• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

10 Tips Tips Kredit Mobil Baru dan Bekas

Indra Prabowo
2022-07-26 17:23:58
Indra Prabowo
loading...

Otoloka.id – Di jaman sekarang membeli mobil secara kredit memang lazim. Bahkan mayoritas konsumen beli mobil non-tunai. Berikut ini kami sajikan tips kredit mobil baru dan mobil bekas supaya tidak memberatkan Anda.

Tips kredit mobil baru dan mobil bekas ini diambil dari berbagai sumber yakni Asuransi Astra, Mandiri Utama Finance dan ACC (Astra Credit Companies), serta kami telah sesuaikan:

1. Pilih jenis mobil. Di pasar tersedia berbagai jenis mobil (MPV, sedan, SUV, hatchback dan lain-lain) dari berbagai brand seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Suzuki, Mitsubishi, Hyundai, Kia, Wuling. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah untuk bekerja atau keluarga atau keduanya. Misalkan saja, mobil yang Anda inginkan lebih cenderung untuk kebutuhan keluarga berarti Anda membutuhkan mobil dengan daya angkut dan dimensi yang lebih besar untuk membawa semua anggota keluarga dan barang-barang. Tapi ketika Anda memerlukan mobil untuk bekerja, berarti mobil lebih kecil merupakan pilihan yang tepat.

2. Tentukan mobil baru baru atau mobil bekas. Masing-masing punya keunggulan-keunggulan. Mobil baru memiliki fitur-fitur kekinian, memiliki masa garansi lebih panjang, dan Anda mengikuti trend. Sebaliknya, mobil bekas relative lebih murah dan Anda bisa mendapatkan mobil di kelas lebih atas dibandingkan mobil baru dengan budget yang sama. Namun, jika Anda membeli mobil bekas, artinya Anda harus lebih teliti memeriksa kondisi dan riwayat servis atau perbaikan unit, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

3. Tips kredit mobil baru dan mobil bekas berikutnya adalah manfaatkan program promo dealer. Di sini Anda harus menanyakan salesman mengenai program promosi apa yang sedang berlaku dan menguntungkan konsumen. Tidak ada salahnya jika Anda membandingkannya dengan dealer-dealer lain.

4. Waktu pembelian mobil. Biasanya dealer memberikan konsumen promo-promo menarik saat pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) atau Indonesia International Motor Show (IIMS) atau pameran di mall. Akhir tahun merupakan salah satu waktu yang tepat membeli mobil karena dealer buang stock sehingga umumnya mereka akan jor-joran buang diskon atau cashback.

5. Survei harga. Anda bisa melakukan survey harga mobil via internet atau mendatangi langsung ke dealer. Harga satu dealer dengan dealer lainnya dalam satu brand memang saya, tapi biasanya ada dealer menawarkan diskon lebih besar.

6. Tentukan sumber pembiayaan. Anda bisa kredit mobil via perusahaan leasing atau bank. Kredit mobil via bank biasanya lebih ringan dibandingkan leasing namun untuk mendapatkan fasilitas kredit dari bank tidaklah lebih mudah dari leasing. Pilihlah institusi yang telah berpengalaman dan bereputasi tinggi, di mana Anda bisa mengetahuinya dari internet atau kenalan-kenalan Anda.

7. Siapkan uang muka atau down payment (DP). Umumnya DP minimal mobil berkisar di antara 20% - 30% dari harga mobil. Jika Anda ingin cicilan tidak memberatkan Anda, maka bayarlah DP lebih tinggi dari batas minimal tadi atau panjangkan masa cicilan.

8. Hindari DP dari pinjaman. Anda sebaiknya menjauhi membayar uang muka (DP) kredit mobil lewat cara meminjam dari pihak manapun. Jika Anda pinjam uang untuk bayar DP, makan akan menyulitkan keuangan, karena Anda akan memiliki dua kewajiban yakni bayar cicilan kredit mobil dan utang DP.

9. Hindari tenor kredit mobil melebihi usia ekonomis mobil. Sebaiknya tenor kredit mobil tidak lebih dari 3 tahun. Pada usia 5 tahun ke atas, biaya perawatan mobil semakin besar, karena banyak komponen yang harus diganti atau rusak.

10. Pilih asuransi mobil yang bagus. Setiap mobil kredit pasti diasuransikan. Nah, tugas Anda sebagai pemilik mobil adalah pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi bagus dengan bengkel-bengkel berkualitas dan berjaringan luas.

Demikian tips kredit mobil baru dan mobil bekas dari kami. Semoga tips kredit mobil baru dan mobil bekas ini membantu Anda. ##     

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset