandingkan dengan Honda CRF150L atau Kawasaki KLX 150. Dengan dimensi body panjang 2.145 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.200 mm, serta jarak sumbu roda berukuran 1.430 mm ditambah dengan lekukan yang lebih terlihat tajam. 

Selain itu bodynya yang bongsor ternyata membuat motor trail ini lebih berat daripada Honda CRF 150L. Dimana perbandingannya sekitar 12 Kg daripada motor CRF 150L yang hanya seberat 122kg. Itu artinya Yamaha WR 155R ini mengusung berat sebesar 134 kg. Selanjutnya untuk tinggi tempat duduknya mencapai 888 mm dan mempunyai groud clerance 245 mm.

Kalian pasti penasaran dengan bobot motor ini, mengapa lebih berat dibandingkan dengan motor trail di kelasnya? Hal itu dikarenakan motor ini mempunyai tangki bahan bakar yang berkapasitas 8.1 liter untuk sekali isi penuh. Dengan tangki yang bisa menampung bahan bakar lebih dari biasanya tentunya motor ini sangat friendly banget jika kita ajak berpetualang ke mana-mana.

Patut disayangkan motor ini belum dilengkapi teknologi lampu LED, ia hanya menggunakan headlamp biasa yang ditopang dengan fitur Hazard. 

Namun fitur lainnya dari Yamaha WR155R ini adalah speedometer LCD yang menunjukkan informasi berkendara secara akurat, seperti Odometer, Trip Meter, rata-rata konsumsi BBM, indikator transmisi, jam digital, dan lain-lain.

Performa Mesin Yamaha WR 155R

Mesin dengan kelengkapan teknologi VVA tampaknya menjadi andalan dari motor Yamaha WR 155R ini dalam sektor dapur pacunya. Ketangguhan dan kemampuannya menghasilkan tenaga super tidak bisa diragukan lagi apalagi akselerasinya yang lancer dan sangat cepat. 

Berbekal mesin 155cc yang ditopang teknologi VVA, motor ini akan menemani kita menemukan pengalaman adventure yang sangat nyaman dan tak terbayangkan. Mesin tersebut juga ditopang sistem pendingin cairan pendingin yang menjadikan tenaga mesin lebih stabil.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Yamaha WR 155R ini sebesar 12.3 kW pada putaran mesin sebesar 10.000 rpm. Adapun torsinya menghasilkan capaian maksimal 14.3 Nm pada 6.500 rpm. Ini menjadi bukti bahwa motor trail Yamaha WR 155 R akan menjadi sebuah motor yang tak tertandingi tenaganya di kelas 150 cc.

Jika kita bandingkan dengan tenaga Honda CRF150L yang cuma mampu sebatas 9.51 kW dan torsi 12.43 NM, tentu akan terdapat perbedaan akselerasi di antara keduanya. Apalagi Yamaha telah melengkapinya dengan fitur sistem transmisi manual 6 percepatan yang sudah kita sama-sama ketahui tidak dimiliki oleh Honda CRF150L ataupun Kawasaki KLX 150.

Suspensi Yamaha WR 155R

Rangka motor ini juga lain daripada motor-motor sport hasil pabrikan Yamaha pada umumnya yang menggunakan rangka deltabox, namun kali ini justru menggunakan Semi Double Crandle Frame. Namun justru rangka itu mampu membuat pengendara lebih bisa mengendalikan motor dan menstabilkan motor saat dipacu dalam perjalanan. Selain itu rangka tersebut mempunyai bobot yang sangat ringan, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara melintasi berbagai medan jalan.

Di mana ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, itu juga yang dialami oleh Yamaha WR 155R ini dimana suspensinya masih menggunakan Teleskopik dengan diameter 41 mm. Padahal motor dikelasnya yang notabenenya menjadi pesaing berat sudah menggunakan suspense Upside Down seperti Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150. Untungnya suspensi tersebut masih terbilang nyaman sebab mempunyai panjang mencapai 899.1 mm yang menciptakan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

Suspensi depan motor ini dapat diandalkan untuk melintasi berbagai medan jalan dengan sangat halus. Medan off-road maupun on-road dapat ditaklukkan tanpa ada rintangan sedikitpun. Apalagi untuk bagian belakang telah dibekali suspensi Monocross yang dapat diatur tingkat kekerasannya.

Ban & Pengereman Yamaha WR 155R

Petualangan Yamaha WR 155R akan jauh lebih sempurna karena disuguhkan dengan ban dual purpose yang mempunyai profil 2.75-21 45P di bagian depan dan 4.10-18 59P pada roda belakangnya. Di samping itu velg yang digunakan juga berbahan alumunium yang tentunya akan kuat dan ringan.

Pada bagian pengereman, Yamaha WR 155R ini dilengkapi dengan rem cakram bergelombang (Wavy Disc Brake) yang terpasang di kedua rodanya. Dengan ukuran berdiameter 240 mm depan dan 220 mm belakang, sudah cukup aman jika nantinya sewaktu-waktu kalian gunakan untuk pengereman mendadak.

Fitur Lainnya Yamaha WR 155R

Fitur lain yang tak boleh pandang sebelah mata adalah jok bergaya Yamaha YZ Series yang mempunyai desain stylish dan didesain rata untuk memudahkan pengendara Yamaha WR 155 dalam mencari posisi berkendara yang nyaman. Adapun untuk fitur lainnya masih sama dengan yang lain yaitu speedometer LCD, lampu hazard, dan mesin berteknologi VVA.

Secara fitur memang kalah canggih Yamaha XSR 155 yang dirilis berbarengan dengan motor ini. Padahal harga Yamaha WR 155 hampir sama dengan XSR 155. Kalau mimin boleh berpendapat nih, sejatinya kekurangan tersebut cukup masuk akal, sebab sebenarnya WR 155 merupakan motor trail yang dikhususkan untuk mengarungi segala medan.

Harga Yamaha WR 155R

Jika kalian tertarik memiliki motor ini kalian harus mengeluarkan budget sebesar Rp. 36.9 Juta. Waduh, harga Yamaha WR 155 ternyata lebih mahal daripada Honda CRF150L yang ditawarkan sekitar Rp. 33.6 Jutaan. 

Dengan selisih 3 jutaan kalian boleh menentukan pilihan terbaik untuk kalian beli, mau motor trail ini atau Honda CRF150L. Pilihan ada ditangan anda, sebab soal suka dan tidak suka itu urusan pribadi masing-masing, benar kan?

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya