Toyota Calya

Toyota Calya

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan
Overview

Mobil Toyota Calya

Review Mobil Toyota Calya

Cari mobil keluarga dengan harga murah? Salah satu pilihan yang dirasa tepat adalah Toyota Calya. Produk MPV Low Cost Green Car (LCGC) itu kini menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang mendambakan sebuah mobil keluarga dengan harga murah.

Toyota Calya merupakan hasil pengembangan antara Toyota-Daihatsu di Indonesia, yang membuahkan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Secara tampilan, mobil ini sudah cukup menarik.

Calya pun menawarkan ruang kabin yang cukup lapang untuk mengakomodir kebutuhan 7-penumpang. Menyoal harga, mobil ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 161,2 juta, dengan dua varian yang dijajakan yakni E dan G.

Bagi kalian yang tertarik untuk meminang Toyota Calya, untuk model yang dipasarkan saat ini merupakan versi facelift di tahun 2022. Calya-Sigra sendiri pertama kali melakoni debut di Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Pada facelift tahun 2022 ini memiliki pembauan seperti :

- Grille desain terbaru

- Lampu utama LED dibalut mika smoke

- New Advanced Audio Head Unit

- Pelek 14 inci berdesain baru

- Antena Shark Fin

- New Rear Parking Camera

- Rear Parking Sensor

- Spion Lipat

- Kabin serba hitam dan coklat

- Dual SRS airbag, Front Corner Sensor, ABS, EBD, Rear Parking Camera

- New fog lamp ornament

- Seat cover baru

- New Door Handle Protector

 

Produk yang diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat tersebut ditawarkan dalam pilihan mesin 3NR-VE 1.2L 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i .

Secara pasar, nampaknya cukup jeli menempatkan Toyota Calya yang berada di rentang harga di bawah Rp 200 jutaan. Dampaknya pun langsung terlihat, melalui penjualan Calya yang ternyata berkontribusi cukup baik bagi Toyota di Indonesia.

Lalu sebenarnya apa saja yang menjadi keunggulan Toyota Calya yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 158,3 Juta hingga termahal Rp 180,8 juta? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:


Spesifikasi Toyota Calya

Mesin Toyota Calya 
Tipe Mesin 3NR-VE 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder 1.197 cc
Tenaga Maksimal88 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal107 Nm @ 4.200 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam12,5 detik
Konsumsi bahan bakar 14 km/liter (dalam kota) 20 km/liter (jalan tol)
Transmisi 5-Speed Manual & 4-Speed Automatic
Sistem PenggerakFront-wheel Drive


Dimensi Toyota Calya
Wheelbase2.525 mm
Radius Putar4,5 m


Kaki-kaki dan Suspensi Toyota Calya
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer / Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring & Stabilizer
Rem Depan/BelakangVentilated Disc Brake / Drum, Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang
Pelek R14 Dual-tone Polished Alloy
Ukuran Ban175/65 R14


Bersama dengan kembarannya, yakni Daihatsu Sigra. Toyota Calya menjadi pilihan bagi masyarakat yang mendambakan mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Menariknya, kini Toyota Calya dan Daihatsu Sigra setidaknya mampu menandingi penjualan Avanza-Xenia di Indonesia. Bahkan Daihatsu Sigra menjadi salah satu produk terlaris Daihatsu Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Sedikit menilik ke belakang, Sigra-Calya dibangun dari konsep UFC-3 yang sempat dipamerkan di ajang IIMS 2014. Mobil konsep itu sempat diproyeksikan sebagai generasi terbaru Avanza-Xenia.

Namun dua tahun berselang, tepatnya pada GIIAS 2016. Justru duo pabrikan Jepang tersebut merilis Calya dan Sigra untuk pasar Indonesia.

Alasan kuat banyak konsumen yang berminat meminang mobil ini lantaran Calya punya dimensi yang lapang, konsumsi BBM yang efisien, dan juga mampu menampung banyak penumpang.

Melihat tingginya animo terhadap Toyota Calya, pada tahun 2022 Toyota Indonesia menghadirkan versi facelift pada MPV LCGC andalannya tersebut. Beberapa penyegaran dilakukan oleh pabrikan, baik pada sisi eksterior, interior dan juga fitur yang mendapatkan peningkatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini gambaran singkat mengenai Toyota Calya yang perlu kalian ketahui. Setidaknya sebelum resmi membeli untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Eksterior

Mobil Toyota Calya

Eksterior Tooyota Calya

Desain Toyota Calya facelift terlihat lebih menarik, berkat sejumlah sentuhan baru yang kini jadi modal utamanya untuk dapat bersaing di Indonesia. Penyegaran terjadi pada bagian bumper depan yang kini terlihat lebih agresif yang dikombinasikan gril berukuran besar.

Tak hanya itu saja, kini Calya juga sudah dilengkapi dengan lampu utama dengan teknologi LED. Terkait buritan, tak banyak perbedaan dengan model sebelumnya.

Hanya saja, kini Toyota Calya facelift punya pelek dengan desain baru, namun masih berukuran 14 inci. Pada varian tertinggi, Toyota Calya sudah dibekali dengan spion auto-retractable.

Pembeda lainnya dengan model sebelumnya, terlihat pada ornamen yang berada di atas dudukan plat nomor yang kini mengusung kelir krom gelap yang membawa tampilannya jadi terasa lebih elegan.

Fitur baru lainnya yaitu Smoked Headlamp dan Foglamp ornament dengan aksen geometris dan chrome menjadikan karakter lebih sporty dan modern


Interior

Interior Toyota Calya

Masuk ke bagian kabin, Toyota Calya 2022 tak mengalami perbedaan yang signifikan. Penyegaran hanya terletak pada sentuhan warna saja, jika sebelumnya mengusung kelir krem, kini tampilannya berubah coklat gelap.

Fitur hiburan Toyota Calya sejatinya sudah cukup baik, dengan kepraktisan yang baik. Pada tipe G telah dilengkapi dengan console multifungsi yang berada di bawah tuas transmisi.

Sistem hiburannya juga didukung dengan head unit layar sentuh yang terintegrasi dengan USB, DVD, Bluetooth, hingga AUX. Oh ya.. mobil ini juga dilengkapi dengan pengaturan AC model tombol yang menggantikan model knob pada model sebelumnya.

Kabin jadi salah satu yang patut menjadi perhatian konsumen sebelum membeli Calya. Pasalnya mobil ini menyajikan kursi yang cukup nyaman di kelasnya, serta mampu menampung 7-penumpang.

Seluruh kursi juga sudah dibekali dengan headrest, dengan sabuk pengaman 3-titik. Pada kursi bagian depan dirancang menyatu, lengkap dengan armrest yang menopang kenyamanan ketika berkendara.

Di Calya tipe G, sudah dibekali dengan seat back pocket yang tentunya menunjang kepraktisan dalam membawa barang bawaan. Selain itu, di bawah kursi penumpang bagian depan dilengkapi under tray yang memungkinkan menampung barang bawaan dengan kapasitas maksimal 2 kg.


Fitur

  

Fitur Toyota Calya

Harga murah, namun bukan berarti punya peranti yang murahan. Pasalnya Toyota Calya punya beragam fitur keselamatan modern. 

Mobil ini sudah dibekali dengan dual SRS airbag, sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner & force limiter, dan ISOFIX. Tak hanya itu saja, tersedia juga fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).

Khusus di tipe G sudah dibekali dengan rear parking sensor, yang tentunya dapat membantu pengemudi ketika memarkirkan kendaraan. Keamanan mobil didukung dengan Immobilizer dengan remote yang dapat mencegah mobil dari tindakan pencurian.


Mesin & Performa

  

Mesin Toyota Calya

Perihal mesin dirasa penting untuk jadi pertimbangan sebelum konsumen membeli Toyota Calya. Mobil ini dipersenjatai mesin berkode 3NR-VE berkubikasi 1.197 cc Dual VVT-i 4-silinder.

Mesin tersebut diklaim pabrikan menyajikan konsumsi bahan bakar yang efisien. Pun begitu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm di 4.200 rpm.

Tenaga disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yaitu 5-percepatan manual dan juga 4-percepatan otomatis. Mesin dan transmisi dirasa sudah mumpuni mengakomodir kebutuhan perkotaan.


Performa dan Handling Toyota Calya

Terkait performa, mobil ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Namun akselerasi yang ditawarkan sudah cukup baik, dari kondisi diam ke 100 kpj hanya dalam waktu 12,5 detik.

Dari sisi handling, mobil ini cukup stabil ketika dipacu dalam kecepatan 80 hingga 100 kpj. Mungkin saja hal ini disebabkan penggunaan sasis monokok serta double stabilizer di bagian depan dan belakang.

Pengendaliannya pun cukup baik, berkat hadirnya electronic power steering. Lingkar kemudi terasa ringan ketika dipacu dalam kecepatan rendah, dan nurut ketika diajak bermanuver.

Saat dipacu dalam kecepatan tinggi, karakter setir berubah jadi lebih berat. Namun sayang, kelemahan yang jadi belum tuntas sejak model sebelumnya, yakni mudah amblas ketika diisi penuh 7-penumpang belum hilang.

Namun konsumen tak perlu khawatir, sebagai langkah untuk mengatasi masalah ini bisa melakukan penggantian per belakang dengan profil yang lebih kaku atau keras.


Konsumsi BBM

Konsumsi BBM Toyota Calya

Alasan kebanyakan konsumen memilih Toyota Calya sebagai mobil keluarga, lantaran produk ini punya konsumsi bahan bakar yang efisien. Menurut hasil pengujian Otoloka, untuk penggunaan dalam kota Jakarta menembus 15,4 km/liter.

Sementara penggunaan di jalur bebas hambatan, seperti tol sejauh 100 kilometer menghasilkan konsumsi BBM menembus 22 km/liter.

Nah, pencapaian itu mungkin berbeda. Mengingat gaya berkendara setiap pengemudi berbeda-beda. Serta penggunaan bahan bakar yang tentunya mempengaruhi hasil konsumsi bahan bakar.

Ketika melakukan pengujian, kami menggunakan bahan bakar Pertamax dengan RON 92.


Kesimpulan

Toyota Calya facelift dirasa bisa jadi pilihan bagi kalian yang mencari sebuah mobil keluarga dengan rentang harga Rp 160 jutaan. Setidaknya mobil ini menjadi alternatif, jika rasanya Avanza terlalu mahal bagi Anda.

Mengingat fitur yang ditawarkan sudah cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan. Selain itu, mobil ini juga menawarkan konsumsi BBM yang efisien, dan mampu menampung hingga 7-penumpang.

Rekomendasi Terkait

Berita Terpopuler

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset