OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Yamaha Xabre 150 Motor Berdesain Sporty dan Macho pada Jamannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Yamaha Xabre 150 Motor Berdesain Sporty dan Macho pada Jamannya

Dilihat 180
Guntur Hanggara
1 Sep 2020, 10:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Yamaha Xabre 150 menurupakan deretan motor yang diluncurkan pada akhir tahun 2016. Bisa dibilang unik untuk sebuah nama motor. Body yang sangat agresif dan lincah menunjukkan bahwa motor ini layak dijuluki sebagai “Raja Jalanan” menitik beratkan pada body yang sporty dan memiliki lekukan yang istimewa.

Penampilannya yang fashionable sebagai motor sport menjadikannya sebagai salah satu keunggulan motor ini dengan kapasitas tenaga 150 cc. Nama lain dari Yamaha Xabre adalah Yamaha MT-15 atau Yamaha M-Slash yang dipasarkan di Negara Gajah Putih sebelumnya. 

Entah karena apa, akhirnya Yamaha merubah nama menjadi Yamaha Xabre 150, mungkin untuk menarik perhatian para penggemar motor di jalan raya, meski demikian ternyata motor Yamaha Xabre ini tak kalah tangguh mesin yang diusungnya dengan Yamaha MT-15 atau M-Slash, atau bisa dibilang hampir menyerupai.

Motor ini mempunyai desain agresif dengan gaya street fighter yang keren & kokoh. Seluruh bodinya terlihat bertenaga dan dilengkapi oleh suspensi Upside Down dengan diameter 37 mm yang menjadikan handling jauh lebih sempurna, lebih stabil, dan pastinya lebih gahar. 

Belum ada motor yang bisa menjadi tandingan Yamaha Xabre 150 ini di Indonesia, mungkin jika disandingkan dengan Honda CB190F dan Honda CB150R Exmotion akan tampak tiga motor sport yang saling bersaingan.

Meskipun performa mesinnya dibawah Yamaha Vixion R namun demikian kapasitasnya sama 150 cc, selain itu juga dilengkapi dengan fitur Assist dan Slipper Clutch, wow fantastis banget kan sahabat otomotif? 

Diharapkan sih kedepannya teknologi yang akan digunakan oleh generasi Xabre selanjutnya lebih ditingkatkan lagi. Namun demikian jika kalian ingin bersaing dengan motor-motor sekelas 150 cc maka Yamaha Xabre ini jauh lebih unggul baik dari segi desain yang sporty ataupun fitur-fiturnya.

Untuk lebih jelasnya mari sahabat otomotif simak ulasan Otoloka di bawah ini!

Desain dan Dimensi Yamaha Xabre 150


Desain & Dimensi
Dimensi 1959 mm x 795 mm x 1065 mm
Berat 135 kg
Kapasitas Tangki 10.2 L
Ground Clearance 164 mm
Tinggi Tempat Duduk 805 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm

Gaya Modern yang diusung pada Yamaha Xabre tidak bisa dipisahkan dari penggunaan suspensi depan bertipe Upside Down. Dengan ukuran cukup besar, yakni berdiameter 37 mm. Yamaha melapisinya dengan warna emas yang menjadikannya tampak semakin bersinar dan lebih unggul dari motor sport sekelasnya. 

Selain Upside Down kalian juga akan menemukan lampu depan Full LED yang memancarkan cahaya bersih terang benderang dan lebih energy safety. Desain lampu depannya juga tampak gagah dan lampu belakang juga indah, keduanya mengadopsi teknologi LED, tampaknya hal ini merupakan syarat wajib ada pada motor keluaran 2020 ya sobat otomotif.

Untuk masalah pengisian bahan bakar kalian tak perlu khawatir sebab sudah dibekali dengan tangki berkapasitas 10.2 Liter untuk pengisian penuh dan dilengkapi oleh Shroud dan Undercowl yang mempunyai sudut tajam dan runcing. Selanjutnya untuk dimensinya mempunyai bentang panjang 1.959 mm, lebar 795 mm, dan tinggi 1.065 mm. Sayangnya nih sobat, 

Berat bodynya lebih berat dibandingkan Honda Verza 150, karena mencapai 135 kg. Selain itu jika kalian tinggi badan kalian dibawah 170 cm akan terasa agak sulit untuk mengendarai motor ini, sabar ya sahabat. Mengapa demikian? Sebab tinggi tempat duduk Yamaha Xabre terhitung 805 mm dan jarak terendah ke tanahnya terhitung 164 mm.

Spesifikasi Mesin Yamaha Xabre 150


Tipe 4 Langkah Berpendingin Cairan, SOHC
Kapasitas 150 cc
Daya Maksimum 12.0 Kw/8500 Rpm
Torsi Maksimum 14.3 Nm/7500 Rpm
Bore × Stroke 57,0 X 58,7 Mm
Rasio Kompresi 10,4 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Starter Elektrik
Tipe Transmisi 6-speed

Nah sobat, untuk urusan mesin Yamaha Xabre ini sudah dibekali dengan mesin bertenaga 4 langkah dengan Liquid Cooled, dilengkapi dengan SOHC yang mempunyai kapasitas 1500cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga all-out sebesar 12 kw pada putaran mesin 8.500 rpm. 

Adapun torsinya maksimum mencapai 14.3 Nm pada putaran 7.500 rpm. Tidak cukup sampai disitu, mesin ini juga dilengkapi dengan fitur full injeksi yang mampu menghemat bahan bakar saat berkendara jarak jauh. Selanjutnya Yamaha Xabre ini juga sudah dibekali dengan Forge Piston dan Diasil Cylineder, wow hebat kan sobat?

Kemampuan akselerasi juga semakin menambah keyakinan kita untuk memilikinya karena dengan transmisi manual 6 percepatan. Tenaga mesin yang disalurkan akan terbagi secara menyeluruh sehingga akselerasinya meningkat. Untuk menghidupkannya kalian cukup menekan tombol Elektrik Strater dan mesin motor ini mempunyai konfigurasu Diameter x langkah dengan ukuran 57,0 X 58,7 Mm. 

Transmisi manual 6 percepatan membuat kemampuan akselerasi semakin mantap dan responsif. Tenaga mesin akan terdistribusi secara merata, sehingga akselerasinya semakin meningkat. Motor ini juga dilengkapi Elektrik Starter dan mesinnya memiliki konfigurasi Diameter x Langkah berukuran 57,0 X 58,7 mm.

Motor ini memakai suspensi belakang yang dilengkapi Aluminium rear arm yang ringan dan diintegrasikan dengan sebuah shockbreaker yang menjadikannya lebih stabil saat digunakan untuk perjalanan di segala medan jalan.

Rangka dan Kaki-kaki Yamaha Xabre 150

Rangka & Kaki-Kaki
Suspensi depan Upside Down
Suspensi belakang Alumunium Swing Arm + Monoshock
Ukuran Ban Depan 110/70-17
Ukuran Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Kelebihan yang lain dari motor Yamaha Xabre ini adalah di bagian rangka, ia menggunakan deltabox yang ringan namun kokoh. Adapun untuk fitur pengereman motor ini memakai rem cakram pada roda depan dan belakang. Namun sayangnya belum dilengkapi dengan sistem ABS, mungkin ini menjadi salah satu alasan harganya tidak terlampau mahal. 

Fitur lain yang menjadi keunggulan motor sport ini adalah Speedometer Full Digital yang memiliki banyak fungsi utama dan mampu menampilkan informasi secara akurat dan mudah dipahami. Desain speedometernya juga fashionable dan menjadikan Yamaha Xabre tampil dengan gaya modern. Kekurangannya tidak ada indikator posisi gear, cuma ada indikator netral. Speedometer itu juga menunjukkan jam digital, speed meter, dan pastinya sisa bahan bakar.

Selain itu Yamaha Xabre memiliki stang lebar sehingga posisi berkendara lebih tegak, kalian akan merasa lebih nyaman saat mengadakan touring bersama motor lain. Motor ini sangat sesuai jika dijadikan motor touring, karena tidak akan membuat kalian lelah. 

Terlebih Yamaha tenaga mesinnya berkapasitas 150cc yang hemat bahan bakar dan mempunyai kemampuan akselerasi cukup lumayan. Disamping itu, Yamaha Xabre mengusung sistem pengapian TCI yang menyempurnakan performa dari motor sport 150cc ini. 

Harga Yamaha Xabre

Daftar Harga Yamaha Xabre
Harga Yamaha Xabre Baru Rp. 30.700.000
Harga Yamaha Xabre Bekas Rp. 18 Jutaan – Rp 22 Jutaan

Jika kalian ingin meminang motor ini kalian harus membawa mahar sebesar Rp30 jutaan untuk harga barunya, namun kalian bisa lihat untuk harga bekasnya malah turun drastis menjadi 18-22 jutaan, meski demikian pasaran motor Yamaha Xabre ini sangat laris lho. Alasannya karena penampilannya begitu indah, macco dan cowok banget. Apakah kalian setuju?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya