• Home>
  • Review>
  • Yuk, intip Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Yuk, intip Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

Dilihat 1363
EKO
14 Okt 2021, 10:58
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

nissan grand livina

Otoloka.id- Grand Livina merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas bawah yang dihadirkan oleh Nissan Motor Indonesia. Mobil tersebut hadir pada 5 April 2007, untuk mengisi segmen mobil keluarga dengan kapasitas penumpang tujuh orang.

Sebenarnya, Nissan Grand Livina punya saudara lain, yaitu Nissan Livina yang mengadopsi model hatchback berkapasitas lima penumpang. Model ini justru lebih dulu dikenalkan pada 2006 silam di gelaran Ghuangzhou International Motor Show.

Nissan Grand Livina dirakit di pabrik Nissan yang berada di Karawang, Jawa Barat. Selain indonesia, Nissan juga merakit mobil tersebut di China, Taiwan, Malaysia, Filipina, Vietnam, Afrika Selatan, dan Brazil. 

Namun, Indonesia yang dijadikan basis untuk merakit Grand Livina, dan diekspor ke negara tetangga.

Sejak hadir di Indonesia pada 2007 sampai 2019, Nissan Grand Livina menjadi salah satu mobil MPV yang diminati. Selama mengaspal pada periode tersebut, mobil keluarga ini mampu mencapai penjualan sebanyak 195.448 unit.

Beberapa penghargaan diterima oleh Grand Livina. Salah satunya adalah, pada tahun 2008 mendapat predikat sebagai Best Model of the Year oleh perusahaan konsultan pertumbuhan dunia Frost & Sullivan. 

Selain itu, mobil ini juga mendapat penghargaan Best Compact MPV pada ajang Autobild Award di tahun 2013.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina, Desain Modern Banyak Fitur

Selama dua belas tahun mengisi segmen mobil keluarga, Nissan Grand Livina mengalami satu kali penyegaran di tahun 2013 dengan kode bodi L11. Sementara untuk generasi pertama kode bodinya L10.

Penasaran perbedaannya apa? Simak terus artikel ini

nissan grand livina

Nissan Grand Livina L10

Menyandang status sebagai low MPV, Nissan Grand Livina panjang 4.180 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.590 mm.

Pada kode bodi ini, terdapat tiga varian trim, yaitu SV sebagai varian terendah, XV mengisi kelas menengah, dan Ultimate sebagai varian tertinggi.

Dalam tiap trim yang disediakan Nissan Grand Livina, terdapat dua jenis mesin sebagai pilihan.

Mesin 1.5 liter 1.500 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 107 dk dengan torsi 148 Nm. Mesin tersebut memakai kode HR15DE.

Grand Livina dengan trim SV, dan XV yang menggunakan mesin ini. Untuk mesin 1.5 liter dengan trim SV, transmisi yang tersedia hanya manual lima percepatan saja. 

Sementara pada trim X, selain manual tersedia juga transmisi otomatis konvensional empat percepatan.

Kemudian ada mesin MR18DE untuk Grand Livina 1.8 liter, yang berkubikasi 1.800 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut sebesar 124 dk dengan torsi mencapai 153 Nm. 

Varian yang mengadopsi mesin tersebut adalah XV, dan Ultimate. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual enam percepatan dan otomatis empat percepatan.

Baca juga: Nissan Livina, Mobil Manis yang Elegan

Nissan Grand Livina L11

Di tahun 2013, Nissan Grand Livina mengalami penyegaran. Dari yang jelas terlihat adalah lampu belakang yang berubah bentuk, jadi melebar. 

Dimensi mobil ini juga menjadi lebih panjang 45 mm, dari yang sebelumnya memiliki panjang 4.180 mm.  

Pada sektor mesin, Nissan Grand Livina 1.5 liter masih menggunakan mesin yang sama, yaitu HR15DE. Namun, telah mendapat pembaharuan, seperti dibenamkannya sistem dual injector dan teknologi Continous Variable valve Timing Control (CVTC).

Bagian transmisi otomatisnya mendapat peningkatan pada Grand Livina dengan kode bodi L11, yaitu mengadopsi Continous Variable Transmission (CVT), yang dikenal lebih halus dalam tiap perpindahan giginya.

Sementara pada mesin 1.8 liter tetap menggunakan mesin yang sama, yaitu MR18DE tanpa ada pembaharuan. Pada bagian transmisi otomatisnya, juga sama seperti model sebelumnya yang belum CVT.

