• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

5 Cara Menjaga Velg Alloy agar Kinclong Paripurna

EKO
18 Jan 2022, 15:24

Otoloka.id- Saat ini, banyak pabrikan otomotif yang menyematkan velg alloy polished pada lini produknya. 

Di satu sisi, memang velg tersebut lebih keren dan tampil manis, di sisi lainnya, dengan akumulasi debu dan kotoran, velg alooy tersebut akan kusam bahkan berjamur.

Velg yang jarang diperhatikan, atau dibersihkan dengan seadanya, lambat laun akan menghasilkan jamur dan kotoran yang mengendap. 

Ini lantaran kotoran yang menumpuk akan mempercepat proses oksidasi, dimana semua yang berbahan logam akan mengalaminya.

Proses tersebut tentu saja akan mengganggu nilai estetika dari mobil, dan lebih jauh juga akan mengurangi kekuatan dari velg itu sendiri. 

Oleh karena itu, demi menjaga tampilan dan kekuatan velg, diperlukan perawatan khusus untuk piranti yang satu ini.

1. Pakai Pembersih Velg

Mengenai langkah awal untuk membersihkan velg berbahan aluminium alloy, yang perlu dilakukan adalah membeli pembersih khusus untuk salah satu komponen roda tersebut. Karena, memang tidak ada cara lain lagi untuk menjaga kilap dari velg berbahan aluminium alloy selain pembersih khusus.

Saat ini memang ada beberapa cara untuk membersihkan velg, sepereti menggunakan WD-40, cuka, atau produk pembersih lainnya. Tapi, bahan-bahan tersebut belum terbukti secara klinis untuk menjaga komponen dari kerusakan. Jadi pilihan yang paling tepat adalah pembersih khusus velg berbahan alloy.

2. Cuci dan Bersihkan Kotoran yang Menempel

Jika produk pembersih velg sudah didapat, langkah selanjutnya adalah kita langsung bersihkan velg secara merata, gunakan semprotan yang bertekanan agar kotoran lebih mudah terangkat.

Kotoran yang terdapat pada velg bukan hanya berasal dari jalanan saja, tetapi debu sisa pengereman juga dapat menempel dan mengendap di sela-sela velg.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan juga alat bantu lain seperti kuas dan spons agar kotoran yang mengendap lebih mudah untuk dibersihkan. Sementara kuas digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela velg yang sulit dijangkau.

3. Aplikasikan Pembersih Velg Sesuai Petunjuk

Pembersih velg yang sudah dibeli, dapat diaplikasikan pada velg yang sudah dicuci bersih. Biasanya pembersih tersebut berbahan cairan yang tinggal disemprotkan saja ke area velg, semprot secara merata jangan sampai ada bagian yang terlupa.

Apabila cairan pembersih sudah diaplikasikan secara merata, lalu didiamkan beberapa saat (yang biasanya terdapat dalam petunjuk pemakaian). 

Ketika cairan tersebut diaplikasikan, biasanya ada hal yang menarik terjadi, yaitu perubahan warna pada cairan pembersih yang mengenai velg, yang berarti sedang bekerja mengangkat kotoran.

4. Bilas Velg Hingga Bersih

Ketika waktu yang ditentukan untuk cairan pembersih bekerja selesai, lalu bisa velg dengan merata. Lihat apakah masih ada sisa kotoran yang masih menempel. Jika masih ada, segera aplikasikan lagi cairan pembersih velg tersebut dan bilas lagi sampai tidak ada bekas cairan pembersih yang tersisa.

5. Pakai Wax Khusus Kaki-Kaki

Jika velg sudah bersih dan kinclong, sangat disarankan untuk pakai juga wax roda. Komponen ini bertugas untuk mencegah debu dan kotoran menempel pada velg alloy sekaligus melindungi dari keausan di masa mendatang.

Velg yang sudah bersih dan mengkilap tentunya lebih asik untuk dipandang. Selain itu, kekuatan dari komponen juga lebih terjaga. 

Nah, biar tampilan velg selalu prima, disarankan untuk rutin membersihkan komponen tersebut, yang juga dibarengi dengan bagian mobil lain seperti bodi. 

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 5946
  • Suka 3
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!