Terdapat beberapa penyesuaian trim dan kehadiran trim baru pada Grand Livina berkode bodi L11, yaitu pada trim SV, dan XV mesin 1.5 liter yang hanya tersedia dengan transmisi otomatis CVT saja.

Pada mesin 1.8 liter, varian Ultimate dihapus, dan dihadirkan varian X-Gear sebagai kasta tertinggi yang sebelumnya hanya tersedia pada Nissan Livina. 

X-Gear tidak hanya tersedia pada mesin 1.8 liter saja, tetapi juga tersedia pada mesin 1.5 liter.

interior grand livina l11

Kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina

Hadir selama 12 tahun di indonesia, membuat Grand Livina punya kesan di mata konsumen. Ada beberapa kelebihan yang terdapat pada mobil keluarga tersebut, namun ketika beralih fungsi, kelebihan yang ada justru menjadi kelemahan Nissan Grand Livina.

Kelebihan Nissan Grand Livina

Mesin bertenaga

Hadir dengan dua varian mesin 1.5 dan 1.8 liter membuat mobil ini punya kemampuan lebih besar dibanding pesaing. Keluaran tenaga yang dihasilkan kedua mesin tersebut dirasa sangat cukup untuk melakukan perjalanan dalam dan luar kota.

Perpindahan gigi halus

Transmisi otomatis CVT pada model bodi L11, membuat pengemudi lebih nyaman karena perpindahan giginya halus. Bahkan, pada model suksesornya, transmisi otomatis CVT tersebut tidak ditemukan. Untuk varian 1.8 dengan transmisi manual, terdapat enam percepatan yang tak ditemui pada mobil sejenis.

Sistem keselamatan lengkap

Untuk varian tertinggi pada Grand Livina, sudah dibekali dengan sistem keselamatan ABS, EBD, dan BA. Airbags juga menjadi perangkat standar pada tiap model Grand Livina, pada varian tertinggi airbags tersebut juga ditambah. Sensor parkir dan kamera belakang juga tersedia pada mobil ini.

Fitur hiburan lengkap

Grand Livina termasuk mobil yang memanjakan penumpang didalamnya. Karena pada model ini, sudah ditemukan head unit dengan layar sebesar enam inci, dan pada varian tertinggi terdapat enam buah speaker.

Lincah bermanuver

Karena dari awal kelahiran sudah mengadopsi desain bodi hatchback, serta disokong oleh mesin yang terbilang besar dibanding pesaingnya, membuat Grand Livina jadi lincah saat diajak manuver di jalan. Ground clearance yang rendah juga menjadi keunggulan dalam bermanuver, karena tidak terasa limbung.

Kabin mewah

Untuk ukuran mobil keluarga kelas bawah, sangat jarang yang menggunakan pelapis jok berbahan kulit asli. Hal tersebut dapat ditemukan pada varian tertinggi Grand Livina. Pada varian menengah menggunakan bahan pelapis jok dengan kombinasi kulit dan fabric.

Kekurangan Nissan Grand Livina

Kabin terasa sempit

Karena mengadopsi desain hatchback, membuat Grand Livina seakan dipaksakan untuk bisa menampung tujuh penumpang. Akibatnya, jelas kabin yang terasa sempit, terutama di baris ketiga. 

Perasaan sempit makin terasa ketika duduk, tinggi mobil yang hanya 1.590 mm membuat kepala seakan terlalu dekat dengan atap mobil.

Kabin kurang kedap

Dimensi yang terbilang kecil sebagai mobil keluarga, membuat Grand Livina harus mengorbankan kenyamanan dengan kabin yang sempit. Selain itu, pelapis pada kabin juga tipis untuk menambah volume kabin. Akibatnya, suara dari luar kendaraan terdengar di dalam kabin.

Terlalu rendah

Untuk ukuran mobil keluarga yang menampung banyak penumpang, sudah semestinya punya ground clearance yang lumayan tinggi. Grand Livina punya jarak ground clearance hanya 175 mm, di saat pesaingnya punya jarak yang lebih besar. Pada model suksesornya, Grand Livina punya ground clearance 200 mm.

Suspensi Ambles

Suspensi yang empuk ternyata juga menjadi masalah ketika diisi oleh banyak penumpang, karena membuat ground clearance makin rendah, dan berpotensi gesrot ketika menemui jalan bergelombang atau berlubang.

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya